Membaca Buku

19:15:00



Sejak Pertama kali bisa membaca,  aku jadi hobi  membaca,apa saja  yang ada tulisan selalu ingin aku baca (biasa sih…. Semua anak yang baru bisa baca selalu begitu). Aku gak ingat  kapan aku mulai bisa membaca, sebelum masuk SD  aku sudah bisa membaca dengan lancar, padahal aku gak pernah masuk TK… aku juga gak  ingat bagaimana Mak ku ngajarin baca. 
Sayangnya keluarga ku termasuk keluarga pas-pasan (ga tega mau bilang hidup miskin he2), boro-boro mau langganan majalah atau Koran  untuk makan dan sekolah kakak-kakak ku kedua orang tuaku  mesti kerja keras.  Sejak kelas satu SD aku sering pinjam buku diperpustakaan sekolah atau pinjam sama  teman  untuk baca-baca dirumah, buku pelajaran sih jarang….sukanya majalah , cerpen, komik, pokoknya  buku cerita deh. Dari pada bermain diluar aku lebih suka membaca dirumah sambil tiduran. Mak ku sering ngomel….  katanya kalau baca sambil tiduran dapat merusak mata.  Kebiasaan ini terus berlanjut sampai SMP dan SMA, sesekali aku beli majalah sendiri dari sisa uang jajan yang aku kumpulkan. Aku paling gak sabar kalau ada buku baru, pengennya langsung dilahap habis sekali duduk, gak mau ngulang-ngulang.  Lagi-lagi Mak teriak-teriak…, 

“ Vaaaa…!!!! Piring di cuci”
“Vaa….!!!! Rumah disapu dulu…!!!” , “Va….!!!!”
“Va…..!!! ..bla..bla…bla….!!!!
“Jadi orang kok malas…betul…. Tiduuuur..aja  baca buku, kerja dulu…nanti kalau udah selesai semua, baru  baca lagi..”
Mak…lanjut ngomel…
“Aku dulu juga suka baca buku…, tapi kerjaan ku udah beres semua…”

Nah… dari ngomelnya Mamak  , jadi ketahuan… kalau dulu dia juga hobi baca buku,  menurut cerita mamak… dia dulu suka nyewa buku,  biasanya yang tukang sewa  itu yang nyamperin ke rumah (tukang sewa keliling gitu lah..), .Bahkan menurut ceritanya ia juga punya novel sastra lama, seperti  Dibawah lindungan ka’bah, Tenggelamnya kapal Vanderwijk, Siti Nurbaya dll. Tapi sayang.. ketika acara pernikahannya lemari buku dipindahkan… dan buku  banyak yang hilang ntah kemana, karena dirumah ramai orang katanya. Setelah menikah.. jadi sibuk ngurus anak..dan membantu  bapak  juga dalam mencari nafkah…soal buku ga keurus lagi.
Aku jadi ingat, ketika aku balita mak juga sering membaca buku, dan aku selalu disampingnya.. minta mak menceritakan apa yang dia baca, biasanya aku disebelahnya .., oh iya… biasanya nih…mak suka beli buku cerita nabi-nabi  yang tipis…  aku ingat  yang dulu tu harganya 3 atau 4 per seribu rupiah… murah banget (setelah aku bisa baca…buku ini ku baca sendiri..dengan suara lantang…tetangga sampai ikut dengerin..he2).  Setelah SD kelas  2 an gitu.. aku semakin sering merengek minta di belikan buku cerita nabi dan rasul , komik petruk-gareng (ammmpun…suka banget ma buku ini),  dan majalah.. sesekali  sih… biasanya majalah B*b*.

Semakin kesini aku semakin paham… ternyata  kegemaran membaca itu juga diturunkan. Biasanya anak jadi gemar membaca karena kebiasaan dalam keluarga. Walau Mamak suka membaca, ternyata tak semua anak-anaknya  yang  suka membaca, hanya aku yang memiliki hobi membaca, mungkin karena aku anak bungsu dan lebih dekat dengannya.
Jadi ingat dengan keluarga Asma Nadia dan Helvi Tiana Rosa keluarga mereka adalah keluarga pengarang, anak-anak mereka  juga memiliki hobi yang sama. Sayang ya… coba mak ku dulu pengarang buku..he2.  Tapi  disini  nggak mengatakan kalau jadi pengarang buku  itu karena bakat turunan. Siapa aja bisa kok ,cuma soal pembiasaan diri dan faktor lingkungan , bisa lingkungan keluarga, sekolah, komunitas dll.
Jadi ya…., Para Emaks….(dari pengamatan aku terhadap  emak2 disekitar ku..temasuk kakak-kakak  ku..) gak usah pakai resah.. kalau anak  gak mau baca buku:
“ Aduh… si Upik  malas  banget baca buku, maunya main…mlulu, tenggorokan saya sampai sakit  teriak-teriak nyuruh dia baca” ( Lah….,. emaknya teriak-teriak  sambil tiduran depan TV nonton gossip  artis)
Walaupun para emaks ga doyan baca, paling tidak saat anak membaca atau belajar didampingi  dengan kebiasaan ini anak gak akan merasa sendirian,  walau pun masih anak-anak mereka juga mikir, Mak teriak-teriak  nyuruh baca, tapi  sambil merem  megang kipas..dalam hati anak pasti bilang “enak di  elo kaga enak di gua…”qiqiqiiqiq..
Selain menemani anak saat membaca, emak juga wajib memperkenalkan anak dengan buku walaupun mereka belum tahu isinya, tapi membuat mereka jadi akrab dengan buku, jangan dibelikan mainan aja. Kemudian sediakan waktu luang untuk membacakan buku cerita kepada anak-anak, dengan begitu anak jadi penasaran ingin tahu ceritanya dan ingin cepat bisa baca. ( ini pengalaman aku waktu kecil, walau buku dari buku minjem mak selalu  bacakan buat aku disela istirahat siangnya, makasih mak…)
Apalagi sekarang teknologi makin canggih aja…, anak-nak lebih suka bermain games, dan dikenalkan dengan gadget-gadget  terbaru, mereka jadi emoh dan buang muka saat dikasih buku. Hmmm..ini tantangan terberat  buat emaks soalnya maknya juga menggandrungi nya, suka gatel kalau ada gadget keluaran terbaru. Jangan sampai emaks teriak  nyuruh anak baca tapi dia sibuk juga dengan chatting-chattingan.

Walau sekarang  bisa membaca via media online, bahkan  novel atau buku tertentu bisa dibaca di mobile atau computer, tetapi  membaca buku  itu rasanya beda.. selain bisa tengkurep plus rebahan…(tettteeep…dasar malas) eh..jangan bilang kalau pake gadget juga bisa baca sambil tiduran.., tapi buku itu lebih sehat.. tanpa radiasi, coba aja  setengah jam aja..tangan udah panas.. mata perih karena efek cahayanya..jadi menurutku membaca buku itu lebih sip daripada media online.

 ----
 By: Novili

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

18 komentar

  1. Ehmmm...
    Benar mba, buku memang lebih enak, karena gag usah pakek tenaga listrik.. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma pake energi duit ya....qiqiqi, kalo ketiduran pas baca buku... gak ada efek radiasinya.. beda kalo benda elektronik..ditaruh didada...ada efeknya..kekesehatan...

      terimakasih..sudah mampir..

      Delete
  2. Aku juga lebih suka baca buku cetak daripada ebook. Soalnya lebih nyaman sih. Bacanya bisa jungkir balik. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wedewwww..... ngapain samapai jungkir balik.... tu lagi baca buku apa baca mantra sih..? hehehehe

      Delete
  3. dulu buku juga tak bawa kemana-mana, sampai kamar mandi *upss tapi sekarang enggak hehe...apalagi bau kertas itu bikin ritual baca jadi gregettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau ngantuk...bisa nutup mata pake buku... alih fungsi deh.... :)

      makasih kunjunganya.. :)..salam..

      Delete
  4. Paling sip bukunya beli di lapak loak. 20 rebu dapet segambreng. alamaaakk asyiknyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa.... semua demi memuaskan nafsu membaca ..apa pun dilakukan...

      Delete
  5. aku punya adek yang susah diajak baca buku, tapi pas diajak ke perpus daerah dia malah ketagihan. karena ruangan sirkulasi anak (children corner)nya itu enak banget, kayak suasana paud. jadi ada wallpaper gambar mobil, gunung, dll. pemandangan gitu. trus kursinya juga kursi anak2. anak jadi betah di ruangan. cobain aja, mba. kali aja bisa membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah senestinya... memang mesti ada orang dewasa terdekat yang mengarahkan..agar anak gemar membaca buku..

      Terimakasih sharing dan sarannya...

      Delete
  6. Syukur kalau sudah gemar membaca buku dari kecil. Kalau aku, mungkin dari kecil udah suka, sayang kurang terfasilitasi. Gak ada buku-buku yang bisa kubaca. Lingkunganku juga bukan yg melek baca. Namun syukur ibuku senang baca tabloid. Jadi aku ikutan baca tabloid emak-emak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama donk... kalo gitu..kurang tervasilitasi.. :)

      Delete
  7. Setuju hoby membaca mang nurun, Mkanya kl pgn anak doyan baca enaknya hrs suka bca. Mainan pertama anakku softbook Mbak, Hampir tiap hri
    aku bca Mbak,anakku pun nurunin, jd lah buku itu tmn setia kami :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.... senengnya jadi mbak muna... gak perlu tenaga ekstra nuruh anak2 baca ya... emaknya sih..udah nurunin bakat he2

      Delete
  8. Emang membaca buku itu mengasyikkan mbak. Saya juga berasal dr keluarga pas-pasan, tapi tetep bisa nyewa buku hehehe...dan skrg semenjak jadi blogger aku sering dpt buku gratis, lumayan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan ya mba...dapat buku..jadi nakih ikutan GA..hi3

      Delete
  9. aku juga suka baca buku, tapi karena ibu gak hobi baca (mungkin) jd suka rada 'ngomel' kalau aku beli buku hhi

    tapi yaa gitu jaman skg buku udah kalah sama gadget yaa ka :D
    hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu kk juga sering dimarah kalo sering2 beli buku....
      :D

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA