Hujan Lagi, Alhamdulilah

Alhamdulilah kita sudah memasuki musim penghujan. Itu tandanya kita punya banyak waktu untuk membisikkan beberapa bait do'a dan semoga diijabah olehNya. Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu waktu yang mustajab untuk dijawabnya do'a adalah  ketika hujan turun.


Tapi, kita selalu lupa, maklumlah buibu begitu hujan turun langsung menggerutu, yang diingat cucian dijemuran belum kering, aduh bakalan banjir lagi nih, dll. Ketakutan akan banjir dan kehujanan jika diperjalanan itu sangat wajar karena itulah kita dianjurkan berdoa, agar hujan yang  diturunkan membawa berkah bukan bencana.

 “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ‘Allahumma shoyyiban nafi’an (Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat).’” (HR. Bukhari)

Kalau menurut aku pribadi, yang berada di Sumatera bagian tengah alias provinsi Riau, hujan bagiku anugrah banget kenapa? ya.. kalau hujan artinya alam membatalkan niat para pembakar lahan. Soalnya nih, seminggu saja cerah, terik terang benderang  sudah ada berita kebakaran lahan yang dilakukan oleh ntah siapa. Ya.. bukan berarti ngarep hujan melulu, kasihan juga yang tinggal di tepian sungai, bisa bisa kebanjiran.

Jika harus pilih mendingan cuaca hujan atau panas, jawabku terserah aja asal jangan bencana asap melanda.

Disaat hujan turun, kita harus ngapain?
1. Jangan mencaci maki hujan, sesungguhnya hujan itu sebenarnya nikmat Tuhan. Gak mau kan setiap hujan turun justru malaikat mencatat yang jelek sesuai ucapan kita.

Dia-lah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih. Agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu diantara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (dari padanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat).” (QS. al-Furqon: 48-50)

2. Jangan lupa berdo'a, karena  saat hujan turun adalah saat dijawabnya doa, berdoalah yang baik2.

3. Ingat jemuran, cucian, kasur, bantal, kerak nasi, langsung angkat  jangan nyelesain nonton gossip di TV , keburu basah.

4. Jangan lupa follow instagram @novanovili. :D dijamin folback , ini Instagram aku khususkan buat  nulis-nulis yang rada puitis atau kata-kata yang dipaksain biar ada kesan puitisnya.. :) tapi tetap enak buat dinikmati. Sebagian besar udah aku follow sih..maklum kita bukan seleb dan ngarep banget dapet  follback dari manteman semua biar gak keliatan fakir follower banget hihi. Nah kalau follow banyak kan lumayan bisa didaftarin jadi buzzer #eh *minta dikeplak rame-rame.

5. Jika mau mandi hujan dan bermain digenangan air dipersilahkan, asal jangan bermain-main dalam kenangan. ayo move on.

Nomor 1-4 serius, nomor 5 jangan diseriusin..he2. Mohon maaf kalo kali ini postingan agak ngambang, gak fokus, seperti perasaanku yang pernah kau ombang ambingkan. :D

--++++--
#Selfreminder aja.. jangan asal menggerutu ketika hujan turun.




Membesarkan jiwa yang lain. Mengecilkan hati yang lain


Anak.
Lagi-lagi soal anak. Aku tau  banget rasanya di tanyain kapan hamil, kapan, punya anak, sedangkan kita gak bisa jawab, seperti pertanyaan kapan kamu bakal mati, karena kita  gak bakalan tau kapan jadwal wafat seseorang, semua rahasia Tuhan.

Baca juga : Ketika buah hati tak jua hadir

Makin kesini  ternyata makin banyak yang menyadari bahwa pertanyaan ”kapan hamil”  hanyalah sebuah basa basi yang  tanpa sengaja bisa saja melukai perasaan orang yang ditanya. Walaupun masih banyak  yang sengaja menanyakannya dan sengaja agar yang ditanya terpojok, terluka. Bahkan masih  banyak menganggap dirinya lebih hebat  karena punya anak banyak dibanding yang gak punya anak tapi kaya. Padahal urusan baik tidak baiknya seseorang yang bisa menilai hanyalah sang pencipta Tuhan semesta tergantung amalan masing-masing, jika bisa memilih pasti orang akan memilih untuk memiliki anak banyak (relatif) dan kaya raya. Tapi manusia bisa apa? karena semua telah tercatat di langit, iya to?

Nah, belakangan ini banyak ibu-ibu   yang sedikit mengeluh karena  rumah berantakan, gak bisa rapi karena punya anak aktif. Bersihkan ruang tamu, ruang tv berantakan, rapikan ruang keluarga, kamar seperti kapal pecah, bersihkan kamar , keran air melimpah-limpah.  Ya begitulah warna warni kehidupan, kalo gak mau kerja gak mau rapi-rapi rumah  jangan jadi ibu rumah tangga, jadi ibu Negara saja biar dituntut ngerapiin  pemukiman kumuh #eh tambah sibuk dong.

Mungkin bukan maksud mengeluh, cuma tuntutan bikin status aja kali..ya? karena setiap  melongok social media yang ditanya “Apa yang sedang anda pikirkan?” akhirnya terpaksa nulis begituan karena habis beberes rumah karena ulah anak-anak yang bahagia.

baca juga : inilah saat-saat kesabaran ibu harus dilevel puncak

Dari keluhan-keluhan  yang sering bermunculan di ranah social media yang semua orang bisa baca , bisa lihat, ikut merasakan. Akhirnya terbitlah kalimat-kalimat/meme-meme yang membesarkan hati para ibu, biar selalu happy walau anak  sudah berantakin isi rumah, biar bisa nge teh sariwangi walau liat ruang tamu terbalik. Kalimat apa sih?

Tanpa anak-anak rumah kita mungkin akan bersih, dompet akan penuh, tapi hati kita akan kosong”
“ Bagus donk rumah berantakan banyak anak, dari pada kaya gak punya anak”
“ Lebih baik rumah ramai berantakan dari pada rumah sepi tapi gak punya anak”
dll

Sekilas memang gak salah sih kalimat-kalimat yang ditujukan untuk membesarkan hati para ibu, agar lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki sekarang. Tapi sekilas juga menurut aku yang baperan ini kok kalimat-kalimat itu sedikit tajam, seolah-olah yang ngata-ngatain rumah berantakan dan ramai itu adalah para ibu yang belum punya momongan. Jika kalimat-kalimat tersebut dibaca oleh para perindu anak, para pelantun doa yang belum diberikan keturunan pasti  sedikit banyak akan merasa “teriris”  merasa kecil hatinya.

 Tapi ada satu status teman  blogger yang juga konsultan nama ,yaitu mba Armita Fibriyanti, yang membuat hati ibu yang rumahnya berantakan menjadi bahagia sekaligus bersyukur dan tentunya tidak akan melukai  hati teman-teman  yang belum dianugrahi anak oleh Allah.


Status ini langsung mendapat tanggapan rame dari bu ibu cuantik semua bernada positif penuh doa dan  komentar-komentar lucu  , saling tertawa tapi tak ada yang merasa kecil hati.

Bahagia kita akan bertambah ketika kita bisa membahagiakan orang lain, tapi tentu kita tidak ingin hanya membahagiakan disatu sisi sedangkan sisi lain ada yang terluka. Kalau udah pasang status beginian yang belum dikasih momongan langsung melipir,  apalagi koment-koment pendukung bertaburan dengan kalimat senada.

Tapi semua itu manusiawi kok, kadang kita tanpa sadar melakukannya, saya yakin buibu yang pasang status begitu tidak bermaksud untuk melukai perasaan teman-teman.

Baca juga : 5 hal absurd yang tidak disukai wanita saat hamil

Ah..ini cuma menurut perasaan ku sih... kalo teman- teman menanggapinya bagaimana?


10 Aksesoris Travel/Berlibur Yang Wajib Kamu Bawa

Saat kita bepergian atau liburan, seringkali kita mengunjungi tempat-tempat wisata yang memang punya suasana berbeda untuk tujuan bersantai atau sekadar menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Tentunya, pada saat itu tak jarang kita mendapatkan kejutan-kejutan yang tak terduga, baik kejutan menyenangkan yang ingin diabadikan ataupun hal menyusahkan yang sedikit banyak mengganggu aktivitas berlibur kita.

Sebagai traveller, wajiblah bagi kita untuk selalu siap siaga dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang ada tersebut. Nah, apa saja sih sebaiknya yang perlu dipersiapkan? Berikut saya akan berbagi tips persiapan 10 aksesoris yang wajib dibawa ketika sedang berlibur sebagai berikut.
  1. Smartphone

Smartphone merupakan barang wajib pertama yang tidak boleh ketinggalan ketika kamu sedang berlibur. Mengapa? Karena hidupmu ada di sana! Ada maps untuk petunjuk arah, jam untuk petunjuk waktu, dan fungsi alamiahnya untuk berkomunikasi saat kamu perlu berhubungan dengan orang lain.

Terlebih dengan adanya kamera yang canggih, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone untuk mengabadikan liburanmu kan? Jangan lupa juga, saat kamu kebingungan mendapatkan suatu informasi penting ketika liburan, termasuk ketika menentukan destinasi wisata beserta pilihan transportasi terbaik, smartphone dengan aplikasi browser kesayanganmu tentu ada di sana membantumu.   
  1. Selfie stick atau tripod



Liburan tanpa selfie stick atau tripod akan terasa kurang! Mengapa? Ketika tangan tak bisa menjangkau dan sungkan melanda ketika mau minta tolong atau memang tidak ada orang yang bisa dimintai tolong, selfie stick dan tripod selalu menjadi pahlawan setia yang menyelesaikan masalah potret memotret.

Tentunya kamu tidak ingin melewatkan momen terbaik begitu saja tanpa mengabadikannya dengan pose dan foto sempurna kan?
  1. Kamera

Proses mengabadikan momen merupakan hal krusial bagi setiap traveler yang sedang berlibur. Selain dapat dipajang ke social media, pengabadian dalam satu frame foto juga bisa menjadi bentuk kenangan untuk nostalgia suatu saat nanti.

Jadi, tak salah jika kamera menjadi barang rekomendasi lainnya ketika berlibur. Untuk urusan tipe, kamu bisa memanfaatkan tipe SLR, DSLR, prosumer, kamera pocket, atau bahkan kamera mirrorless yang tren saat ini untuk dibawa traveling karena ringan namun berkekuatan kamera pro.
  1. Colokan dan USB Universal

Ketika berlibur ke luar negeri dimana mereka mempunyai bentuk colokan yang belum tentu sama dengan negara kita, colokan universal menjadi satu penolong yang begitu berarti dalam menyelamatkan nyawa barang-barang elektronik kita.

Adapula kehadiran kabel USB universal, dimana kita bisa memanfaatkan satu perangkat USB untuk berbagai macam jenis perangkat mobile kita. Dijamin hal ini pasti berguna!
  1. Drone

Kurang puas dengan hasil kamera melalui selfie stick, tripod, atau bantuan jepretan tangan orang lain? Teknologi drone kini hadir menjawab segala kegalauanmu untuk sisi angle dan pencapian seluruh objek foto.

Melalui drone, kamu bisa mendapatkan foto asyik dari segala sudut dan bahkan sudut terjauh di angkasa sekalipun. Sehingga, hasil foto pun dapat lebih memukau dengan pemandangan keseluruhan tempat wisata yang sedang kamu kunjungi. Oke banget deh!
  1. Power Bank

Tak bisa dipungkiri, penggunaan smartphone dalam perjalanan terkadang menjadi terlalu boros karena upaya kita dalam membunuh waktu. Alhasil, baterai handphone pun menjadi tidak tahan lama dan cepat habis.

Sayangnya, kita juga seringkali tidak bisa memanfaatkan colokan dalam setiap kesempatan ketika liburan. Maka dari itu, powerbank menjadi nyawa bagi smartphone selama perjalanan liburan yang selalu wajib dibawa!
  1. Router atau Modem Eksternal

Ketika berlibur, kita memang tidak bisa memprediksi segala sesuatu yang terjadi pada lokasi, seperti hal yang paling umum dan menjengkelkan seperti tidak adanya sinyal, kuota habis, atau ketidaksediaan WiFi di lingkungan budget hotel yang kita sewa.

Untuk menyiasati hal itu, tak ada salahnya bagi kita untuk membawa router atau portable modem yang bisa kita gunakan di mana saja ketika liburan. Sehingga, kita pun bisa terus update ke media sosial atau sekadar berkabar lewat online kepada orang-orang tersayang.
  1. Kamera waterproof


Bagi kamu yang doyan berlibur di area ‘basah’ seperti pantai, kolam renang, sungai, atau bahkan air terjun, tampaknya peralatan kamera biasa atau smartphone saja tidak cukup untuk mengabadikan momen-momen terbaik liburanmu.

Maka, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kamera waterproof yang bebas kamu bawa-bawa saat bermain air. Momen-momen seru pasti dijamin tidak ketinggalan deh!
  1. Headset/headphone

Menunggu selama perjalanan bisa jadi hal yang sangat membosankan. Terlebih masa-masa di mana teman berliburmu sedang terlelap, namun kamu tidak bisa tidur atau ada bahkan hal lainnya yang membuatmu harus menunggu, tapi tak bisa melakukan hal lain.

Untuk membunuh waktu, mendengarkan musik atau menonton film dalam perjalanan adalah hal yang efektif untuk dilakukan. Maka dari itu, jangan pernah lupa membawa headset atau headphone ya ketika sedang berlibur!
  1. Luggage Tracker

Saat kamu bepergian dan berpindah-pindah transportasi, tak jarang kamu juga mengalami kewalahan dalam mengorganisasi barang bawaanmu. Terlebih ketika kamu harus mempercayakan barang bawaanmu kepada pihak ketika seperti pihak travel atau bandara. Dan tak dapat dipungkiri ketika mereka juga seringkali bertindak kurang cermat.

Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, tak ada salahnya kamu juga memasang pelacak pada barang bawaanmu. Jika ada barang yang hilang atau tertukar dengan turis lainnya saat berlibur, kamu bisa melacak keberadaan barang-barangmu.

____

Baiklah, ketika semua perlengkapan yang wajib dibawa sudah siap dan ready to pack, saatnya berangkat! Eits, sudah ada tiket dan tujuan liburan kan? Jangan lupa untuk memastikan liburanmu kali ini berjalan lancar, menyenangkan, dan nyaman dengan pilihan transportasi/penerbangan terbaik ya!

Jika kamu masih bingung mencari tiket penerbangan, kini kamu bisa dengan mudah mendapatkannya secara online di Skyscanner! So, selamat liburan!

4 HALYANG AKAN TERJAGA, KETIKA MENJAGA JARAK DENGAN MANTAN



[Pernikahan] Kenapa ya?, setiap status tentang mantan-mantanan time line selalu ramai.Mungkin merasa seru, lucu, geli, bisa juga merasa baper #eh. Begitu lah hidup, jodoh yang kita temui  ternyata bukanlah yang pertama mampir dihati kita, begitu pula dengannya ternyata kita bukanlah orang pertama yang membuat hatinya bergemuruh rindu. Walau bukan yang pertama tapi haruslah yang terakhir #eeea.

Mungkin itulah sebabnya agama islam melarang berpacaran, agar disaat menikah hati kita hanya tertulis satu nama seperti  yang tertera di buku nikah. Tidak ada bekas coret-coretan nama lain yang setiap kita melongok kedalam, sebuah nama atau beberapa nama teronggok (onggok?) disana, yang kemudian membuat kita terkenang-kenang akan masa silam (berasa lebay nih kalimat, tapi asyik kan?). Jika kata lagu, untuk jatuh cinta butuh satu detik tapi tuk melupakan butuh seumur hidup.


Bagaimana mesti bersikap dengan mantan pacar atau  mantan gebetan?, yaitu terserah masing-masing sesuai kekuatan hati masing-masing. Tapi menurut aku ada baiknya menjaga jarak, tetap berteman boleh saja tetap  harus ada batas gak boleh masuk ke labirin hati dan berlari lari disana. Bagaiman jika si mantan sms? lihat dulu isi pesannya, apakah mau nagih hutang, atau cuma nanya kabar, selain itu feeling kita sebagai wanita harus jalan, pasti kita tau maksudnya apa chatt dengan kita, ngegodain, iseng atau bagaimana?. Jika memang ingin membalas chattnya pastikan tidak  lebih dari dua kali, karena itu sudah cukup, untuk bilang kabar baik atau sekedar basa basi menanyakan hal yang sama.

Bukan maksud sombong atau tidak boleh berkomunikasi ,tapi lebih kepada menjaga saja. Untuk kebaikan, ketentraman berumah tangga , tentu kita harus menjaga dari hal-hal remeh temeh yang mungkin dapat merusak keutuhan rumahtangga itu sendiri. Bukankah kita selalu berdoa untuk kebaikan rumah tangga dan hidup berbahagia dengan pasangan?

Berikut beberapa hal yang dipastikan akan terjaga , ketika mengambil sikap menjaga jarak atau menjauhi sang mantan:

Terjaganya Perasaan Sendiri
Coba intip kedalam hati ketika chattingan dengan mantan adakah perasaan merasa senang, happy tidak terkira, dan  diam-diam menyembunyikannya dari pasangan. Jika iya, sebaiknya hentikan, apalagi cahttingan tentang sesuatu yang gak penting dan gak urgen banget. Ini bahaya banget loh, karena perang melawan perasaan suka itu lebih sulit dari memerangi rasa benci. Setan itu ada dimana-mana sesuatu yang tak indah  akan diperlihatkan menjadi wow banget dimata kita,ujung-ujungnya jadi membanding-bandingkan dengan suami/istri. Ah.. gak mau ngomong jauh-jauh intinya segala sesuatu itu berpatokan dari hati dan dalam diri kita, karena itu perasaan kita harus dijaga biar nggak kebablasan.

Yah..kalau isinya biasa,kenapa disembunyikan dari pasangan?
apakah ada perasaan  semacam ini menghantui:
aduh…gue merasa dosa banget..
duh..aku salah nih..
duh..gapapa gak ya..jika ketahuan..
duh.. kok masih suka kangen ya..

Dengan menjaga jarak,dan gak berhubungan intens dengan mantan, semoga perasaan kita terjaga dari kekhawatiran kecemasan seperti yang disebutkan, dan pastinya lebih damai, gak ada namanya perang batin.

Terjaganya Perasaan suami untuk tetap percaya pada kita
Sayang gak sih..sama pasangan ? jika jawabannya iya , pasti kita menjaga perasaannya. Bagaimana jika dia mengetahui ternyata kita masih suka  chit chat intens dengan mantan dan disembunyikan. Coba bayangkan jika pasangan tahu dan ternyata cemburu dan ternyata marah? itu artinya kita telah melukai perasaan  sekaligus mengikis kepercayaannya terhadap kita. Apalagi jika tipe suami yang menjaga banget pernikahan dan setia.

Ah..aku pernah sms-san dengan mantan, suami ku biasa saja kok!
yakin biasa saja…? lelaki terkadang sangat pintar menutupi rasa cemburunya dan ia ingin terlihat kuat dan bijak.

yakin dengan sikap “biasa” suami itu tidak ada hal apa-apa dibelakang?
bisa saja ada beberapa kemungkinan. mungkin saja suami melakukan hal yang sama dan bisa juga suami benar-benar  berbesar hati dan memaafkan.

Tapi apapun alasannya bukankah sebaiknya kita saling mejaga, dan hati itu mudah sekali berbolak balik.

Menjaga nama baik sendiri dan keluarga.
Memang ngapain sih? kan cuma chatt biasa saja? masa pakai bawa-bawa nama baik segala sih.
Oke deh, dari sisi kitanya anggap saja tulus dan  gak  ada perasaan macam-macam, tapi kita jamin gak simantan punya niat baik apa nggak?

Banyak loh tipe-tipe orang yang suka nebar fitnah ini itu. Bisa saja ngomong “keluar” lain cerita dari fakta.


“eh..tau gak, si Shinta  mantan aku waktu kuliah yang suaminya si A, tiapa malam chat dengan aku.. nih buktinya…”
“Loh… dia kan sudah punya suami, sudah punya anak 2, kok mau sih chattingan lagi
sama kamu”
“Tau..tuh,kesepian kali suaminya kan jarang dirumah,  kerjanya diluar kota dan gak pulang  ber hari-hari”
“Wah…pantesan aja, bisa tuh lu kerjain sekalian..”(maaf kalo ada yg namanya Shinta cuma fiktif)

Seram sekali obrolannya, ya.  Tidak menutup kemungkinan pihak penimpal akan ikut menyebarkan dengan cerita yang ditambah tambah dengan bumbu bumbu penyedap tapi tak sedap untuk didengar.

Jangan mikir kejauhan deh?
Bukan soal berpikir yang jauh-jauh tapi segala kemungkinan bisa terjadi, dan bagaimanapun itu mencegah  lebih baik.

Terjaganya Pernikahan
Pernikahan yang langgeng, damai, tentram adalah impian banya orang, karena itu saat di pelaminan banyak doa serupa diaminkan kepada setiap pengantin. Setiap orang ingin melihat orang bahagia dengan perkawinannya, apalagi rumah tangga sendiri tentu ingin lebih bahagia lagi.

Kebahagiaan rumah tangga tak tercipta begitu saja, harus dijaga harus dipelihara. Salah satu hal kecil untuk menjaganya adalah menjauhkan diri dari hal-hal yang memungkinkan  terjadinya perselisihan yang bersumber dari orang ketiga. Wanita terkadang terlalu baper, merasa  ada teman curhat,eh suka kebablasan cerita ini itu ke mantan, dan gak segan bilang ke mantan bahwa habis cekcok dengan suami. Padahal ketidak sengajaan curhat alias curcol bisa titik awal kehancuran pernikahan.


Benar sekali, tak ada orang berniat  ingin rumah tangga  hancur semua memiliki keluarga yang rukun. Tapi niat baik harus direalisasikan  dengan perbuatan perbuatan baik agar tetap terlindungi dari godaan-godaan ,yang mungkin diawal kelihatan sangat sepele.


Menurut manteman bagaimana nih?? kira-kira apa keuntungan  lain yang didapat jika kita menjaga jarak dengan mantan? share disini yah… 

-----

Makan Nanas dan Durian menjelang HPL, berani?


Saat aku hamil lebih dari dua tahun lalu, tingkat kehatian-hatian ku sangat tinggi , maklum waktu menunggu kehamilan itu sangat panjang, jadi begitu dapat rasa ketakutan akan kehilangan terus bercokol dalam diri.

Alhamdulilah akhirnya hamil juga, saat itu ada rasa percaya dan tidak percaya,setelah tiga bulan dan aku merasakan ada detak jantung dirahimku, barulah aku meyakininya dengan sepenuh hati. Terlalu berhati-hati tidak berani makan ini itu bahkan pegi dan pulang kerja aku selalu diantar suami, dan untuk cuci setrika pakaian juga minta bantuan. Setelah memasuki usia 7 bulan keatas barulah aku berani untuk jalan kaki saat setelah sholat subuh, mendekati 9 bulan baru deh rajin ngepel nungging, nyikat kamar mandi, bahkan sengaja jalan ditanjakan cukup tinggi jalanan berbukit, alhasil tak juga ada kontraksi  yang kurasakan saat mendekati waktu lahir, bahkokan kontraksi  palsu sekalipun.

Banyak sih yang bilang aku  mungkin kurang gerak, padahal aku rasanya udah banyak ini itu, jongkok nungging dll, tapi toh anak masih betah  dalam perut ibunya. Yang bilang aku malas semakin banyak ketika melihat kakiku rada bengkak  ada saja mitos kehamilan tentang kaki bengkak yang mereka sebutkan, yang menurut ku gak masuk akal dan tidak menyambung. Dari pada memikirkan berbagai mitos yang nggak pasti aku lebih senang baca-baca buku tentang kehamilan dan perkembangan janin, terutama tentang ketakutan ku akan serangan baby blues syndrome. Dan segala usaha kulakukan itu bertolak belakang dengan takdir yang ditentukan tuhan,anakku ku akhirnya dilahirkan secara saecar setelah dilakukan induksi dan gagal.

Buat teman-teman yang  sekarang lagi hamil tua, dan ingin melahirkan secara normal mending rajin-rajin beraktifitas deh.Dan sebisanya banyak dilakukan kegiatan fisik terutama bagian bokong dan panggul agar membuka jalan lahir, tapi gak boleh sampai kelelahan  loh, ntar malah sakit, jadi kacau deh.

Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan agar bisa melahirkan dengan normal, tapi jika gagal jangan  pernah mengelu, bukan kah soal lahir dan bagaimana caranya semuanya sudah ditentukan Tuhan, jadi  yang penting usaha maksimal dulu, setelah itu baru tawaqal.

Jalan pagi, atau meluangkan waktu untuk berjalan-jalan tak harus keliling komplek juga, bolak balik depan rumah juga bisa. Atau jika biasanya ke warung brrrmmmm starter motor mending diusahakan jalan kaki jika jark tempuh cuma 100-200 meter saja.

Naik turun tangga, aku waktu hamil pernah disarankan oleh sepupu. Tapi berhubung tidak ada tangga dirumah, ya nasihat itu di dadahin aja. dikantor ada tangga sih.., tapi takut jika kontraksi dan  melahirkan dikantor bagaimana? kantor ku jauh dan teman-teman jarang yang bawa mobil biasanya cuma  motor. Lagi-lagi  bayangan ketakutan kehilangan, berkelebat.

Mengepel. Mengepel disarankan yang jongkok bukan pakai alat pengepel atau malah minta bantu :D, biar ada tekanan  janin yang mengarah ke mulut rahim dan terbukaa. Jika dibayangkan ngepel ala inem pelayan seksi lah, tapi inemnya lagi buncit hihi.

Menyikat kamar mandi. Kalau menurut aku ini cuma syarat aja sih, jangan nyikat kuat berlebihan gitu dan hati hati, soalnya kamar mandi cendrung licin, dan bisa membuat kita terpeleset.

Sujud lama/nungging. Biasanya sih dilakuin setelah sholat jadi sekitar 5-10 menit. buat teman-teman non muslim bisa luang waktu untuk melakukan ini.Gerakan ini  bisa mendorong janin mengarah ke jalan lahir, juga bisa memperbaiki posisi janin yang nyungsang.

Senam Hamil. Iya senam hamil juga bagus untuk usia kandungan 7 bulan keatas. jika tidak ada teman-teman bisa download di internet, dan biasanya ditempat bidan nada foto-foto gerakan yang mesti dilakukan.

Menyangkul. Ya,menyangkul juga bagus buat membuka jalan lahir atau memancing kontraksi. Ini bukan bearti disaranin menggali selokan atau parit ya, hahahaha, tapi nih paling mencangkul depan rumah semester dua meter lah, jika nafas sesak mending dipertimbangkan lagi.

Berhubungan suami istri. Nah ternyata ini bikin cepat kontraksi loh mungkin semacam kerjasama ayah dan ibu kali ya, kalu dulu bikinnya sama-sama, nah ngeluarinnya harus punya usaha yang sama hahahaa

Setahu aku cuma delapan itu yang paling sering disarankan dan dilakukan para ibu  menjelang waktu kelahiran bayi . Tapi nih waktu jalan-jalan ke blognya mba Nur Aliyah Saparida, www.wdhie.com yang  merupakan mom blogger juga sangat memahami soal koperasi ini, menyampaikan hal MENGEJUTKAN (nyontek gaya situs sebelah), menurutnya ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak dianjurkan  dikonsumsi saat hamil muda tapi justru bermanfaat ketika mendekati HPL. Apakah makanan itu?  Nanas, Durian, Tape singkong. Ya ampun memang ini paling dihindari saat aku hamil tapi nyatanya bisa merangsang timbulnya kontraksi. Memang sih ketiga makanan ini, diawal kehamilan harus dihindari banget loh, soalnya bersifat panas dan menyebabkan gagal janin alias keguguran.

Saran untuk memakan ketiga jenis makanan itu datang dari teman-teman mba widhie juga tetangga, tapi cara itu  emang rada seramjuga dilakuin ya..., pastinya ada resiko yang ditimbukkan. Jika  teman-teman berani nyobain yasilakan saja ya, tentu dengan porsi sedikit lebih dahulu. Berani ga..??? atau ada yang sudah mencobanyabagi certanya di sini yah..

"Makan Nanas dan Durian. Nah! ini Tips Merangsang Kontraksi secara Alami ala ki demang. Jadi beliau bilang kalau secara mental dan kondisi sehat mending makan duren dan nanas. Istrinya pas hamil anak pertama makan durian satu buah (katanya khilaf hwakaka) dan nanas. Malamnya langsung kontraksi dan melahirkan. Saya belum cobain yang ini seh soalnya duren lagi langka di Tegal. Nanas juga masih kontroversi sama orang tua. Kalau kata Ki Demang nanas bisa buat melembutkan rahim dan Durian sebagai gas pendorong. Pernah jug baca beberapa artikel tentang dua makanan ini yang bisa merangsang kontraksi.

Tape. ini Tips Merangsang Kontraksi secara Alami ala Mba Zachira Indah novelis dari Tegal. Jadi menurut pengalamannya waktu hamil anak pertama disuruh sama bidannya untuk memulai konsumsi tape saat usia kandungan delapan bulan. Katanya biar kontraksinya lancar dan pas melahirkan cepet."

Eh ngomong-ngomong pernah gak nih BW ke blog mba widhie, blognya informatif aku suka baca label motivasi, ya gak sekedar curhat tapi ada hikmah juga yang bisa dipetik .
http://www.widhie.com/search/label/Motivasi. BW dalam dunia ngeblog bukan sekedar nanam link ataus sekedar komentar seadanya, tapi ada cerita yang dapat kita ambil untuk membangun diri lebih baik lagi..

buan manteman yang pengen kenal secara personal bisa intip sosial medianya ya..


Fb : Nur Aliah Saparida
Twitter: @widhie_ndutty
IG : @widhie_ndutty
Email : nur.aliah.saparida@gmail.com


--

Tunjukkan kasih sayang sebelum semuanya terlambat

Untuk menunjukan kasih sayang sebenarnya tidak dibatasi waktu tak pula diikat  cara yang harus bagaimana, semua bebas mengekspresikan  kasih sayang. Banyak cara untuk menunjukkan rasa sayang baik itu pada suami ataupun istri.

1.) Menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan, dan selalu bersifat terbuka. Jangan sampai pasangan menjadi  berprasangka buruk tentang sesuatu yang kita lakukan. Misalnya cemberut saja dan diam, sehingga pasangan yang satu menduga  bahwa kita sedang marah, padahal lelah dan banyak pekerjaan dikantor.

2) Berkata baik. Saat berkomunikasi pilih lah kata kata yang baik tidak mengejek dengan sesuatu yamg melekat, misalnya  mengatakan ih..kamu hitam, gendut, jelek dll yang membuat pasangan tersinggung. Jika sedang bertengkar jauhi mengeluarkan kata kata makian kasar, apalagi membawa nama-nama hewan dll. Jika hal ini dilakulan dan pertengkaran telah usai, kata kata kasar tetap terngiang- ngiang ini akan berakibat hubungan yang makin renggang.

3) Saling Membantu. Yup jika pasangan sedang repot  atau sudah merasa lelah, kita sebagai pasangan bisa memberikan bantuan . Misalnya saat libur bisa mencuci pakaian bersama, istri mencuci pakaian suami menjemur,  istri sibuk masak didapur suami menemani anak bermain.

4)  Memeluk. Katanya nih pelukan 3 menit di setiap hari bisa meningkatkan rasa cinta, apalagi jika lebih hahahaha. Misalnya saat akan pamit bekerja pagi hari atau saat pulang kerja. Jujur saja dengan kesibukan masing masing terkadang ada loh pasangan yang nggak sempat berpelukan barang semenit saja. Aduh..jangan sampai deh ya... ntar kalo  takdir menentukan berpisah untuk selamanya apa nggak menyesal, dan setelah teringat terakhir meluk 3 hari lalu padahal hidup serumah, aduh amit- amit ya.

5) Memberi Hadiah. Pasangan mana sih yang gak happy kalo diberi kejutan semacam hadiah kecil. Ntah berupa makanan kesukaan, barang yang diidamkan ataupun  hal yang berkaitan dengan hobby dll


Nah, itu tuh sedikit cara menunjuk kan kasih sayang dan rasa peduli terhadap pasangan. Ngomong- ngomong kapan terakhir mengatan cinta plus bawa hadiah untuk.pasangan?.

Mungkin pada ketawa ya... pasti bilang ih... kaya ABG saja ngomongin cinta plus hadiah , udah tua...tauuuuk. Itulah kadang kelengahan kita, mungkin satu pihak merasa gak perlu lagi, toh pernikahan udah lama di tambah usia yang banyak sampai malu nyebutin angkanya, tapi pasangan satunya justru ngarep banget ntah puber ke dua atau malah jenuh dengan keadaan yg ada dan monoton. Buktinya banyak loh suami- suami yang udah setengah tua yang berkencan dengan para gadis yang manja manja, dan dia begitu senang disuapin, dibawakan hadiah berbentuk hati dll, dan itu membuat kita terperangah. ha? kok bisa? . Begitu juga dari pihak istri.

Ups. Jadi pengen juga akhirnya beli beli sesuatu yang menunjukkan bahwa rasa cinta ini masih hangat dan menggelora,ahai. Eh ini katanyankan bulan Februari adalah bulan kasih sayang dan  ternyata banyak juga ecomerce yang memberikan diskonan gede-gedean , ya seperti cara mempermudah untuk para pasangan memberikan hadiah ke orang yang dicintai.

Salah satu tempat yang memberikan promo saat ini adalah Es.id, disini banyak banget barang-barang elektronik atau yang lainnya, dengan harga kasih sayang. Disana lagi ada Promo Klik Valentine nih ,tidak perlu khawatir dengan kualitas barang nya. Takut barang nya KW? Atau barang nya replika? Tenang, di ES.id barang nya original semua, tidak ada kw-kw an.

Hadiah yang kita berikan akan semakin berharga jika nilai manfaatnya juga tinggi , misalnya Smartwatch, Powebank, Laptop. Harga di ES.id bersahabat banget. Ada juga Promo Bundling Couple, yang bisa membuat pasangan tampil kompak dan serasi dengan pasangan.

Oh iya ES.id juga memberikan kemudahan, keamanan dan rasa nyaman dalam berbelanja produk elektronik secara online. Karena kita bisa memilih cara pembayaran yang fleksibel dan aman. Jadi kita bisa menunggu dengan santai sambil minum teh atau kopi dirumah, tanpa perlu khawatir barang nya sampai atau tidak. Atau jika  malas menunggu, kita bisa mengambil sendiri produk yang sudah kita beli secara online di toko Electronic Solution terdekat. So, tunggu apalagi guys, segera kunjungi ES.id .

Anda Harus Tahu, Hotel-Hotel Ini Sering Menawarkan Promo Hotel Luxury di Jogjakarta

Jogjakarta merupakan salah satu kota penuh sejarah dan menyimpan begitu banyak pesona yang ditawarkan. Tidak heran jika kota ini merupakan salah satu kota incaran para wisatawan baik wisatawan lokal maupun asing. Inilah salah satu alasan mengapa di Jogjakarta ini banyak menyediakan berbagai hotel maupun penginapan. Mulai dari penginapan biasa layaknya kamar kos, hingga penginapan berwujud hotel bintang 5.

Hotel berbintang 5 atau yang biasa dijuluki dengan hotel Luxury ini banyak dilirik oleh para pengunjung kota Jogjakarta. Mengapa demikian? Karena hotel Luxury pada umumnya selalu menyediakan berbagai fasilitas dan kenyamanan yang dibutuhkan para pengunjungnya. Tidak heran jika mereka merasa dimudahkan dan merasa nyaman ketika menginap di hotel luxury ini.


Namun, satu hal yang biasanya membuat para berfikir ulang memesan kamar hotel luxury ini karena harganya. Hotel berbintang 5 biasanya membandrol harga yang bisa dibilang membuat kantong kering. Tapi, tidak semua hotel luxury sekejam itu.

Ada beberapa hotel luxury di Jogjakarta yang sering memberikan tawaran promo hotel luxury murah di Jogjakarta. Mau tahu daftar hotel yang menawarkan promo hotel luxury murah di Jogjakarta? Berikut ini akan kami sajikan informasi promo hotel luxury murah di Jogjakarta special buat manteman yang ingin menikmati liburan dengan happy

1.       Grand Aston Jogjakarta

Grand Aston Jogjakarta ini merupakan salah satu hotel bintang 5 di Jogjakarta yang sering menawarkan promo hotel luxury murah di Jogjakarta, mulai dari diskon secara langsung, hingga gratis menginap pada event tertentu dan dengan syarat dan ketentuan tertentu juga pastinya.Di hotel ini, kalian bisa merasakan perpaduan kenyamanan hotel bintang 5 yang modern tetapi bernuansa Jawa atau klasik. Inilah yang menunjukan khas Jogjakarta.

2.       Sheraton Mustika Jogjakarta Resort & Spa

Sheraton Mustika Jogjakarta ini ketika memberikan penawaran  promo hotel luxury murah di Jogjakarta, kadang bisa sampai 70%. Bisa kalian bayangkan betapa hematnya budget yang bisa kita tekan, namun tetap mendapatkan kenyamanan di hotel sekelas bintang 5 ini.
Satu hal yang membuat hotel ini istimewa adalah konsep yang ditawarkan hotel ini yaitu dengan dihadirkannya Pool Access Room. Jadi, setiap kamar hotel ini diberikan akses khusus agar langsung bisa terhubung dengan dengan kolam renang dari balkon kamar. Menarik bukan?


3.       MeliaPurosani
Hotel sekelas bintang 5 ini sering menawarkan promo hotel luxury murah di Jogjakarta dengan diskon hingga 50%. Cukup besar bukan diskonnya? Selain menyajikan berbagai fasilitas yang memberikan kenyamanan, hotel ini juga ramah bagi penyandang disabilitas.
Hal yang membuat hotel ini terlihat sangat istimewa adalah kolam renangnya yang terbuka bergaya laguna dan dikelilingi taman rimbun. Cocok sekali buat kalian yang ingin relax di liburan santai kalian.


Itulah hotel yang sering menawarkan promo hotel luxury murah di Jogjakarta. Untuk informasi lebih lanjut terkait promo, kalian bisa kunjungi website masing-masing hotel ya.

J-Theme