Paha Dalam Peribahasa

13:18:00


Adakah yang nggak tau dengan  paha?
Rasanya pada tau semua lah ya….., pasti langsung membayangkan paha…, tapi jangan mikirin paha yang lain ya…? cukup Paha ayam, paha sapi, paha tikus, paha kucing, hmmm paha kamu sendiri juga boleh kok..
Baik lah…, disini aku  gak ngebahas tentang paha yang..yang.., atau ngebahas tentang sate atau ayam goreng.  Tadi tuh.. aku abis baca-baca kamus…eh ternyata paha punya peribahasa loh…, jadi pengen  mempostingnya, lumayan buat nambah ilmu soal paha *digetok*.

1.       Bergendang Paha : Bersuka hati karena orang lain mendapat kesusahan.
Aduh…jangan sampai deh, apalagi mengingat akhir-akhir ini negri kita sering dilanda bencana. Jangan sampai kita merasa gembira ketika saudara kita kesusahan.
2.       Diberi betis hendak paha : Diberi Sedikit Minta banyak
Ya iya lah..wong paha banyak daging kok..he2, kecuali bagi yang suka ceker.
3.       Menepak-nepak paha :  Bersusah hati
Kalo yang ini aku pernah lihat…apalagi sambil nagis, pastilah hatinya lagi susah
4.       Menaruh dibawah paha : tidak memperhatikan,tidak mengacuhkan.
Jadi inget pas SMA suka naruh buku contekan ..he2 (nakalnya anak SMA)
5.       Tercubit paha kiri paha kananpun tersa sakit : Jika ada anggota keluarga, teman, sahabat atau kerabat yang menderita atau kesusahan kita pun ikut merasakan.
(Kalau ini  sepertinya kebalikan nomor 1 ya..)

Banyak juga pribahasa yang menggunakan kata “paha”, sebagian saya malah belum pernah dengar, kira-kira teman-teman punya peribahasa yang menggunakan kata “paha” ga? Selain yang 5 ini?

___
Salam…
By novili

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 komentar

  1. Baru tahu paha masuk juga dlm pribahasa2 itu :D. Ternyata ada di kamus toh...

    ReplyDelete
  2. termyata makna menepak-nepak paha,,artinya bersusah hati......,
    keep happy blogging always....salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terinakasih...
      Salam jugha dari saya.... :)

      Delete
  3. Wah...ahli baget nih menyembunytkan contekan he2

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA