√SAKIT MAAG MEMAKSAKU UNTUK ENDOSKOPI


endoskopi  lambung adalah

MELAKUKAN ENDOSKOPI LAMBUNG


Aku pernah melakukan endoskopi karena sakit maag yang aku idap tak kunjung sembuh. Bolak balik masuk rumah sakit,  bolak balik cuti kerja  rasanya ingin berhenti saja. Buruknya  suka membayangkan akan akan dicerai suami karena takut gak bisa mengurusi suami sampai segitunya. Jadi selama sakit bawaan parno saja pikiran macam-macam kemana-mana, aneh-aneh. Bagaimana tidak aku jatuh sakit  ketika baru menikah beberapa bulan aku sudah bolak balik masuk rumah sakit , dan saat aku sakit suami yang gantiin nyuci piring dan nyuci baju ku. Ya aku pikir mana ada laki-laki yang betah dengan perempuan penyakitan seperti aku.

Baca juga : Gangguan Kecemasan Membuat Maag Tak Kunjung Sembuh

Separah apa sakitnya?

Aku waktu itu tahunya aku terserang maag,  sebenarnya penyakit ini sudah lama menetap  dan sering  bolak balik kambuh. Biasanya jika maag kambuh aku cukup makan obat maag yang dijual bebas   dan minum perasan kunyit.  Setelah itu perasaan  tidak enak seperti  perih, mual, bahkan muntah akan hilang dalam hitungan hari. Tapi kali ini lebih sebatas itu, dalam beberapa bulan maag selalu kambuh. Baru dua minggu kerja  besok sakit lagi dan badan udah berasa macam-macam. 


Ah.. cuma maag kok manja segitu banget!

Jangan ini dibilang “cuma” karena yang aku rasakan itu beda, bukan sekedar perih dan mual. Mungkin disini perlu aku ceritakan , agar teman-teman yang juga tahu paling tidak menambah pengetahuan tentang sakit lambung, barangkali ada saudara atau teman yang memiliki gejala yang sama.

Baca juga : Meringankan Gejala Gangguan Lambung

Gejala-gejala  yang aku rasakan adalah  lemas, kaki dan tubuh terasa lemas untuk melangkahkan kaki saja terasa berat. Kepala sempoyongan dan vertigo.  Vertigo menyerang ketika menunduk , sujud,dan  berbaring akan  terasa sensasi berputar hingga terasa ingin muntah. Sesak Nafas, tarikan nafasku  pendek – pendek dan terasa sesak belakangan aku tau itu akibat naiknya asam lambung dan menekan paru-paru. Badanku berasa gemetaran/ tremor, jadi kalau duduk kaki dan tangan terasa gemetaran, keringat dingin pun mengalir .Selera makan tidak ada. Susah tidur baik malam ataupun siang, jadi  saat itu aku kurang istirahat .  Jantung berasa berdebar seperti terserang penyakit jantung, padahal tidak.

Intinya gak nyaman banget, bahkan aku pernah berpindah-pindah tempat tidur cuma ingin mencari  rasa nyaman. Pernah disebuah klinik tiba-tiba nafas ku sesak serasa tak bisa bernafas badan terasa kesemutan semua, perawat bilang jantung dan detak nadi normal. Gara-gara sakit ini aku pernah menggilir setengah lusin dokter dan klinik di daerah aku, jadi tiga hari gak sembuh aku pindah lagi ke dokter lain . Terus seorang dokter bilang bahwa itu nggak bagus, justru itu merugikan karena tubuh seperti  bahan percobaan untuk obat-obatan dan tentunya tak sehat untuk lambung bahkan memperparah.
tindakan endoskopi lambung
Hasil Endoskopi terlihat lambung ku dipenuhi buih asam lambung

Karena penasaran dan ingin memperoleh kejelasan  sebenarnya aku ini mengidap penyakit apa?. Akhirnya aku dan keluarga memutuskan berobat ke RS. Santa Maria di Pekanbaru menemui seorang dokter pspesialis penyakit dalam untuk memastikan bagaimana keadaan lambung sebenarnya.  Akhirnya diambil tindakan endoskopi, dan endoskopi sendiri waktu itu dilakukan di RS Awal Bross karena saat itu di Santa Maria sedang penuh.

Baca Juga : Berpuasa bagi penderita Maag

Endoskopi adalah tindakan  untuk memeriksa saluran pencernaan pasien untuk memastikan keadaan lambung atau usus,  menggunakan endoskop yaitu semacam tabung lentur fleksibel  dengan kamera bercahaya diujungnya untuk memotret lambung,  cahaya / sinar untuk menerangi  suasana lambung atau usus yang gelap . Jika boleh aku terangkan, jadi alat endoskop itu seperti kabel  berbentuk tabung  besarnya kalau tidak salah sebesar jari kelingking, nah itu dimasukkan kedalam lambung melalui mulut. Sebelumnya aku diminta membuka mulut  kemudian bagian kerongkongan disemprot dengan cairan semacam bius, dan membuat bagian kerongkong kebas dan tidak berasa apa-apa setelah itu barulah kemudian tabung endoskop dimasukkan ke mulut, diulur masuk hingga lambung dan usus  bagian atas (jika endoskop pencernaan bagian bawah biasanya melalui anus). Rasanya jangan ditanya, mual pasti karena walaupun di bikin kebas tetap aja berasa seperti menelan ular dan meliuk-liuk diperut (kebayangkan enegnya bagaimana?).

Dari hasil Endoskopi diketahui jika aku terkena radang lambung dan asam lambung yang tinggi bahasa kedokterannya Dispepsia dan sama sekali tidak ada tukak lambung. Selain itu diketahui bentuk lambungku  yang tidak normal yang memperlambat makanan masuk ke usus , sehingga memicu lambung untk mengeluarkan asam terus menerus. Daging lambung juga diambil sedikit saat endoskopi untuk di teliti di laboratorim apakah ada bakteri, dan syukurnya tidak ada bakteri. Sakit maag katanya  juga disebabkan oleh  bakteri helicobacter (H.Pylori). Bakteri ini  dapat mengiritasi lambung  dan menyebabkan luka, karena itulah daging atau kulit lambungku di teliti. Jika terdapat bakteri tentu ada penambahan obat untuk mematikan bakteri, jadi katanya percuma kalau bakterinya gak dibunuh. Tapi untunglah dilambungku saat itu tak ada bakterinya, dan semoga sekarang dan selamanya tak ada makhluk itu diperut.
alasan melakukan endoskopi
*(ilustrasi)sumber foto wwwdotgastroenterologifkuidotcom*

Aku bersyukur dengan penjelasan ini, paling tidak tak ada pikiran buruk  tentang penyakit yang aku idap. Aku hanya dianjurkan untuk makan obat teratur, jangan stress karena dapat memicu asam lambung, hidup dibawa happy saja, makan teratur , antara jam makan dibiasakan ngemil seperti biskuit atau crackers untuk menetralisir asam lambung yang berlebihan , makan sedikit-sedikit tapi sering  (small frequent feeding). Dan aku mencoba menerapkan semuanya dan berangsur-angsur pulih, selain itu aku disarankan mengonsumsi lidah buaya karena sangat bermanfaat untuk lambung, dan mengonsumsi vitamin, karena tubuhku saat itu lemah banget males makan sehingga kekurangan vitamin, makanya terasa lemas dan tidak bersemangat.

