CIREBON : METROPOLITAN YANG SMART CITY

15:21:00

Peta Kota Cirebon

Ketika mendengar kata kota Metropolitan, hampir sebagian besar  masyarakat Indonesia membayangkan kota Jakarta, terutama yang tinggal di luar Jawa. Terbayang  Jakarta dengan gedung bertingkat, jalan tol, jalan layang, , bandara internasional sukarno hatta , atau pelabuhan tanjung periuk dan objek wisata lainnya.  Padahal banyak  kota besar di Indonesia yang berpotensi menjadi kota metropolitan,  salah satunya Kota Cirebon, tak hanya berpotensi sebagai kota metropolitan tapi juga menjadi  “ Smart City” .  Konsep smart City atau kota pintar  mengetengahkan kemudahan masyarakat  untuk mendapatkan informasi secara cepat  dan tepat, Smart City  ini juga berkaitan dengan pengelolaan  sumberdaya secara efisien.
Persiapan untuk menjadi kota  Metropolitan dan menjadi Kota cerdas harus seiring sejalan karena keduanya  saling mendukung. Karena paling sedikit ada enam indikator yang harus dipenuhi untuk mencapai predikat “SMAR CITY”.  Apakah Cirebon termasuk didalam indikator tersebut :
Kota Cirebon (Sumber Foto: Wikipedia)
1.       Masyarakat Penghuni Kota.
Masyarakat sebuah kota menjadi indikator utama terciptanya  sebuah kota yang smart. Untuk menjadi kota yang smart tentu masyarakat harus cerdas. Tak hanya  pintar secara intelektual, tapi juga dari segi pendidikan karakternya.
  •  Masyarakat harus punya kesadaran  akan lingkungan misalnya tidak membuang sampah sembarangan , tidak merusak fasilitas  yang ada  misalnya mencoret-coret tembok , memasang menempel iklan sembarangan. Intinya tidak membuat kota menjadi kotor dan tidak sedap dipandang.
  • Masyarakat tidak memiliki sifat negative misalnya  suka terlibat tawuran, perjudian, narkoba, seks bebas dll.
  • Peduli sesama, Saling membantu dan gotong royong.
  • Pintar memanfaatkan teknologi. Dijaman sekarang teknologi semakin canggih, kita harus pintar  memanfaatkan kearah yang lebih positif. Karena teknologi bak pisau bermata dua bisa untuk menyebar luaskan informasi yang bermanfaat juga bisa menjerumuskan. Berkaitan dengan ini Kota Cirebon telah diupayakan untuk memiliki masyarakan dengan pribadi yang smart dan faham teknologi. Salah satunya pemanfaatan internet dengan diberlakukannya penerimaan siswa atau peserta didik baru secara online baik tingkat SMP, SMA atau SMK. Walaupun banyak orang tua yang belum faham, tapi lambat laun ini  akan membuat masyarakat melek teknologi.  Selain itu kini Cirebon memiliki Komunitas  Blogger Cirebon   yang siap berbagi informasi  kepada masyarakat, baik informasi tentang pendidikan, budaya , wisata, dan lainya. Tak hanya Informasi untuk Masyarakat Cirebon saja, tetapi untuk masyarakat luas luar Cirebon. Karena sangat memungkinkan kelak Cirebon menjadi tujuan wisata  utama bagi masyarakat luar Cirebon. Komunitas Blogger ini juga  telah banyak mengadakan berbagai  event untuk membuat Masyarakat menjadi smart dengan ikut terlibat pada kegiatan berbagai kelas inspirasi disekolah-sekolah, mengadakan workshop kreatif internet , ikut serta acara mading sekolah, yang patut diacungi Jempol yaitu  mereka telah membuka kelas belajar Essay, Opini, Cerpen , Puisi,Mahir Ngeblog dan lainnya.  Komunitas ini memiliki visi  Mewujudkan Masyarakat Cirebon agar Melek IT (internet dan teknologi) , menduniakan cirebon dan mencirebonkan dunia.  Hebat Ya.
    REBON.ORG
2.       Lingkungan
Untuk menuju Smart City  Lingkungan harus bersih. Dalam hal ini Kota Cirebon sedang menggalakkan berbagai kegiatan bersama masyarakat lewat berbagai program  menanggulangi Pencemaran lingkungan , pengelolaan sampah, Program kali bersih dll. memberikan penyuluhan kepada semua lapisan masyarakat akan pentingnya kebersihan kota, yang juga akan berkaitan dengan kesehatan masyarakat.Lingkungan bersih-masyarakat sehat dan produktifitas, kreativitas akan lebih meningkat

Taman Ade Irma suryani

3.       Prasarana
Seperti yang kita ketahui kota Cirebon terletak di daerah pesisir Provinsi Jawa Barat Yang terkenal dengan jalur Panturanya. Dengan itu Cirebon merupakan wilayah yang strategis  yang menjadi Simpul pergerakan Transportasi pulau Jawa. Cirebon merupakan titik temu jalur tiga kota besar di Indonesia yaitu Jakarta,Bandung dan Semarang. Prasarana Transportasi merupakan syarat utama,  dari sebuah Kota.  Untuk Ke Cirebon tak hanya menggunakan  mobil saja tapi juga stasiun kereta api, terhitung dua stasiun yang ada  yaitu Stasiun Cirebon Kejaksan dan Stasiun Prujakan kedua stasiun memiliki keunikan dan arsitektur tersendiri. Untuk Wisata Keliling kota Cirebon kita juga bisa menggunakan Becak.
Selain itu dalam mempersiapkan Cirebon menjadi kota metropolitan, Cirebon akan memperluas Wilayah Pelabuhan, juga membuat Bandara Internasional Jawa Barat.
Semua dipersiapkan untuk menuju Cirebon menjadi Smart City, agar akses ke Cirebon mudah karena di Cirebon banyak sekali pusat-pusat pariwisata yang bisa memberi kepuasan dan Kenyamanan kepada pengunjung.

4.       Perekonomian

Keraton Kesepuhan
Pertumbuhan perekonomian di kota Cirebon beberapa tahun terakhir ini berkembang cukup pesat. Terutama dibidang pariwisata , Perdagangan, dan Jasa. Dikota Cirebon banyak tempat-tempat untuk berlibur bersama keluarga , baik wisata alam maupun wisata religi. Tempat Wisata kota Cirebon antara lain Keraton kesepuhan , Keraton kanoman, Taman Air Suryaragi, Taman Ade Irma suryani, Taman Air Sunyaragi, Wana wisata Ciwaringin, Kawasan Cikalahang, dll. Selain itu wisatawan kota Cirebon dapat memanjakan lidah mereka dengan ragam khas kulinernya seperti Sega jamblang, Segalengko, Tahu Gejrot, Docang dan banyak Lagi.


Masjid Agung Sang Cipta Karsa

Dengan banyaknya tempat Wisata tersebut , membuat mobilitas perdagangan semakin meningkat. Ini terbukti pada tahu 2014 tercatat 1000 hektar lahan Cirebon dibangun untuk pusat perbelanjaan, Restaurant, Perhotelan . Industri Perhotelan sangat representative dikota Cirebon, itu terlihat dari banyaknya tingkat penghuni kamar, terutama hotel berbintang. Salah satu hotel berbintang yang menjadi favorit adalah Aston Hotel.  Aston Hotel adalah  hotel  bintang 4, memiliki 200 kamar dan 8 ruangan pertemuan fungsional, memiliki ballroom terbesar di Kota Cirebon dengan kapasitas 2.600 tamu. Selain itu juga memiliki banyak fasilitas untuk menjamu tamu hotel, seperti trek sepeda, kolam renang, mini golf,pelayannan spa, kolam renang dan pusat kebugaran, dan tentunya free wifi untuk seluruh area kamar.
Menggeliatnya perdagangan dan pembangunan kota Cirebon banyak  mengundang minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Cirebon. Ini tentunya akan membuat Cirebon semakin maju.

Hotel Aston Cirebon
5.       Mobilitas
Secara umum Mobilitas Cirebon sudah gak perlu dibicarakan lagi. Cirebon  bukanlah kota mati, kota ini selalu ramai. Sepertiyang telah disebutkan bahwa Cirebon adalah kota transit dari kota-kota sekitarnya , banyak orang datang dan pergi dari atau ke Cirebon, bahkan ada yang pindah ke Cirebon karena melihat  peluang untuk meningkatkan taraf hidup terbuka lebar disini.  Tak hanya orang luar yang yang pindah ke Cirebon tapi penduduk Cirebon ada pula yang berganti pekerjaan, misalnya dari nelayan menjadi pedagang, atau  pengusaha dll. Intinya semua bertujuan agar kualitas kehidupan lebih baik lagi.

6.       Smart Living
Ini adalah point terakhir dari terciptanya sebuah smart city.Smart City tak kan terwujud jika kehidupan tidak sejahtera atau kualitas hidup yang tidak baik. Kualitas hidup bersifat dinamis, dan harus di usahakan agar kualitas itu  semakin baik. Paling tidak setiap Pribadi  memulai dari diri sendiri. Siapa sih yang gak mau  hidup nyaman dilingkungan yang mendukung. Kemana-kemana merasa aman dan gak takut. Oh iya bicara soal keamanan dan kenyamanan Kota Cirebon akan dipasang 2000 cctv yang akan disebar diseluruh plosok kota dan jalan-jalan protokol. CCTV akan dipasang dengan kerangka baja sehingga tidak akan terjadi pencurian atau sabotaseterhadap cctv tersebut.

Smart City memang lebih mengutamakan keamanan, dan kenyamanan . Karena dalam segala hal kita perlu merasa aman,nyaman, dan diberi segala kemudahan dalam segala bidang.  Terutama kemudahan dalam mendapatkan informasi. Dijaman sekarang orang sangat butuh informasi dengan cepat. Jujur saja terkadang malas atau merasa sungkan  untuk bertanya-tanya. Orang lebih suka browsing di internet, sekali enter  muncul semua yang dibutuhkan. Sebuah Smart City harus memperhatiakan ini misalnya memasang free wife diarea  umum  seperti perpustakaan ,  Sekolah, Rumah sakit, Stasiun, Bandara dll.
Saat ini sedang booming jaringan Internet 4G LTE yang merupakan generasi ke empat dari teknologi komunikasi internet, yang memiliki jangkauan luas lebih cepat dan stabil. Salah satu Operator Selular yang kini menggunakan teknologi itu adalah Smartfren 4G LTE,  yang menjangkau hampir seluruh Indonesia  termasuk Kota Cirebon. Wah..ini kabar hebat untuk Pengguna Internet terutama Blogger dan pengguna Media Sosial Lainnya.
**
Selamat Hari Blogger Nasional.
 Sukses untuk Blogger Cirebon.
Maju terus buat Kota Cirebon, Metropolitan dan Smart City digenggaman mu.
--------
Sumber:
www.cirebonnews.com
http://www.plimbi.com
www.rebon.org
www.kompas.com
https://id.wikipedia.org
https://kotacirebon.siap-ppdb.com
www.tempo.co
 http://www.initempatwisata.com


Cirebon Smart City

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

7 komentar

  1. Replies
    1. IYA NIH...tempat wisatanya banyak..he2

      Delete
  2. salam kenal mbak, terima kasih sudah mampir ya:) udah lama sekali gak ke Cirebon

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mbak.... udah berkenan...mampir..

      Delete
  3. Tulisan kita senada :-)

    Semoga sukses lombanya....

    ReplyDelete
  4. cirebon udah metropolitan beneran skrg sejak ada toll baru heheee

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA