PENTINGNYA ILMU PARENTING BAGI ORANG TUA

15:56:00


Mendapat panggilan ayah atau bunda adalah moment yang paling membahagiakan. Menjadi orang tua itu memiliki kebahagiaan tersendiri, apalagi jika anak-anak tumbuh sehat dan bahagia dalam didikan tangan "dingin" kita namun terasa hangat hingga ke hati :) . Menjadi orang tua yang dapat mendidik anak dengan baik itu tidaklah mudah. Kesabaran dan keikhlasan dan pengetahuan orang tua sangat berperan penting untuk menciptakan sosok generasi terbaik  yang siap melangkah kedepannya.

Untuk menjadi orang tua  kini tak lagi hanya mengikuti arus  atau berdasar pengalaman kakek-nenek atau orang tua kita dulu. Maksudnya mengikuti arus itu misalnya dengan skema menikah-mengandung-melahirkan- merawat anak bayi- anak udah besar disekolahkan dan biarkan guru yang mendidik , dan orang tua sibuk dengan nafkah dan urusan rumah tangga lainnya. Dengan skema membesarkan anak seperti itu ,dizaman sekarang itu sudah tidak bisa diterapkanlagi, terlalu  banyak halyang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Kini anak benar-benar dipersiapkan menjadi penerus dengan intelektual dan spiritual  yang bagus, sehat jasmani dan rohani dan kuat menghadapi tantangan, dan bijak mengelola emosional. Dengan tuntutan yang banyak seperti itu sudah seharusnya orang tua untuk terus belajar menjadi orang tua yang baik , karena mendidik anak bukan hanya sampai pada urusan dunia, tapi tiap keputusan yang kita ambil untuk anak ada tanggung jawab kita sebagai orang tua kepada Tuhan.

Dengan alasan itu pula aku sangat suka membaca tentang hal-hal yang menyangkut parenting. Dengan membaca dan mendengar ilmu keparentingan akan  wawasan kita  terhadap perkembangan dan cara menanggulangi masalah anak di era digital ini. Mengikuti seminar keparentingan jujur saja aku belum pernah, selama ini cuma baca-baca dari buku atau melihat talk show di televisi.  Teori-teori yang dijabarkan memang terkesan mudah dan menarik namun sangat sulit untuk dijalankan, karena  apa yang diterapkan tentu harus sesuai dengan karakter anak tidak bisa disamaratakan.

Dengan teori umum dan terlihat sangat mudah namun sulit untuk dilakoni itu aku jadi  senang membaca pengalaman dari ibu-ibu lain yang lebih senior dan sangat cakap dalam menghadapi permasalahan anak, yang  tentunya sesuai dengan karakter anak, kebiasaan keluarganya, yang dimungkinkan kita dapat mengambil contoh baiknya untuk diterapkan dalam keluarga.
tentang remaja dan trend
Myra Anastasya bersama anaknya (keke)

Sebut saja Myra Anastasia yang sering memanggil namanya dengan sebutan “Chi” ini merupakan seorang mom blogger yang senang berbagi pengalaman kesehariannya bersama anak-anaknya. Penjabarannya sangat sederhana dan mudah dipahami, walaupun terihat sederhana namun tulisan tetap 'berisi" karena tak hanya mengulas permasalahan tapi juga memberikan solusi. Pada blog pribadinya bertajuk KEKENAIMA.COM banyak sekali tulisan yang menulis tentang ilmu parenting, semua ditulis dengan ringan dan  santai.Untuk teman-teman yang ingin mengambil ilmu  perenting bisa langsung menuju blognya http://www.kekenaima.com/search/label/Parenting

Menjadi orang tua itu memang harus terus belajar, banyak media pembelajaran yang bisa menambah referensi orang tua mendidik anak seperti buku-buku parenting, nasihat atau pengalaman baik dari sahabat dan keluarga, seminar keparentingan , media televisi dll.

Ada tips , masih dari mba Myra bahwa dalam penerapan ilmu parenting tidak boleh menelan ilmu parenting yang  didapat begitu saja, tapi  harus  difilter lebih dahulu dan disesuaikan  dengan kebiasaan dan karakter anak,karena jika dipaksakan takutnya malah membuat mereka  jadi tertekan . Tips yang kedua sebagai orang tua tidak boleh sensitif alis baperan karena kalau orang tua belum apa-apa sudah nangis, dia yang memarahi anak eh dianya yang mewek, jika tegas ya tegas, jika marah perlihatkan secara bijak,   jika  kesal duluan dengan keadaan yang ada  justru akan  menyulitkan untuk mendisiplinkan anak. Dan yang ketiga jadi orang tua itu harus semangat  dan tidak boleh menyerah, ya..kalau belum apa-apa orang tua sudah males dan loyo bagaimana bisa menjadi penyemangat anak?

Bagi aku pribadi belajar dunia parenting itu adalah masa kontrak yang tak pernah habis. Karena menjadi orang tua itu tak pernah ada batasan usia anak bahkan sampai mereka menikah  mereka tetaplah anak-anak kita.

Buat-buat teman-teman yang suka  dengan dunia parenting bisa ceka-ceki dan tanya langsung dengan Mba Myra ya..
nih aku kasih akun social medianya:
Myra Anastasia
Fanpage: Myra Anastasia’s Blog
Twitter: @ke2nai
Instagram: @ke2nai




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

10 komentar

  1. Mba Myra selalu menulis tentang aktivitas anak anaknya ya. Ntar kalo mereka dewasa pasti seneng dg tulisan ibunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menulis sekarang..artinya meninggalkan jejak kenangan... ntar klo udah dewASA.. anak mengulang kembali membacanya..bagai membuka album kenangan..ada kebahagiaan tentunya..

      Delete
  2. pengen tuh anak2ku ntr bisa kayak anak2nya mbak Myra, yg deket banget kayak temen sendiri :).. ga dulu kyk aku, kalo ama orang tua bawaannya takut :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya nih..seneng banget baca blog mba myra.. dia deket sama anak..n anak2 juga senang didekatnya....

      mau selalu hangat sama keluarga2..he

      Delete
  3. Suka banget sama kegiatan mbak Myra tentang kegiatan anak-anaknya, dari mulai anak-anak masih keliatan kecil sampe sekarang udah pada keliatan tinggi besar, kurun waktu 2 taun selama di komunitas yang sama banyak banget kisah inspiratif yang dibagi mba Myra.

    Salken mba Nova, ulasannya cakep. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsisten nulis tentang anak2 kita jadi tau perkembangan anaknya...sambil belajar juga cara mba myra mendidik anak2nya..

      salken kembali... :)

      Delete
  4. saya bnyk belajar tentang parenting dr blognya mba myra :)

    ReplyDelete
  5. Memang benar, kita butuh belajar ilmu parenting, Mbak. Untungnya sekarang mudah ya berkat internet dan dunia blogging. Mbak Myra ini salah satu tempat belajar asyik ...

    ReplyDelete
  6. boleh juga nih mbak ilmunya.. sngat penting nih buat kedepannya bagi saya.. hehe

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA