Istri baik, Istri Sholihah

13:33:00

Wanita, identik dengan kelembutan, keanggunan,keibuan, baik hati dan penuh kasih sayang. Apalagi jika seorang wanita itu telah menjadi seorang istri, dia wajib menjadi istri yang baik untuk suaminya.
Para suami berharap agar istri yang mereka cintai dapat menjadi apa yang mereka inginkan, istri yang pintar masak, rajin merapikan rumah, pintar bergaul, selalu tersenyum tidak suka cemberut, tidak cerewet, becus menjaga anak-anak, selalu berpenampilan rapi dan siap meladeni hasrat mereka kapan pun. Padahal seorang Istri bukanlah makhluk yang sempurna. Dibalik kelembutan dan kasih sayang yang di punyai tersimpan segala kekurangan seperti halnya para suami.

Perlu diketahui para suami bahwa istri yang baik juga bersumber dari sikap dan prilaku suaminya. Jika suami seorang yang berakhlak baik, bisa membimbing istri, tidak hanya pintar memerintah saja, Insha Allah istri juga akan baik. Memang sih…. Terkadang ada suaminya baik ternyata istri malah sebaliknya malah tak segan-segan menjalin hubungan intim dengan pria lain, ini tentu saja bukan istri yang baik tapi termasuk pada istri yang kurang bersyukur dan kufur akan nikmat yang Allah berikan yaitu seorang suami yang baik.

Istri yang baik itu seperti apa sih? Jika menurut pandangan suami atau mata manusia tentu saja sifat baik itu sangat relatif, tergantung opini seseorang dan sifat orang itu beda-beda ditambah dengan sifat khas manusia yaitu tak pernah ada rasa puasnya. Jadi ukuran istri yang baik adalah istri yang bersikap sesuai dengan tuntunan Agama, dimana kata “baik” itu terangkum dalam “Istri yang sholihah”.

Jujur saja, aku sendiri belum bisa memastikan bahwa diriku termasuk dalam kategori istri yang baik. Tapi paling tidak kita sebagai istri berusaha menjadi lebih baik lagi. Insha Allah mendapat predikat Istri sholihah dimata Allah. Karena jika hanya mengharap pujian manusia , menjadi baik hanya pandangan manusia, biar dipuji atau apa pun itu, akan percuma saja karena kita hidup tidak hanya dunia saja tapi tujuan kekal kita adalah Akhirat.


Kategori Istri sholihah itu seperti apa sih….?? >

#Istri yang taat pada perintah Allah, rajin ibadah, tanpa meninggalkan kewajiban harian sebagai Seorang istri. Jika seorang istri taat beragama, melaksanakan perintah Allah, terutama tak meninggalkan sholat, Puasa Romadahan, dan berhijab insha Allah akan terjaga prilakunya dari sifat-sifat yang tak pantas.

# Menjaga harta suami, jika suami tidak ada. Harta suami disini tak hanya berupa kebendaan tapi juga anak-anak, dan yang paling penting adalah kehormatan diri kita sebagai seorang istri. Jangan sampai jika suami tidak ada , atau ketika kita jauh dari suami, kita berprilaku seolah tak punya aturan agama. Tak menutup-nutupi banyak sekali istri yang suka berselingkuh di belakang suami, dengan berbagai alasan. Tapi apapun alasannya namanya selingkuh gak akan pernah membawa kebaikan.

# Tidak membantah perkataan suami. Dalam hal ini tentu saja berupa nasihat baik, ajakan dan perintah baik. Jika perintah atau perkataan suami yang mengajak kita membangkang atas perintah Allah tentu saja kita sangat wajib menolaknya. Taat pada suami bukan bearti mendurhakai Allah.

# Bersifat Qonaah , yaitu merasa cukup dengan nikmat yang telah Allah berikan saat ini, suami yang baik walaupun gak terlalu ganteng he2 ;D yang penting bertanggung jawab dan gak suka “main mata” dengan wanita lain , anak-anak yang baik yang sangat menjaga nama baik keluarga. Ingat, rejeki itu tak hanya uang, tapi penghidupan yang aman tentram juga rejeki yang tak bisa terkalahkan. Jika secara ekonomi kurang, tentu masih bisa di diskusikan dengan suami, apakah istri boleh bekerja di luar membantu suami atau bisnis dari rumah dll, yang penting di bicarakan dengan baik , dengan mempertimbangkan segala aspeknya.


Menurutku empat point diatas sudah mencukupi untuk menjadi istri yang baik. Intinya untuk menjadi istri yang baik harus berpedoman pada Alqur’an dan hadist, dan juga tentunya bimbingan suami yang baik. Karena wanita dibalik kelembutannya menyimpan kelemahan dan gampang labil, terkadang keputusan-keputusan yang diambil hanya berdasarkan rasa emosi dan mengedepankan perasaan dibanding logika, untuk itu suami berkewajiban mendampingi dan bergaul secara baik dengnnya.

Tentunya tulisan ini bukan bersifat menggurui, tapi sama-sama dijadikan pedoman bagi para istri semua termasuk diriku, bahwa sesungguhnya kita bukan istri yang sempurna, tapi istri yang selalu berusaha menjadi baik dan mengupayakan mendapatkan prediket wanita sholihah dimata Allah swt selayaknya Sayyida Khadijah istri baginda Rasul. Aaamin. Dan tentunya suami juga semakin sayang…


*****

TULISAN INI DIIKUTKAN GIVEAWAY
Istri Yang Baik



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

16 komentar

  1. Semoga kita sama2 diberi kemudahan menjadi isteri sholihah.. Amiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamin...
      Makasih kunjungannya mba.. :)

      Delete
  2. Salah satu tujuan hidup kita adalah menjadi istri yg baik utk suami kita ya... dan semoga kita semua bisa menjadi istri yg baik utk suami kita. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita istiqomah..dengan niat kita menjadi istri yang baik.... Aamiin..

      Delete
  3. istri yang baik akan mendapatkan suami yang baik, demikian juga sebaliknya, dan itu sudah dijanjikan oleh Allah SWT,
    selamat berlomba...semoga menjadi salah satu yang terbaik.
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... Semoga menjadi salah satu pasangan yang di ridhoi allah..swt,

      Terimakasih kunjungannya pak.... :)

      Delete
  4. sampai sekarang aku masih belajar untuk menjadi istri sholihah, semoga kita semua bisa menjadi istri sholihah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting selalu ada niat dan usaha untuk mejadi lebih baik lagi....

      Aamin.... , makasih kunjungannya..

      Delete
  5. Jadi istri sholehah. Semoga, masih jomblo sekarang. Btw, aku udah follow blognya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga dapat jodoh sholeh...biar tambah sholeha...he2, thanks kunjungan baliknya....

      Delete
  6. mau ya kaa ilmu2nya, insyaAllah berharap bisa jadi istri yang solehah juga nanti :))
    btw, goodluck yaa buat kontesnya kak ^^

    ReplyDelete
  7. Empat hal yang disampaikan Mbak Nova Novili itu bila berada pada diri seorang istri, betapa bahagianya sang suami, betapa nyaman dan senangnya anak-anak, istri shalihah memang anugerah yang besar bagi keluarga. Inilah di antara kuci keluarga yang sakinah. Makasih banyak ya, Mbak, atas berbaginya. Semoga sukses dan bahagia selalu.

    ReplyDelete
  8. Istri sholehah, mengantarkan keluarga masuk surga. Amin.

    ReplyDelete
  9. (mungkin) Rasanya sudah bahagia dunia akhirat jika mempunyai istri yang sholehah.. :)

    Insha Allah, suatu saat nanti aku akan menjadi istri yg sholehah. Amin :D

    ReplyDelete
  10. trims ya sudah ikutan GA kami, maaf baru sempat komen (pakai hp suka nge-hang)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA