Agar Senin Lebih Semangat

09:19:00



Rata-rata orang (bukan pukul rata) pada malas ketika hari senin menjelang, terutama yang pekerja kantoran atau punya hari libur Sabtu dan Minggu. Kenapa pada ga suka dengan hari senin? Sebenarnya bukan tidak suka, tapi hanya rasa malas mendera karena sudah  2 hari libur, nyantai, happy, bisa leyeh-leyeh, atau masih capek karena habis liburan dari luar kota, dan malam senin  dini hari baru sampai dirumah. 

Sebenarnya rasa malas itu bisa dilawan. Cieeee… ngomongnya begini padahal kita mah biang keroknya si pemalas..ha2,  ya… ini juga tulisan untuk memotivasi diri sendiri sih….gak nuding siapa-siapa , tapi mana tahu tips-tips ini juga bermanfaat untuk  yang lainnya kaaaaaaan…???. Kata emak dirumah malas itu tidak ada obatnya, obatnya ya…dari diri sendiri untuk melawan rasa itu. Tapi bener juga, kadang suka malas ingin mengerjakan ini itu, tapi begitu memulai pekerjaan dan ingin cepat selesai malah makin semangat, dan ternyata cuma butuh waktu  tidak terlalu lama. Jadi  seberat apa pun pekerjaan akan lebih terasa ringan jika kita tidak mengerjakannya!! Lah? hahahaa kita mengerjakan dengan rasa ikhlas dan penuh semangat, karena kalo ga semangat bawaan pasti ngantuk dan meluk guling aja.

Bagaimana sih..agar Senin disambut dengan ceria:
1.     Diharapkan hari Senin itu adalah tanggal 1 awal bulan dan begitu datang, langsung dipanggil bagian keuangan untuk tandatangan slip gaji..he2, tips ngawur tapi ini penyemangat utama tapi ga mungkin semua senin tanggal 1 , jadi skip..
2.    Jika ada rencana liburan keluar kota sebaiknya  dipersiapkan sejak beberapa hari sebelumnya, misalnya hari Rabu atau hari Kamis, semua sudah packing, dan berangkatnya pada hari jum’at sore , karena biasanya  hari Jum’at pulang lebih cepat. Dan pulang  diusahakan sampai di kos atau rumah itu pada hari minggu sore, atau tiba tak terlalu malam.  Dengan begitu diharapkan kita memiliki waktu tidur maksimal untuk menyambut hari Senin.
3.      Jaga hubungan baik dengan pasangan atau keluarga dirumah. Kenapa? Karena rasa malas tidak mood tercipta dari adanya pertengkaran dirumah atau lainnya. Masalah dirumah jadi kepikiran dan terbawa  hingga ke tempat kerja.
4.      Jika Sabtu dan Minggu libur serta tidak ada rencana keman-mana, lebih baik jangan terlalu terlena dan terlalu memupuk rasa untuk bermalas-malasan.  Tetapi tetap mengerjakan pekerjaan rumah, mencuci baju dan menyetrika, mengepel, atau belanja kebutuhan dapur mengisi kulkas dan lainnya. Begitu hari senin tiba, pakaian sudah siap dikenakan, masak juga tinggal nyemplungin kepanci karena sebagian bumbu udah dipersiapkan, pagi senin dijalani dengan santai dan tidak terburu-buru. Jadi gak ada cerita mau pakai baju ini ternyata masih kegantung di kamar mandi dan belum dicuci, dan kalau udah berkeluarga biasanya anak-anak mau Apel senin minta dasi dan topi serta tetek bengek yang lain, jika tidak dipersiapkan akan kalang kabut kaya mau perang.
5.       Setelah sholat subuh sebaiknya langsung beraktifitas untuk menyiapkan segalanya, jangan mapir ketempat tidur dulu buka gadget , buka facebook , twitter atau sosmed lainnya, keasyikan baca jadi lupa waktu ternyata sudah setengah jam berlalu.  Habis tu terlonjak kaget dan lari sana-lari sini menyiapkan semua, tembok pun ditabrak dikira bisa nimbus dinding?. (ngaca.. jangan pinter ngomong.. he2)

Kaya cukup lima deh… karena itu menurutku hal-hal pokok yang dapat menyebabkan malas berangkat kerja di hari Senin, apalagi bagi yang sudah berumah tangga dan tak punya ART, dimana seribu tangan tak cukup tuk mengerjakan semuanya. Jika teman-teman punya tips lain agar Senin lebih bersemangat bisa sharing disini, tak hanya hari senin saja…tapi biar semangat setiap hari he2.

Ya…inikan bagi ibu atau wanita yang bekerja, bagi yang dirumah saja  menjadi ibu dan istri yang baik melayani keluarga pastinya tidak merasa kerepotan, karena telah  menjadi rutinitas. Tapi pasti terkadang ada timbul rasa bosan ya mak…. suntuk, bahkan bingung mau masak apa lagi ya pagi besok nentuin menu kadang ribet juga dan kadang Cuma disesuaikan dengan isi kulkas  apalagi akhir bulan gini. Kalau mikirin masalah..setiap orang punya masalah sendiri-sendiri yang penting tetap semangat dan jangan sampai berfikir kalau kita  adalah orang yang paling menderita ntar malah kufur nikmat. Loh…nih..masih nyambung atau keluar topic sih….? Ah ya uudaahlah…. Melenceng dikit boleh lah.. 
----------------
Airmolek, 30 Nopember 2015 (wah…. tanggal 1 nya besok nih!)
Dalam rangka..memangkas rasa malas


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

11 komentar

  1. Hihi..iya nih senin lagi. Tapi buat IRT kauak saya setiap hari sama aja. Kecuali anak2 ga bisa main sama papa2nya yg harus kerja..

    Kak nova dr airmolek ya. Carikan madu sialang ya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi harus ...tetap pinter bagi waktu ya...
      hahaah...diair molek juga susah..cari madu asli..takutnya dicampur air...

      Delete
  2. Salam kenal Mbak Nova, alhamdulillah sudah hari senin lagi ya, di sini anak-anak sedang UAS jadi emaknya harus semangat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo emak..gak semangat..gimana mau menyemangati anak ya.... he2

      Delete
  3. semangat-semangat..... waktu kayaknya cepet banget ternyata udah senin aja yah

    ReplyDelete
  4. Usai shalat shubuh langsung beraktivitas itu saya rasakan cukup ampuh untuk membuat semangat hari-hari, termasuk hari Senin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gak pake..narik selimut lagi abis subuhan..ya pak ustadh.., jadinya bikin males bangkit...

      Delete
  5. Kalau dakuw suka keluar subuh sekedar menghirup udara segar pagi dan gerak badan dikit, semangaat makasih sharingnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyerap semangat pagi diudara bersih ..ya mba...

      Delete
  6. kayaknya saya termasuk dalam "sebagian orang" yang malas menyambut hari senin mbak,hehe :)
    alasannya karena hari senin menjadi hari perpisahan saya dengan anak dan baru bisa bertemu lagi pada hari sabtu :(
    tapi kalo hari seninnya bertepatan dengan tanggal 28 biasanya saya agak lumayan semangat karena tanggal segitua dalah tanggal gajian di kantor kami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nih...yang paling bikin ga semangat jauh dari anak..... susah ni obatnya... sedangkan ketemu tiap hari aja..kalo pas ngantor masih suka kangen..kalo dah kangen malas ngapa-ngapain..hufftt... bawaan pengen pulang hi2

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA