Inilah Alasan Wanita Enggan Curhat Ketika Ada Masalah


Wanita terkenal wanita yang suka berbicara. Terkadang mereka tak butuh solusi hanya saja senang berbagi cerita , dan bahagia jika curhatan mereka didengar. Tak hanya sedang bersuka cita disaat sedih pun begitu mereka ingin diperhatikan dan didengar.

Namun faktanya tak sedikit wanita  yang  lebih senang memendam masalahnya sendiri tanpa ingin bercerita pada orang lain.  Mereka adalah tipe yang gak mau ribut, gak mau terlihat dengan membawa masalah dan bukan orang yang suka mencari sensasi.

Inilah alasan beberapa wanita yang tidak suka curhat dengan orang lain ketika tertimpa masalah.


Introvert. Wanita yang ini memang sudah menjadi sifatnya enggan berbagi cerita dan suka menyendiri. Tidak hanya kisah sedih,tapi juga berita bahagia. Mereka lebih suka menikmatinya sendiri. Tipe ini butuh keahlian buat ngepoin apa yang ia pendam, karena dia juga punya feeling kuat jika sekiranya teman bicaranya memiliki niat mengorek rahasianya.

Takut rahasia terbongkar. Dia paham sekali bahwa tak semua orang bisa menyimpan rahasianya. jadi jika ingin bercerita mereka berhati-hati  sebelum yakin bahwa orang didepannya bukan bermulut ember atau apakah bisa menyelesaikan masalahnya.

Berusaha menyelesaikan sendiri. Tipe seperti ini biasanya tipe wanita tangguh, kuat dan tak mudah putus asa. Tipe ini akan bercerita atau minta tolong  jika benar-benar terdesak dan tak mampu lagi memikirkan solusi dari masalahnya. Orang seperti ini biasanya  jika ditanya tentang masalahnya ia dengan yakin menjawab bahwa tak terjadi apa-apa dan dia dalam keadaan baik-baik saja, padahal dalam diamnya dia adalah seorang pemikir keras, dan penyusun strategi yang baik.



Merasa memiliki aib dan tak ingin ada yang tahu. Setiap orang memiliki karakter sendiri, ada tipe cuek dengan masalahnya ada yang tidak. Biasanya tipe cuek dan santai, mereka senang berbagi cerita walau sebagian orang menganggap itu memalukan, misalnya ketahuan menaruh upil di bawah meja, atau gak masalah ketahuan ngompol pas sedang ketawa. Tapi bagi wanita lain itu sungguh aib yang memalukan, jadi gak berani cerita ke siapa-siapa.

Tak ingin masalah makin melebar. Tak jarang masalah kecil akan semakin runyam ketika diceritakan pada orang lain. Persepsi setiap orang beda dalam menanggapi masalah ,jika teman curhat tipe ekspresif dan temperamental bisa-bisa memperbesar masalah yang ada justru teman yang diajak curhat ternyata lebih emosional dibanding dirinya.


Kalau kamu tipe mana? Suka cerita atau lebih senang memendam sendiri?. 

22 comments

  1. Saya tipe yang suka memendam dan berusaha menyelesaikan sendiri

    ReplyDelete
  2. Aku sih kayaknya introvert. Tapi ada satu teman yg rela banget jadi telinga ketika aku gabut. Hehehehe... ^^

    ReplyDelete
  3. Dulu aku tipe yang senang memendam masalah sendirian. Tapi sekarang lebih terbuka kalo sama temen deket yang bisa aku percaya :)

    ReplyDelete
  4. Hmmm....
    Sianu ku sekrang seperti ciri2 yg ada di tulisan ini.
    Tapi seblumnya waktu dia masih kuliah 1-8 kebalikan dari ini.
    Apakah itu masih dianggap hal yg wajar?

    ReplyDelete
  5. Susah ya kak jadi wanita, aku mah kalo mau curhat ya curhat aja wkwkwkwkwkw kadang gak kenal tempat malah lol

    ReplyDelete
  6. Aku suka nyimpen sendiri dan baru curhat hanya pd org2 tertentu yg sekiranya bs ngasih solusi. Tp kalau gak kuat ya kudu curhat biar gak setres. Kan byk tuh yg akhirnya milih hal2 yg tak terduga gara2 masalah yg belum ketemu solusinya

    ReplyDelete
  7. Jadi kira-kira itu perlu ada solusinya atau memang begitulah karakter wanita ya .

    ReplyDelete
  8. Kalau aku memang udah settingannya suka cerita eheheeee

    sakit......kalau dipendam, enak diceritain, biar berbagi dengan yang lain hehe

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya pria dan wanita sama sih mba, sama² gak suka menceritakan masalah ke orang lain.. tapi.. semua balik lagi tergantung kepribadiannya mba. Suka cerita atau lebih suka memendam masalah hehee

    ReplyDelete
  10. Wahh,, ini aku baru tau mbak.. ini lah yang terkadang buat wanita terkesan lebih sabar dan rahasia dari lelaki..

    ReplyDelete
  11. Hmmm aku tipe yang gak begitu percaya sama teman untuk sekedar curhat. Kadang merasa didengar, kadang tidak. Kalo cerita ke teman, belum tentu hasratku terpuaskan. Maka aku ceritanya di blog. Hahaha

    ReplyDelete
  12. Saya ikut program NTH yang bisa menyelesaikan/relese stress tanpa harus curhat, karena memang curhat ke orang belum tentu menyelesaikan masalah, malah bisa jadi cerita kita nyebar deh kalau salah curhat

    ReplyDelete
  13. Tipe yang mana yaa...?
    Aku itu suka curhat sama temen yang bener-bener bisa dipercaya.
    Atau kadang, aku uda nyaman satu temen bukan berarti gak nyaman sama yang lain.
    Lihat-lihat masalah apa yang akan diceritain.

    Introvert kah?

    ReplyDelete
  14. Saya tipe suka curhat tetapi ada hal2 tertentu yang saya simpan untuk diri sendiri hehehehe..
    Curhat ini salah satu hal bagus untuk menyembuhkan luka batin kita lohh

    Tapi pastikan untuk mempercayai tempt curhat

    ReplyDelete
  15. Whuaaa.. Bener semua ini mah, kecuali introvert. Aku memang bukan introvert tapi alasan yg lain itu bener semua, makanya utk curhat bener2 pilih-pilih

    ReplyDelete
  16. terkadang kalo curhat kepada temen yang udah dikiranya deket sih menurut saya tidak direkomendasikan banget. soalnya apa ya misalnya si temen ada dendam ama kita atau iri bisa bisa curhatan kita dibongkar gitu. ya solusi paling aman banget buat cewe yang ingin curhat sih ke seorang mama atau ibu dirumah soalnya itu udah paling aman banget.

    tetapi, rata rata mereka malu untuk sekedar curhat permasalahannya pribadi

    ReplyDelete
  17. Saya sering ketemu ama teman wanita yang suka memendam masalahnya dan berusaha menyelesaikan sendiri tapi itu menimbulkan masalah baru. Biasanya sebelnya akan menulat le oekerjaan, kehidupan sosial bahkan ke teman temannya. Jadi uring uringan gitu. Ya wes lah kalo udah kaya gitu. Saya lebih baik menghindar ketimbang ketiban rejeki diomelin hahaha

    ReplyDelete
  18. Aku?tergantung. Kadang bisa curhat panjang lebar dengan orang yang aku percaya. Kadang juga memendam masalah kalau aku rasa problemku terlalu riskan diceritakan pada orang lain.


    Susah ya jadi perempuan 😂

    ReplyDelete
  19. Saya termasuk org yg susah curhat
    Sama keluarga dekat atau sahabat dekat pun ga suka curhat
    Malah teman yg sering curhat.
    Tp ketika teman curhat sy simpan sendiri alias ga cerita ke org lain

    ReplyDelete
  20. Saya termasuk org yg susah curhat
    Sama keluarga dekat atau sahabat dekat pun ga suka curhat
    Malah teman yg sering curhat.
    Tp ketika teman curhat sy simpan sendiri alias ga cerita ke org lain

    ReplyDelete
  21. kalo aku liat2 orangnya dulu, kira2 bisa dipercaya gak orangnya. biasanya aku udh punya feeling sendiri sih kalo mau curhat.
    terus gak semua masalah dicurhatin, yang kira2 penting mah keep silent aja, karna harus bisa memilih privacy juga kan.

    ReplyDelete
  22. Kadang untuk memahami wanita itu cukup sulit, terkadang juga hal hal yang kita sudsn anggap benar, eh malah jadi salah dimata wanita hahah

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus