Pasiran, Pantai ala Airmolek

17:32:00


Foto-foto merupakan dokumen pribadi
Airmolek adalah kota kecil yang sedang berkembang,  merupakan ibu kota dari Kecamatan Pasirpenyu yang terletak di Kabupaten Indragiri Hulu , Riau. Airmolek dialiri oleh  sungai besar yaitu sungai Indragiri, yang masyarakat setempat menyebutnya dengan  Kuantan .
 
Sungai ini cukup lebar, biasanya masyarakat diseberang sungai jika ingin ke Airmolek, mereka menyebrang menggunakan perahu dayung, atau perahu besar  bermesin yang sering disebut dengan pompong. Jika musim hujan sungai  ini meluap dan tak jarang rumah yang ada di sekitar aliran sungai terendam air alias banjir. Nah… sungai ini dilingkupi berbagai mitos yaitu sering menelan korban jiwa hampir di setiap tahunnya  dan tak  jarang pula terjadi pada saat air surut atau musim kemarau. Sebagian masyarakat mempercayai bahwa   itu merupakan tumbal setiap tahunnya  itu adalah ulah Hantu Air yang merupakan peliharaan seseorang, atau  ulah ‘penunggu’ sungai, banyak anak-anak, remaja bahkan orang dewasa yang tenggelam disungai ini.
Lapangan hijau di pinggir sungai, di jadikan area tanding sepak bola
Pada saat musim kemarau seperti sekarang sungai akan surut  jauh ketengah, tepian sungai  yang panjang dan luas menjadi hamparan pasir bagai tepian pantai. Jika pantai berpasir putih, maka pasir diarea  sungai ini berwarna kecoklatan dan agak lembab terkadang dikeruk warga untuk bahan bangunan. Hamparan pasir inilah yang disebut pasiran. Hamparan pasir yang luas dimanfaat kan sebagai  area bermain, biasanya yang bermain disini  adalah remaja sekitar Airmolek. Pasiran ini ramai ketika menjelang sore hari.. ada sekedar jalan-jalan sore, bermain bola , atau Cuma nongkrong menikmati pemandangan senja hari sambil membawa camilan,  foto-foto,bahkan mandi-mandi untuk anak disekitar sungai.
 
Beberapa hari yang lalu aku sempat mampir kesana, iseng aja sih… sama sekali gak ada niat, waktu  itu pas jalan sore, eh suami ngajak…” kita liat pasiran yuk.. kayanya ramai deh..” ya udah.. kita mampir kesana, ternyata  cukup ramai apalagi disana ada pertandingan sepak bola, tapi aku gak tau itu pertandingan dalam rangka apa, sepertinya hampir tiap hari ada saja yang bermain bola.
Ngeliat itu tangan ku jadi gatel  pengen jepret-jepret , pemandangan hampir senja itu terlihat cantik.., apa lagi aku suka senja. Walau jepretan hasil kamera ponsel  tapi..lumayan  memuaskan hasratku menikmati pemandangan senja hari  .
Pemandangan disalah satu sudut... indah ya...???
Sebenarnya aku ingin sekali agak ketengah memotret sungai, tapi aku rada takut juga …soal  “Hantu Air” terngiang-ngiang ditelinga ku..ha2, apa lagi hari  menjelang jam 6 sore itu  rada-rada agak gelap di tambah dengan udara yang dipenuhi asap asap tipis akibat pembakaran hutan, kesannya jadi horror gitu.. (lebay.com).Dan lagi suami ku rada ogah nemenin ku untuk turun ke pasiran, dia mah asik aja berdiri di tebing an sungai sambil liat-liat pemandangan  gak mau nemenin aku jepret-jepret. Jadi gemes sendiri, kalau gak mau nemenin, ngapain juga tadi ngajak… ya nggak? . Ya udah… sedikit kupaksa  ia buat motret aku dari jauh…., dia  cengar cengir ngeliat aku dengan jilbab panjang kehitaman  di potret gaya punggung terlihat seperti… “Hantu” . Aih.. setelah dilihat hasilnya…sepertinya   dugaannya gak salah he2.

Oh iya, sedikit info…dulu katanya di Pasiran banyak hewan penyu  dan masyarakat  memanfaatkan telur penyu tanpa menjaga kelestariannya. Makin kesini  Penyu makin punah dan tak ada lagi. Itu pulalah sebabnya  kecamatan ini disebut Kecamatan Pasirpenyu, tapi sayang banget penyunya  cuma tinggal kenangan.


---
By : NOVILI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

7 komentar

  1. kenapa mesti takut, pakai pelampung dan berdoa aja kak. masa takut sama hantu air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. He2...namanya juga lebay bin parnok....suka mendramatisir keadaan.. :D

      Delete
  2. ahaha.. masih ada mitos2 kaya gitu juga ka disana? disini juga masih ada nih, dan biarpun di bilang mitos tapi tetep aja yaak parno, sapa tau bener gitukan ya, horor juga hhiii..

    asik nih jalan2 sore :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ran... jadi parno gitu...apalagi udah banyk kejadiab kaya gitu...

      Tapi dengan begitu org pasti lebih hati2...

      Makasih udah mampir ya...

      Delete
  3. mitosnya yang bikin merinding, tapi benar gak sih hehehe......tapi asyik banget tuh pemandangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg...bener krna udah ajal kali mbak...atau kurangnya kehati-hatian...tapi selalu saja ada asumsi masyarakat ke hal2 yang ga kasat mata...

      Asyik...bingit... he2

      Delete
  4. iye betul tu,banyak yg pelihara antu ayo(dialek airmolek)dulu utk menangkap ikan org org tua dulu sering menggunakan antu ayo utk menghalau ikan masuk kedalam jaring atau luka....ceritanya seperti itu sih tau bener tau kagak deh tu

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA