Lakukan Kebiasaan Ini, Untuk Hindari Sariawan

Sering Sariawan ?
Sariawan adalah peradangan/infeksi disekitar rongga mulut, berupa tukak-tukak kecil dengan bercak putih seperti nanah. Ukuran  bervariasi dan ada juga yang diameternya lebih dari 1 cm. 

Sariawan yang dianggap sebagian orang adalah penyakit sepele, tapi tak sedikit pula menganggap sariawan adalah menyakitkan. Bagi yang memiliki area mulut yang sensitif, sariawan sangat mudah muncul dan sangat mengganggu. Bagaimana tidak sekali muncul sariawan tak hanya di satu tempat, tapi dibeberapa tempat sekaligus, bawah lidah , gusi, dalam bibir , sehingga berbicara saja sakit bahkan makan pun jadi menyakitkan. Ada sariawan kecil , ada yang besar bahkan terlihat bernanah, duh ini sudah jadi urusan yang serius, dan tak bisa dianggap enteng.


Penyebab sariawan bermacam-macam, mulai dari panas dalam, kurang vitamin, kurang minum, bahkan infeksi jamur dan bakteri.

Bagaimana untuk mencegah sariawan agar tak mengganggu aktivitas sehari-hari:

1. Banyak minum, saat cuaca panas kebutuhan tubuh akan air itu sangat banyak. Pastikan terpenuhi minum minimal delapan gelas perhari. Saat tubuh kekurangan air, area mulut juga terganggu, bagi yang sensitif  sangat mudah munculnya sariawan.

2. Bersihkan mulut / sikat gigi secara teratur. Sariawan kadang disebabkan oleh bakteri, karena itu perlu juga untuk menjaga kebersihan mulut.  Untuk sikat gigi, perlu diganti secara berkala, karena sikat gigi juga bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri jika tak dijaga kebersihannya. Jika sikat gigi sudah tidak bagus , bulu-bulu sikat sudah mengembang gak jelas,  harus diganti, karena bisa saja melukai permukaan gusi atau rongga mulut, sehingga menjadi pencetus timbulnya sariawan.

3. Perbanyak makan sayur dan buah yang mengandung vitamin C. Kurang vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Saat  sariawan konsumsilah vitamin C 1000mg/hari , karena bisa membantu mempercepat proses pemyembuhan. Bagaimana kita mendapatkannya? cukup meminum multivitamin yang banyak dijual, bisa berbentuk kapsul atau sejenis minuman. Pastikan dibarengi denganinum air putih yang banyak, jika tidak bisa mengganggu kesehatan ginjal.

4. Hindari makan makanan yang panas dan pedas. Sebagian kita banyak yang senang mengonsumsi makan dan minuman selagi hangat, seperti nyeruput kopi atau lainnya, ada sensasi sendiri jika makan dan minum sambil niup-niup , pastikan  tak melukai mulut.


5. Berhati-hati saat mengunyah makanan. Makan yang terburu-buru bibir suka tergigit nggak sengaja bagian  sehingga luka dan menimbulkan sariawan.

Jika sariawan tak sembuh dalam waktu satu bulan bahkan merambat ke langit-langit mulut, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Banyak penyakit berbahaya yang dengan gejala sariawan , seperti kanker lidah dan mulut. Memang setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk penyembuhan, tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya kita antisipasi dengan pemeriksaan ke ahlinya.Untuk pengobatan sariawan secara alami kita bisa menggunakan oleskan madu, bawang putih yang memiliki  sifat antiseftik juga dipercaya dapat menyembuhkan sariawan, juga kunyit yang dimiliki sifat antibiotik.

Bagi teman-teman yang sering mengalami sariawan ada baiknya kenali penyebabnya. Apakah karena alergi makanan tertentu atau yang lainnya. Jika kita tahu penyebabnya akan lebih mudah menghindarinya. Bagaimanapunencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

**
 #KEBBloggingCollab 
Artikel Trigger : Kesehatan
Ditulis oleh Mak Ria

38 comments

  1. Sariawan saya lebar-lebar bu...

    Kalau jarang minum air, biasanya saya langsung sariawan tuh.

    Bisa juga karena kegigit....

    Hadehhh...

    ReplyDelete
  2. Ane mah cuma tahu obatnya doang. Makan vitamin c yang banyak

    ReplyDelete
  3. Makan susah, gigit apalagi. Sariawan ane biasanya di lidah

    ReplyDelete
  4. Noted Mak... aku tuh sering banget sariawan, sensitif nih... apalagi kalau stress. sariawan bisa di beberapa tempat dan sakit banget

    ReplyDelete
  5. Seringnya aku sariawan karena kegigit mba jadi mang kebiasaanku kalau makan tuh sukanya ngunyah dengan cepat kalau lambat bikin aku muntah hehehe alhasil selalu sariawan deh :p

    ReplyDelete
  6. Kalau saya sariawan saya banyakin minum air putih. Ajaibnya cepat hilang si sariawan memang. Tapi butuh waktu sehari semalam. Berarti memang ngaruh banget ya kekurangan air sama berbagai jenis penyakit. Tekhusus sariawan ni. Sangat mengganggu. Ngomong jadi susah. Makan jadi ga enak. Apalagi kalau mau makan yang pedas. Perih banget tersiksa. Aku juga suka memperbanyak vitamin dari buah-buahan. Dan madu memang obat ampuh. Tapi perih juga ternyata kalau pake madu.

    ReplyDelete
  7. Aku banget jarang minum air putih dan kadang lupa hehehe buat minumnya.

    ReplyDelete
  8. Kalau sudah sariawan itu kesel banget, mulut perih, nggak enak makan, pernah kena sariawan selama seminggu, padahal udah minum vit.c, banyak minum, eh sariawannya sembuh sendiri

    ReplyDelete
  9. Anakku yg cowok itu suka sekali makan pedas,suka sariawan juga dn ternyata memang kurang minum noted nih

    ReplyDelete
  10. sering banget alami sariawan, apalagi klo udh abies makan gorengan
    ah udahlah itu, besoknya langsung sariawan muncul

    ReplyDelete
  11. Temenku di kantor sedang dpt cobaan. Suaminya kena kanker lidah stadium 4. Dia cerita, awalnya krn sariawan. Lamaaa bgt ga sembuh. Makanya pas dgr cerita dia, aku ga mau lg nyepelein sariawan. :( .

    ReplyDelete
  12. Aku kurang makan sayur dan buaah *PR terberat hahaa

    ReplyDelete
  13. NO 4 itu agak susah mbak ahhahahaaa
    Anak Sumatera ini maunya pedas-pedas terus

    ReplyDelete
  14. Nah bagaimana kalau sariawan muncul karena asam lambung yang naik?
    Kadang suka repot dan harus minum obat dan vitamin

    ReplyDelete
  15. Aku biasanya menjelang haid suka kena sariawan. Nggak enak banget kalo sariawan, nggak enak makan hehehe. Harus banyak2 minum air putih nih ya.

    ReplyDelete
  16. Aku bisa lakukan semua kecuali yang makanan pedas. Apalah aku ini gak enak makan kalo gak pedas. Aku jarang sariawan tapi sering panas dalam. Hihihi

    ReplyDelete
  17. Kalau udah sariawan, tersiksa banget. Meskipun kecil, sakitnya wow sekali. Malahan bisa sampai demam. Biasanya aku banyakin minum plus makan sayur. Untuk sariawannya aku biasa oles pake mentega atau madu.

    ReplyDelete
  18. duh kalau udah sariawan tuch ampun gak enak nya ya. aku bersyukur termasyuk yang jarang sariawan, tapi kalau udah sariawan aduh ampun dech parah makan jadi males

    ReplyDelete
  19. Saya kalau sudah terlanjur sariawan kok malah suka makan pedes2, kadang cepet sembuh kadang juga makin parah. :)

    Emak saya kayak trauma kalau Ada yang kena sariawan, pasti suruh cepet2 ngobatin karena kakaknya dulu juga kena kanker mulut dan gejala awalnya ya sariawan yang dianggap sepele.

    ReplyDelete
  20. saya untungnya jarang banget kena sariawan mba.. Malah bisa dikatakan jarang, kecuali karena salah gigit dan menyebabkan luka di bibir, ini malah sering terjadi haha..
    Kalau sudah sariawan biasanya saya banyak konsumsi vitamin C saja

    ReplyDelete
  21. Ingat pernah kena sariawan dulu, perih........banget Aku obatin dengan getah jarak, tambah pedih. Lukanya kecil tapi pedih banget, lebih baik mencegah daripada mengobati

    ReplyDelete
  22. Sariawan emang kecil-kecil sadis sih. Mengganggu banget kalau ada yang muncul. Aku pernah baca juga kalau sariawan itu muncul pertanda daya tahan tubuh sedang lemah makanya konsumsi vit. C sangat dianjurkan saat sariawan itu.

    ReplyDelete
  23. minum air putih memang bnyak manfaatnya ya, slhsatunya mencegah sariawan. duh kalo udah sariawan badmood banget, makan gak enak, ngobrolpun susah, harus selalu jaga kesehatan ya mba

    ReplyDelete
  24. Iyaa niih...sariawan mengganggu sekali.
    Apalagi kalo tumbuhnya ramerame...yaa, semacam reunian gitu.

    Huuhu...sudah deeh...jadi males makan.

    ReplyDelete
  25. Anak sy nih yg sering kena sariawan
    Susah minumnya
    Kadang haris dipaksa minum

    ReplyDelete
  26. Nah iya ini, poin 5 beneran deh kayanya. Dulu di tempatku ada mitos kalo kegigit lidah nanti bakal sariawan. Setelah terbukti kupikir ini bukan mitos. Hikmahnya supaya kita bisa lebih pelan saja dalam mengunyah makanan.

    ReplyDelete
  27. Duuh...kalau udah ada sariawan di mulut, rasanya susah mau makan. Padahal udah laper, tapi gak bisa makan, duh tersiksa deh!
    Biasanya timbul sariawan kalau banyak makan pedes-pedes.. Jadi memang harus hati-hati ya...

    ReplyDelete
  28. Woww aku sering itu no 4 Dan 5.. emang si jadi penyebab sariawan yang ga enak. Nyebelin banget. Tapi gimana y. Makanan pedas Dan panas itu enak wakakaak..

    ReplyDelete
  29. baru tau makanan pedes bisa bikin sariawan? tapi, bagusnya sih perbanyak minum biar sehat dan tidak sariawan lagi deh

    ReplyDelete
  30. saya sering sih, hehe maklumb belum bisa lepas dari gorengan dan makanan pedas, makasih udah ngingetin,harus banyak makan sayur nih

    ReplyDelete
  31. Sariawan itu penyakit yang bisa sembuh sendiri mbak. Cukup makan, istirahat dan pola malan yang teratur. Atau jika perlu tambahkan vitamin C

    ReplyDelete
  32. diriku jarang sih kena sariawan tapi kalau udah sariawan suka lama sembuhnya. biasanya klo kumur2 pake antiseptik ama vit C bisa cepet sembuh. Yang penting kebersihan mulut kali yeeee.

    ReplyDelete
  33. Oh?! Baru tau kl alergi makanan dapat menyebabkan sariawan..

    ReplyDelete
  34. aku benci banget kalo sariawan, kaya mati satu tumbuh seribu, yang daerah sini kempes, trus muncul lagi di daerah lainnya, hih. kzl.

    untung sekarang lebih sering minum, lebih sering makan buah, lebih sering hidup sehat jadi jauh jauh deh dia

    ReplyDelete
  35. One fine day ya.. Hidup melenggang tanpa sariawan.. Aku biasanya seneng kumur-kumur aja mbak pake mouthwash atau aku biasa konsumsi obat herbal terbuat dari alang-alang. Kuldon tau gak? Itu ampuh hlo. Murah bgt lagi harganya. Selamat mencoba!

    ReplyDelete
  36. Kalau kurang minum air putih dan suka makanan pedas plus nggak sengaja kegigit, ya sariawan nggak bisa kuhindari deh :(

    ReplyDelete
  37. Pas banget saya sedang ada sariawan kecil. badan memang kurang fit, kepala agak pusing dan sariawan akibat kurang vit-c menjadi penyebabnya.
    makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  38. Aku nih sariawanan banget sampai pernah pas SMA nggak masuk sekolah gegara sariawan semulut nggak bisa ngomong dan makan. Kalau sekarang sih udah mendingan, yang penting adalah nggak ada gangguan pencernaan kayak sembelit atau mencret pasti nggak sariawan. Makanya banyakin makan buah, sayuran, dan kurangi makanan pedas.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus