Mesin Jahit Mini untuk Pemula

12:49:00


Menjahit adalah salah satu kegiatan yang disenangi oleh beberapa orang terutama para wanita. Selain sebagai profesi tentunya. Keguanaan mesin jahit adalah untuk membuat pakaian tentunya, baik baju, rok, celana panjang, mukena dll. Selain itu biasanya ibu rumah tangga menggunakannya untuk  sekedar menjahit pakaian yang robek saja, seperti daster, baju sikecil, atau celana rumah ayah dll. Namun beberapa orang enggan  memilikinya karena Mesin jahit memiliki ukuran cukup besar yaitu 1 meter x 2 meter. 

Namun kini ada variasi baru yaitu mesin jahit mini . Dengan mesin jahit ini, kita bisa melakukan jahitan simpel dan tidak terlalu rumit pengerjaannya.


Tahapan dalam menjahit sebuah baju memang sedikit rumit. Butuh ketelitian dan ketekunan dan juga memiliki keahlian yang terampil  untuk menghasilkan satu buah pakaian. Berikut ini adalah step-step yang harus dilalui dalam menjahit
1. Menentukan model
        Kita perlu mengukur keseluruhan dari orang yang akan dibuatkan baju, mulai dari lingkar dada, lebar pinggul, panjang leher, lingkar leher, panjang lengan, panjang badan, panjang punggung dan lain sebagainya
2. Buatlah pola sesuai dengan patokan ukuran orang yang sudah anda ukur
Untuk bisa membuat sebuah baju, anda perlu memiliki kemampuan dalam memecah mode, yaitu bagian dari baju yang harus dijahit dan tidak. Hal ini sedikit rumit bagi anda yang tidak baru belajar menjahit
3. Mengukur dan membuat pola pada setiap bagian kain dan memotongnya, biasanya diberi lebih 1 sampai 2 cm saat memotong kain, agar ada jarak untuk menjahitnya nanti.
4.  Jahit kain menjadi satu kesatuan, sehingga kain terbentuk menjadi baju yang indah.
5. Jangan lupa untuk mengobras dan memasangkan kancing atau resleting pada baju tersebut.
6. Tahap terakhir yang perlu dilakukan adalah menyetrika pakaian yang sudah anda jahit.
Beberapa tahapan di atas tidak bisa dilakukan oleh mesin jahit mini karena membutuhkan space dan ketelitian dan keahlian yang mumpuni.

Tapi mesin  mesin jahit kecil ini, kita bisa membuat taplak atau menjahit pakaian yang bolong atau robek. Hal ini disebabkan oleh kecilnya jarum yang dibutuhkan pada mesin jahit  ini dan keterbiasaan. Untuk mesin jahit besar, penjahit biasa menggunakan kaki untuk menggerakkan roda, agar jarum mau berjalan, namun pada mesin kecil ini, tangan yang harus digerakkan untuk menjahit satu sama lainnya.
Mesin jahit mini mungkin bisa menjadi salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk membuat karya taplak kecil atau sapu tangan sebagai kado manis untuk orang terkasih. Kita juga  bisa menambahkan tulisan nama orang yang akan diberi hadiah tersebut. Mesin jahit kecil ini akan sangat bermanfaat untuk hal tersebut. Disamping itu, untukkita  yang baru mulai untuk belajar menjahit bisa memanfaatkan alat yang bisa dibawa kemana saja ini. (Disclosure)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

13 komentar

  1. Nah lho, disurut ngejahit baju sendiri kan jadinya.. ok sip, pengiritan ya mbak.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan..cuma yang sobek satu senti..kalo 2 meter mending ke yang ahli hahahah

      Delete
  2. Aku punya mesin jahit mini malah belum dpakai sama sekali mba :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sibuk..ga kepikiran soal jahit ya..mba..he2

      Delete
  3. wihii... jadi keingat kakak nomor 2. suka jahit. klo saya ga bakat mba. dulu bahkan pernah ikut kursus jahit pas program BLK di SMU gagal total hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik..bisa kursus..tapi kalo gak punya minat kesana..jadi males... gatot deh..., mending jahit huruf jadi kata-kata..hahahah

      Delete
  4. Aku dari kemarinpengen banget beli mesin jahit miniiiii... Tapi nggak juga ketururtan. Huhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum dapat yang..pas YA.., pengennya bukan punya mesin jahit... tapi robot jahit... jadi tinggal tekan remot.. :D

      Delete
  5. Aku pengen banget nih mak pinter jahit, tapi apa daya dirumah punya kakak yang phobia mesin jait. Dia ga bisa makn kalo ada mesin jait di dalem rumah, mulutnya terasa ada pasirnya katanya.. huhu

    ReplyDelete
  6. Pemgen atuh.la mesin jahit kayak gitu. Kemudian sadar ga bisa jahit hahaahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya..udah..anter ke tukang jahit aja..beres..
      :)

      Delete
  7. Wah.. dari dulu diriku pengen belajar jahit mbak

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA