Masak Tumis Bunga Pepaya

Siapa yang suka tumis pepaya?, kebanyakan pada nggak suka ya, karena rasanya yang pahit. Jangan suka tertipu dengan rasanya yang pahit loh, ternyata bunga pepaya yang gak disukai banyak orang nyatanya bermanfaat buat kesehatan.
Penambah nafsu makan, mengobati radang sendi, anti kanker, sumber antioksidan, membantu sistem pencernaan, penurun kolesterol melancarkan pere tudaran darah dll.


Untuk Rasanya yang pahit kita dapat mengakalinya, seperti direndam air hangat, direbus setengah mateng, ada juga dengan direndam asam. Tapi menurutku cara ini justru menghilangkan sebagian khasiatnya.


Beberapa waktu lalu aku juga pengen bikin tumis daun dan bunga pepaya, untuk daunnya cari yang muda yang lebih segar. Asyiknya kalo dikampung bisa nanam sendiri , liat kulkas lagi kosong sayuran, langsung deh lihat isi kulkas tetangga #eh nggak lah ya. Kebetulan dihalaman ada pohon pepaya  banyak bunganya rendah pula jadi sasaran empuk buat makan nasi, lol.




Cara masaknya juga simpel, yang jelas lebih pedas lebih enak pake cabe rawit. Kalau aku sukanya yang sedang aja, cukup cabe hijau dan merah saja agar terlihat warna warni ya hi2.

Bahan Utama : Daun pepaya muda & Bunga Pepaya


Bumbu iris :
  1. Cabe merah campur cabe hijau, iris tipis . Untuk banyaknya tergantung selera.
  2. 5 Bawang Merah
  3. Siung Bawang putih
  4. Satu sentimeter jahe di iris-iris
  5. Satu sentimeter lengkuas


Cara membuat.
Tumis bumbu iris, setelah wangi masukkan daun pepaya dan bunganya. Setelah layu be ri sedikit air dan beri garam, gula, penyedap (bila suka) , kemudian tutup. Setelah air mengering angkat. Pastikan sudah mateng ya, atau tingkat kematangan yang sesuai selera karena banyak juga yg kurang suka dengan sayuran yg terlalu matang.
Nikmat dimakan selagi hangat. Rasa pahitmanis pedas memang menambah selera makan.
Mentemen sekalian suka tumis pepaya apa nggak? Apa tergolong orang yang gak tahan pahit?


Bahaya loh kalau kamu gak suka pahit . Orang gak suka pahit itu terancam jomblo selamanya, karena rasa pesimis, udah takut duluan  tentang pahitnya percintaan  . Kalian tau? Hidup percintaan itu tak selalu manis, terkadang kita perlu rasa pahit untuk mengukur seberapa manisnya kehidupan.


Ooops ini judulnya apa sih….?!!!

39 comments

  1. ini tuh rasanya pahit-pahit seger gitu. Belum pernah bikin, palingan beli di warteg.

    ReplyDelete
  2. Waduh, ga tahan pahit terancam jomblo? Ini ancaman menyeramkan! Yaudah deh coba makan tumis bunga pepaya.

    ReplyDelete
  3. Aku biasanya bunga pepaya ini disantap pedes. Belom pernah coba kalo ditumis. Kayaknya enak juga

    ReplyDelete
  4. Ini enak banget mbak. Aplgi klo pedas.. makanya oke ikan tongkol bakar SM sambel dabu. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Wah tumis bunga pepaya.. Aku pertama kali nyobain tumis bunga pepaya waktu di Lampung. Pertama nyoba langsung suka. Enak!

    ReplyDelete
  6. kalau daunnya aku suka sering juga, tapi kalau bunga pepayanya belum pernah mba Nov. Waaa jadi pengen coba masaknya ih.

    ReplyDelete
  7. Tumis bunga pepaya itu kalau nggak pintar masak pasti pahit banget. Aku nggak pede nih mba buat masak bunga pepaya

    ReplyDelete
  8. Kalo suami saya suka makan sayur ini.. Tapi saya yg gak suka krn pahit..

    ReplyDelete
  9. Waaahhhh enak niihhh..
    Pahit pahit puedas bikin nambah terus

    ReplyDelete
  10. Di belakang rumah saya ada nih pohon pepaya dan sering ada bunganya tp ga pernah dimasak, udah parno duluan sama pahitnya mba. Tapi semoga dgn resep ini bisa mengubah rasa pahit menjadi cinta eaaaa ๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
  11. Waduh postingannya bikin laper....
    sering makan ini pas pesan bebek Kaleyo, ada menu Tumis Buaya. Enak. Buaya itu rupanya Bunga Pepaya
    hihihii

    ReplyDelete
  12. Favorit bangettt,biasa kuoseng tumis menado,tambahin sereh,daun jeruk..cincang,pedesnya endesss rawit orange

    ReplyDelete
  13. Saya ngiler lihat ini. Merasa suka karena suka pare yang pahit. Jadi, dulu itu pernah nyoba bikin tapi pahitnya kebangetan mbak. Hahaha...

    ReplyDelete
  14. Wah kesukaan saya banget ini
    Kalau ga ditumis biasa saya rebus sebentar lalu dicampur sambal kacang. Dibuat lotek

    ReplyDelete
  15. Biasanya kalo makan ini pas lagi botram sama ibuk2, enak, pahit2 gimana gituh tapi makin lahap makannya hahhaaa..

    ReplyDelete
  16. Makan nya sedikit dulu pakai nasi. Enaknya pedas sih. Tapi none S (anaknya mak I) gak doyan. So selera

    ReplyDelete
  17. Bunga pepaya lebih sedap lagi kalau dibikin urap, tapi lihat resep ini jadi penasaran ingin nyobain juga gimana rasanya

    ReplyDelete
  18. belum pernah nyoba makanan ini. rasanya gimana yaa mba?

    ReplyDelete
  19. Saya justru senang dengan makanan yang rasanya pahit, seperti pare dan daun pepaya. Bagi saya, menambah selera makan.
    Dan memang harus pintar memasaknya, supaya rasanya gak terlalu pahit. Itu bawang putihnya, berapa siung, Mbak?Kayaknya 3 siung, sudah cukup ya...

    ReplyDelete
  20. Seumur hidup kayaknya aku belum pernah deh makan olahan bunga pepaya. Pernahnya itu daun atau buahnya aja.


    Aku juga tergolong yang kurang suka sama daun pepaya sih, Mbak soalnya pahit banget, tapi tergantung yang ngolahnya. Kalau enggak pahit-pahit banget sih aku masih bisa makan, tapi kalau pahit banget. Duh :(

    Liat foto tumis daun pepaya yang Mbak masak kok menggiurkan ya. Enak gitu, keliatannya. Pengin sih sekali-kali cobain. Penasaran juga rasanya itu kayak apa.
    Meski enggak tau setelahnya bakalan mau nyoba lagi atau enggak karena gak kuat pahitnya๐Ÿ˜‚
    Masalah selera mungkin ya.

    Dilema emang, ketika makanan/minuman banyak manfaatnya, tapi pahit. ๐Ÿ˜‚


    Nanti deh kapan-kapan aku coba. Biar enggak penasaran juga sama rasanya bunga pepaya hehehe

    ReplyDelete
  21. bunga dan daun pepaya aku nggak suka mbak, karena ya itu, pait :D
    etapi kalau buah pepaya aku suka kok mbak :)

    ReplyDelete
  22. Daun pepayanya gak usah di potong-potong yaa, mba?
    Langsung dicemplung utuhan?

    Pingin nyobaiinn...
    Biar bisa merasakan pahit-manisnya hidup.

    (( eciee...ini komentar apanan cobbaa??? ))

    ReplyDelete
  23. Ibuku dulu suka masakin mbak. Nyam enak banget ya keliatannya :D
    Aku blm pernah numis bunga pepaya sendiri :D

    ReplyDelete
  24. aku suk amakan ini, tidka pahit seperti daun pepaya, bunganya netral untuk lidahku. Enak itu kalau disantan pedas campur daun pakis dan udang, sedapppp

    ReplyDelete
  25. Belum pernah mencoba menu tumis bunga pepaya, padahal di rumah mamah ada pohon pepaya, nanti dicoba ah, makasih resepnya yaaa

    ReplyDelete
  26. Memang, hidup itu adil. Pasti ada positif dan negatifnya. Kalau mau yang positf tok, tinggal kita otak atik aja buat berhasil. Bisa aja jadi negatif banget, bisa aja jadi positif banget. Tunggu aja hasilnya gimana.

    Ya, sama seperti pepaya. Yyang rasa dasarnya pahit aja, bisa jadi enak banget jika diolah. Wow.

    ReplyDelete
  27. Haha, aku kebetulan gak suka pahit. Daun pepaya rebus pun aku tak suka. Kalau bunga pepaya ini memang gak pernah masak dan mencicipi. Meski begitu aku sama sekali tak penasaran.

    ReplyDelete
  28. Aku suka yang pait-pait, menurut sugesti (efek placebo mungkin ya) yg hobi makan sayur pahit itu kalau digigit nyamuk, bentolnya ga ninggalin bekas. Darahnya pait kalau kata nenek2 dulu. Aku sih membuktikan, bener juga. :D

    ReplyDelete
  29. Ya ampun endingnya wkwkwkw, kalau di sini biar paitnya ilang dimasak dulu pakai air tanah liat gitu kak biasanya sebelum dibikin pecel. Tapi kadang kalau mau masih pahit2 ya nggak papa si hihi, jadi inget makanan warteg2 atau di rumah ih :3

    ReplyDelete
  30. Aku suka nih makan tumisan daun ama bunganya tapi liat dulu siapa yang masak. Ada yang jago ngga ada paitnya. Jadinya suka deh. Enak dan bikin nambah nasi terus apa lagi pake ikan asin

    ReplyDelete
  31. Bunga pepaya menurutku gak terlalu pahit, lbh pahit daunnya sih. Kalau lg ada bunga byk, aku kdg suka ongseng2 jg. Emang paling enak kalau pedes. Ada pahit dikit dan hot itu perpaduan yg bikin nambah nasi

    ReplyDelete
  32. Aku sering masak tumis daun pepaya, gak pahit asal direbus agak lama dan diberi bawang. Kalau bunga pepaya belum pernah nyobain, makasih resepnya

    ReplyDelete
  33. katanya makan bunga pepaya ini bisa mencegah malaria ya mbak.... *ntah benar ntah enggak sih :O. Kalo lagi kemarau enak banget makan yang pahit-pahit gini.

    ReplyDelete
  34. Aku gak suka Bunga Pepaya, aku juga gak tahan pahit :(
    Cukup pahit kehidupan aja, makanan jangan :(
    Ibu aku gak pernah masak tumis bunga pepaya hahaha...

    ReplyDelete
  35. ibu mertuaku beberapa kali masak tumis bunga pepaya kaya gini mba, rasanya nano-nano ya agak pahit tapi bikin nambah nafsu makan gitu

    ReplyDelete
  36. Makasih banyak resepnya mbak, jadi penasaran pengen coba praktekin sendiri, kira-kira rasanya bakal gimana hehehe soalnya unik banget bunga pepaya nya ternyata bisa ditumis

    ReplyDelete
  37. aku ga pernah berani nyoba makan pepaya, soalnya biasanya pahit :(
    dan memang aku juga jarang makan sayur, masih milih2 hehehehe

    ReplyDelete
  38. Wah, enak! Biasanya suka ditambahin teri medan juga kalau saya, Mbak :)

    ReplyDelete
  39. Wahh sedap nya apa lagi pedas tambah neri makannya nasi panas panas

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.