TIPS BELANJA ONLINE TANPA WAS WAS

20:30:00


Beragam kemudahan dalam berbelanja online membuat kita ketagihan, apalagi harga lebih murah jika dibading belanja ditoko atau super market. Tapi kadang berebelanja online juga membuat jantung mau copot, was-was karena barang yang dipesan lama datangnya sehingga timbul prasangka, jangan-jangan aku ditipu nih. Terkadang diawal mula belanja pengiriman lancar, eh ternyata itu cuma pancingan begitu belanja kali  ketiga dengan jumlah pembayaran yang cukup banyak malah tertipu , barang tidak dikirim, uang tidak kembali, dan sipenjual hilang tanpa bisa dilacak.

Terkadang penipuan belanja online tak langsung terjadi biasanya mereka sengaja menanam kan rasa percaya kepada konsumen. Biasanya untuk belanja diawal biasanya kita belanja sedikit untuk membuktikan apakah barang nya di kirim ke alamat kita, nah setelah ada kepercayaan biasanya kita langganan dan tak segan mengorder dalam jumlah banyak karena merasa yakin, jika tempat kita belanja adalah orang yang amanah. Tapi kenyataannya tidak mereka mengulur sedikit kepercayaan  untuk meraih untung yang lebih besar.

Sedikit tips belanja agar tidak terperangkap penipuan:

1.       Jangan berbelanja kepada penjual yang hanya modal akunt facebook,pin BBM dan Whatsapp. karena ketiganya itu sangat mudah dihapus dan susah dilacak. Memang tak semuanya pembohong tapi coba kamu cek dulu siapa orangnya, coba search di google nama orang tersebut, pekerjaannya apa, data ini bisa untuk jaga-jaga jika kita “dibohongi” kita bisa “kejar” dia untuk mengembalikan uang. Eh.. tapi jangan ngejudge yang jualan di BBM tukang bohong ya, banyak kok yang jujur, cuma kita harus waspada aja.

2.       Belanjalah untuk produk-produk yang tidak terlalu mahal, misalnya Jam tangan bermerk, kalung emas, berlian dll. Untuk membeli produk yang  rentan dipalsukan lebih   baik kita belanja langsung dan membuktikan keasliannya.

3.       Belanja online di toko online atau e-commerce yang terpercaya .  salah satu contoh toko online yang terpercaya itu adalah memiliki toko ecommerce professional seperti  blibli.com yang terjamin keaslian produknya dan tak akan ada tipu-tipu, jika barang tak sesuai dengan keterangan  kita biasa menukarkan kembali.

4.       Jalinlah kerja sama yang baik, sebagai pembeli kita juga harus menjaga  kepercayaan penjual, jika sudah order segeralah  di bayar, agar barang dan pengiriman bisa di proses dengan cepat. Karena tak cuma pembeli yang suka tertipu , penjual online pun sering ditipu oleh calon pembelinya. Merasa ada kepercayaan, barang langsung kirim sebelum pembayaran ditransfer, nyatanya  pembayaran tak pernah ada dan barangan tak kembali.

Berbelanja online memang mengasyikkan ya…, tapi hati-hati loh.. jika tidak diatur dengan baik bisa-bisa uang belanja bulanan habis buat shopping-shopping maya. Happy belanja online sih oke, tapi tetap pilih produk-produk yang memang kita butuh bukan cuma sekedar ingin.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA