Meringankan Gejala gangguan lambung (Maag)

18:57:00

foto : search google


Penyakit gangguan lambung, merupakan penyakit yang banyak di idap orang, kita lebih sering menyebutnya dengan penyakit maag.
Yang jelas  rasanya gak enak banget nget nget...perut rasanya sebah, perih, mual dll, Aku pernah sampai diendoscopy gara-gara-gara ini..
Sekedar sharing aja sih... ada beberapa gejala  yang aku alami saat itu, terkadang sekarang pun suka muncul kalau lagi kiamat eh kumat maksudnya :p
 1.      Mual, dan hilang nafsu makan. Selera makan ntah hilang kemana, makan jadi beban dihati. Misalnya nih... Liat jam udah waktu untuk makan siang.."duuuh....makan lagi...". melihat nasi, kaya ngeliat  gebetan lagi ngupil, gak nafsu banget.
2.      Kaki, tubuh terasa lemas , kepala pun terasa pusing bahkan vertigo.
3.      Jantung serasa berdebar-debar, tapi bukan jantung yang bermasalah dan nafas terasa pendek.
4.      Perasaan gelisah sampai-sampai ga bisa tidur. Saking gelisahnya pernah pindah-pindah kamar. Baru tiduran sebentar, terus bangun lagi, pindah ke ruang tengah, pindah kekamar lain, pindah kekursi.. Gak enak banget rasanya. Perasaan kadang seperti cemas, tapi ga tau apa yang dicemaskan.
5.      Perut bunyi ..krukk.. Kkruk.. Kriuk.., seperti otang cacingan. Aku pernah tanya dokter apa aku cacingan. Tapi dokter bilang karena asam lambung yang banyak.
6.      Terkadang aku merasa kaki dan tanganku kesemutan, dan terkadang terasa hingga ujung hidung dan pipi aneh banget memang.

Aku merasakan itu hampir 3 bulan, akhirnya aku diendoscopy. Ternyata aku  radang lambung, kebanyakan asam lambung, refluks, anatomi lambung yang tidak sempurna syukurnya tidak ada luka dan bakteri.
Aku diharuskan jaga makan, makan sedikit tapi sering. Pikiran juga gak boleh stress, karena stress dapat meningkatkan produksi asam  lambung, tidak boleh makan terlalu pedas, makanan dan buah yang asam, minuman bersoda dan kop , jangan sering mengkonsumsi mi instan.
Mungkin karena pengobatan yang tepat, alhamdulilah sembuh. Tapi sekarang gejala itu sering muncul, mungkin pola makan ku yang tak terjaga, biasanya kalau berasa asam lambung naik, aku coba obat tradisional dulu,ada beberapa resep obat tradisional yang biasa aku lakukan, terkadang aku semuanya ku lakukan, toh semuanya bahan herbal jadi gak ada efek sampingnya.
Sahabat blogger juga bisa coba kok.

  1. Madu.  3 sendok makan madu dicampur air minum yang agak hangat satu gelas, diaduk dengan sendok setelah bercampur rata lalu  diminum, lakukan 3-4 X sehari. 

  2. Kunyit,  3 rimpang kunyit dihaluskan, boleh diparut atau diblender, campur dengan setengah gelas air panas, kemudian  disaring, dinginkan setelah mengendap lalu diminum Biasanya aku minum saaat hendak tidur malam hari.   
  3. Rebusan air kacang hijau. Ambil 2-3 sendok makan kacang hijau, rebus dengan segelas air hingga mendidih, tak perlu menunggu kacang hijau matang, karena justru airnya kurang berhasiat untuk  mengurangi asam lambung. cukup airnya mendidih dan warna air menjadi hijau, kemudian angkat ambil airnya, dinginkan dan minum. Lakukan 3 kali sehari.
  4. Lidah buaya. pilih lidah buaya yang agak besar. Lidah buaya bisa di beli di super market, biasanya aku suka titip teman yang kebetulan ke pekanbaru. Boleh juga dengan lidah buaya yang biasa kita tanam di halaman rumah, tapi biasanya kita perlu beberapa  lembar, karena dagingnya yang sedikit. Lidah buaya dicuci terlebih dahulu, kemudian dikupas ambil dagingnya saja, lalu potong kotak-kotak, campurkan madu atau gula pasir lalu dimakan begitu saja. Lidah buaya berkhasiat melapisi dinding lambung, dan mendinginkan lambung yang panas. 

Untuk Obat  kimia  biasanya aku minum obat maag yang biasa dijual, biasanya jenis antasida untuk menetralisir asam lambung, dan kalau udah gak kuat banget aku minum  kapsul omeprazole satu kali sehari,  baik bisa yang merkgenerik maupun merk lain, ini berfungsi  untuk mengurangi  keluarnya asam lambung dari sumbernya. Untuk obat-obat kimia aku gak bisa jelasin panjang lebar, karena gak setiap orang cocok, lebih baik konsultasi langsung kedokter.

****
Semoga bermanfaat, teman-teman juga bisa share pengalaman juga…disini. Semoga dengan berbagi pengalaman bisa menambah ilmu dan membuat kita lebih sehat.

By ; Novili

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 komentar

  1. wah, ini penting buat saya. saya juga suka kena gangguan lambung mba Nova..makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mbak...., makasih juga untuk kunjungannya.. :)

      Delete
  2. kalau adikku sering dibuatkan kunyit sama kunir.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA