Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

DIY : Antara Keinginan, Kebutuhan dan Hobi



DIY , awal mulanya aku mengira itu adalah  singakatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, alasannya karena ada salah satu blogger senior yang suka memposting  soal DIY ini kebetulan tinggal di Yogyakarta . Tapi kalau dibaca-baca dan dikaitkan dengan kota Jogja sungguh tak nyambung. Itulah kekudetan aku, apa teman-teman juga  ada yang nggak mudeng  soal DIY? Alhamdulilah ternyata aku punya teman hahahaha.
DIY adalah Do It Yourself, yang artinya adalah hal-hal yang bisa kita kerjakan sendiri tapi lebih fokus pada membuat sesuatu dengan memanfaatkan  barang bekas  disekitar kita menjadi barang yang berguna dan bernilai. Bernilai disini maksudnya lebih bermanfaat, bisa buat pajangan atau hiasan atau lainnya. Seperti postingan  blogger Mba Lanniy diweb Kumpulan Emak-emak Blogger tentang membuat DIY dari dedaunan kering  hingga menjadi hiasan rumah yang cantik. Bisa juga memanfaat kardus bekas menjadi box cantik untuk tempat menyimpan buku, memanfaatkan baju bekas menjadi pita rambut anak, tas, dll. Seingatku kegiatan ini dulu sering aku  lakukan ketika membuat prakarya disekolah, seperti membuat tas dari bungkus odol, membuat hiasan  dinding dengan ampas kelapa yang diberi warna dan djemur hingga kering, dll. Eh, tapi gak mesti memanfaatkan barang bekas saja sih, tapi bisa saja barang  baru yang kita rangkai, tapi dengan cara sederhana dan mudah untuk dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.
Kece banget, keliatan seninya.

Jika membaca postingan teman-teman tentang DIY  jadi suka termotivasi ingin ikutan bikin , apalagi kalau melihat di channel Youtube yang praktek langsung ternyata tak butuh waktu yang lama. Ya, tapi semua itu hanya sekedar keinginan dan tanpa praktek  semuanya tak kan pernah jadi kenyataan.
DIY memang terlihat mudah, tapi mudahnya itu karena kita cuma melihat,” waa gampang ya?” tapi untuk dapat  menjadi nyata itu ada hal-hal yang perlu persiapan terutama yang tak punya hobi dibidang DIY apalagi memiliki orientasi jauh dari komersil. Bisa bikin sendiri saja udah untung, boro-boro buat jualan hehehehhe
Keinginan dan Niat yang kuat . Ya, kalau cuma ingin “tok” tanpa  ada niat yang kuat percuma semuanya akan tersapu angin lalu (tsaah).
Pastikan barang /DIY yang akan kita buat adalah barang yang berguna dan kita butuhkan. Misalnya kita memang butuh box untuk menaruh pernak pernik seperti tempat charger, bross atau yang lainnya yang suka kita taruhkan  sembarangan diatas meja atau diatas lemari. Nah, kita  bisa memikirkan memanfaatkan box/kardus  yang kita bungkus dari kertas kado atau kain dengan pola menarik, hingga sedap dipandang dan terlihat  unik.
Biasanya nih, jika sudah berhasil melakukan nya  biasanya ada rasa candu untuk membuat yang lainnya dan berujung jadi hobi,apalagi barang yang dihasilkan bagus dan sempurna, ya. Apalagi  banyak love instagram dan   dipuji pak suami,” eh bagus ya  ma, dari apa bikinnya?” langsung deh  menjelaskan dengan semangat super diawal  dan mencak-mencak diakhir  pas suami bilang “bagus dong ma, sering-sering aja,kan lebih hemat, dengan begitu papa bisa kurangi jatah bulanan” hahahahah (kidding.com)

Aku sendiri tergolong orang yang ingin dan tersapu angin, biasanya suka semangat melihat karya DIY teman-teman, apalagi aku orangnya kurang teliti dan nggak telaten plus gak sabaran. Tapi bukan artinya aku gak  bisa, dan tak pernah membuatnya
Ini salah satu DIY yang aku buat, membuat tempat pulpen di meja kerja ku. Ini aku buat  dari botol minuman penyegar yang aku potong dan kuambil bagian bawahnya. Kemudian  aku bungkus dengan kertas kado sisa. Dan sisa kertas kadonya aku lipat seperti kipas, ikat ditengahnya, dan ujungnya disatukan hingga membuat lingkaran, bagian bawah biar gak oleng aku kasih dubbeltip biar gak gerak-gerak.
Ternyata jika kita mau , banyak loh barang yang kita manfaatkan, positifnya sampah berkurang tentunya tak mubazir dan lebih hemat karena tak perlu membeli barang yang sudah jadi. Kalo sudah ahli bisa juga di jual ke teman-teman. Iya gak sih?

Apakah teman-teman pernah DIY juga, barang apa yang dibuat? sharing yuk… , mana tahu teman-teman yang lain juga bisa membuatnya.

#KEBloggingCollab
Trigger post : MEmbuat DIY Dedaunan Kering

14 comments:

  1. Ingin dan tersapu angin. Hihihi..aku juga gituuu mak. Kumat2an πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  2. Saya pernah buat storage kecil daei botol selai tuk simpan pernak pernik kecil. Pernah buat sarung untuk pot kaktus dan untuk pot anyaman rotan

    ReplyDelete
  3. Barang yang dibuat adalah barang yang akan digunakan. Betul banget. Dulu aku kadang bikin hiasan ala2, gegara nggak ada tempat buat majangnya, akhirnya dibuang deh. Wakakakak

    ReplyDelete
  4. Sejauh ini paling mainan anak aja yg suka buat sendiri. Lebih ke menyerempet pelajaran home schooling nya.

    Kalau DiY emaknya ini yaitu tadi cuma niat tanpa praktek hahaha... Padahal banyak bahan dan alat...

    ReplyDelete
  5. wah cantik banget bunga nya mbak ........

    ReplyDelete
  6. Aku buat DIY terutama mainan anak. Maksud hati berhemat sambil memanfaatkan barang bekas. Ide ambil dari internet meski hasil tak seindah contoh di Internet. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Sama. Dulu kukira nama kota hihihi. Kalo aku kadang DIY mainan anak, tp sering males jg sih

    ReplyDelete
  8. Selalu save ide-ide DIY ini, tapi pada akhirnya yang eksekusi pasti papanya :D
    Emaknya doyan lihat yang udah jadi aja. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Wah mbak, bagus banget hasilnya ya. Mau belajar nih buatnya

    ReplyDelete
  10. Ane Suka bikin tapi hasilnya jelek. Malu ah Pameran Di blog

    ReplyDelete
  11. jadi bagus ya
    ada bunga batiknya

    ReplyDelete
  12. Hehehehehe, ketahuan deh. Ikut senyum senyum sendiri, kirain Daerah Istimewa Yogyakarta. Hiks hiks hiks
    Perlu dicoba nih, nyaranin ke istri biar kreatif kayak emak blogger lainnya.

    ReplyDelete
  13. Duh, keren ituuu..
    Aku suka DIY an, kalau lagi ngerjain PR prakarya anak, Mbak..hahaha
    Tapi kayaknya layak dicoba deh

    ReplyDelete
  14. Dulu aku suka bikin DIY, skr udah g ada waktu euy....jd ga fokus. Pdhl barang2 bekas sih tetep aja dikumpulin

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM