5 Tanaman Obat Yang Mudah Tumbuh & Khasiatnya


Mudah tumbuh

Awalnya   tidak tertarik untuk menanam tumbuhan obat disekitar rumah. Tapi semenjak orang tua  mengidap penyakit komplikasi dan butuh tanaman herbal akhir jadi menanam sendiri.  Keuntungan menanam sendiri tentunya tidak perlu repot mencari ketika dibutuhkan, dengan milik sendiri tentu lebih mudah dikonsumsi setiap harinya sesuai kebutuhan.
Berikut beberapa tanaman obat yang  mudah tumbuh  yang ada di lingkungan rumah ku:
Daun Sambiloto , siapa yang tak kenal dengan sambiloto ia terkenal dengan daun yang rasanya pahit. Daun sambiloto juga terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit, tentu dengan syarat dilakukan dengan rutin dan takaran yang pas tak berlebih-lebihan.  
berikut beberapa penyakit yang dapat dikontrol dan disembuhkan oleh tumbuhan sambiloto adalah: Hipertensi, Kolesterol, Demam Tifoid, Diabetes, Disentri , Flu, Sakit Kepala  dll. Cara mengkonsumsi cukup sederhana  yaitu meminum air rebusan atau rendaman daun sambiloto tersebut dengan segelas air panas, stelah dingin kita bisa meminumnya.
Manfaat daun sambiloto

Untuk menanamnya disekitar rumah cukup mudah, yaitu dengan cara stek  potong dahan yang sudah tua kemudian tanam. Biasanya jika tumbuh subur ia akan berbunga, dan biji bunga yang sudah tua dbiasanya berserakan disekitar batang atau tertiup angin maka akan tumbuh benih-benih sambiloto baru, kita bisa pindahkan ketempat lain atau dibiarkan saja. Jika lahan sempit kita bisa juga tanam di pot bunga.
Daun Insulin. Bermula dari ibuku yang terserang penyakit Diabetes, akhirnya kakak ku yang di Jakarta bilang bahwa  dia akan bawa pohon insulin biar bisa ditanam dirumah, ku kira di Riau tidak ada.  Ternyata setelah pohon nya tumbuh, ya elah..ini mah banyak disini cuma kita nggak tau saja apa manfaatnya. Ternyata pohon Insulin mudah sekali tumbuh cukup dengan stek batang yang agak tua, selanjutnya akarnya bisa tumbuh dan bisa menjadi banyak, jika di potong sangat gampang bertunas.
berikut penampakan tumbuhan Insulin, pohon ini juga memiliki bunga berwarna kuning.
Khasiat daun insulin

Ternyata Daun insulin memiliki kandungan frukturosa, nah fruktrosa inilah yang dipercayai dapat menurukan kadar gula darah , rasanya cukup pahit dilidah. Penting diperhatikan untuk tidak mengkonsumsi berlebihan apalagi jika juga meminum pil obat penurun kadar gula, dikhawatirkan kadar gula menjadi terlalu rendah.
Daun Sirih. Pasti semua sudah tahu dengan daun sirih, selain untuk “nyirih” kebiasaan orang tua zaman dulu  daun sirih punya banyak khasiat. Rebusan daun sirih  bermanfaat mengobati batuk, hipertensi, asma, kolesterol, bau mulut,melancarkan haid, dan mengobati keputihan.
Manfaat daun sirih

Untuk daun sirih kita perlu perawatan khusus, perlu disiram agar tumbuh subur biasanya jika tak cukup air tumbuhan isirih mudah layu dan mati.
Daun Ungu. Tumbuhan Daun Ungu ini juga mudah tumbuh  pohonnya bercabang dan bisa mencapai tinggi 2-3 meter, jika pohonnya dipotong sangat mudah bertunas sepertihalnya daun insulin.  Rebusan  daun ungu berwarna kemerah-merahan dan bermanfaat untuk mengobati luka ambeiyen atau wasir. Cara nya bisa  direbus lalu airnya diminum, bisa juga digiling dan diperas untuk mengambil sarinya. Minum secara rutin 7-14 hari. Rsanya tidak terlalu pahit hanya sepet/kelat sedikit

Daun Afrika.   Tumbuhan ini juga  sangat  mudah ditanam  dengan cara stek batang.  Pohonnya  bisa tumbuh besar dan tinggi bahakan besar batang bisa sepergelangan tangan tinggi mencapai 5 meter.  Tapi jika rajin memotong dahannya, maka jangan takut karena mudah tumbuh tunas yang baru dan mendapatkan daun-daun yang lebih muda.
Khasiat daun Afrika atasi hipertensi

Cara mengambil manfaatnya bisa dengan direbus dan diminum airnya tapi jika malas bisa mengambil beberapa lembar saja , cuci bersih kemudian dilalap, rasanya lumayan pahit.
Manfaat dari daun afrika adalah untuk mengobati, kolesterol, hipertensi, diabetes , imsomnia, mudah kembung , mencegah stroke dan mengobati radang persendian.

Itulah beberapa tanaman yang ada disekitar rumah, yang biasa  dimanfaatkan oleh kedua orang tua ku. Aku cuma dapat bagian nyicip ☺ , karena rasanya cukup pahit. Tanaman obat apa yang ada tumbuh di rumah manteman sekalian, apa khasiatnya? sharing yuk…

35 comments

  1. Dari keempat itu, hanya daun sirih yg tak kenal mba #ops

    ReplyDelete
  2. Daun afrika banyak juga di tempatku. Terutama buat yang terkena diabetes

    ReplyDelete
  3. Daun ungu atau handelem dulu dibawain temen dah kering,ditanam langsung subur

    ReplyDelete
  4. Aku kenal 2 daun, sambiloto dan sirih. Nah seringnya metik (nyolong) sirih di rumah tetangga hhaaa

    ReplyDelete
  5. Aku juga nanem daun insulin mba, saudaraku banyak nanem dan lebat daunnya karena dia diabetes kering gitu.. mudah ternyata cara nanem nya

    ReplyDelete
  6. Saya hanya tau daun sirih, karena dulu di halaman depan rumah banyak banget pohon sirih. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Ibu saya selalu menanam tumbuhan obat di belakang rumah
    dan semua yang ada di atas ada di rumahku
    kembali dengan obatan herbal untuk menghindari efek samping

    ReplyDelete
  8. Daun Afrika itu kok kayak tanaman liar za,ditempatku malah di pangkas habis karena dianggap gulma

    ReplyDelete
  9. Waktu kecil dulu pernah sakit gigi dan diobatin pakai getah daun patah tulang. Nggak tau kenapa dinamakan daun patah tulang. Atau itu hanya sebutan lokal saja. Entah. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku pohon tulang itu ..ngga dan daunnya..cuma pohonnya ijo kalo dipatahkan keluar getah..

      Delete
  10. Aku mungkin belum belajar banyak sih soal manfaat tumbuhan herbal untuk kesehatan, entah itu cari jurnal atau gimana. Tapi, dari prior knowledgeku tentang insulin, kayaknya daun insulin tidak akan meningkatkan fruktosa (should be written as this) untuk sekedar menurunkan gula darah, mestinya sih ya, dia membantu insulin untuk kembali menurunkan gula darah, but selama ini yang aku ketahui, susah sih buat nemu tumbuhan yang langsung hasilin insulin.

    ReplyDelete
  11. Daun insulin itu seperti daun mint ya mbak?

    ReplyDelete
  12. dari daftar tersebut saya tidak tahu dengan daun ungu dan inslulin.
    mungkin bisa ditambahi tanaman jarak atau yodium, untuk menutup luka

    ReplyDelete
  13. semua dedaunan itu ada si samping rumahku mbak, aku baru tahu nama daun2 tsb. selain sambiloto, nama tumbuhan tsb di daerahku beda-beda

    ReplyDelete
  14. Dari semuanya aku kok cum Kenal daun sirih. Ya Allah kurang banget pengetahuanku soal ginian. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  15. daun sirih saya kenal
    tapi daun sambiloto cuma sering dengar aja karena rasanya pahit
    trus biasa untuk menyapih anak

    banyak sebenarnya tanaman obat di sekitar kita
    tp karena ketidaktahuan jd tidak diperhatikan dan digunakan ya
    nti minta suami tanam di pot aja deh
    soalnya ga punya pekarang
    cuma teras

    ReplyDelete
  16. Di rumah mama cuma ada tanaman daun sirih, kalau ke rumah mamah suka bikin godokan daun sirih, daun-daun yang lain belum nanam, jadi pengen nanam apalagi sudah tahu banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  17. Sebenarnya ada banyak daun lagi yg mudah tumbuh dan banyak kasiatnya seperti yg sudah di tulis oleh Mbak Nova. Seperti Daun Dingin yg mampu menurunkan panas badan dan tumbuh2an lainnya. Tapi sebumnya terima kasih sudah share lenfkap info kegunaan dari tumbuh2an itu. Sebab klima tumbuhan itu ada di sekitar rumahku.
    Hebebe

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahuu kalau ada daun Insulinn hehehe.
    Kira2 didapat dimana yah?
    Mama akuu punya diabetess..
    Serem juga minum obat.. herbal emang yang terbaikk

    ReplyDelete
  19. Aku pernah beli bibit daun afrika, dari toko onlen hihi.. buat ibu di kampung. Tapi pas ibu datang ke rumah dan aku berikan bibit itu, ga nyadar ternyata sebagian beliau tanam di depan rumah. Saat ini sudah tumbuh panjaaang dan aku baru sadar! Ibuku emang the best, bahkan mikirin anak2nya walaupun hal kecil, bikin terharu.

    ReplyDelete
  20. Ayahku diabetes mbak. Nanti mau kasih tau ah, biar bisa nanem di rumah.. Makasih infonya mbak..

    ReplyDelete
  21. Makasih infonya mbak, berguna untuk ayahku nih.. ^^

    ReplyDelete
  22. Saya familiarnya hanya dengan daun sirih. Yang lain tau namanya saja, tapi gak tau bentuk pohonnya.
    Kalau tanaman obat yang ada di rumah, selain daun sirih, ada lidah buaya dan daun kelor, Mbak...

    ReplyDelete
  23. Di rumah orangtuaku juga di Sukabumi banyak banget tanaman obat-obatan loh mba, sampai sekarang tanamannya masih tumbuh subur di pekarangan rumah. Ada sambiloto, daun ungu, daun sirih, dan lain-lain. Aku pernah cobain daun ungu juga untuk mengobati ambeyen hehe

    ReplyDelete
  24. Dari semua aku cuma tahu daun sirih hahaha...

    ReplyDelete
  25. Oh, itu namanya daun insulin. Di Bengkulu juga banyak itu tapi belum tahu fungsinya untuk apa. Bagua itu mbak kalau dibahas lebih dalam

    *Semangat

    ReplyDelete
  26. Ibuku juga menanam ragam tanaman toga dan beberapa bumbu dapur juga sayuran.
    Pokonya nyaman banget tinggal di rumah dengan halaman luas.
    Sampai Ibu bisa bikin cingcau sendiri...
    MashaAllah...

    Benar kata KoesPlus yaa...
    Di Indonesia ini, kayu dilempar pun bisa tumbuh.

    ReplyDelete
  27. 3 daun pernah nyobaon kecuali daun terakhir. Daaannnn ya owooooh aku nyerah banget sama rasa daun sambiloto. Paitnya sampe berasa masuk ke otak. Ampun ampun deh. Angkat tangan klo disuruh minum lagih

    ReplyDelete
  28. daun insulin sering banget saya menemukan dirumah rumah mba. kayanya semudah itu ya merawat dan menumbuhkan tanaman obat tersebut. dulu ibu saya pernah membuat sebuah minuman dari daun tersebut dengan cara direbus gitu katanya bagus buat tubuh karena tanaman ini adalah obat

    ReplyDelete
  29. Dulu di rumah ada tanaman kumis kucing dan tanaman obat lainnya. Tapi karena dibangun hilang pada mati. Sedih rasanya

    ReplyDelete
  30. Hmm,, kayak nya daun afrika yang susah di cari...
    efek buat kurangin insomnia ini yang paten :O

    ReplyDelete
  31. Oh ternyata itu yang namanya daun afrika, sering liat tapi baru tau nama n manfaatnya

    ReplyDelete
  32. Kaya balik lagi kuliaaah hehehe. Padahal aku ga terlalu jago soal tanaman obat-obatan. Makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
  33. Ternyata banyak tanaman yang kita kira hanya sekedar rumput atau tanaman semak yang bermanfaat sebagai obat. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.