KIAT BELANJA HEMAT IBU RUMAH TANGGA

21:09:00


Bukan rahasia  lagi jika makhluk Tuhan yang paling seksi bernama wanita itu paling doyan belanja. Gak mulai remaja, gadis, dewasa, sampai jadi emak-emak pun hasrat belanja tak pernah terpuaskan, maunya mantengin dagangan orang, ntah di bbm, whatsapp sampe kepasar-pasar juga gitu, niat beli sayur tapi mampirnya ke obralan kerudung.  Wanita  memang identik dengan belanja suka ngobrak ngabrik dagangan dipasar tapi ga jadi beli, tanya-tanya via BBM  lalu hilang ditelan bumi, suka belanja tapi  gak mau keluar duit banyak.

Ya…wajar sih, gak mau keluar duit banyak udah ibu rumah tangga gitu loh. Ibu rumah tangga juga ditakdirkan menjadi seorang akuntan yang bijak dalam mengelola keuangan walau keadaan terdesak sekalipun. Setiap ibu rumah tangga punya cara tersendiri dalam mengatur keuangan bahkan wajib memiliki kiat-kiat berbelanja, agar keuangan tak kebobolan.

Berikut kiat-kiat  belanja  yang wajib  ibu rumah tangga kuasai

Menawar. Menawar ketika berbelanja adalah perkara wajib dilakukan bagi ibu rumah tangga. Menawar tak cuma untuk menghemat pengeluaran tetapi juga jangan sampai kita “diakalin” pedagang, apalagi jika harga yang ditawarkan jauh lebih tinggi dari harga normal.
Walaupun harus pintar menawar tapi mesti dalam batas wajar ya mak, soalnya banyak  mak-mak  yang suka nawar harga gak kira-kira.  Barang udah diobaral murah  masih saja ditawar, kan kasian pedagangnya juga, ya. Kadang lucunya suka mencari-cari kelemahan barang “kurang lagi ya bang..nih ujung serbetnya ada yang bekas digigit semut..” ah..emak-emak emang pinter deh.
Walau belanja kudu nawar kita tetap harus menghargai pedagang, jangan sampai terkesan merendahkan, ntar malah pedagang yang balik marah-marah, bukannya dapat harga hemat malah kita dibabat, gak lucu juga kan.he2

Belanja barang Grosiran, Dengan belanja grosiran dipastikan harga lebih miring ya mak. Ini bisa kita lakukan saat belanja bulanan. Grosir bulanan biasanya untuk keperluan rumah tangga yang dipakai harian, misalnya deterjen, sabun mandi, pasta gigi, bisa juga keperluan dapur seperti garam, minyak goreng, gula pasir dll. Belanja barang obralan sesekali juga bisa dilakukan. Banyak juga mak-mak suka banget dengar  kalo ada pedagang yang teriak “diobral! diobral! sayang anak sayang anak!”  dan teriakan-teriakan setipe. Emak-emak bakalan nggerombol  dekat  pedagang yang beginian. Abang-abang yang suka teriak ini biasanya jadi incaran para ibu rumah tangga  yang bisa beli paket hemat. Walau suka barang obralan, mak harus tetap pintar memilih, dan jangan sampai membeli barang yang sudah kadaluarsa, ataupun sudah cacat ya, tetap  harus teliti.

Diskon. Memanfaatkan diskon salah satu hal yang paling disukai para ibu rumah tangga. Spanduk  diskon yang terpampang nyata merupakan pemandangan yang indah lagi menggoda.  Emak-emak biasanya suka banget cari barang diskonan  kalo gak di mall-mall ya belanja  online.  Belanja online jadi pilihan paling kekinian, karena sambil mengawasi  anak bisa  sambil  berselancar, lagi pula banyak promo, chashback dan tawaran bebas ongkos kirim.  Berapa pun diskonnya tetap disukai, apalagi kalau ada diskon 99 persen pasti bikin gembira banget ya.  Walaupun begitu, kualitas tetap harus dinomor satukan, jangan sampai beli barang murahan dan kualitas yang sangat rendah.

Ngomong-ngomong soal diskon, semua memastikan bahwa tak ada wanita yang tak akan tegoda. Banyak wanita yang memanfaatkan promo diskon online untuk belanja fashion, kosmetik dan peralatan rumah tangga.  eh.. ngomong-ngomong diskon 99 persen  kayaknya beneran ada deh, coba gih..cek-cek MatahariMall.com. Selamat senang-senang ya.., semoga bisa berhemat tanpa melarat. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

13 komentar

  1. saya juga suka tuh mbak diskonan :D
    ah sapa sih yang enggak yaa

    ReplyDelete
  2. Kalo aku emang suka banget nunggu diskonana. Apalagi ini ada novel yang pengen aku beli tapi harganya masih mahal, yaudalah paling belinya nunggu tahun depan aja pas ada diskon. Hihihihii Makasi sharingnya ya Maaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua..juga suka diskonan..tapi harus tetep pintar memilah..

      Delete
  3. Saya suka diskonan tapi masih ngitung2 juga sih kadang ada yang sudah diupgrade dulu baru didiskon, jadinya sama aja harganya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. naikin dikit harganya..baru didiskon he2.... konsumen mesti pintar..

      Delete
  4. Aku ibu-ibu yang ga pinter nawar. hihihi Kalo ada yang diskon pasti tertarik, tapi pesen suami kalo ada barang diskon mesti cermat cek dulu produknya, jangan sampe pengen untung malah buntung karena barang sisa atau reject. :D

    Ulasannya oke nih ummi. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku paling bisa nawar dikit.. ga berani nawar banyak..he2

      Delete
  5. Tapi aku susah nawar mb huhuhu
    Kayanya harus nerapin point yg terakhir nih, hidup diskonan hahaaa

    ReplyDelete
  6. sukaa diskonan :D saya sebagai pedagang kadang suka jleb udah jual barang murah eh masih ditawar lagi hiks :'(

    ReplyDelete
  7. nawar itu butuh skill bgt ya mba, aq krg bisa an, gak tegaann juga :)

    ReplyDelete
  8. diskon nawar dapat gratiss hehe siapa yg gak mau ya mbak hehe

    ReplyDelete
  9. Emak2 kalo nawar suka kejam dan menyeramkan yessss hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA