Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

Mengenal Sakit Anyang-anyangan dan Prive Uri-Cran


Pengetahuan aku  tentang anyang-anyang ternyata minim  sekali bahkan salah sangka, salah kaprah, semua salah. Sesalah anggapan aku tentang mengukur pembukaan mulut rahim ketika wanita ingin melahirkan. Loh, kok bisa dihubungkan ke mau melahirkan sih? iya, intinya aku sama sekali  tidak tahu. Jadi sebelum aku melahirkan aku mengira mengukur pembukaan itu cukup dari luar miss “V”, yang katanya cukup  diukur dengan jari-jari yang direnggangkan. Nah , ketika aku melahirkan dan merasakan mulas  setelah beberapa jam diinduksi, aku sampaikan itu ke bidan yang ada di Rumah Sakit, lalu dia bilang akan mengukur pembukaan aku. Awalnya aku biasa saja ketika ia mengatakan  akan mengukur berapa jumlah pembukaan, tapi aku mulai dipenuhi tanda tanya  “ kok dia langsung pakai sarung tangan ya?!’ mulai seram sendiri. Dan benar saja ketika  dia mulai merenggangkan kedua kaki ku, dan bilang tahan ya , lalu “aaaaaakkkkkk!!!!”. Sumpah , ‘shock’ banget, sambil mengutuki kebodohan dan ketidaktahuanku selama ini. 

Yes, pengetahuan ku tentang anyang-anyang juga sama . Selama ini aku mengira anyang-anyangan itu hanya sekedar  bolak balik buang air kecil (BAK) karena cuaca dingin atau  karena meminum air yang tidak tercampur rata  antara panas dan dingin ( mencampur air panas dengan air dingin/es  agar suhu air normal), gak tau kok bisa ini membuat orang bolak balik BAK ya?, termakan mitos. Nah, akhir-akhir ini aku banyak baca pengalaman teman-teman  yang terkena anyang-anyang yang ternyata lebih dari sekedar bolak balik BAK.
  
Berkaca dari pengalaman maka saya kali ini ingin membahas  soal penyakit anyang-anyangan. Dibahas secara ringkas saja, agar teman-teman yang belum pernah terkena anyang-anyang dapat mencegah penyakit ini. Kelak jika dihampiri sianyang-anyangan kita bisa memberi pengobatan yang tepat. Dan perlu diketahui bahwa penyakit anyang-anyang ini lebih sering menjangkiti wanita dengan persentase 50 persen, artinya dari 10 wanita 5 diantaranya pernah terjangkiti.

sumber : pulsk.com
Apa itu penyakit Anyang-anyangan?
Anyang-anyangan adalah penyakit infeksi saluran kemih yang disebabkan ada infeksi dan iritasi pada saluran kemih dan  juga bakteri e-coli. Bakteri ini  mengakibatkan infeksi pada kandungan kemih.  Tak hanya sekedar perasaan ingin BAK terus menerus, tapi urin keluar sedikit-sedikit menyebabkan rasa tak puas saat BAK, dan terasa sakit bahkan menyebabkan demam dan urin pekat keruh bahkan bisa berdarah. Setiap orang memiliki gejala yang berbeda.

Urine yang keruh yang mengandung nanah
sumber : wikipedia

Penyebab dan Gejala Anyang-anyangan.
Penyebab  anyang-anyangan: Menahan hasrat  buang air kecil untuk waktu yang lama,  Air cebok yang tak bersih, alergi, kurang bersih saat berhubungan seksual, hamil tua,  efek pemakaian keteter, memakai bedak di area intim, pakaian dalam yang tidak bersih, pemakaian toilet umum yang tidak bersih.

Saat hamil tua, wanita banyak mengeluhkan anyang-anyangan.
Gejala anyang anyangan tiap orang berbeda-beda tergantung bagian yang terinfeksi, dan parahnya penyakit.  Secara umum berikut gejala yang ditimbulkan ketika infeksi saluran kemih atau anyang anyangan 
  1. Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  2. Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  3. Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  4. Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  5. Rasa perih ketika buang air kecil.
  6. Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  7. Merasa lelah dan kurang sehat.
  8. Demam

Obat untuk sakit anyang-anyangan

Untuk pengobatan atau cara mengatasi penyakit ini tentu  harus sesuai gejala, jika gejala yang ditimbukan sangat parah, misalnya demam tinggi, mulas yang tak tertahankan, atau mengeluarkan darah lebih baik langsung ke dokter, agar bisa di tangani secara medis

Tapi jika gejala masih ringan lebih baik kita gunakan bahan - bahan alami  atau cara tradisional seperti minum air putih yang banyak, meminum rebusan tanaman obat. Bagaimanapun bahan alami lebkh baik dikonsumsi dibanding bahan kimia.

Berikut beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi susah buang air kecil.

Cranberry 
✓ Jus Cranberry
✓ Rebusan daun kumis kucing
✓ Rebusan Daun Sirsak
✓ Jahe
✓ Jeruk Nipis dll.

Ribet banget pastinya jika sudah sakit buang air kecil. Tidak enak sakitnya, ya capeknya mesti bolak balik BAK belum lagi harus cari tanaman , mesti merebus dan mengolahnya.

Ups! jangan ngeluh dulu untuk bahan alami dan sehat sekarang ada cara simpel untuk mengatasi dan mengobati susah buang air kecil , dan rasanya juga enak.

taraaaa..!!!
Uri-Cran bentuk serbuk yang diminum
dengan mencampurkan ke segelas air
Uri-cran dengan bentuk kapsul
Yes. Prive Uri-Cran.
Uri-Cran mengandung sari buah Cranberry. Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi dan mengandung proanthocyanidins, yang dapat
mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini.

Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak
akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Gak cuma mengobati tapi juga bisa mencegah loh. Dan perlu dipahami Prive Uri-Cran bukan jenis obat walau berfungsi untuk mengobati tapi lebih kepada  suplemen makanan yang bisa diminum kapanpun sesuai aturannya. Jadi sangat aman dikonsumsi

Alhamdulilah aku belum pernah dan jangan sampai pernah mengalami susah buang air kecil, dan untuk mencegahnya sesekali aku minum Prive Uri-Cran. 

Apakah teman-teman pernah mengalami sakit anyang-anyangan?? Buat yang belum pernah simpan post ini ya :), gak pernah sakit bukan artinya gak kenal penyakitnya. Dengan mengenal kita bisa mencegah.


36 comments:

  1. Makasih infonya mbak, kebetulan saya lagi anyang-anyangan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh coba uri-cran...
      semoga cepat sembuh ya.

      Delete
  2. Cocok banget ya mbak, kalo anyang-anyangan trus minum obat uri cran, mantaps deh review-nya, kunjungi juga blogku #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  3. Baru tau deh, kalau prive uri- Cranberries adalah suplemen tadinya kupikir ini obat. Mencegah lebih baik ya daripada mengobati

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi awalnya ku kira gitu juga.. ternyata jus alami...

      Delete
  4. Yaampun abiz baca ini ternyata ilmuku tentang kesehatan jauh lebih buruk mb nov hihi
    Aku mules bayangin ngecek pas pembukaan tuh
    Ternyata presentasenya itu hampir imbang ya antar gender, soalnya misua sering ayang2en klo pas dehidrasintinggi, akhirnya bulak baliklah cari kelapa muda, nah sekarang lebih praktis lagi ada ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap jaga kebersihan.. buat cowo cewe.. bisa terserang.

      Delete
  5. Aku pernah Mak, duluu... Tapi belom ada produk ini 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh minum sebagai pencegahan mba...

      Delete
  6. Tulisan yang sangat bermanfaat bagi saya. Kadang saya juga suka anyang2an mba kebiasan setelah minum es langsung minum air dingin..

    ReplyDelete
  7. Pas hamil itu pernah ngrasain yeri pas akan pipis, ternyata itu anyang2an ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu pas hamil ...bolak balik bak sih... tapi gak sakit...n lancar..

      Delete
  8. Aku pernah nih mba anyang-anyangan, tapi gak tau harus ngobatinnya gimana. Kata orang dulu sih dikaretin jempol kakinya, udah aku lakuin tapi tetep aja masih anyang-anyangan. Setelah baca blog mba aku baru tau kalo ada obat khususnya, nanti aku coba kalo sakit kaya gitu lagi. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ngga kena sakit lagi mba... kan udah sehat..he2

      Delete
  9. Anyang2an ternyata bukan masalah sepele ya. Harus diwaspadai dan diobati dgn benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata ngefek ke ginjal ya.., serem..

      Delete
  10. Nggak enak banget kalo anyang-anyangan. Aku juga mau coba uri-cran.

    ReplyDelete
  11. aku dulu waktu kecil sering banget anyang-anyangan alhamdulillah skrg udah ngga pernah karena udah tau resiko dan penyebabnya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit jangan di nikmati ya mba.. harus tau sebab..gejala dan obat..jadi kita bisa mencegahnyann

      Delete
  12. kayanya seger banget ya minum prive uri cran, apalagi bisa ngatasi anyang-anyangan, hrs stok nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ish..emang seger mba.. buah cranberry nya manis asem..segar.. obat enak ini mah.

      Delete
  13. Serem juga ya kalo kena anyang-anyangan ini, Mbak. Semoga kita terhindarkan dari anyang-anyangan, ya Mbak Nov.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin.. semoga sehat selalu..dan terhindar dari semua penyakit.. yg gak cuma anyang2an aja..

      Delete
  14. pernah ngalamin anyang-anyangan waktu hamil, gak nyaman banget, dulu belum tau ada prive uri-cran, sekarang enak ya klo terkena anyang-anyangan tinggal minum aja dikasih air dingin, segeeeer

    ReplyDelete
  15. Pernah jg ngalamin mba,,, hiks smp 2 hrian gegara nahan bak untung skrg sdh Ada prive uri cran jd gk khawatir lg,.

    ReplyDelete
  16. Anyang-anyangan nggak boleh disepelein, berakibat fatal ternyata.
    Uricran bisa membuat semuanya lancar

    ReplyDelete
  17. Anyang-anyangan bener-bener gak nyaman. Kapok deh saya :)

    ReplyDelete
  18. Aku dulu sering banget gejala2 gituh, ga tau kalo namanya anyang2an, ternyata ga bisa disepelein yaa. BAiklah noted obatnya niy.

    ReplyDelete
  19. Anyang-anyangan emang bikin nggak nyaman banget

    ReplyDelete
  20. Alhamdulilah saya belum prnh kena anyang-anyangan tapi perlu neh tipsnya makasih mbak

    ReplyDelete
  21. hal malesin klo anyang-anyangan nih ....
    jadi maless gerak

    ReplyDelete
  22. Perah mengalami anyang-anyangan memang ga enak banget. Makanya harus di cegah ya.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Alexa

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM