MENJADI ECOMOM DAN DIAPRESIASI, INI YANG AKU LAKUKAN!


 [Parenting] Bagiku menjadi ibu atau istri yang sempurna bagi keluarga itu tidak lah mudah, namun aku selalu berusaha memberi yang terbaik untuk keluarga. Setelah menjadi ibu, pernah kepikiran gak kalau kita akan di apresiasi oleh anak kita? aku sempat terharu ketika anakku usia  yang usia 2 tahun menghampiriku lalu  Ia mencium pipi dan bilang “ yayang mmmi” dengan terpatah patah dan bahasa yang masih cadel seraya membelai pipi ku, sungguh bahagia luar biasa.. Bangga itu sudah pasti.

Bangga, karena Ia bisa mengekspresikan perasaanya melalui ciuman dan sentuhan kepada ku.
Bangga, karena Ia sudah mampu mengapresiasi orang lain atau aku sebagai Ibunya.
Bangga, karena Ia punya inisiatif untuk memberikan rasa bahagia untuk ibunya dengan cara yang amat sederhana.

Tadinya aku kepikiran, dan merasa geli kok anak sekecil gitu bisa ngungkapin sayang kaya gitu. .Eh setelah itu baru ngeh ternyata dia itu meniru kebiasaan aku . Aku tuh suka banget membelai pipinya seraya mencium.”ummi sayang hamid” . Ternyata hal-hal kecil seperti itu diam-diam ia rekam dan melakukan hal yang sama terhadap aku dan kadang ayahnya.
Begitulah anak-anak apa pun yang kita lakukan sedikit banyak akan memberikan dampak pada sikapnya. Untuk itu kita sebagai orang tua memang berhati-hati dalam bersikap apalagi tutur kata, karena anak akan meniru dalam diamnya. selain itu mungkin ada hal-hal lain yang menjadi kebiasaanku yang secara langsung dan tak langsung memberikan dampak baik utuk ia baik sekarang maupun masa datang, berikut hal-hal yang mungkin memberikan dampak pada sikapnya:

1.   Menemaninya bermain


Hal yang sebenarnya simple banget, menemani Ia bermain. Tapi ini pun sebenarnya butuh usaha. Karena sebagai ibu yang juga bekerja, gak mudah mengatur waktu untuk menemaninya bermain ataupun belajar. Namun saya bisa menyiasatinya dengan menemaninya saat sore hari sehabis saya pulang dari kantor dan mengajaknya bermain saat akhir pekan ataupun saat libur tiba. Memang tidak banyak waktu yang dihabiskan, namun waktu yang diluangkan cukup berkualitas.

2.   Melatih kreatifitasnya sejak kecil

Melatih kreatifitas disini banyak bentuknya. Biasanya saya menemani Ia bermain bola, Hamid belum pintar menendang bola  biasanya aku memberikan semangat dan jika dselesai menendang dia akan teriak senang “Yeeeee!!!” sambil tepuk tangan, kadang juga menemaninya menyusun balok-balok mainannya. Aku yakin dengan kebersamaan keakraban akan memperkuat bonding antara ibu dan anak .  Semoga suatu saat iya  memberi aku gambar bertuliskan “I Love you, Mom!” saat momen hari ibu #eeeaaaa. Hamid suka banget liat anak-anak main layang-layang, dan aku suka puterin lagu ”bermain layang-layang” di youtube dan paling senang lihat kucing-kucing lucu yang sengaja aku download dari  internet. 

3.   Memberinya makanan yang sehat dan bergizi
Memberikan makanan yang sehat berarti kita juga harus memperhatikan bahan makanan yang akan kita olah menjadi masakan. Sebagai Ibu yang juga bekerja, saya tidak mungkin setiap hari ke pasar. Biasanya aku belanja  setiap seminggu sekali, kemudian saya simpan di lemari es. Kalau beberapa Ibu takut menyimpan makanan di lemari es karena dapat menyebabkan kerusakan pada bahan makanan, aku tidak begitu. Aku biasa menyimpan makanan di lemari es dengan tenang karena memiliki fitur kontrol kelembapan yang dapat menjaga sayuran saya di kondisi terbaik. Ataupun saat menyimpan daging, ayam dan ikan sekalipun, Fitur prime fresh pada lemari es Panasonic mampu membekukan sekitar -3°C sehingga yang dibekukan hanya permukaanya saja. Pembekuan makanan dengan cara inilah yang akan menjaga bahan makanan kita dalam kondisi terbaiknya. Dengan memiliki bahan makanan yang baik dan fresh, tentunya dapat memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarga.

4.   Mengajarkannya mencintai lingkungan


Mencintai lingkungan yang saya ajarkan pada si kecil mulai dari hal-hal simple yang biasa kita lakukan. Mulai dari mencintai lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan  ataupun menghemat air. Untuk menghemat air, biasanya aku tidak mengijinkannya untuk main-mainkan air kran dan aku gak suka kalau ayah Hamid nyuci motor tapi membiarkan keran terus mengalir padahal hanya tinggal mengelap atau mengeringkan motor saja, aku sendiripun pake mesin cuci Panasonic yang memiliki teknologi econavi, saya bisa menghemat air, menghemat waktu dan menghemat energy pastinya. Jadi saat menggunakan cara yang berbeda, hasilnya pun berbeda.

5.   Mengajarkannya mengepresiasi orang lain

Ada 3 kata yang kini aku ajarkan pada Hamid, agar orang-orang disekitarnya yang diajaknya berkomunikasi  yaitu kata tolong, maaf dan terimakasih. Aku belajar bahwa sebenarnya orang lain akan senang jika kita apresiasi. Begitupun saat saya di apresiasi si kecil, saat Ia mencium dan bilang sayang pada saya. Ia membuat saya senang dan terharu, saat itu. Yang kemudian saya balas dengan ucapan terimakasih dan peluk untuknya.
---
Beberapa hal yang aku sebutkan diatas yang saya sudah ajarkan pada si kecil. Aku rasa ini cukup berdampak pada sikap dan kepribadiannya. Aku percaya, hal-hal yang aku (sebagai Ibu) ajarkan akan berdampak besar pada si kecil di masa depannya. Menjadi Ibu yang baik, Menjadi smart mom, artinya aku menjadi Ecomom. Yang pasti aku akan terus memberikan yang terbaik untuknya. Bukan terbaik untuk saat ini saja, tapi terbaik untuk masa yang akan datang juga.

Bu-ibuuuu, apa yang kalian ajarkan ke anak  dan sangat berpengaruh pada sikap serta kepribadiannya sekarang? Coba cari tau dan share di komentar yuk! Terimakasih! 



LIRIK LAGU BUTET DAN TERJEMAHANNYA


novanovili.com - Lagu berbahasa batak memiliki daya tarik tersendiri bagi penyukanya yang bukan berasal dari daerah batak atau Sumatera Utara. Bahkan ada yang bersenandung lagu batak tapi gak tau artinya, habis suka aja sih dengan iramanya, begitu alasan seorang teman yang senang dengerin lagu batak, lagian aku  kadang suka iseng nanya artinya sama tetangga yang orang batak imbuhnya, dan artinya bagus kok katanya pula. ya iya lah..masa artinya jelek ya?, kalo artinya jelek, mungkin itu bukan lagu tapi orang kesurupun yang lagi meracau..hehehehehe.


Satu-satunya lagu batak yang familiar di telinga aku itu judulnya “Butet”, kalo dengerin lagu itu kayanya syahdu mendayu gitu, tapi yang aku bisa nyanyiin cuma satu kata  yaitu “buuteeeeet….. nanaannnaaa. :D
Nah… karena pemenang arisan Link kali ini adalah mba  Monda Siregar, jadi aku melanglang buana di atas langit www.mondasiregar.com dan berhenti pada satu posting “Lirik Lagu Butetdan Sebutan Untuk Anak”. Yes. Akhirnya nemu lirik lagu butet plus artinya dalam setiap lirik, ternyata artinya bikin meleleh, sedih juga, menceritakan tentang masa perjuangan dulu. Pantas saja lagu ini sering banget di putar saat-sat menjelang hari kemerdekaan atau perayaan nasional lainnya. Butet sendiri merupakan sebuah panggilan untuk anak perempuan batak, dan lagu ini ternyata sangat pendek cuma syairnya diulang-ulang.
Butet, di pangungsian do apangmu ale butet.
da margurilla da mardarurat ale butet.

(Butet, di pengungsian lah ayahmu wahai Butet, yang bergerilya yang berdarurat wahai Butet)
butet, sotung ngolngolan rohamuna ale butet.
paima tona manang surat ale butet.

 (janganlah bersedih hatimu tunggulah kabar atau surat.)
i doge doge doge i dogei doge doge.
( la la la )
butet, haru patibu ma magodang ale butet.
asa adong da palang merah ale butet.

da palang merah ni negara ale butet.

(harapan agar Butet cepat besar dan bisa bergabung di barisan Palang Merah)
Gak usah takut artinya gak sesuai atau cuma dikarang-karang, karena mba Monda Siregar adalah orang batak asli, ketauan dari namanya nyempil marga siregar. Buat teman-teman yang seneng lagu batak dan pengen tahu artinya bisa  berkunjung ke blog mba monda. tidak sekedar menuliskan lirik saja tapi dijelaskan rinci makna dan sejarah lagunya loh, bisa klik label lirik ulagu . Tak hanya lagu batak ada beberapa lagu daerah yang ditulisnya  seperti sunda dan lagu minang.
Buat yang mau kenalan dan mau belajar bahasa batak,atau mau dicariin jodoh, besan atau mertua orang batak mungkin bisa colek mba monda siregar, kali bisa dicomblangin gitu , emangnya mba monda agen perjodohan apa? hahahaha..
Oh iya mba Monda  ini sebenarnya seorang dokter gigi PNS di Jakarta, alasannya selalu  aktif ngeblog supaya gak cepat pikun katanya, terus kemungkinan bisa jadi kegiatan utama dikala pensiun nanti. mba monda angat menyenangi sejarah, budaya Indonesia, karena itu tulisan mba monda gak jauh-jauh  dari tema itersebut.
ini akunt socmednya ya… mana tau mau periksa gigi gratis . la?:D
Facebook : https://www.facebook.com/monda.siregar
kalo temen-temen senang dengerin lagu daerah gak sih…?? Kalau aku sendiri gak punya bakat nyanyi, batuk aja fals bagaimana mau bersenandung jika awan saja mendung ? apaan sih..gak nyambung .
Kalau sekilas lewat yang sering aku dengar biasanya masyarakat di daerahku paling senang dengar lagu berbahasa  minang, mungkin faktor geografis kali yah, tetanggaan terus bahasanya mudah dimengerti , apalagi banyak penduduk Sumatra barat yang merantau dan membaur, jadibahasa, minang itu sudah sangat familiar ditelinga. Lagu melayu juga sering diputar, ya iyalah ..Riau emang tempatnya budaya melayu pasti sudah tahu arti kata tiap lirik dan baitnya, yang ketiga lagu berbahasa jawa  , selama gak bahasa halus kromo inggil  bisa dimengertilah sedikit-sedikit.

_____

baca juga  artikel lainnya :

TENTANG PERNIKAHAN

PARENTING

KESEHATAN LAMBUNG DAN LAIN-LAIN

KEHAMILAN




Minum Nikmat, Harga Bersahabat di Hauspital Airmolek



novanovili.com - Kalo udah lama gak ketemu teman, sodara, atau sekedar ngumpul-ngumpul bareng, pasti suka janjian ditempat yang bisa minum-minum, yah gak sekedar menebus rasa kangen tapi juga melepas haus.

Nah.. kalau sudah gini pastinya cari tempat yang asyik buat ngorol dan tentunya cari harga yang gak bikin kantong bolong tapi tetap bikin kerongkongan plong segarnya.

Kini di Airmolek  udah banyak  tempat minum segar-segar nikmat, baik jus, coffe, Coklat hangat maupun dingin, tinggal disesuaikan dengan selera  dan isi dompet tentunya.

Salah satu tempat asyik nongkrong minum bareng keluarga atau sekedar reuni kecil-kecilan bareng teman aku rekomendasi –in  “ HAUSPITAL” .

Hauspital adalah warung minum yang menyajikan berbagai minuman segar nikmat  dengan aneka jus, minuman hangat maupun dingin, es krim, pisang coklat , kentang goreng , bakso tusuk dll. Tempatnya memang tidak terlalu besar, tapi kalau suasananya nyaman dan sambutannya hangat pasti berasa lega, luas di hati #eea.

Untuk menunya sendiri hmmm asyik-asyik dan tinggal pilih, dengan senang hati owner melayani  dan kamu tinggal srutt-sruttt menikmati , beerikut beberapa sajian andalan dari Hauspital :




Di Hauspital kamu gak cuma sekedar makan minum, karena juga ada gerai kecil   pakaian muslimah dan baju untuk adik,  keponakan atau buat kasi kado ke teman bisa di beli disini . Oi iya bisa juga baca-baca santai, buku-buku milik ownernya. Hauspitalis bisa dibilang paket lengkap makan minum sekaligus shopping, semoga kedepannya makin sukses dan makin terkenal tak hanya di Airmolek aamiin. Kabar gembira bisa juga delivery atau pesan buat keluarga dirumah, baik acara ultah atau sekedar kumpul keluarga.

beberapa minuman yang enak super laris di Hauspital :






Untuk harga menu-menu yang disajikan semuanya pas dikantong, gak cuma anak sekolahan tapi bagi yang bekerja, bersuami, bahkan jomblo sekalipun #eh. Harga bersahabat banget kalo kurang-kurang dikit bisa dianggap lunas heheheeh tapi takaran juga dikurangi hahahaha.. ini becanda kok gak seriusan.

Beberapa koleksi dari Hauspital

“HAUSPITAL” beralamat di Depan SMPN 1 Pasirpenyu Airmolek, jangan lupa mampir, cicipi rasanya..dan rasakan nikmatnya. Minuman segar anti galau bebas gundah gulana, mampir saja ke Hauspital tempat asyik solusi pelepas dahaga. Alamatnya gampang di cari gak  akan nambah haus kamu kok untuk mencari alamatnya.





Hmmm.. liat menu-menunya bikin lidah n bibir bergetar he2, masa sih gak penasaran buat icip icip nikmat? ini foto-fotonya baru sebagian..kalo mau aslinya..silakan mampir jangan lupa rombongan biar enaknya dibikin rame. 

Terimakasih buat yang sudah mampir.. dan dijamin bakal kembali, asyik minumnya emang bikin kangen.

Pokoknya kalo ke Airmolek belum mampir ke Hauspital, belum lengkap perjalanan, rasanya ada yang ketinggalan. Cobain aja kalau gak percaya.

ANTARA TA'ARUF,PHP DAN BAN SEREP


novanovili.com - Bukan. Ini bukan sebuah fiksi ataupun puisi, ini cuma ingin cerita saja tentang  3 frasa tersebut  Ta,aruf, PHP, dan Ban Serep. Apakah ketiga kata itu punya hubungan yang signifikan? ,jawabannya bisa jadi Ya bisa juga tidak , tergantung cara kita mengubung-hubungkannya apakah bawa-bawa supir truk gandeng apa nggak? :D

Disini saya cuma ingin cerita tentang kejadian-kejadian yang akhir-akhir ini banyak berseliweran dipanadangan, pendengaran, dan pengamatan saya yang nggak penting ini. Mohon maaf jika ada yang merasa kesenggol-senggol, ke colek-olek bahkan ketampar *elus pipi dewe*

Taaruf / Perkenalan
Bahagia, senang  banget kalau sekarang banyak yang sadar bahwa pernikahan melalui jalan ta'aruf dan tidak melalui pacaran mesra sana mesra sini, gandeng sana-gandeng sini. Ini memang sudah kewajiban orang tua untuk menjelaskan ke anak-anak (bagi yang muslim) agar tidak pacaran , dan menjamin jomblo itu bukanlah sebuah petaka atau sesuatu yang sangat jelek, justru sebuah penjagaan kesucian diri dan hati, walaupun itu menjadi  sebuah tantangan bagi orang tua untuk menjelaskan ke anak dan memberikan pemahaman yang sebenarnya.

Ikut salut dan bahagia ketika seorang teman menikah dengan jalan ta’aruf . Kedua keluarga bertemu  yang kemudia memperkenalkan kedua anak mereka dan anak-anak mereka setuju untuk dinikahkan. Ta'aruf memang harus ada pihak ketiga yang mengenalkan, jadi kalau ada suka sama sosok wanita atau pria  lalu di cari pihak ketiga untuk  memperkenalkan tentu dari keluarga atau mahram.  Aku gak berkompeten untuk menjelaskan secara  rinci untuk jalan yang lebih syar’i takut salah, pokoknya intinya begitu lah ya.. ( iss..gak tanggung jawab, hahahaa) atau bisa bisik-bisik ke mba Leyla Hana hi2.

Kunci Ta'aruf itu adalah menjaga hati dari pihak-pihak calon mempelai , menjaga hati disini maksudnya hati masing-masing dalam keadaan netral. Jangan sampai ada harapan yang tinggi ke pada  calon, atau malah bertaburan benih “cinta” duluan, takutnya kalau gak cocok bakalan jadi sedih, nangis, bahkan benci. Itulah keduanya tak boleh langsung berkomunikasi sebelunya misalnya via chat berdua tanpa ada pengawasan , si pria mungkin saja merayu-rayu mungkin wanita juga begitu.
Ya..jujur saja dulu walau gak pacaran, aku kaya gini… gak deket tapi sms gencar (waduh! jangan ditiru ya!) tapi untung jadi, 3 minggu sms-an langsung dilamar hahahaha..*kepo deh..isi sms*

Biasanya yang gampang baper itu pihak wanita ya…, apalagi udah masuk usia wajib nikah hati yang netral itu emang harus banget. Karena banyak loh yang udah ada pertemuan  keluarga ,kayanya tuh sudah iya banget,  sudah ngerep tapi gak jadi dengan berbagai alasan.

PHP (Pemberi Harapan Palsu)

Pria selalu tak ingin disalahkan kalau mereka telah memberi harapan palsu, bahkan menuduh wanita yang terlalu baper, kan ini kenalan dulu wajarlah kalau semisal gak jadi.

Jangan tuduh wanita baper kalau kaliannya yang ternyata membuat wanita duluan berharap.  oke.. untuk soal bahasan PHP ini  diyakinkan bukan cara ta'aruf yang sebenarnya  karena untuk murni syar'i itu terlalu kuat godaannya bagi kita-kita yang nggak bener-bener sholeh yang tidak menjaga pandangan. sholeh-sholeh tapi ada cewek jilbaban imut maniez, 3 kali melengin muka.  melihat cowok ala korea lewat blash! langsung angkat kamera ingin motret.

Tapi Alhamdulilah untuk menjaga tidak kontak pisik, yang ta,aruf tapi ala-ala…(masih disyukuri daripada gonta ganti gandengan )

memulai dengan mengirim pesan sekedar bertanya kabar lalu berujung bertanya “seandainya kita nikah nanti kamu mau tinggal dimana?”, “nanti seandainya  kita nikah kalo kamu kerja biar aku yang antar ya..”
seandainya..seandainya….seandainya..
sadar gak sih para cowo kamu itu sudah memberikan harapan???
please… wanita itu sangat lemah, jangan memulai menyakitinya dengan kata seandainya..
jangan pernah katakan sebuah janji nikah. Janji itu adalah hutang, tak selayaknya nikah dibuat sebagai janji.

Buat wanita waspada terhadap pria yang kelihatan sholeh, memang terkadang mereka terlihat kurang pandai merayu wanita, ngegombalin wanita secara langsung, atau malu-malu kucing gemetaran didekati wanita tapi kalau  via sms/ chatt mereka  gencar banget kadang bawa-bawa ayat segala loh, waspada nanti niat kamu untuk gak berpacaran akan terkotori oleh pria-pria penggoda iman seperti ini. (buk..buk..ini pengalaman toh?!

Ban Serep

Kalian pasti sangat paham apa pungsi dari ban serep, yup! sebagai pengganti alias cadangan
Dengan dalih ta'aruf  kini banyak pria yang sengaja pasang 3 ,4 bahkan 5, wow!. Jadi tuh ada (gak semua ya..banyak pria yang baik kok, cuma waspada aja) pria-pria yang katanya ta’aruf tapi gak cuma ke satu wanita saja. Sama  yang ini minta dikenalin, sama yang itu juga  minta di temukan, sama yang ono minta biodata, sama yang ono lagi ngirim daftar riwayat hidup, sama yang tua ngirim surat penolakan. Ya..gak jauh bedalah sama nebar surat lamaran kerja, untung-untungan mana yang diterima kalau tiga nerima bisa pilih yang mana suka-suka.

Yah…, seandainya  memang ingin ta’aruf secara benar putuskan lah lebih dulu jika merasa kurang cocok dengan catatan jangan ada PHP. Buat kesepakatan jika  taaruf ini dihentikan serta berikan alasan yang tepat dan memang bisa diterima oleh kedua belah pihak. Jika sudah final untuk tidak dilanjutkan, boleh lah cari calon yang lain.

----
Menikah itu ibadah jangka panjang, pasti kita tidak mau kan..disaat kita menikah justru ada do’a jelek dari seseorang yang tersakiti oleh tingkah kita. Perinikahan itu perjalanan panjang banget gak mau donk ternyata ada hal-hal jelek yang terjadi  didalam pernikahan kita, misalnya istri ternyata judes dan cerewet dan nebar-nebar kejelekan  kamu dimedia social. Bisa jadi loh..itu hasil doa jelek dari orang yang pernah kamu sakiti.

Buat para pria, sorry, ini tulisan emang pro wanita kok!!!!


Mengenal Kota Lamongan dari DigitaLife

novanovili.com- Apa yang kamu ingat setiap mendengar kata "Lamongan"? Yup! bagi orang yang sama sekali tidak pernah tahu kota Lamongan dan sangat jarang  mendengarnya, seperti saya  yang terbayang adalah soto. Kenapa soto? karena hampir diseluruh indonesia ini disetiap kota ada warung "soto lamongan", nah dari situlah mungkin orang-orang awam mendengar nama Lamongan disebut-sebut.



Tapi benarkah  Lamongan itu adalah kota soto? ternyata tidak saudara-saudara setelah jalan-jalan dunia perbloggeran dan aku akhirnya tau bahwa sebenarnya  Lamongan itu kota Bahari.

Berikut beberapa fakta bahwa kota Lamongan adalah sebuah kota Bahari :




  1. Lamongan adalah sebuah Kabupaten  diprovinsi Jawa Timur. Kabupaten  ini berbatasan langsung dengan Laut jawa bagian utara. 
  2. Mata pencaharian warga Lamongan pantura juga kebanyakan memanfaatkan potensi baharinya. Mulai dari Nelayan yang sudah pasti kalian tahu mereka pergi mencari ikan di tengah laut demi bisa menghidupi keluarganya, selain itu adanya TPI (Tempat Pelelangan Ikan), salah satu sumber lapangan pekerjaan bagi warga Lamongan pantura.
  3. Banyak tempat wisata yang berada didaerah dekat pantai sseperti wahana  Fantasi di  Wisata Bahari Lamongan/ Tanjung Kodok
  4. Sejak awal tahun 2010 banyak bermunculan industri perkapalan disini, hal tersebut semakin memperkuat Lamongan sebagai Kota Bahari, sampai dengan tahun 2016 ini, terdapat beberapa pelabuhan yang meliputi; Pelabuhan Sedayu sebagai pelabuhan kapal barang, Pelabuhan Paciran atau Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang notabene adalah cabang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
Jika ditelusuri ternyata kota Lamongan ini sangat menarik dan pas jadi tempat tujuan wisata tak hanya alam baharinya yang indah tapi juga aneka wisata kulinernya  yang sangat khas membuat penasaran untuk mencicipinya. Berikut antrian makanan/ jajanan khas Lamongan yang wajib untuk dicicipi:
  1. Soto 
  2. Boran
  3. Tahu Campur dengan rasa khas Lamongan
  4. Jajanan Pasar Tradisional di Dengok Pasar Cilik
  5. Nasi Jagung/ Sego las tanjung kodok, dll
Buat teman-teman yang penasaran dan mungkin suatu saat ingin traveling  ingin banyak tau tentang Lamongan bisa cekaceki kota lamongan dengan berkunjung ke DigitaLife. DigitaLife adalah nama blog pribadi dari mba Elisa Fatma Ariesta yang merupakan penduduk asli warga Lamongan, jadi gak perlu takut salah arah soalnya mba Elisa juga tinggal disana.
Mba Elisa di salah satu mesjid Lamongan , sumber Instagram
" Nama saya Elisa Fatma Ariesta, teman-teman biasanya panggil saya Elisa, kalau nama kecil saya sendiri adalah Elis. Saat ini saya tinggal di Desa Dengok Kandangsemangkon, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Jawa Timur. Saya seorang Ibu rumah tangga dengan 2 bocil. Selain menjadi Ibu rumah tangga, saya juga seorang ibu bekerja, saat ini saya bekerja di salah satu developer pengembang property yang berada di kota saya"

Nah..tuh mba Elisa beneran tinggal disana loh.., jadi kalo mau main terus mau cari penginapan gratis plus makan-makan , bisa nginap di rumah mba Elisa, #eh


Blog Digitalife ini berisi berbagai macam informasi mulai dari kuliner, dunia online, review film, buku, produk dan berbagai curhat dari mpunya blog. Jadi gak ada ruginya mengunjungi Blog yang berdomain www.elisa-blog.com  yang berdiri :) sejak tahun 2014. Mba elisa termotivasi membuat blog  gara-gara   melihat time line twitternya dipenuhi oleh ibu-ibu blogger tentang sebuah perhelatan acara blogger, dan dia merasa para perempuan blogger itu keren dan berprestasi, ya udah..akhirnya mba elisa bikin blog, dan benar saja jadi blogger dizaman sekarang emang keren kan...???



buat yang mau nanya-nanya soal kota Lamongan atau minta ditraktir kuliner hahahahaha, atau mau nanya soal property bisa kenalan langsung.. sama mba produk asli Lamongan berikut akunt social medianya :
FB : Elisa Fatma Ariesta
Twitter : https://twitter.com/elisafariesta
IG : https://instagram.com/elisafariesta
Google+ : https://plus.google.com/+Elisa Fatma Ariesta



INILAH SAAT-SAAT KESABARAN SEORANG IBU HARUS DILEVEL PUNCAK


 [Parenting] Menjadi seorang  ibu itu memang tidak mudah. Perlu  bagi wanita lajang untuk memperbanyak ilmu  baik dari baca buku ,atau mengunjungi  website yang  membahas tentang ilmu parenting . Jujur aku juga waktu masih gadis hampir tak pernah ngeh dengan semua ini , paling cuma mengamati tentang cara pola asuh dari sekitar aku  ,bisa tetangga atau keluarga sendiri, bahkan juga bisa mempelajari memahami pola asuh orang tua sendiri,ambil positifnya dan buang jauh-jauh jika itu sangat tidak baik. Kenapa  harus dibuang jauh? ya jangan sampai anak kita juga mendapatkan pola asuh yang sama seperti yang kita rasakan. Jika kita dulu mungkin sering mengalami kekerasan, ya pola ini jangan sampai berulang. Soalnya nih banyak cerita, jika ayah kita misalnya suka menjewer dan membentak kemungkinan besar ketika kita punya anak ,kita akan melakukan hal yang sama.


Untuk  menjadi orang tua memang harus siap baik secara lahir maupun batin, karena lelah itu bukan cuma fisik tapi secara perasaan juga. Makanya terkadang ada new mom yang terserang  baby blues syndrome karena  merasa cemas dan lelah setelah melahirkan.

baca juga : Mitos dan Fakta  kaki bengkak saat hamil

Rasa lelah yang tak dikelola secara baik akan menimbulkan rasa kesal,marah, dan sayangnya anak yang tak tahu apa-apa terkadang menjadi pelampias kekesalan. Biasanya marah ke anak itu adalah akumulasi dari  PMS, capek beberes rumah, transferan suami kurang hhahaaha, harga belanjaan naik , yah..kayaknya hayati emang lelah ditambah kurang piknik.Jangan sampai anak malah jadi tempat mencurahkan kekesalan,anak bukanlah tong sampah tapi  anak adalah asset/investasi masa depan kita baik dunia maupun akhirat,wajib kita pelihara kita didik secara baik. Pasti kita tidak mau anak yang kita besarkan menjadi musuh kita dimasa depan dan jadi anak yang kasar. 


Inilah saat-saat kesabaran ibu  harus berada di level puncak :D,

Saat anak tau mau makan.
 Ntah kenapa ya, jika anak  sedang gak mau makan itu kok rasanya gemezzz abis, sudahlah buru-buru dikejar waktu mau ngantor,kok anak malah “berulah”.  Nah sebelum marah-marah mending tarik nafas dulu. Apakah anak gak mau makan itu hampir setiap hari, ataukah waktu tertentu saja.?

Jika anak malas makan   cari dulu alasannya:
Apakah anak banyak ngemil  atau banyak minum susu? jika ya, artinya semua itu wajar. Selama ini yang kita pikirkan yang namanya makan itu ya harus nasi. Misalnya satu jam lalu anak sudah minum satu gelas susu dan roti,sekarang kita malah nyodor-nyodorin sendok buat makan, ya pasti bakalan “perang” penuh drama.

Lagian kadang kitanya juga suka salah strategi . Jadi nih, jika  kita ingin anak  makan nasi  sebaiknya jauhkan camilan dan jajanan dari anak  menjelang waktu makan,biasanya anak lahap makan jika berasa lapar, untuk susu dan camilan,kue dan lain-lain bisa satu jam setelahnya atau lebih.

Kita boleh khawatir jika anak tak mau makan  hampir setiap hari dengan kondisi tubuh yang  tak sehat dan tidak aktif. Sebaiknya kita konsultasi ke dokter, atau diberi vitamin dll. Jadi marah-marah saat anak tidak mau makan itu kurang tepat,lalu  nunjuk hidung sendiri hahahaha. kalau kata mertua ku”nek gelem minum susu ya ra popo”, selama dia mau minum susu dan makan yg lain ya gak masalah gitu katanya,tapi kadang ya kok gemezz juga alasannya takut masuk angin, padahal anakkan harus masuk angin ya?, kalo  nggak gimana mau bernafas coba? bernafas itu kan menghirup anginkan??? itu udara Nova!! udara!

 Anak tak mau tidur siang.
Nah, kadang suka gitu kan ya?. Pernah aku bolak-balik memasukkan Hamid keayunan biar bobok siang udah sambil ngedot pula,eh susu habis dia malah duduk cengar cengir, ya udah diturunin 15 menit kemudian aku masukin lagi,turun lagi masukin  lagi,dan dia berontak nangis-nangis pada hal biasanya jam segitu sudah tidur, tambah nangis liat muka emaknya kaya singa lapar ngomel-ngomel hahhahhaa. Gemezzz ..banget, apalagi ingat cucian belum dibilas dijemur,belum masak. Ehm…cek kedalam hati ini jengkel karena anak  belum mau tidur apa karena berasa capek lelah harus ngerjain itu semua?! :D padahal mau main inet hihihihi

Ya udah…, akhirnya  aku biarin dia main sendiri dan aku selesaikan kerjaan, sambil intip-intip kalau-kalu dia manjat (takut aja jatuh). Akhirnya kerjaan selesai ,aku liat  dia angop-angop lalu ku masukin ayunan lalu hening dia bobok.Nah, wajar aja anak tidak mau tidur la wong ga   ngantuk :). Hikmahnya anak tidur disaat kerjaan beres itu, kita juga rebahan dengan tenang dibawah ayunanannya sambil tangan kiri sesekali ngayun dan tangan sesering tangan kanan  maianan socmed, hehee.

Untuk anak yang lebih besar juga begitu kan ya,    emaknya yang teriak-teriak suruh tidur siang sedangkan  anaknya asyik sendiri,yang sebenarnya tidak ngantuk. Istirahat  siang itu kan tidak mesti tidur lelap,  selama gak mainan diluar ya gak masalah. Jika gak mau  tidur siang, biasanya anak tidur malamnya lebih cepat dari biasa. Berasa buang tenaga ngomel panjang lebar apalagi jika sampai jewer-jewer anak meminta agar tidur siang ,jika mengantuk mereka bakalan tidur kok.

 Saat Anak menumpahkan/memecahkan sesuatu.
Beberes rumah itu emang capek, tapi tak sepantasnya memarahi anak hanya ia tanpa sengaja memecahkan gelas atau menumpahkan minuman. Garis bawahi “Tanpa Sengaja”, ya mana ada anak yang ujug-ujug sengaja nendang gelas,atau nyenggol minuman. Jadi untuk apa sih mesti mencak-mencak ngejambak rambut anak atau menjewer kupingnya,berasa serem sendiri ngebayanginnya. Seperti sebuah tabungan jangka panjang, dan kelak bisa jadi kita yang digituin.



Terus kalau sengaja bagaimana?,

wah..ini patut dipertanyakan, jika anak usia SD dinasehatin terus ngelawan, banting gelas,ini menurut ku orang tua terlalu  lemah mendidik anak,kita bisa sedikit tegas dan tegas itu bukan penyiksaan. Anakusia SD bahkan TK sudah bisa diajak kompromi dan diskusi,bikin peraturan dan sanksi jika ia melanggar. Jika anak udah kuliah banting gelas nendang pintu, itu bisa jadi kesalahan masa lalu dalam mendidik anak,yang terlalu keras,atau terlalu lemah sehingga tumbuh sebagai anak penentang

Jika usia dibawah dua tahun banting gelas itu artinya apa??
itu artinya orangtua yang sembrono hahahah, seperti aku :D. Hamid  beberapa kali memecahkan gelas, karena aku terlalu dekat menaruh gelas, dia ambil dan  minum kemudian blarrrr!!! dia lempar, sengaja  banget cari  perhatian emaknya :D, kangen seharian di tinggal.

Aku sih gak sempat marah karena udah duluan diomelin emakku, “lagian naruh gelas tepi meja banget,agak ketengah meja yang dia gak nyampe,gelas pecah sih gak masalah,takut aja dianya luka”,iya lah mak sayang cucu :D.

Saat anak tak mau belajar.
Kalau ini seorang ibu harus mesti sabar,harus ada pendekatan khusus, apalagi jika anak sudah sekolah. Dan saat mengajar dan membantu PR mereka memang mesti sabar jangan sampai membentak atau ngata-ngatain anak bodoh, karena mereka butuh dihargai,jika tidak, malah jadi beneran malas. Jangan sampai anak merasa tertekan dan takut saat belajar dengan kita, ya takut dimarah ya taku salah.lama-lama malah gak mau dekat-dekat lagi, berasa emak tiri kalah sama Ashanti.


Nah..buibu sekalian bagaimana, kalo lagi PMS, lagi capek, lagi kesal, apa sih yang bikin buibu tambah emosi ngeliat kelakuan anak??? bagi donk ceritanya.

Jenis-jenis Sepatu Safety Murah yang Cocok untuk Berbagai Pilihan Aktifitas Luar

sepatu boot murah


Apa alasan kita membeli  sepatu apakah dari harga yang lumayan terjangkau, model sepatu yang trendy, atau cuma karena lucu.  Sebenarnya untuk membeli sepatu yang kita pikirkan bukan sekedar model yang cantik dan lucu tapi juga memikirkan  kenyamanan dan keamanan saat memakainya.

Kini sepatu safety sudah menjadi trend sepatu gaya di kalangan anak muda. Penggunaannya tak lagi hanya sekedar sebagai seragam wajib para pekerja lapangan sebagai alat pelindung diri (APD) yang selalu mereka kenakan. Tetapi kini telah menjadi satu trend mode terbaru yang membuat pemakainya mempunyai kebanggaan tersendiri saat mengenakannya. Dan dengan banyaknya jenis dan model sepatu ini, dapat dipastikan bahwa sepatu safety murah  akan dapat dengan mudah ditemui di pasaran.

Sepatu safety sebenarnya adalah merupakan jenis sepatu yang dirancang untuk kebutuhan khusus, yaitu ditujukan untuk memberi perlindungan, kenyamanan dan keselamatan pada bagian kaki pemakainya. Awalnya sepatu ini memang dibuat untuk standar keselamatan para pekerja konstruksi dan sejenisnya, agar bisa mendukung produktifitas dan efektifitas kerja para pekerjanya. Namun kenyamanan yang ditawarkan sepatu ini ternyata mampu menarik minat masyarakat terutama dari kalangan muda yang memiliki segudang kegiatan luar dalam kesehariannya.

Berbagai model sepatu safety baik yang memiliki kualitas premium dengan merek ternama maupun sepatu safety murah yang harganya lebih terjangkau dan ramah di kantong kini dapat ditemui di pasaran. Beberapa model sepatu safety yang dapat dipilih untuk mewakili kebutuhan pemakainya di antaranya adalah:

·         Sepatu safety model boot
Sepatu model boot ini adalah model klasik dari sepatu safety. Sepatu inilah yang umum dikenakan sebagai alat perlindungan diri (APD) bagi para pekerja di lingkungan konstruksi dan sejenisnya. Bentuknya klasik dengan tali yang mengikat bagian depan sepatu hingga ke bagian atas boot serta bagian sol bawah yang tebal. Tinggi boot pun melewati mata kaki pemakainya.

·         Sepatu safety model semi boot
Sepatu ini menyerupai bentuk sepatu safety boot namun tingginya tidak sampai jauh melewati mata kaki. Kadang disediakan aksesoris tali sepatu seperti bentuk klasik nya, namun ada juga yang modelnya sudah mulai berubah jadi lebih trendy.

·         Sepatu safety PDL (Pakaian Dinas Lapangan) dan PDH (Pakaian Dinas Harian)
Ini adalah model sepatu safety para petugas keamanan ataupun tentara. Umumnya model sepatu ini pun seragam dan terkesan klasik.

·         Sepatu safety proyek dan laboratorium
Sepatu ini memiliki bentuk seperti sepatu boot dan dibuat dari bahan karet sintetis yang tebal. Sepatu ini memiliki ketahanan tinggi terhadap panas, bahan kimia berbahaya dan juga dilengkapi sol yang sangat tahan minyak dan cairan lainnya (oil resistant) dan juga anti slip. Umumnya sepatu boot ini dikenakan para pekerja proyek juga para peneliti bahan kimia di laboratorium.

·         Sepatu safety sporty (olahraga)
Sepatu ini didesain dengan warna-warna yang variatif dan menggunakan bahan sintetis namun tetap memiliki fungsi menjaga keamanan dan kenyamanan kaki pemakainya. Biasanya kalangan muda memilih jenis sepatu ini untuk dipakai pada kegiatan dan aktifitas olahraga seperti lari (jogging), bersepeda dan sejenisnya.

·         Sepatu safety model hiking shoes (sepatu gunung)
Sepatu gunung ini desainnya memang sangat nyaman dan aman bila digunakan untuk kegiatan pecinta alam seperti panjat tebing, mendaki gunung dan aktifitas berat lainnya.

·         Sepatu safety rider (sepatu motor)
Sepatu ini didesain untuk para riders yang ingin menjaga keselamatan kakinya saat berkendara.

·         Sepatu safety model pantofel
Sepatu safety ini memiliki model formal yang biasa digunakan dalam acara-acara resmi. Sangat cocok digunakan oleh para karyawan kantoran.

·         Sepatu safety model casual
Sepatu ini dibuat dengan model sederhana sehingga cocok dikenakan untuk berbagai kegiatan. Sepatu ini termasuk jenis sepatu safety murah yang mudah didapatkan di pasaran.


Nah..kalo teman-teman suka model sepatu yang mana nih..??

Mengenal Penyakit Hipertiroid dan Gejalanya

             Penyakit Hypertiroid dan Gejalanya

       

Bermula dari keluhan seorang teman yang merasakan  tubuh/tangannya terasa gemetaran, awalnya aku megira dia belum makan  atau ada penyakit maag, karena gejala seperti itu pernah aku rasakan dan ternyata memang produksi asam lambungku yang meningkat. Tapi dia mengatakan tidak, soalnya makan asam atau pedas tak mempengaruhi lagi pula ia  tak pernah merasakan perut kembung ataupun mual.

Beberapa waktu lalu ia bercerita bahwa ada seorang yang menyarankan untuk periksa darah  karena katanya ada saudaranya yang bobot tubuh turun tapi tidak menunjukkan penyakit, begitu diperikasa ternyata ada gejala gondok.  Tentu saja teman ku ini merasa khawatir dan dia memintaku untuk melihat informasi  tentang penyakit gondok, setelah kami baca bersama ternyata ada beberapa gejala penyakit itu yang dia rasakan. Yang paling sering ia rasakan adalah gemetaran/tremor, degup jantung yang yang tak beraturan, mudah merasa lelah, berkeringat, tidur agak larut, BAB sering, bobot tubuh turun dalam setahun terakhir . Nah berbekal kecurigaan dan gejala yang lumayan banyak akhirnya ia memeriksakan  diri dan melakukan tes darah, dan ternyata positif terkena gangguan kelenjar tyroid ini tepatnya hypertiroid,  jumlah yang berlebih dari kadar normalnya, karena jika kurang namanya hipotiroid. 

Sebenarnya kelenjar tiroid sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormone yang membantu menjaga fungsi organ  dalam tubuh sebut saja jantung, kulit, ginjal, hati bahkan otak. Hipertiroid biasanya muncul karena kelenjar tiroid terlalu aktif memproduksi hormone melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh yang disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi yodium.

Setiap orang yang positif  terserang hipertiroid ini mengalami gejala yang berbeda-beda tergantung daya tahan tubuh seseorang. Dan biasanya jarang sekali  terdeteksi bahkan banyak yang tak mengira bahwa ia terserang penyakit ini, karena tidak menyangka akan terserang atau juga menduga bahwa terserang penyakit lain, karena merasa yodium tercukupi.

Berikut gejala-gejala yang patut dicurigai, dan jika merasakannya lebih baik memeriksakan diri agar cepat untuk mengobatinya:

Cepat merasa lelah padahal biasanya tidak seperti itu, bobot tubuh turun drastis padahal tidak sedang diet,  BAB sering/sem belit,  detak jantung cepat, kulit kering, berkeringat banyak, gemetara/tremor (untuk melihat getarannya temanku disuruh dokter menaruh kertas dikedua telapak tangannya , posisi telapak tangan menghadap keatas seperti orang berdoa gitu tapi , jadi tuh keliatan banget goyangan /getarannya), nafsu makan turun, imsomnia, bola mata menonjol, rambut rontok, nyeri otot sendi, siklus mens terganggu . Kabarnya penyakit ini banyak menyerang kaum wanita  berusia 35 tahun keatas dan lebih dominan yang terserang adalah orang-orang Asia, kaum laki-laki sangat jarang  terserang penyakit ini.  

Jadi timbul pertanyaan mendingan mana ya? hipotiroid atau hipertiroid? Jujur aja aku gak mau kena keduanya :D, ya namanya penyakit seringan apapun pasti gak ada yang mau kan ya?!. Tapi katanya nih untuk pengobatan itu lebih gampang hipotiroid karena katanya lebih mudah menormalkan kembali. Jika dibandingkan lebih bahaya mana, ya sama-sama bahaya karena mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh. Ingat waktu SD selalu ditekankan bahwa penyakit gondok itu disebabkan kekurangan yodium padahal ternyata kelebihan yodium bisa menyebabkan hipertiroid dan menyebabkan pembengkakan kelenjar .

Beberapa penyebab dari hipertiroidisme, antara lain asupan iodina atau hormon tiroid yang berlebih, rendahnya plasma selenium, penyakit Graves, hiperplasia pada kelenjar tiroid atau hipofisis, radang tiroid, tumor pada testis atau ovarium. (Wikipedia)

Dari pengalaman teman , jadi bisa mengambil pelajaran, jadi tuh kalau ada sesuatu yang kita rasakan dalam tubuh yang tidak biasa dari biasanya mending cepat periksa apalagi jika gejala yang “aneh” itu kita rasakan lebih dari satu. Jadi jangan cuek terhadap kondisi tubuh, biasanya tubuh memang selalu memberikana “alarm” jika ada sesuatu atau terserang penyakit, mumpung belum parah langsung aja diobati.


 ----

J-Theme