ANTARA ALASAN DAN KESIAPAN MEMILIKI ANAK KEMBAR

13:20:00


Hampir setiap pasangan  pernah mengidamkan untuk  memiliki bayi atau anak kembar. Memiliki anak kembar merasakan kebahagian dua kali lipat, apalagi jika sebelumnya tak terpikirkan akan memiliki anak kembar, begitu hasil USG menunjukkan ada dua janin di rahim tentu menjadi sebuah kejutan maha dahsyat yang bikin bahagia.
Tapi sayang memiliki anak kembar tak semudah membalikkan telapak tangan, ya..iya..lah.. nunggu hamil aja terkadang sebagian pasangan butuh waktu bertahun-tahun, apalagi  berharap anak kembar butuh perjuangan banget. Kemungkinan memiliki anak kembar  dipengaruhi  banyak faktor, faktor keturunan, faktor usia, makanan yang dikonsumsi  , atau bisa juga mengikuti program kehamilan bayi kembar.

Kenapa ya…. orang-orang pada menginginkan bayi kembar? ini ada beberapa alasan yang dilontarkan para emak :
 :
Punya anak kembar , bahagia bertubi-tubi. Punya anak dua dalam satu kelahiran itu merupakan sebuah anugrah  yang luar biasa. Disatu sisi banyak pasangan yang mengharapkan kehamilan , untuk hamil saja butuh berobat sana sini, tapi ..ini tanpa rencana , tanpa diduga… jreng…jrenggg…. dapat bonus satu bayi dengan wajah mirip. Tentu tak salah jika punya kebanggaan tersendiri dan berharap punyak anak kembar biar punya kebahagiaan yang dobel.

Punya anak kembar itu lucu, loh..kok lucu..?? ketawa terus donk… heheheheh . Punya anak kembar seperti penyaluran bakat yang tertunda bagi orang tuanya. Dapat dipastikan setiap orang tua yang memiliki  anak kembar biasanya suka hunting baju anak yang lucu dengan model yang serupa atau pernak-pernik yang lainnya.

Repotnya sekalian. Nah..kebanyakan emak-emak pengen anak kembar  itu karena ingin capek sekali gus. Begitu lahiran  langsung punya anak dua , ngurusin sekali dua dan ngebesarin sama-sama ..kalo udah gedean dikit dan bisa ngurus diri  sendiri giliran emak yang happy karena berasa sukses ngebesarin anak-anak disela kesibukan.

Memiliki anak kembar memang bikin bahagia,  banyak hal yang menjadi perhatian kita begitu mengetahui ada dua rahim dijanin.

Biaya. Memiliki bayi kembar tak hanya mendapatkan anak dan kebahagian yang dobel. Biaya yang dibutuhkan juga  menjadi dua kali lipat seperti kebutuhan pakaian, baju , popok harus dipersiapkan dengan jumlah untuk dua orang, apalagi bagi ibu atau orang tua  yang suka berburu pakaian unik untuk bayi kembarnya. Tak hanya pakaian tapi juga biaya lain seperti kesehatan dan biaya pendidikan masa depannya.

Pengasuh. Walau niat diawal adalah pingin repot sekaligus, tapi sebagai ibu tetap tak boleh terlalu kelelahan, tetap membutuhkan pendamping. Sebelum melahirkan ini perlu dibicarakan serius. Apakah perlu pengasuh tambahan atau tidak, apalagi bagi  emak yang bekerja diluaran. Seperti yang kita ketahui mengurus bayi kembar itu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih ada perlu kerja sama antara suami dan istri. Jangan samapai Ibu sakit karena kelelahan terutama diawal persalinan, bukannya malah happy malah  membuat ibu jadi suntuk dan stress.

Mental. Nah..ini yang terpenting, punya anak itu adalah sebuah amanah  yang didalamnya ada kewajiban untuk menjaga dan mendidik secara baik. Jauh-jauh hari  sebelum bayi lahir kita harus menyiapkan mental yang kuat dan gak gampang cemas, apalagi kalau itu pengalaman pertama. Punya anak satu aja terkadang ada yang sampai baby blues dan depresi karena kecemasan dalam mengasuh anak , apalagi jika ada dua bayi yang butuh kasih sayang sama. Bagaiman kalau sakit salah satunya, bagaimana jika menular ke bayi yang lainnya.. ? Merawat bayi kembar itu butuh kesiapan lahir batin.

Sudah siapkah memiliki anak kembar??
Tapi..nih kalo rejeki .. siap gak siap deh ya..yg penting happy aja dulu..yg lain nyusul hi2

Nah..dari tadi panjang lebar , ngomong sana sini  , apa nova punya bayi kembar?? Ohhh..nggak..nggak..*mundur teratur*

Ngomongin bayi kembar karena terispirasi dari blognya Wiwid Wadmira yang punya pengalaman memiliki bayi kembar. Menjelajahi Blog yang  satu ini jadi ikut ngerasain bahagia  dan repotnya memiliki bayi  dua sekali gus. 
Nah.. buat teman-teman yang akan dan udah punya anak kembar bisa ikutan baca  blognya loh. Di blog  banyak bercerita tentang parenting khususnya serba serbi tentang merawat bayi kembar, juga ada fakta dan mitos tentang bayi kembar. Apalagi bayi kembar mba Wiwid Wadmira ini terlahir prematur, sehingga banyak kisah yang dituliskannya, yang dapat kita petik ilmunya khususnya pengasuhan anak kembar.  Mba Wiwid sendiri pernah menjadi moderator site The Urban Mama yang mengantarkannya  menjadi bogger yang sangat mencintai bahasan dengan tema parenting. Pokoknya gak rugi mampir dan berleha-leha di blog mba yang satu ini.

Pasti penasarankan… eh..mungkin ada yang mau japri langsung tentang kehamilan dan melahirkan bayi kembar bisa colek Wiwid Wadmira di akunt sosmednya :
Wiwid Wadmira
Blog: http://mykirakara.blogspot.com
Facebook: 
https://www.facebook.com/wiwid.wadmira
Twitter:@wiwidwadmira
Instagram:@wiwidwadmira

Nah… maks..ingin punya bayi kembar juga gak sih…??? Alasannya..apa..?? ceritain disini yah…

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

15 komentar

  1. Dibalik kelucuan, kebahagiaan, dan 'repotnya'...Anak kembar juga termasuk rejeki dari Allah SWT yang tiada terkira :) Patut disyukuri.. Jadi pengen juga Punya anak kembar :) hehehehe

    ReplyDelete
  2. hhaa anak kembar qo disebut bonus sihh :D itu titipan lhoo mba :) mungkin allah sudah percaya bahwa kita dapat menjaga dua anak dalam satu waktu :) hhe asal jangan aral saja ya mba karena repotnya :D

    ReplyDelete
  3. aku mah takut malah, satu saja aku kerepotan apalagi kembar dua, tiga????? astaga. Untungnya gak kejadian

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi klo ..udah rejeki..disyukuri aja...., bearti Tuhan mempercayakannya...

      Delete
  4. nah ini harus dibaca buat ortu yang punya anak kembar ya mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... bagus langsung ke blognya mba wiwid..he2

      Delete
  5. Bagusss nih buat referensi para ibu yg ingin program IVF atau bayi tabung kembar.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... kalau udah diprogram bayi tabung..persiapannya pasti udah matang banget..

      Delete
  6. bisa dicontek ni tips parenting ala mommy kembar kaalau dianugerahi rejeki yang sama hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog mba wiwit..banyak contekannya tuh...

      Delete
  7. Nah iya banget ya Mba Nova. Bertubi2 semua. bahagianya, senangnya, biayanya, repotnya... hihii.. memang kudu belajar banyak ini ttg dunia parenting.. apalagi yang twin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bertubi2... mesti banyak ilmu parenting..ditambah sabar ikhlas..juga harus bertubi2..

      Delete
  8. aku malah pngn punya ponakan kembar...hehe
    apalagi banyak anak banyak rejeki :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA