7 HAL MENDASAR UNTUK SEBUAH KONTEN KREATIF




Kegiatan blogging atau ngeblog bukan hal asing lagi saat ini, walau masih banyak menganggap kegiatan ngeblog cuma sekedar mengisi waktu luang dan hal mudah untuk dilakukan. Banyak juga yang berdalih ngeblog cuma tempat curhat dan berbagi tapi jauh dilubuk hati  ingin juga blognya menjadi tenar,beken,  banyak pengunjung dan  lebih dari itu menghasilkan. Hal semacam itu  juga aku rasakan, aku  menginginkan blog ini disukai oleh banyak orang, minimal orang gak lupa walau cuma berkunjung satu kali, dan mungkin suatu saat kangen ingin baca tulisan yang lain tanpa paksaan mengetikkan alamat blog  di google. Untuk mendapatkan pembaca setia, dikangenin tulisannya tentu bukan hal mudah, perlu usaha untuk menciptakan konten yang kreatif, bermanfaat, dan berisi. Dengan begitu  pembaca yang mampir tidak merasa buang-buang waktu untuk berlama-lama menikmati tulisan-tulisan yang kita sajikan, dan memang untuk memanjakan pembaca agar betah menikmati semua. Berikut hal-hal yang mendasari terciptanya sebuah blog dengan  konten kreatif yang menarik hati pembaca:


Perangkat yang mumpuni.
Untuk menciptakan sebuah konten kreatif, tentu tidak bisa hanya mengandalkan ide-ide yang ada didalam diri/pikiran saja tapi juga tentunya membutuhkan perangkat atau laptop yang mumpuni untuk menunjang dan menyalurkan  kreatifitas yang ada. Laptop yang mumpuni untuk menciptakan konten kreatif adalah Laptop yang telah menggunakan prosesor mutakhir Intel Core i3/ Intel Core i5 / Intel Core i7. Kenapa harus  memiliki teknologi Intel Core i3/ Intel Core i5 / Intel Core i7 ? karena prosesor dengan intel ini membuat laptop/ notebook memiliki peforma tinggi, loading cepat, hemat energy juga mempunyai integrated graphic yang sangat menunjang untuk penyempurnaan sebuah konten kreatif. Seperti yang diketahui konten kreatif itu bukanlah  sekedar rentetan kalimat yang ditulis secara baik, tertata, dan menarik saja, tapi perlu pendukung, seperti gambar dan foto menarik juga video-video yang sesuai dengan tema tulisan apalagi sekarang lagi booming yang namanya nge-vlog.  Foto dan video wajib untuk keindahan  tampilan visual sebuah konten agar pembaca tidak merasa bosan dan membuat mata lelah saat menikmati sebuah tulisan, apalagi jika tulisan yang dibuat cukup panjanng.


Serius . Siapa bilang nulis itu gampang? jika niat tidak dikoordinir dengan baik, maka ide-ide akan buyar dan tulisan akan masuk label draft selamanya. Jadi untuk menciptakan sebuah konten yang benar-benar menarik, harus didasari niat dan kemauan yang kuat.  Tak jarang ketika kita menemukan sebuah tulisan yang bagus kita memuji dan bertanya “hebat ya tulisannya, keren, bagaimanasih bikinnya…?”, ya itu karena mereka serius membuat kontennya bukan asal-asalan, asal jadi. Aduh…, kok bersa kaya cuma pintar ngomong ya? hahaha tapi anggap aja ini merupakan selfreminder membuat aku lebih semangat untuk menulis dan menciptakan konten yang menarik.

Rajin Membaca dan berlatih menulis. Membaca disini tentu tak hanya buku yang berkaitan tentang blogging, tapi juga termasuk  kegiatan blog walking membaca tulisan-tulisan teman blogger, media online dll. Dari rajin membaca biasanya akan timbul ide-ide baru yang terinspirasi dari apa yang kita baca bahkan kita menemukan kata-kata baru yang membuat tulisan kita terasa kekinian.  Masalah yang timbul setelah mendapatkan ide kita biasanya agak kesulitan untuk menuliskan kembali, biasanya mentok diparagraf pertama sebagai pembuka tapi biasanya jika sudah melewati  satu sampai dua paragraph untuk selanjutnya ide-ide atau bahasa akan mengalir begitu saja.

Tulis sesuai minat dan hal-hal yang dikuasai. Agar tulisan tidak terasa kaku, biasa aku nulis yang paling aku kuasai dan sebisanya pernah aku alami atau sedang dijalani, bisa juga hal-hal yang terjadi diseputar kita. Dengan begitu tulisan dan jalan cerita akan terkesan lebih natural tidak dibuat-buat, dan kita paham apa yang kita tuliskan.Jika ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari pembaca kita pun bisa menjawab dan menerangkan serinci mungkin. Tapi jika ingin menantang diri sendiri dengan bahasan-bahasan diluar kemampuan kita, kita bisa mencari informasi yang berkaitan dengan apa yang kita tulis dengan banyak referensi, dengan begitu pengetahuan dan wawasan jadi bertambah.


Unik dan tidak copy paste. Agak tersinggung juga sih kalo ada yang nyeletuk “tulisannya bagus-b ya, copy paste dimana?”banyak kan yang bahas tema seperti itu. Aduh, rasanya pengen jawab tapi nanti panjang ceritanya, ya sudah senyumin aja. Jika di tanya tema pasti  mirip bahkan sama dari sekian ribu situs yang ada. Tapi tentu kita takkan menuliskan hal yang sama persis , apa yang kita tulis harus unik dan memiliki sudut pandang yang berbeda, jika yang harus di copast seperti data dan pendapat para ahli tentu dibikin catatan referensi sumbernnya.


No Hoax. Berusaha untuk dikenal dan terkenal itu boleh-boleh saja, tapi jangan sampai  berita tulisan yang kita buat itu adalah berita bohong dan mengada-ada.  Demi jumlah pengunjung dan kepopuleran atau materi banyak yang sengaja  membuat berita bohong, bahkan isinyia provokasi, dan menimbulkan kericuhan dimasyarakat. Memang awalnya mungkin meningkatkan view tapi lama kelamaan ketika orang tahu apa yang kita tulis bohong, maka akan ditinggalkan pembaca, dan menjatuhkan citra diri sebagai pemilik blog.Sebaiknya konten memiliki berita positif dan tidak memiliki unsur SARA, Pornograpi, dan perjudian.

Melengkapi dengan gambar atau video. Artikel yang panjang kadang membuat mata pembaca lelah, dan terkadang melihat artikel yang panjang  membuat orang akan malas membacanya. Sebagai jeda sekaligus pendukung artikel, sebaiknya  konten dilengkapi dengan foto-foto, video, dan gambar yang sesuai dengan yang dijabarkan dalam artikel. Untuk image ini jika tak punya sendiri  kita bisa membeli image atau memakai yang image yang gratisan. Dan jika memakai yang telah dimiliki orang lain sebaiknya meminta izin lebih dahulu apalagi yang sudah ada watermark. Kita tidak boleh memakai seenaknya foto-foto yang bertebaran diinternet, bagaimanapun ada yang memilikinya, kita harus menghargai karya orang lain.

Itulah beberapa yang mendasari terciptanya sebuah konten kreatif, dapat disimpulkan bahwa hal yang mendasar itu adalah  sesuatu yang ada didalam diri, jika segalanya dilakukan secara tidak serius dan tak mau mengasah minat konten yang kreatif dan inspiratif tak akan pernah ada.

Pasti masih ada yang mengganjal ya? dan bertanya-tanya   tentang point no 1 yaitu perangkat yang mumpuni dengan teknologi Intel Core i3/ Intel Core i5 / Intel Core i7.  Kira-kira  Laptop apa yang recommended yang berteknologi seperti yang disebutkan?

Ada banget lah ya..


Salah satu Laptop yang memiliki  teknologi Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Core i7 adalah Laptop AsusPro P2430U keluaran Asus

Kenapa yang direcomendasikan Laptop AsusPro P2430U ? Ini alasan dan keunggulannya :


1. Seluruh lini produk ASUSPRO Essential P2430U sudah menggunakan prosesor mutakhir dari Intel yakni Intel Core generasi ke-6, mulai dari Core i3 sampai i7. Untuk mendukung grafis, ASUS menyediakan dukungan grafis yang mumpuni yakni discrete graphics berbasis Nvidia GeForce 920M. AsusPro memang dirancang ekslusif untuk para pengguna profesional, sehingga dengan mudah memanfaatkan fitur dan spesifikasi  dari Laptop ini sendiri. Teknologi mutakhirnya membuat laptop/ notebook memiliki peforma tinggi, loading cepat, hemat energy juga mempunyai integrated graphic yang sangat menunjang untuk penyempurnaan sebuah konten kreatif


2. Asus pro didesain sangat stylish, kelihatan lebih gaya  , desain halus dan profesional, simple namun tetap memberi kesan mewah  dengan adanya tekstur  bergaris berbahan alumunium.  Laptop ini cukup ringan dan tidak merepotkan jika harus dibawa-bawa karena beratnya hanya 2 Kg lebih  saja. 



3. Display anti-glare untuk kenyamanan penglihatan. Ketika sedang abekerja didepan laptop, keasyikan tanpa sadar hampir berjam-jam dan cahaya dari monitor  membuat mata lelah, belum lagi diruangan yang mana posisi kita membelakangi jendela. Laptop  Notebook AsusPro pemukaan layarnya matte untuk mencegah yang tidak diinginkan, sehingga mengurangi kelelahan pada mata.




4. Baterai Tahan Lama dan port USB yang lumayan banyak  dan  transfer data 10 x lebih cepat. Kadang kita suka edit foto atau motret via handphone nah buat pindahin ke laptop, atau dari laptop ke hp jadi lebih mudah dan gak akan error atau ngehank. Kadang pengen ketawa ternyata bolak balik mati listrik itu ternyata bukan cuma di Riau, banyak  teman-teman blogger yang mengeluh saat bikin konten tiba-tiba listrik mati dan tenaga baterai lapto udah sekarat padahal dikejar deadline, nah jika ganti pake laptop Asuspro ini cocok lah ya...?

5. Lebih Aman. Laptop Asus ini dilengkapi dengan berbagai  fitur keamanan yang terpasang  pada hardware dan sistemnya. Keamanan ini dapat diatur melalui ASUS Business Manager dengan menyetel fittur Security. Kita dapat mengunci fungsi USB sehingga orang lain tidak bisa mengambil data pribadi dari notebook kita tanpa izin. Untuk hardisk juga bisa di lock menggunakan password , tentunya harus mengaktifkan fitur HDD User password Protection.


Sebenarnya masih banyak keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Laptop Asus Pro ini. Tapi sebagai emak-emak yang cuma bisa ngetik konten dan ngedit-ngedit video sederhana ke lima point diatas cukup bikin hati lonjak-lonjak ingin memilikinya.

Buat teman-teman punya tips lain gak ya , soal pembuatan konten kreatif ini, bisa donk bagi rahasianya, biar makin berkah  ilmunya. ditunggu di kolom komentar ya...


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.


28 komentar

  1. Semoga sukses lombanya :). By the way saya setuju kalau yang namanya nulis konten itu ga gampang. Butuh effort yang lumayan.

    BalasHapus
  2. Memang minimal artikel itu harus ada fotonya biar gak ngebosenin ya

    BalasHapus
  3. Saya belajar ngeblog pakai asus. Berterima kasih kepada majikan yang merekomendasikan saya dengan asus hinga kini :)

    BalasHapus
  4. ASUS emang kece sih ya laptopnya, tahan banting juga cocok buat ngeblog dan aktivitas lainnya

    BalasHapus
  5. bikin konten itu buat aku mood2an hahaha.. tergantung kata hati dan emang bikin konten itu butuh pemikiran terdalam & kadang ngga bisa dilakukan dalam tempo waktu sesingkat2nya :D Tapi kalau punya peralatan yg tepat kayak ASUSPRO ini, pasti akan lebih mudah :D

    BalasHapus
  6. Mupeng banget sama asus. Aku pengen banget karena mau belajar bikin video dan edit foto supaya bagus,hihi.

    BalasHapus
  7. Saya yang pakai ASUS core i3 keluaran pertama saja sudah ngebut, apa lagi pakai ASUSPRO, wah pasti bakal lebih ngebut lagi. ASUS emang recomended banget pokonya, mesinya bandel walau untuk seri terendah sekaklipun.

    BalasHapus
  8. Ngiler banget sama laptop ini ..ihiks.... Sukses ya mba :D

    BalasHapus
  9. Memang kalo kita nulis kontent dengan asuspro pasti bisa lebih total

    BalasHapus
  10. Rajin membaca, noted. Terasa banget buntunya nih otak buat nulis kalau sebelum-sebelumnya emang gak ada asupan bacaan ya mbak :D

    BalasHapus
  11. bikin konten kreatif itu diperlukan modal perangkat yang mumpuni yaa mba, asus menjawab tantangan ini..:)

    BalasHapus
  12. Perangkat yang mumpuni memang bisa membantu membuat konten kreatif. Saya jadi pengen punya ASUS yang PC All in One :)

    BalasHapus
  13. Ah kreatif banget bikin 7 poin gitu.. Btw aku juga ikutan lombanya nihh, mampir2 yah hehe

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    BalasHapus
  14. ASUS memang keren. Selama ini aku pake laptop ASUS, pengin ganti ASUS baru :))

    BalasHapus
  15. Blogger memang butuh amunisi yang mumpuni ya mbak agar tercipta tulisan yang disertai dengan konten menarik. Terimakasih sharing informasinya, semoga menang lombanya mbak....amin

    BalasHapus
  16. Asus yang lamanya masih bagus ya mbak hehe
    Amunisinya udah kece tuh, apalagi kalo menang ASUSPRO ya (y)

    BalasHapus
  17. Bagus desainnya dan kuat banget ya mbak asuspro yg ini? :D
    TFS

    BalasHapus
  18. makin mantep nih ngeblognya kalo pake laptop asus.
    moga sukses buat lombanya ya mba

    BalasHapus
  19. takut jg ya kalo menyebarkan berita hoax nanti kena UU ITE

    BalasHapus
  20. Kalau pakai Asus bisa semakin semangat ngeblog nih :). Sukses lombanya mba

    BalasHapus
  21. butuh ASUSPro supaya konten makin kece, sukses ya mbak :D

    BalasHapus
  22. saya setuju nih bikin konten kreatif perlu pemikiran yg positif no hoax apalagi copas sana sini.

    BalasHapus
  23. Asus memang top deh kl urusan ngeblog

    BalasHapus
  24. Waah, tipsnya ajib banget, makasih mbak *thumbs up*

    BalasHapus
  25. setuju perangkat yang mumpuni, saya juga merasakan itu. dengan perangkat yang bagus menunjang membuat konten yang kreatif

    BalasHapus
  26. yang penting juga harus ada koneksi internet yang memadai, kalo gak ada koneksi ngga bisa posting :D

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.