Malas menyetrika? Baca 10 tips berikut.

10:47:00

Beberapa waktu santer terdengar adanya ajakan anti setrika.  Ajakan ini tentu saja banyak ditolak para emak-emak, walaupun nyetrika itu nyebelin dan bikin muntah melihat tumpukan pakaian yang menggunung, tapi  tak akan bisa untuk mengatakan kata anti pada setrika. Bangsa kita adalah bangsa yang rapi  dan sangat perhatian dengan keadaan orang lain*meletin lidah*, walau pun dirumah pakaian numpuk tiga keranjang    dan sangat malas untuk menyetrikanya , tapi begitu diluaran melihat ada orang terutama wanita melihat baju yang dikenakan   kusut masai  kriting seperti habis dari salon bibir otomatis nyeletuk “ ya..ampun..bok ya disetrika dulu ngapa? Malas jangan disebar-sebarin” . Tuh kan… perhatian banget ya?! padahal sama malasnya hahahaha. Indonesia bukan jepang, yang katanya banyak yang tidak  menggunakan setrika, dan cuek dengan keadaan orang lain.

Aku sendiri termasuk orang yang sangat malas menyetrika, dibanding nyetrika aku milih nyuci 3 baskom  . Beneran 3 baskom sanggup? Iya.tapi baskom cuci tangan hahhaa, itu mah bukan baskom kaliii, itu kobokan. Lalu disiram air kobokan :p

Rasa malas  itu berbanding lurus dengan jumlah tumpukan yang harus disetrika, semakin tinggi gunung setrikaan maka rasa malas ikut berkejaran menyusul tingginya tumpukan. Okeh, rasa malas yang menjalar dan menjadi-jadi itu ternyata memunculkan ide yang sangat kreatif. Kreatif hongkong?!, oh.. bukan hongkong dari tadi kita disini cuma ngomongin jepang dan Indonesia ya, jangan ditambahin  dengan  Hongkong ntar penelitian jadi teramat panjang hehe.
 
Sebenarnya bukan sebuah ide kreatif tapi ide yang mendukung rasa malas itu, bagai mana bisa menyetrika dengan cepat, menghemat waktu, menghemat tenaga dan tentunya  menghemat  biaya  tagihan bulanan listrik, eh ini bukan  soal ngirit mengirit pengeluaran loh..itu mah mak irits yang punya gawe wkwkkw , ini lebih ke penghematan waktu. Jadi namanya mak malass hahahaa  s nya mesti dobel karena malasnya udah dobel dobel banget.

Sedikit tips  dan sedikit  ngawur  tapi sangat bermanfaat dan tidak mengurangi waktu tidur, eh… tapi kita gak mau juga dibilang malas kan? Cuma terlalu sibuk dan gak punya waktu, kita gak mau tenaga terporsir cuma ngurus setrikaan tapi  bisa untuk bercanda ria bersama anak dan suami. ehm.

1.      Setrika yang penting-penting saja, jika pakaian rumah mending dilipat saja dengan rapi. Karena  tidak mungkin kekantor, kesekolah, ke pasar , kerumah teman pake baju awut-awutan. Memang ada sih pakaian yang ga keliatan kusut walau tanpa disetrika misalnya jersey atau yang lainnya. Jadi kalau gak mau nyetrika ya bisa pilih bahan pakaian sejak awal. Tapi ga mungkin jenis bahan pakaian cuma satu aja. Apalagi dirumah ada suami dan anak.
2.      Nyetrika asal licin, makasudnya menyetrika asal gak kelihatan kusut aja. Jadi gak licin-licin banget  sampai ada sais (bekas lipatan baju) nya tajem banget, bisa ngeraut pensil alis .
3.      Agar menghemat waktu ada baiknya baju dihanger aja, dan gak perlu dilipat . abis disetrika langsung langsung hanger gantung dilemari, jika lemarinya cukup.
4.      Jika ingin memberikan pelembut dan pewangi pakaian ada baiknya di semprotin lebih dulu ke semuanya sebelum mulai menyetrika, jadi nggak nyetrika sambil nyemprot gitu..jadi lebih focus nyetrikanya.
5.    Nyetrika gak pilih-pilih, kalau seumpamanya ingin  baju kaos aja dulu atau baju anak mending dipisahkan dari awal jadi gak milih-milih dalam tumpukan pada saat menyetrika.
6.       Yang paling penting adalah trik menyetrika, untuk menyetrika baju agar tidak bolak balik ada tipsnya juga nih, contohnya untuk  baju kaos atau kemeja. Mulailah menyetrika bagian lehernya, kemudian  kedua tangannya setelah dikancing (buat kemeja) , langsung balik belakang, setrika bagian belakang samapai gak kusut , terus lipat kaya biasa sambil disetrika bagian depannya. Jadi gak bolak balik  setelah depan baru belakang baru dilipat, tapi sekali jalan gitu.
7.       Jangan pernah melihat tumpukan  setrikaan, jadi kalau menyetrika  usahakan tumpukan berada dibelakang atau disamping yang rada susah melengin kepala.  Jadi pas ngambil pakaian tangan aja mata jangan ikut melihat. Karena semakin sering melihat tumpukan, pandangan mu semakin nanar karena jumlah tumpukan masih banyak dan yang disetrika  baru 3 lembar.
8.       Tips yang super duper malas ya.. gak usah disetrika, setrika aja apa yang buat dipakai besok , kalau punya anak atau suami kantoran rada sulit sih, apalagi anak udah beberapa. Nyetrika yang katanya cuma yang penting saja sudah 2 keranjang, ditambah yang katanya tak penting itu jadi setengah kamar. Buat yang masih single malah bisa menyetrika kalau pas mau pergi aja, bahayanya nih kalau PLN punya kebiasaan matikan listrik semau jidat, begitu ingin menyetrika, tusssss!!! tetiba listrik  padam yakin deh langsung galau tingkat tertinggi, mana mau pergi  , baju belum disetrika. kapok!!! siapa suruh jadi orang malas... hahhaahah., ssst ini pengalaman aku banget.
9.       Nah kalau anak udah agak besar bisa disuruh nyetrika sendiri, hitung melatih kemandirian dan keahlian, sungguh sebuah alasan penuh makna. Bisa juga sesekali minta si ayah buat ngebantuin, bilang saja lagi suntuk dan ingin me time.  Tapi ingat cuma sesekali yah, kalau keseringan takut punggung jadi alas setrika ,hahahaa *minta cerai langsung, KDRT namanya*
10.   Ingat jaman behaula, tips kakek nenek kalau mau pake baju rapi ala disetrika  yaitu baju dilipat terus taruh dibawah kasur ajaib banget  besok langsung baju bersais dan bonus kutu busuk hahahaaha. Nah ini kalo baju satu, kalo selemari? Baju dibikin kasur.  Soalnya dulu kan suka susah nyetrika mesti bikin arang dulu, ntar kalo dah gak panas dikipas kipasin dulu ,antara nyetrika   sama tukang sate gak beda jauh. Nyetrika pun berasa ngupas bawang, lah …mata berair karena asap setrikaan.

Bagaimana buibu adakah diantara tips ala pemalas ini sudah dijalankan? Sebenarnya memang sudah rahasia umum jika menyetrika itu sebuah kepenatan tapi mau bagaimana lagi  setrika juga termasuk kebutuhan, harus dijalankan tanpa beban.  Sebenarnya ada tips yang paling gampang ya minta bantuan saja  ntah itu ART atau pun siapa lah…, tapi kalau sudah punya ART tentu tips ini tak berlaku lah ya… ini tips buat buibu sejati hahahaha, oh iya  kalau mau lebih rapi menyetrika tanpa prot semprot pelembut dan pewangi kita bisa menggunakan setrika uap , yang memberikan pilihan sesuai kebutuhan, bisa menggunakan setrika kering dan setrika uap untuk bahan yang  gampang kusut dan agak susah disetrika.
Pekerjaan kalau dipikirkan emang rumit  dan terasa berat tapi kalau rasa malas dilawan dan dikerjakan ternyata sudah selesai saja. Ya..seperti kata pepatah seberat berat pekerjaan akan terasa ringan jika tidak dikerjakan #eh.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

17 komentar

  1. Hahaha.. Saya banget itu, Mbak... Paling males nyeterika. Iya bener, yg diseterika yg penting2 aja. Baju harian di rumah mah enggak pernah saya seterika, yg liat juga anak2 sama suami aja :D *males berat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya suka ngeliat muka lecek..kaya baju belum disetrika.. hahahah... *itu kata suami

      Delete
  2. semenjak menikah nyetrika adalah hal melelahkan, 10 poin diatas sudah saya terapkan, ditambah 1 lagi, sambil, mnyetrika muter movie, lumayan betah lah nyetrikanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius mak udah semua..??? no 10 juga??? yang bener deh...

      sambil muter video malah berasa lama... hi2

      Delete
  3. hahahahh emang serika baju itu bikin males banget dan memang bener kok kalau di Japan orang relatif cuek terhadap orang lain yang pada akhirnya itu juga jadi menular kesa ya setelah saya pindah ke Tokyo. Soal serika baju disini, saya cuma serika yang penting-penting aja, kalau baju rumah ya ga usah diserika toh cuma dipake dirumah.. :D abis nyuci, kering, langusng lipet masuk lemari deh, serika kalau pas mau dipake itupun kalo emang perlu diserika kaya baju buat meeting, atau baju kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah..orang indonesia terkenal ramah tamah dan sangat perhatian....

      asyikk.... ternyata aku bukan sendirian...ha2

      Delete
  4. Hihihi tipsnya pernah aku jalankan, tapi pas hamil gede aku pakai jasa tukang gosok sampai sekarang, mungkin kelak kalau anakku udah 2 th udah stop lagi jasa gosoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu hamil akau sempat pakai jasa cuci gosok juga... takut kecapean.... tapisekarang lagi menjalankan tips suka-suka.... nyetrika tergantung kepentingan dan mood,...

      Delete
  5. untuk poin 1, dulu sempat pakaian yang dipakai di rumah disetrika juga, tapi sekrang sudah malas hehe...benar, nyetrika pilih yang penting2 aja, bahkan pakaian luar pun kadang ada yang gak disetrika kalau kainnya termasuk yang gak gampang kusut, habis nyuci dibiargan menggantung pakai hanger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget mba.... asyiknya sama bahan yang ga kelihatan kusut... cuci sekarang kering..bisa langsung pakai..hi2

      Delete
  6. Tipsnya boleh juga nih mbak, aku termasuk yang sangat detil soal setrika, gak bisa pilih2 soale emang gak suka liat baju kusut meski itu baju tidur hehe

    ReplyDelete
  7. kalo aku pas jaman ngekos biasanya pas jemur pake hanger, abis kering lgsung disimpen dilemari, kalo mau dipake baru di setrika..hehe

    ReplyDelete
  8. hahaha,,, pas banget ini tipsnya bekerja bnaget sm aku mbak...makasih :)

    ReplyDelete
  9. Kalo aku sih sengaja banget setrikaannya dbikin panas. Jd pas nyetrika tinggal ceplok2 aja. Gak sampe nempel banget. Jd lebih cepet, kecuali baju ngantor harus bener2 rapih. So supaya suami makin ganteng..

    ReplyDelete
  10. Terima kasih tipsnya bunda, saya juga sering merasa malas nyetrika,,

    ReplyDelete
  11. Iya mbak..untuk yang baju rumah..setrikanya yang asal kesentuh setrika aja. Ndak perlu licin2. Ngirit waktu..

    ReplyDelete
  12. aku sebel nyetrika... dilipet ajah :D

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA