Tips agar baterai smartphone nggak boros​

20:49:00

.

Hari gini, salah satu hal yang paling ganggu adalah kalo smartphone sering lowbatt apalagi pas lagi dalam perjalanan atau saat harus mobile ke sana kemari. Kalo ada powerbank sih aman, tapi kalo gak punya dan pas lagi gak bisa nge-charge juga, gimana dong? Padahal, smartphone musti nyala karena lagi butuh buka Google map, atau sedang janjian sama seseorang...atau, ada momen di perjalanan jadi terlewat sementara baterai tinggal 5%.

Gemes kan!

Nah, biar baterai smartphone awet, ini ada beberapa tips dari detekno.com, worth to try!

1.       Matikan Wi-Fi
Nah, ternyata mematikan konektivitas Wi-Fi kalo lagi di luar ruangan itu pengaruh lhooo buat baterai. Soalnya, kalo gak dimatiin, smartphone akan terus mencari sinyal Wi-Fi terdekat, ini yang akan terus mengurangi daya baterai cukup besar secara otomatis. Jadi, kalo lagi di luar, mending memasang jaringan 3G atau 4G LTE, dan kalau udah bisa memakai jaringan Wi-Fi, baru dipasang lagi.

2.       Matikan Live Wallpaper!
Iya sih, live wallpaper bikin tampilan smartphone jadi keren, tapiiiii...ini nih yang bisa menyedot baterai secara tepat sehingga daya tahan baterai akan berkurang. Jadi, sementara dalam perjalanan, dimatikan dulu deh wallpaper-nya ya!

3.       Non-aktifkan notifikasi
Tahu nggak, setiap notifikasi tidak penting seperti dari aplikasi atau game, rata-rata terhubung dengan internet, sehingga akan menyedot daya baterai secara signifikan. Coba ke menu setting, pilih Apps, terus pilih aplikasi atau game yang ingin dinon-aktifkan notifikasinya, dan hilangkan tanda centang “show notification” di bagian bawah.

4.       Turunkan kecerahan layar
Semakin terang layar, semakin besar energi yang disedot! Apalagi kalo layar smartphone-nya memiliki resolusi full HD. Jadi, biar baterai gak boros, ubah kecerahan layar jadi manual, terus atur waktu tampil layar (Sleep) dalam hitungan detik.

Sementara kalo tips dari gue: ganti smartphone! Iyaaa, kalo smartphone udah mulai sering lowbatt, artinya baterainya memang udah lemah. Nah, kalo kebetulan lagi cari smartphone baru yang daya tahan baterainya kuat, coba cek Huawei G8 deh.

Huawei G8 punya baterai sebesar 3000 mAh, artinya ketahanan baterainya lebih awet dan bisa memiliki daya tahan baterai selama 70 jam. Terus, mengingat Huawei G8 adalah perangkat dual-SIM, baterai bisa tahan selama 69 jam dalam dua koneksi jaringan dan 71 jam dalam satu koneksi jaringan.

Secara detil, Huawei G8 memiliki waktu bicara selama 28 jam, 10 jam untuk browsing, dan untuk pemutaran video, Huawei G8 mampu bertahan selama 10 jam 20 menit.

Ada lagi satu hal yang menarik dari daya tahan baterai Huawei G8. Seperti ponsel Huawei lainnya, G8 memiliki manajemen baterai yang baik. EMUI yang dimiliki G8 merupakan interface yang bisa mengelola aplikasi-aplikasi. Pengaturan ini akan mengelola baterai dan network data hanya dapat digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang dianggap perlu dan sering digunakan oleh pengguna, saat layar dimatikan. Sedangkan, aplikasi di luar itu, tidak akan bisa aktif. Ini merupakan mekanisme kontrol yang luar biasa dan sejauh ini hanya dimiliki oleh Huawei.

Gimana? Mulai tergoda kan untuk ngecek-ngecek Huawei G8 di Google, apalagi abis liat desainnya yang keren begini. *wink*  
​--
Disclosure 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar

  1. Iya, nih, makasih ya Mbak tipsnya. Jadi nambah pengetahuan gimana cara ngirit penggunaan baterai :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA