Sambal Merah Cabe Kering Ayam So Good

04:44:00


Selamat Idul Fitri 1438 H, minal aidhin wal faizin untuk teman-teman semua. Rasanya tidak begitu terlambat untuk mengucapkan  selamat lebaran, aroma  idul fitri masih terasa dimana-mana.  Wangi rendang, dan kue-kue lebaran masih mengisi toples, dan biasanya disusul dengan acara halal bil halal, dan silaturahmi dimana-mana. Senangnya  lebaran itu  bisa berkumpul dengan sanak saudara, teman-teman, dalam suasana bahagia, dan saling memaafkan , dikelililingi oleh hidangan-hidangan lezat khas lebaran.

Ngomong-ngomong soal hidangan lebaran, pasti teman-teman punya tradisi sendiri, ya. Nah, kalau aku nih setiap lebaran sate tidak pernah ketinggalan, dan dijadikan hidangan utama disaat  hari pertama lebaran, setiap keluarga pasti punya ciri khas sendiri, ada opor, lontong sayur, soto , dan lainnya sesuai selera keluarga.
Oh iya, dalam keluarga ku ada satu hidangan yang juga menjadi pavorit keluarga yaitu ayam sambal merah cabe kering.  Kenapa mesti cabe kering? nah itulah ciri khasnya, warna yang ditampilkan lebih khas dibanding menggunakan cabe merah segar, selain itu aroma yang diciptakan juga berbeda, begitu juga dengan rasanya. Kok bisa beda?karena sambal merah cabe kering ini juga di beri campuran kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan bunga lawang. Pasti penasaran kan dengan resepnya?


















Kemarin itu aku  juga  bikin ayam sambal merah cabe kering . O iya untuk tahun ini  aku juga pilih ayam yang berbeda.  Jadi, bukan beli  ayam negri atau ayam kampung, tapi aku menggunakan SO GOOD Ayam Potong. Masalahnya jika beli ayam negri atau ayam kampung biasanya sebelum digoreng harus diungkep dulu, karena agar lebih lembut dan bumbu lebih meresap ke ayam. Pakai So Good ayam potong lebih simple dan hemat waktu.





















Buat teman-teman aku sarankan jangan pernah ragu untuk menggunakan  SO GOOD Ayam Potong, karena produk So Good terjamin kualitasnya dan sudah memiliki sertifikasi halal.  Selain itu ada delapan kelebihan yang dimiliki oleh SO GOOD Ayam Potong yang perlu banget diketahui oleh para wanita dan ibu-ibu di Indonesia :

  1. Kualitas ayam terbaik dari perternakan modern milik sendiri
  2. Melalui pembiakan selektif
  3. Ayam dikembangkandan diseleksi untuk mencapai pertumbuhan secara efisien, menghasilkan daging lebih banyak, dan tidak mudah sakit.
  4. Ayam Tidak Disuntik Hormon
  5. Dipotong dirumah potong yang bersertifikasi NKV
  6. Proses Halal dari awal hingga akhir
  7. Pemotongan melalui proses IQF (Individually Quick Frozen). Begitu setelah dipotong, langsung dibekukan sempurna minus 35 derjat celcius dalam waktu 45 menit, dan potongan ayam tidak  melekat satu sama lainnya. Dengan proses IQF ini mengunci 4 kualitas: Segar, Gizi, Rasa, Bersih
  8. Praktis diolah, tidak perlu dipotong lagi, bahkan tidak perlu dicuci.
Untuk membuat ayam sambal merah cabe kering ini aku menggunakan Ayam Potong  Kualitas ayam segar So Good Paha dan Dada Ayam. Alasannya agar dapat lebih banyak. Isi satu bungkus sekitar 12 potong, bagi yang suka ukuran lebih kecil bisa dipotong potong.
























Bahan :

1 bks So Good Paha dan Dada ayam ukuran 1 kg
1/2 Ons cabe kering 
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh tomat segar ( tergantung ukuran jika tomat agak besar boleh 1 saja)
6 cm kayu manis
3 batang cengkeh
1 biji kapulaga
1 bh bunga lawang
Minyak goreng
1 sdt Garam (sesuai selera)
½ sdt Gula
Penyedap rasa



















Cara membuat :
  1. Terlebih dahulu buang biji cabe kering, kemudian direndam air hangat/ dingin selama lebih kurang lima belas menit.
  2. Setelah cabe mengembang, blender cabe (boleh pakai cobek) bersama bawang merah, bawang putih dan tomat hingga halus.
  3. Goreng ayam So Good hingga matang kecoklatan kemudian tiriskan. Tidak perlu diungkep karena ayam  Soo Good sudah empuk dan membuat bumbu cepat meresap.
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis  cabe kering yang sudah dihaluskan dan masukkan cengkeh, kayu manis, kapulaga dan bunga lawang, beri garam, gula dan penyedap sesuai selera (tes rasa), setelah sambal setengah matang masukkan ayam, aduk untuk meratakan bumbu, kemudian biarkan hingga cabe/sambal menyusut (matang), angkat dan hidangkan.
Nah, bagaimana? bahan dan bumbunya simple banget kan, di tambah pula ayam potong  dari So Good, sudah bersih tidak perlu di cuci. Rasanya yabg gurih asli dari ayam, jadi akan membuat hidangan akan  semakin lezat  dan tanpa butuh waktu lama untuk mengolahnya.






















Teman-teman boleh uji kelezatannya loh. Jika ketika lebaran saatnya mudik berkumpul dengan keluarga di kampung halaman, nah  sajian ini bisa di buat untuk dihidangkan ke teman-teman  kantor atau tetangga dekat rumah yang datang bersilaturahmi. Walau bagaimanapun buatan sendiri lebih enak dan sehat untuk disajikan dibanding pesan atau beli diluaran,  iya kan?


O iya, Ayam Segar So Good ada 3 varian loh :  So Good Paha & Dada Ayam ( yang aku gunakan untuk resep ini),  So Good Ayam utuh 10 Potong,  So Good  Ayam Potong Daging Sup Ayam. Dengan 3 varian ini sangat memudahkan untuk mengolah sajian ayam sesuai dengan selera keluarga, jadi langsung saja berkreasi dengan Ayam Segar dari So Good.



















Buat yang kehabisan ide masak bisa loh langsung  ceka ceki resep terlezat di http://dapursogood.id .  Yes, selamat berkreasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

31 komentar

  1. Wah, aku suka nih ayamnya enak kalau pedas ya mba NOva :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pedes-pedes emang membuka selera mba... he2

      Delete
  2. wuaahhhh cabe nya itu yang gak nahannn pengen nyicipinn hhe :D

    ReplyDelete
  3. wow lezatnya dan pedesnay bakal bikin lidah bergoyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bergoyang lagi... udah bergetar pedesnya,,hahahah

      Delete
  4. Warna merahnya sangat menggoda.. Makasih Mbak resepnya.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah nyobain ayam siap saji begini.. Kapan2 mau coba ah bebas ribet pula tanpa proses ungkep2an segala 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih empuk dan gurih..diapa-apain juga lezat... :)

      Delete
  6. bunga lawang itu apa ya mbak? aku kalo males ngulek langsung blender bumbu aja supaya cepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumbu dapur.... mba, biasa buat campuran sup...

      Delete
  7. Ada sambal ada ayam..... Maknyus banget. Jadi pengen makan 😁

    ReplyDelete
  8. Manteb banget masakannya mba. Jd pengen nyobain jg masak ayam segar so good-nya :D

    ReplyDelete
  9. Weleh2 fotonya bkin ngiler mba.. Sekarang saya lagi belajar jd vegetarian terus liat foto diatas jadi pengen makan ayam.. btw thanks resepnya mba nova ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. diliatin aja deh..ayamnya, yang dimakan seladanya..he2

      Delete
  10. Aku penggemar menu ayam. Diapain aja aku suka mbak heee kadang ga cukup makan 1 potong, apalagi kalo bumbunya pedas gitu, bisa cabe merah atau hijau atau rawit wiiiihhh ga ada duanya makan teruuuss...simple banget ya ayam potong So Good.

    ReplyDelete
  11. satu bungkus so good ayam potong isi 12 mah banyak banget buat aku yg cumaa bertiga sama pak suami dan anakku yg batita, bisa buat stock

    resepnya aku catet ah, buat variasi menu di rumah

    ReplyDelete
  12. Bikin ngiler ini pedes endes

    ReplyDelete
  13. Mudah ya buatnya. Pasti sedap nih...

    ReplyDelete
  14. Kalau di Kalsel ini namanya masak habang, Mbak. Pakai cabe kering juga :D

    ReplyDelete
  15. Seumur umur aku malah belum pernah masak pake cabe kering
    Boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  16. pedas mantapp...bakalan nambah nasi kayaknya kalo makan ini

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

MY IG

VIVA LOG