PENGALAMAN IKUT GRUP ODOJ (ONE DAY ONE JUZ)

11:20:00


foto : search Google
Beberapa  waktu lalu aku diajak  masuk dalam Grup Whatsapp  oleh keponakanku yang sedang kuliah di UPI Bandung. Nama Grup nya Grup ODOJ (One Day One JUz) . Aku yang ketinggalan info tentu aja gak tau apa itu ODOJ.
ODOJ adalah Tilawah Qur’an 1 juz 1 hari. Tentu saja awalnya aku heran, kenapa mesti masuk dalam grup, kan…bisa tilawah sendirian. Katanya.. jika tilawah sendirian pasti kita nggak disiplin dan kurang motivasi dalam menyelesaikannya.
grup ODOJ di Whatsapp yang ku ikuti.

Ok. Akhirnya aku setuju, mana tau dengan melihat mereka aku  jadi termotivasi. Tapi begitu di invite aku langsung di beri juz…, wah… jadi gak enak kalau gak menyelesaikan ,akhirnya aku mencoba menyelesaikannya, awalnya rasa gimanaa… gitu, mungkin hati dikomporin setan rasanya pengen cepat selesai  sebentar-sebentar melihat ke halaman belakang…”tinggal berapa lembar lagi ya?”…. adohhhh…, tapi di sisi lain malaikat berbisik.. kenapa sih… baca Alqur’an 1 jam aja kamu gelisah? Padahal kalau facebookan.. n blogging di depan laptop 3 jam ga berasa? Oh.. nggak!! Aku mest meneylesaikan ini , ini untuk akhirat dan dunia mesti seimbang.. (sungguh pergolakan batin) ha2.

Setelah beberapa hari  , akhirnya aku terbiasa perasaan gelisah mulai berkurang, tapi setan selalu ingin menyesatkan , dan aku mencoba meluruskan niat,  menepis rasa ria, rasa bangga dan lain-lain. Kemudian  aku keluar dari Grup ODOJ ini karena aku merasa waktu nya gak cocok untuk ku yaitu di mulai subuh sampai dengan jam 10 malam, jika siang aku jelas gak bisa, karena ngantor ,terkadang malam baru bisa jam 21.00 memulai tilawah aku merasa terburu-buru untuk menyelesaikannya. Dan aku berjanji  pada diriku sendiri untuk terus ODOJ sendirian dan berdo’a agar bisa istiqomah .

Baru selang sehari akhirnya aku kembali gabung ke grup ODOJ yang baru karena waktunya dimulai maghrib  dan selesainya ba’da ashar esok harinya…, bearti waktunya lebih panjang dan sesuai  dengan hitungan bulan hijriah , bahwa hari itu di mulai ba’da ashar.. hingga ashar esoknya.
Alhamdulilah , hati semakin terbiasa  melakukannya , niat pun Insha Allah karena Allah. Semoga Allah mengistiqomahkan hati ini dan menjauhkan diri ddari sifat Ria’ dan membanggakan diri.

Ada punya beberapa tips untuk menepis rasa ria’ dalam grup.(menurut versi ku ya… )
1.       Setelah menyelesaikan juz, kita mesti laporan khan..?  kemudian teman-teman  pasti menyemangati….  Tanggapannya macam=macam..
“ Alhamdulilah…”
“ Keep Istoqomah….ya..”
“ Mantap ey….”
“ Keren….”
“ Hebat ..”

Nah… sebaiknya  jika ada teman yang udah selesai.. kita cukup mengucapkan Alhamdulilah..dan diiringi do’a.. “semoga selalu diberkahi Allah”(contoh). Jika kita mengatakan Hebat, Mantap, Selamat dll takutnya ada tebersit rasa ria’ yang tentunya akan mengurangi nilai  ibadah dan bahkan akan terhapus, karena syaitan selalu mencari   celah hitam hati manusia, dan merusak amal baik yang kita lakukan.
2.       Jika sudah selesai, sebaiknya tidak langsung melapor… tunggulah beberapa saat.. ini Cuma  menepis  perasaan  “ wew… gue nih yang duluan…”.  Ini Cuma contoh ya… kita sama-sama menjaga hati. Yang perlu kita ingat ODOJ dalam grup itu bukan lomba lari, siapa dulu dia dapat. Jadi jangan tilawah terburu-buru  dan ingin cepat duluan selesai, karena Allah yang menilai semua amal yang kita  lakukan.

Itulah pengalaman ODOJ yang ku lakoni sekitar dua minggu ini dan semoga bisa istiqomah. Yuuk… Kita ODOJ, awalnya emang  agak berat.. tapi jika dilakukan berturut  dalam 5 hari Insya Allah akan jadi kebiasaan  baik untuk seterusnya. Ternyata asyik juga ikut Grup ODOJ bisa tambah teman, tambah ilmu, tambah semangat dan motivasi. Kalau udah jadi kebiasaan Insya Allah Melakukan ODOJ jadi enteng.. serasa blogging he2, percaya deh.

foto : search google

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

10 komentar

  1. hahahaha saya banget dulu suka buka2 kurang brp halaman :p (tutup muka pake panci)

    eh tp makin ksini ternyata 1 juz tu gk kerasa banyak xixixixi

    semangat mbak ber-odoj! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga.. apa mak... semakin lihat kurang lembarnya semakin semangat mo nyelesaikan...* bisanya sih gitu..

      1 juz.. berapa banyak blog yang di singgahi ya...he2

      Delete
  2. jadi niatnya karena Allah atau grup, Mbak? Hehe *piss ah dan langsung kabur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut grup karena Allah... mbak... * langsung tutup pintu he2 *

      Delete
  3. ketemu sesama Odojers disini,
    Slam kenal mbak dari ODOJ 564 :)
    Semoga kita istiqomah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali....:)
      aamiin... semoga selalu bisa istiqomah..., terimakasih udah berkenan mampir...

      Delete
  4. Gambarnya udah mewakili Mbak, memang terkadang sesuatu yang baik itu harus dipaksakan, biar menjadi kebiasaan, kebutuhan, dan akhirnya menjadi kenikmatan. Tetap semangat yah Mbak, moga istiqomah, kalau perlu semakin bertambah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih.. semangatnya mbak....
      :)
      aaamiiin.. semoga bisa selalu istiqomah...

      Delete
  5. saya belum pernah nih mak ikutan ini.. saya baca Al-Qur'annya blm bisa cepet, kalo satu juz sehari kayanya ga sempet :(

    ReplyDelete
  6. Numpang lewat ya gan :)

    http://idr-poker.blogspot.com/

    http://beritaolahraga108.blogspot.com/

    http://lihatberitaakurat.blogspot.com/

    http://liatberitabola.blogspot.com/

    http://beritaolahraga1081.blogspot.com/

    http://infobolakakiterbaru.blogspot.com/

    http://beritasportsterpercaya.blogspot.com/

    http://seputarberitabola108.blogspot.com/

    http://beritaterbaruseputarolahraga.blogspot.com/

    http://agen-bola-sbobet-jagad303.blogspot.com/

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA