Penyebab Rambut Rontok Yang Sering Terabaikan

Obat rambut rontok

Mencari Obat Penumbuh Rambut Rontok bukanlah hal mudah yang bisa Anda lakukan begitu saja, karena terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu, sehingga pengobatan pun dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

Berbicara mengenai masalah rambut rontok, berikut akan penulis jelaskan beberapa informasi mendasar yang sebaiknya Anda pahami mengenai rambut rontok dan beragam bentuk bagiannya.


Apa itu rambut rontok?

Rambut rontok dikenal sebagai salah bentuk penurunan jumlah rambut dari bagian kulit kepala. Hal ini juga dikenal dengan sebutan alopesia. Kerontokan rambut sendiri dinyatakan sebagai hal yang wajar, utamanya apabila kerontokan terjadi dalam jumlah maksimal 100 helai per harinya.

Sementara itu, jika jumlahnya melebihi angka tersebut umumnya terdapat beberapa alasan medis tertentu yang kemudian dikenal sebagai penyebabnya.

Ada beberapa penyebab rambut rontok yang sering kita abaikan :
1.  Sering mengikat rambut bagi wanita
2. Jarang menyisir rambut dan jarang mencuci rambut sehingga rambut lepek dan kotor
3. Berhijab. Banyak wanita berhijab yang mengeluhkan rambut rontok, tapi tentu bukan karena hijab. Cuma karena berhijab banyak sebagian wanita malas merawat rambut, dengan alasan  tidak kelihatan.

Untuk mengatasi masalah kerontokan rambut terdapat beberapa solusi tepat yang bisa Anda lakukan. Ingin tau Solusi Rambut Rontok apa saja yang sekiranya tepat untuk Anda ikuti? Simaklah penjelasannya di bagian bawah ini :

Penggunaan Wig

Penggunaan wig menjadi salah satu solusi yang paling praktis dan bisa Anda gunakan dengan mudah. Dengan menggunakan wig Anda bisa memilih beragam model rambut, selain itu wig juga ada yang terbuat dari bahan sintetis dan ada pula dari bahan rambut asli.

Penggunaan obat-obatan

  • Tablet finasterid, tablet ini lebih cocok untuk digunakan kaum pria karena menjaga hormon testoteron agar tidak berubah menjadi DHT.
  • Lotion minoxidil, pengobatan ini dapat dilakukan oleh pria serta wanita namun lebih tepat apabila digunakan oleh pria.
  • Imuno terapi,  bentuk krim oles yang satu ini memiliki kelebihan dan dipercaya ampuh bagi mereka yang mengalami kerontokan parah.
  • Terapi steroid, terapi ini ditujukan khusus untuk para penderota alopesia aerata.
  • Terapi sinar ultraviolet, terapi ini umumnya disarankan untuk menekan jumlah rambut yang rontok
  • Transplantasi rambut, proses transplantasi ini dilakukan dalam beberapa kurun waktu tertentu, umumnya antara 9-100
  • Tato, atau lebih dikenal sebagai metode dermatografi dikenal sebagai cara terbaik bagi pria yang ingin mengatasi kerontokan rambut yang dialaminya.

Selain beberapa solusi di bagian atas tadi, berikut penyebab utama munculnya rambut rontok :

  • Asupan gizi buruk menjadi penyebab utama munculnya kerontokan rambut karena rambut yang tumbuh lebih tipis serta rapuh.
  • Hormon menjadi Penyebab Kerontokan Rambut atau kebotakan yang paling utama bagi pria, karena folikel rambut yang sensitif akan hormon DHT.
  • Pengobatan penyakit kanker seperti imunoterapi, kemoterapi, atau pun radioterapi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dengan dampak yang menyeluruh.
  • Efek samping dari obat-obatan, seperti halnya obat depresi, artritis, gangguan jantung, atau bahkan darah tinggi.
  • Faktor psikologis juga menjadi penyebab kerontokan selanjutnya yang terjadi dalam bentuk penipisan rambut pada bagian kepala, namun hal ini umumnya tidak mengarah pada bentuk kebotakan seperti penyebab lainnya.

Jika Anda mengalami beberapa hal di bagian atas tadi, maka sebaiknya Anda atasi masalah kerontokkan tersebut dengan menggunakan Obat Alami untuk Rambut Anda, seperti :

  • Lidah buaya, selain membuat rambut tampil lebih baik, bahan ini juga dapat menumbuhkan rambut dengan lebih sehat.
  • Kemiri, dikenal baik sebagai bahan penumbuh rambut hitam, sehat dan mencegah kerontokan.
  • Buah alpukat, seringkali digunakan sebagai masker untuk menjaga nutrisi dalam rambut.
  • Minyak esensial, seperti minyak zaitun, wijen, serta minyak kelapa juga dikenal sebagai bahan alami untuk atasi rambut rontok.
  • Bawang putih, bahan yang digunakan sebagai masker rambut.
  • Teh hijau, dimanfaatkan dengan menggunakan air teh hijau sebagai masker untuk menjaga kesehatan rambut.
  • Jahe, juga dapat digunakan sebagai masker rambut yang seringkali dikombinasikan dengan bahan bawang putih.
  • Jeruk nipis, selain mengatasi rambut rontok, bahan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe.

Selain masalah kerontokan rambut yang dapat diatasi dengan bahan alami di bagian atas tadi, Ada juga beberapa jenis Penyakit Rambut lainnya yang dikenal dapat ditularkan dengan mudah melalui penggunaan sisir, diantaranya :

  • Kudis
  • Impertigo
  • Folikulitis
  • Kutil
  • Psoriasis kulit
  • Dan lainnya.

Untuk mengatasi beberapa penyakit rambut di bagian atas tadi juga mengobati masalah kerontokan dengan mudah, Anda dapat menggunakan Dermagift yaitu produk penumbuh rambut paling ampuh Nomor 1 yang ada di Indonesia. Demikianlah kiranya beberapa informasi yang dapat penulis jelaskan kali ini. 

18 comments

  1. Wah benar juga nih, salah satu penyebab rambut rontok jarang sisir. Daku suka lupa nyisir :(
    Merasa nggak terlihat karena pakai hijab, jadi nyisir rambut cukup pagi hari dan mau tidur.
    Ternyata ya rambut rontok banyak. Makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang nyisir bikin rambut kusut...terus pas disisir suka rontok dan patah..

      Delete
  2. Aku lagi rontok banyak niy Mba, haduh ga kuat, kayanya udah kepanjangan deh rambutnya sepinggang plus berhijab pula, yang sering basah2 langsung diiket dan ditutup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rambut teh ncie sepinggang...panjang banget..., Aku ga bisa manjangin rambut..ya itu suka rontok

      Delete
  3. Aku termasuk yang rontok cukup parah. Kebiasaan nyisir seperlunya aja. Abis itu rambut langsung diiket seharian.
    Kayanya harus mulai dirawat benar deh.

    ReplyDelete
  4. Rambut panjang, sering diikat memang cenderung bikin rontok ya mbak. Kayak rambutku. Bikin galau deh #lho, jadi curhat :(

    ReplyDelete
  5. Saya juga rontokan nih rambutnya, mesti setiap hari keramas, kalau ga guatel banget kulit kepalanya.

    ReplyDelete
  6. Kalau saya rambut suka rontok tiap abis melahirkan n menyusui, kenapa ya? Apa pengaruh hormon ya. Klo udah rontok, jalan trakir ya dipotong aja rambutnya, hiks

    ReplyDelete
  7. Rambutku juga rontok banget, apa karema lagi penyembuhan dan harus minum obat terus ya

    ReplyDelete
  8. Iya bener, salah satu penyebab rontok adl hormon apalagi perempuan yg hormonnya naik turun antara hormon estrogen-progesteron, kalo pas kumat itu rontok setrees sendiri

    ReplyDelete
  9. Ho oh ... Aku banget ni. Jarang sisiran. Udah gitu sering diikat juga. *Tepok jidat*
    Tq infonya mba, selamaaat...selamat ... Ga jadi botak. Hehehe

    ReplyDelete
  10. Rambutku rontok banget akhir-akhir ini, huhu. Aku jadi sedih deh :(

    ReplyDelete
  11. Karena ultraviolet ya, berarti rambutku panas makanya rontok, hmm.

    ReplyDelete
  12. Wah, pas bener dah.
    Kebetulan rambut gi rontok parah abis.

    Mari kembali ke minyak kelapa tradisional atau santan segar, karena minyak zaitunnya mihil *ehlho ^^

    Terima kasih ulasannya mbak Nova.

    ReplyDelete
  13. Aku juga habis potong rambut karena rontok. Lumayan jadinya, perawatan ga sesulit dulu karena rambutnya lebih pendek.

    ReplyDelete
  14. COba nanti tak rekomendasikan ke ibuku mba, soalnya rambut beliau kadang rontok.

    ReplyDelete
  15. Info harganya afa ngga mba? Penasaran nih, soalnya rambutku rontok jg.

    ReplyDelete
  16. Rambutku rontok nih. Coba deh bikin masker rumahan dari alpukat dan jahe. Bahan-bahannya mudah didapat

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.