Baca Juga : Pengalaman Berpuasa Saat Hamil

Apakah sekarang sudah sembuh?
Jika telah  terserang  suatu penyakit biasanya untuk sembuh total itu sangat sulit,  tapi kita dianjurkan untuk  menghindari pencetus timbulnya penyakit itu untuk  mencegah agar penyakit  tidak kambuh parah.  Untuk kasus penyakit  yang aku alami aku dianjurkan tidak boleh telat makan, jangan makan-makan yang banyak mengandung asam atau minuman yang mengandung gas, tidak terlalu sering mengkonsumsi mi instan, bakso, mi ayam  karena bumbunya banyak mengandung MSG,kopi sangat tidak dianjurkan. Tidak boleh terlalu lelah, apalagi sampai bagadang karena kelelahan dan stress memicu produksi asam lambung secara berlebihan.
--
Agar selalu sehat kita memang dianjurkan untuk menjaga pola makan secara baik, kadang karena terlalu sibuk dan keasyikan kerja jadi suka lupa makan atau makan terburu-buru seadanya asal kenyang. Padahal tubuh butuh istirahat, pikiran butuh ketenangan, dan organ-organ tubuh perlu asupan  vitamin dan mineral untuk pemeliharaan kesehatan dan memberikan daya tahan tubuh yang optimal dari serangan penyakit, bakteri bahkan virus.

Biasanya sebelum terserang penyakit sebagian orang akan menyepelekan ini semua, suka makan yang instan-instan, begadang, kurang istirahat, baru sadar jika tubuh sudah memberikan respon yang tidak baik, memberikan sinyal bahwa tubuh tidak sehat dan butuh pengobatan dengan biaya yang tak sedikit

Penyakit bermula dari kebiasaan yang buruk. Seperti yang aku alami  karena rutinitas yang sibuk dan terkadang sok sibuk, membuatku malas makan ujung-ujungnya kondisi tubuh melemah jadi gak semangat malah jadi gak nafsu makan beneran karena terserang maag.  Keadaan itu sedikit membuat ku trauma, jadi walaupun lagi sibuk aku sempatkan  makan dengan tenang dan istirahat. Jika malas makan, atau makan cuma sedikit biasanya aku meminum vitamin setelah makan ( jika dirasa kurang vit dan kurang makan sayur), walaupun dari nasi dan lauk-pauk yang kita makan sudah ada tapi vitaminnya kurang mencukupi . Vitamin dan mineral sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah, yang juga membawa oksigen keseluruh tubuh, sehingga membuat tubuh lebih segar dan bersemangat, jadi gak ada lagi alasan males-malesan atau  rasa tak semangat karena tubuh kurang vit.

Beberapa waktu lalu teman ada teman yang inbox di FB nanya, kalau aku pernah ga BAB yang warnanya berubah jadi coklat? aku jawab sih gak ada, kalo kaya gitu sih dicurigai ada pendarahan di lambung atau di usus. Dan ada juga teman yang HB nya sempat turun dan mesti tranfusi darah karena ada pendarahan dilambung katanya sempat muntah ada darahnya dan BAB juga ada darah. Tapi untuk pastinya menurutku lebih baik di endoskopi ya, biar jelas apakah ada luka atau ada bakteri didalamnya trus tindakan dan obat yang diberikan juga tepat.

Saat sakit maag kita dianjurkan tenang  dan berpikiran positif. Rasa cemas dan over thinking akan memperparah kondisi. Rasa cemas akan membuat asam lambung meningkat.

62 komentar

  1. Sehat selalu ya Mba. Saya juga punya riwayat penyakit maag dan tahu banget gimana rasanya.
    Salam kenal btw :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin..semoga kita sehat selalu apa lagi ada multivitamin theragran ok punya..

      Hapus
  2. endoskopi tuh gak enak banget ya. Aku beberapa kali ngelakuin endoskopi. sama yang satunya lagi tuh, yang masuk dari bawah. Sehat terus ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh... sampe beberapa kali...., semoga gak lagi ya mba.. he2

      Hapus
  3. waah Mba, sakit maag emang ngga boleh dibiarkan. Aku dulu pernah punya maag dicuekin malah jadi radang & bikin lambungnya sakit & luka.. Take care & jangan lupa minum suplemennya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. suplementnya udah pasti donk.... , sekecil apa pun penyakit ga boleh dibiarin..

      Hapus
  4. Penyakit magh kayanya penyakit ringan, saya dr Sd udh kena magh. Setelah bc artikel ini, magh bukan penyakit ringan, bahkan menjadi penyakit yang serius klo dicuekin ya.. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew.. dari SD? kebanyakan main ya... jadi lupa makan..hahahahah

      Hapus
  5. Wah gak kebayang kalo sakit maag-nya sampai segitu Mbak. Pasti gak enak sekali. Saya pernah sakit maag tapi belum separah itu. Alhamdulilah waktu itu sembuh total (lebih 15 tahun yang lalu).

    Memang ya, perlu ada multivitamin yang dikonsumsi. Mudah2an tidak berulang lagi endoskopinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan di tunggu sampe parah .. he2, tapisyukurnya udh sembuh ya mba.... itu perlunya vitamin emang.. semoga ga kena lagi..

      Hapus
  6. Ya ampun ternyata maag bisa separah itu ya mba. Jadi reminder nih buat saya biar lebih hati-hati jaga pola makan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... apalagi kalau sampai luka..., perlu tuh jaga makan...jangan males...

      Hapus
  7. ngeri membayangkan di endoskopi...semoga tidak kambuh lagi dan sehat selalu ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin... semoga sehat deh.. jauh2 endoskopi... :D

      Hapus
  8. Hiii .... kok kayanya sakit, ya? :( Semoga Mbak selalu sehat, ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sakit ko mba..., untuk sembuh anggep aja ga sakit hi2

      Hapus
  9. Nggak mau deh kalau harus endoskopi. Takuut mbaa. Moga selalu sehat mbaa

    BalasHapus
  10. Adik saya juga punya penyakit maag yg sering kambuh. Coba ntar saya suruh periksa lbh lanjut. Sehat2 ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba... mesti di cek biar jelas.. jika ada luka atau tukak..bisa cepat disembuhkan..

      semoga adiknya sembuh ya..

      Hapus
  11. Aku pernah komsumsi the ragran ini, nggak lama sih setahunan.
    Good luck buat lombanya ya, moga menang.

    BalasHapus
  12. Maag bikin melilit bgt mbaaa..cocok aku jg pakai ini :)good luck mba

    BalasHapus
  13. aku jadi pengen nyobain endoskopi ini soalnya lambungku juga bermasalah mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh..mba..dari pada menduga2 sakit apa.. klo jelas sakitnya jelas juga obatnya...

      Hapus
  14. Ya Allah mbak,emang ngeri ngebayanginnya..itu juga yang bagian 'daging lambung juga diambil..." duh..
    Insya Allah sehat terus ya mbak Nova.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin... semoga mba Lidha selalu sehat juga ya...

      Hapus
  15. saya juga punya maag tapi untung ga sampe parah kayak Mbak.
    salam kenal sesama peserta lomba theragran :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga .... semoga gak pernah parah kambuh ya...

      Hapus
  16. mengidap penyakit maag memang gak enak banget yah Mba Nova, semoga Mba Nova senantiasa diberi kesehatan, amin..

    BalasHapus
  17. Gak bisa bayangin gimana rasanya mbak, duh... mudah2an trus sehat ya mbak :)

    BalasHapus
  18. Maagh itu beneran ga bisa disepelekan lo

    BalasHapus
  19. Saya kalau maag kumat juga muntah tiap sebentar. Jadi lemes banget memang. Good luck, mba.

    BalasHapus
  20. Saya juga sakit Maag, walaupun maag saya biasa aja kalau pas kambuh emang kadang tidak bisa diajak kompromi .

    BalasHapus
  21. Dulu banget aku sakit maag mba karen kebanyakan fikiran hahaha setelah belajar bebas, posting alhamdulilah kini perutku gelambir dan napsu makan menyaingi kang becak :D

    BalasHapus
  22. semoga lekas pulih dan selalu sehat ya mbak :)

    BalasHapus
  23. Mbak aku paling takut juga kalo kena maag, waktu di gunung maag ku kambuh, rasanya gak enak banget, susah makan dan keringet dingin

    BalasHapus
  24. Haduh, ngebayangin endoskopinya bikin mual. Nggak muntah, Mbak, waktu itu? Aku dulu juga sering maag.. jadinya sekarang makan harus teratur dan tepat waktu. Perutku gak bisa lama-lama kosong, he he he...

    BalasHapus
  25. semoga diberi sehat selalu mbak kita aaamiin... kalo sakit perut pas renang uhh ampun sakitnya...

    BalasHapus
  26. mudah-mudahan cukup pertama dan terakhir ya mba.... semoga sehat selalu mba Nova...

    BalasHapus
  27. sakit maag memang gak bisa dibilang 'cuma'. Saya pun pernah mengalaminya. Rasanya sakit banget

    BalasHapus
  28. Wah aman juga buat yang punya penyakit maag ya mbak, aku juga udah coba ini bagus banget.

    BalasHapus
  29. Aku juga sekarang suka vertigo, Mba. kalau berbaring kepala rasanya kayak diayun. Ternyata bisa dari lambung juga ya.

    BalasHapus
  30. Minum air perasan jeruk nipis yang dicampur air hangat mba... karena jeruk nipis itu sifatnya basa...

    BalasHapus
  31. Ngga sekadar maag ya itu Mbak... sehat selalu yaaa, Mbak :)

    BalasHapus
  32. biasa liat endoskopi gini klo di tivi. ngilu liatnya. semoga sehat2 aja ya mb. usir maag jauh jauh. hush hush. :)

    BalasHapus
  33. alhamdulillah semakin membaik ya mbak...
    semoga nggak kambuh2an lagi ya, berarti pola makannya harus teratur ya
    nggak boleh males2an makan
    goodluck buat GAnya

    BalasHapus
  34. bener2 harus jaga pola makan ya mba..makasih sharingnya mba..jadi pengingat nih

    BalasHapus
  35. gpp ya masih aman buat yang sakit maag ini? syukurlah kalau cocok mbak.sehat2

    BalasHapus
  36. aduh, ini juga kadang menyerang saya.
    makan teratur memang kuncinya.
    terimakasih sudah diingatkan.
    salam kenal ya :)

    BalasHapus
  37. Maag plus vertigo juga. Duuh...sehat2 ya, Mbak.

    BalasHapus
  38. aku pernah diendoskopi. rasanya huek banget ya. hasilnya aku ketahuan kena erosi lambung gara2 mengkonsumsi obat nyeri haid. pasca perawatan, aku diet no pedas n asam selama 2 tahun. skr mah bebas makan apa aja, hehe
    sehat sehat sehat terus ya mbaak :)

    BalasHapus
  39. Ternyata maag gak boleh disepelekan, ya. Sekarang gimana, Mbak?

    BalasHapus
  40. Dokter menyarankan endoscopy...tapi istri sy takut....karena pernah merasakan sakit waktu endoscopy pertama.....bagaimana ya....mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya kalo udah pernah ngerasain..jadi lebih siap, gak takut lagi..

      Hapus
  41. Mbk nova bisa minta nomer Wa ya?mau sharing masalah penyakit ini soalnya persis dgn yg kualami

    BalasHapus
  42. mbak giman sdh sembuh?sembuhnya brp bulan?..

    BalasHapus
  43. Lebih pada stres ya mba. Karna keadaan lambung gak parah² bgt. Btw minum vitamin apa?

    BalasHapus
  44. Maaf mba, saya juga sama kaya mba hasil endoscopy ada bile reflux ny.
    Untuk mengurangi cairan empedu yg masuk ke lambung di obatin ny seperti apa ya mba

    BalasHapus
  45. Mbak tolong jawab aku punya maag kronis .. kalo mau endoskopi biaya nya berapa

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.