Waspada : Warisan Mama Minta Pulsa

13:57:00


Tertangkapnya para gerombolan penipuan sms "mama minta pulsa" itu bukan berarti  tak kan ada lagi penipuan sms dengan modus minta pulsa. Lagian yang tertangkap itukan cuma sekelompok,  bisa saja yang tertangkap itu cuma orang-orang yang terinpirasi dari dari pelaku penipuan "mama minta pulsa" yang sesungguhnya.

Ada tipe orang-orang yang cepat sekali terinspirasi dengan hal-hal yang negatif, dengan sesuatu tindak kejahatan, dan secara tidak langsung mewarisi segala tingkah laku yang dianggapnya sebagai pemberi ide hebat, untuk mendapatkan sesuatu dengan cara gampang, walaupun itu belakangan akan menyeretnya ke penjara bahkan ke  neraka.

Jujur saja saya terkadang kurang suka tapi juga penasaran  dengan tayangan investigasi  kejahatan yang tayang di televisi. Misalnya saja cara membuat odol palsu, parfum palsu, sate kambing tapi nyatanya sate anjing (hiiiii...),  cara mencampur borax pada bakso dll. Tayangan ini sebenarnya memang bagus untuk mengungkapkan kejahatan dan mewanti wanti  masyarakat untuk lebih waspada. Tapi dibalik itu ada sisi negatifnya, justru ini semacam tayangan tutorial bagi para mereka yang dasarnya udah punya pikiran jahat, yang gak mau tahu apa yang bakalan terjadi sama orang lain, yang penting dia meraup untung dunia yang banyak. Semacam nikmat membawa sengsara gitu lah..

Begitu pula dengan  penipuan sms "mama minta pulsa", sudah memberikan sebuah ide brilian  dan mewariskan ide untuk mendapatkan pulsa banyak tanpa ngeluarin duit dan bisa jualan pulsa tanpa modal, eh ini  bukan ngasih saran loh (dilema), maka bermunculan lah,papa minta pulsa, tante minta pulsa dan lainnya.

Disini  dihimbau buat  teman-teman yang nama dan nomor  teleponnya tercantum  dalam brosur atau web dan lainnya. beberapa waktu lalu  aku mendapat sebuah sms yang berisi sebuah  pesan agar aku mengirim sejumlah pulsa :

"Nova.., ini mully , bisa tolong isi kan pulsa 50 ribu ke no ini sekarang, 
nanti  diganti uangnya..tlg ya.... penting"

dan aku balas aja 

"Oke. tapi isi in dulu aku pulsa 100 ribu , ntar tak kirim balik 50 ribu "

---- ga di balessss---

Begitu baca, aku langsung tau itu...sms gak bener.
Muli emang benar teman kantor aku, tapi dia gak pernah manggil aku dengan sebutan nama langsung, dia biasa memanggil aku "kak nova" dan seumur umur gak pernah tuh minta isikan pulsa. Ya dapat disimpulkan nama si penipu ini pasti mendapatkan nama dan nomor aku dari brosur di instansi tempat aku kerja, yang mana nama Muli dan beberapa teman kantor lainnya juga tercantum di brosur yang sama. Brosur itu tersebar  di daerah kabupaten Indragiri Hulu dan sekitarnya, itu artinya  si penipu dimungkinkan masih satu daerah bukan orang yang sangat jauh, atau mungkin pernah baca di web, wallahu alam.

Jadi kita mesti ber hati-hati kalau ada temen minta pulsa, kalau seumpama nomor gak kenal atau di curigai mending diabaikan saja, apalagi kalau ada yang sampai minta transfer uang dan lainnya. Bukan berprasangka jelek pada teman, tapi mesti dipastikan itu benar orang yang kita kenal atau hanya siluman yang sok sok akrab, jika ditelepon  coba dengarkan benarkah itu suara yang sering kita dengar atau bukan, ada baiknya matikan telepon dulu, terus telpon balik ke nomor yang list namanya udah ada di ponsel kita. itu juga mesti berhati-hati mungkin saja nomor teman lagi hilang, atau di hacker sama orang yang tak bertanggung jawab. Intinya mesti hati-hati, tetap eling gak grasak grusuk kalau terima sms yang rada gimana..gimana , biar logika jalan dan gak gampang ketipu.

so.. waspadalah...waspadalah. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 komentar

  1. Tapi kok dia sampai tahu namamu ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang aku jelasin mak...kemungkinan si penipu itu dapet nama dan nope... dari brosur... :)

      Delete
  2. Ya ampun, sampe sebut nama Mak Nova ya ckckck.

    Iya tuh, saya juga tidak begitu setuju modus kejahatan ditayangkan polos2 di TV, itu malah jadi motivasi buat orang jahat lain.

    Sy juga mash dapat SMS minta pulsa. Pernah dua kali dari nomor yg sama. Yang pertama gak saya balas. SMS ke-2, saya balas. Saya bilang, "Bosmu sudah ditangkap, bertobatlah hai penipu!" :(

    ReplyDelete
  3. Duh makin kesini, modus operandi penipuan sudah semakin canggih :l
    Moga moga saya gak dapet sms penipuan begini

    http://sastraananta.blogspot.co.id/2016/01/bersama-toyota-kita-dolan-ke-purbalingga.html

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA