SAKIT GIGI DAN SAKIT HATI, PILIH MANA?

11:39:00


Pilih sakit gigi atau sakit hati??

Semenjak merebak dan mendarah daging lagunya sakit gigi  di aliran darah semua jadi ikutan  bilang bahwa sakit gigi  itu lebih  baik dari pada sakit hati, hahaaha. Ada yang bilang ah… mending sakit hati aja, kalo sakit hati mah masih bisa makan kalo sakit gigi gak bisa makan.
Nah kalo aku bilang gak ada yang lebih mendingan dari keduanya karena sama-sama sakit, dan sakit itu gak enak . Sakit gigi gak bisa makan, sakit hati juga emoh makan, eh…kenapa jadi makan yang jadi ukuran..hahahaha, dasar emak gembul.

Yang ingin nostalgia sama lagu alm Meggi Z boleh nyanyi dulu :p
                 

Tapi beneran deh sakit gigi itu sakit banget aku waktu kecil sering banget sakit gigi, mungkin kurang perhatian dan malas gosok gigi jadi nya gigi bolong banyak , makan asal-asalan  ya udah akhirnya banyak izin sekolah gara-gara sakit gigi.  Namanya keluarga pas-pasan dulu itu gak pernah kepikiran buat kedokter gigi, jadi sakit gigi gak pernah namanya makan obat jadi cuma diobatin ala kadarnya . Gigi itu copot karena udah habis umur ;D jadi gak pernah cabut gigi ke dokter.
Terus sakit gigi diobati pakai apa?? Ya cara tradisional dan cara irasional hahahahaha.. apa tuh..??
Obat sakit gigi  tradisional yang pernah aku lakukan berdasarkan instruksi orang tua ku :
1.   Berkumur-kumur dengan air garam. Kalu dulu sih ikut aja karena itu berdasarkan pengalaman orang tua. Tapi sekarang ada penjelasannya, air garam banyak mengandung mineral bisa mengeluarkan kotoran yang ada dalam lobang gigi dan juga mengandung magnesium yang bisa membuat gigi lebih kuat dan system syaraf yang lebih baik
2.    Bawang putih digiling atau dihaluskan dibikin gumpalan kecil terus dimasukkan ke lubang gigi bisa pakai kapas. Sekarang juga baru tahu, ternyata bawang putih mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit.
3.    Getah tempurung. Caranya tempurung yang baru maksudnya yang belum kering terjemur itu  dibakar jangan sampai gosong   nanti aka nada getahnya kecolatan mengalir dari tepi yang terbakar. Getah itu diambil pakai kapas kemudian dimasukkan ke dalam gigi. Lumayan mengurangi rasa sakit.

Ketiga cara diatas sering banget aku lakukan ketika sakit gigi menyerang. Lucunya ada hal-hal yang menurutku saat ini gak masuk akal dilakukan buat menyembuhkan sakit gigi, tapi waktu itu yak au lakukan karena orang tuaku menyuruh yang mereka juga gak tahu kalu itu bikin sembuh.


Menaruh balsam di dalam kapas terus dimasukan ke gigi, alamak..pedasss anak kelas dua sekolah dasar disuruh beginian..huuhuhhuuhu.. nangis bukannya tambah sembuh malah sakit. Ah..gak nyalahin ortu juga..toh itu juga jadi kebiasaan  orang sekampung.


Ada yang lucu nih , abang ku yang masih smp kala itu lari-lari bawa primbon jawa… nih disini ada obat sakit gigi coba aja. Akhirnya bapak ku mempraktekkan huruf  hijaiyah/ arab ditulis dibalok, kemudian aku disuruh baca alfatihah terus huruf dipaku sampai habis, hihii.. lucu banget.


Nah kalo ini lain lagi, waktu disekolah wali kelas ku manggil karena keseringan sakit gigi . ingat banget namanya pak Azis udah almarhum..dan jadi wali kelasku sekitar tahun 1989-1999 gitu deh.. he2.. *jangan ngitung umur ya..*

“ masih sakit gigi..?”

“iya pak…”

“ kamu ke kantin, minta air segelas  terus bawa sini ya..”

Aku pun berlari kekantin dan minta air segelas, dasar anak-anak ngapain juga lari-lari ya..??  kemudian aku berikan airnya  ke pak guru. Kemudian ia membaca sesuatu diair dan meniup-niupnya. Lalu menyuruhku  meminumnya dan dia sedikit mnumpahkan air ketangannya dan menepuk nepukkan ke pipiku “puk..puk..puk” ya ..tiga kali.

“Gimana..udah kurang”

Mikir..

“udah pak…”

“ya udah sana…. Jangan banyak makan permen”

Hmmm… tapi rasanya belum kurang sih…. Hahahaha
Kemarahan, Marah, Buruk, Terpencil, Berbahaya, Emosi
Jangan dekat dekat! lagi sakit gigi :)


Sekarang masih sakit gigi??


Terakhir rasanya aku sakit gigi emang banyak waktu SD , tapi mungkin gigi susu dah habis dan giginya baru semua, jadi aku gak pernah sakit gigi dan rajin gosok gigi. Tapi setelah melahirkan dan mungkin pengaruh kehamilan banyak gigi ku yang keropos dan  sekarang sedikit sering sakit gigi. Ingin dicabut takut apa lagi bagian atas karena katanya ngaruh ke saraf mata apalagi bagian atas. Akhirnya setiap sakit gigi langsung deh menelan  obat pereda sakit aja kaya asamefenamat dan mefinal, kalo ponstan gak pernah sih..katanya malah bikin gigi rapuh.
 

Nah.. jadi mau pilih mana sakit gigi atau sakit hati?  Teman-teman punya pengalaman sakit gigi ga??

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

23 komentar

  1. so far, aku belum pernah sakit gigi mba.. hihihihi.. tapi jangan sampe deh, pasti sakitnya bukan main.. apalagi sampe sakit hati.. wkwkwkwkwk..

    tapi apapun wujudnya berbentuk sakit, pasto nggak enak ya :(

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya sakit... ya..mana ada yang enak mba... he2

      Delete
  2. bener banget kalau sakit gigi bawaannya pengen ngamuk aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. persis donk..kaya gambar diatas... ya.. ;D

      Delete
  3. Ga diperiksa ke dokter gigi Mbak? Biasanya tindakan entah cabut atau ditambal kalo sudah ilang sakitnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. denger dokter aja udah ngeri mba..apalgi kesana.... hhuhuhhuhu..

      Delete
  4. Yg masih rutin saya lakukan klo kambuh sakit giginya yaitu pake bawang putih digerus ampe halus. Persis seperti poin 2. Rasanya? Jangan tanya...meski emang sembuh sih, tapi huwow juga x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasa bawang putih gak eneak bangettt...

      Delete
  5. Alhamdulilah sakit gigi cuman sx dan mesti dicabut gigi gerahamnya hiks tp udahannya mpe skrg masih kokoh berdiri ngalahin nyonya meneer berdirinya hahaha #apasih geje :p

    ReplyDelete
  6. Kalo lagi sakit gigi, aku bakal bilang mendingan sakit hati sih yaaa. Hihihi. Makasi tipsnya ya Maaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending gak dua2 nya..coz semuanya bikin puyeng..

      Delete
  7. Sakit gigi klo yg diserang geraham..,udah deh konsentrasi buyar
    Trus ga mood ngapa ngapain mb nov
    Wah bawang putih digiling gimana yak rasanya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkeun..dicicipi... atuh..hahahah

      Delete
  8. Aduh kalau udh sakit gigi nyerah deh...bulan ini bru operasi gigi malah aku nya, karena engga tahan akan sakit nya jdinya itu gigi dicabut... :D jd lbih baik sakit hati kali ya makkk... 😊😊 salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit hati..bisa kebawa sakit gigi loh..mba.. *teori baru he2

      Delete
  9. Kalo saya mah mbak ngak milih dua2nya soalnya saya sedang tidak sakit gigi dan sedang tidak sakit hati mbak :D

    ReplyDelete
  10. gak mau pilih 22nya, soalnya udah pernah semua :(

    ReplyDelete
  11. kalo disuruh milih sakit hati aja deh, kalo sakit gigi gak bisa makan soalnya ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit hati juga bikin ga selera makan..mba... maag malah kambuh.., eh tapi ada ya ..kalo lagi banyak masalah..bawaan pengen makan melulu....

      Delete
  12. Pas banget... Lagi sakit gigi. Huhuhuhu :'(

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA