5 Jenis Ciput Favorit Para Muslimah

Sebagai muslimah kita paham banget bahwa perintah menutup aurat adalah kewajiban. aurat wanita dalam islam adalah seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Untuk menutup bagian kepala biasanya menggunakan kerudung semacam selendang yang menutupi bagian atas kepala dan rambut, dan diwajibkan kerudung tersebut harus menutup atau melebihi bagian dada.

Pakaian yang dikenakan muslimah tidak boleh sempit membentuk tubuh harus longgar dan dianjurkan mengenakan pakaian model gamis, jika ingin mix match dengan celana panjang masih diperbolehkan asalkan pakaian bagian atas panjang mencapai lutut dan longgar tidak membentuk tubuh.
Salah satu perintah menutup aurat  salam Al-Qur’an :
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59
---
Baca juga : Keputusa Berhijab Dan Segala Kekhawatirannya


Indonesia menjadi salah satu Negara muslim terbesar di dunia memiliki trend fashion muslim tersendiri. Trend fashion muslim di Indonesia salah satunya adalah penggunaan hijab atau jilbab. Penggunaan hijab atau jilbab di Indonesia berkembang dan terlihat semakin modern, mulai dari bentuk pemakaian, kain yang digunakan untuk membuat hijab, warna dan motif yang digunakan. Beberapa jenis hijab yang digunakan adalah:
  1. Hijab Segi Empat, hijab jenis ini sering di gunakan untuk kegiatan sehari – hari karena bentuknya simple dan mudah digunakan, sehingga tidak perlu waktu lama untuk memakainya. Jenis ini bukan hanya untuk kegiatan sehari – hari saja tapi untuk pergi kepesta pernikahan dan untuk pengantin itu sendiri. Hijab segi empat ini mempunyai bahan dan motif yang berbagai macam, jadi bias digunakan untuk setiap acara.
  2. Pasmina, pasmina berbentuk persegi panjang .Ini juga bias digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Cara menggunakan pasmina ini memang sedikit lebih sulit dibandingkan dengan hijab segi empat, karena harus di lilit dan menggunakan jarum pentul yang lebih banyak.
  3. Hijab Instant, hijab instan ini biasa di gunakan oleh ibu – ibu pada jaman dahulu, tetapi sekarang hijab jenis ini lagi trend lagi dengan bentuk yang lebih modern. Hijab jenis ini sangat simple dan cepat tidak perlu meggunakan peniti atau jarum pentul lagi.  Tidak sampai satu menit langsung jadi.

Menggunakan hijab biasanya juga dibarengi dengan menggunakan ciput. Apa itu ciput? Ciput itu adaah dalaman hijab. Ciput bermanfaat untuk menahan anak rambut agar tidak keluar, supaya hijab berbahan licin tidak turun, dan rambut tidak terlihat kalau hijab yang digunakan tipis. Ciput ini sangat berguna apalagi kalau andasuka menggunakan hijab dengan model turban. Sehingga leher anda tidak akan terlihat. Berikut beberapa jenis ciput terfavorit wanita muslimah:
  1. Ciput Bandana, bentuk ciput ini persegi panjang dan kedua sisinya terbuka. Biasanya terbuat dari bahan spandek., sehingga bisa di tarik – tarik dan tidak kaku. Ciput banda ini sangat mudah di gunakan, tidak licin, dan nyaman dipakai.
  2. Ciput Ninja, bentuk ciput ini seperti kerudung ninja di film – film. Bentuknya menutupi seluruh bagian kepala sampai dengan lehere. Biasanya digunakan saat memakai pasmina atau model kerudung turban. Jangan khawatir akan susah dipakai dan dilepas karena bentuk kerudung ini dilengkapi dengan resleting.
  3. Ciput Konde, jenis ini mempunyai konde dibalakangnya. Ciput ini biasa di gunakan oleh wanita berambut pendek yang tetap ingin mempunyai cepol saat menggunakan kerudung.
  4. Ciput Antem, jenis ciput ini sangat di minati oleh wanita yang mempunya bentuk wajah bulat dan tembem. Ciput ini bias memberikan efek slim untuk wajah. Bentuk ciput ini hamper sama dengan ciput ninja tetapi potongannya berbeda.
  5. Ciput Turban, ciput ini memiliki bentuk seperti turban. Ciput ini biasanya di kombinasikan dengan ciput ninja supaya lehernya tetapter tutup. Bahan yang biasa digunakan untuk ciput ini adalah spandek, dan jersey.

Semua jenis ciput dan hijab seperti diatas  ditemukan dengan mudah di pasar, mall, atau e-commerce seperti Mataharimall.com. Bagi anda yang malas mencari dan jalan ke mall atau pasar, anda tinggal klik dan masukan keyword, lakukan pembayaran dan tunggu barang datang. Yuk buruan belanja!
---
Baca juga : Menanamkan keimanan sejak dini

31 comments

  1. Aku prefer ciput ninja. Nggak terlalu khawatir kerudung akan nerawang.

    ReplyDelete
  2. Aku suka ciput antem. Tapi tergantung bahan juga sih. Soalnya pernah pakai bahan spandek ketat banget jadi sakit.

    ReplyDelete
  3. saya lebih suka pake ciput bandana truus jilbab instan. lebih nyaman. hehe

    ReplyDelete
  4. Aku lebih sering pake bandana atau ninja. Tergantung jilbabnya.

    ReplyDelete
  5. Aku udah gak pernah pakai ciput mbak. Pusing kepalaku hihi.

    ReplyDelete
  6. Ciput antem cocok buat muka mpo yang bulat. Pakai ciput antem biar kelihatan pirus muka ku

    ReplyDelete
  7. macam-macam ternyata ya, dan cantik-cantik variasinya :)

    ReplyDelete
  8. Aku lebih nyaman pake ciput ninja. Lebih tertutup dan makainya juga gampang. Eh tapi biasanya pake ciput kalo pas lagi pake pake kerudung segi empat aja sih. Kalo kerudung instan gak pake ciput biasanya. Soalnya bahannya juga udah tebel :)

    ReplyDelete
  9. Aku sehari2 pake ciput anti pusing. Kalau ku liat sepettinya itu jenis turban ya. Soalnya ga ada gambarnya sih...Hehehe

    ReplyDelete
  10. Aku suka yang bandana Mba Nov, enakan simple nggak ribet.
    Aku ga bisa make yang ninja hehehhe suka sebel

    ReplyDelete
  11. Itu yang difoto ijo toska masuk Ciput apa ya? Enak kayaknya.aku biasanya pakai Ciput rajut sekarang

    ReplyDelete
  12. Sepertinya aku butuh ciput antem mbak, biar ini pipi ngga kelihatan tembem-tembem amat hehe.

    ReplyDelete
  13. Aku sih seringnya pakai ciput bandana mbak.

    ReplyDelete
  14. Aku suka resah si kalo pake jilbab doang takut kelihatan rambutnya, tapi kalau pakai ciput sukannya pusing hehehe mungkin cari yang bahannya ringan tapi nggak terlalu longgar juga ya mba

    ReplyDelete
  15. Ternyata ada beberapa jenis ciput yang disesuikan dengan hijab yang digunakan, tinggal pilih yang sesuai kebutuhan. Apalagi semakin mudah membelinya dengan belanj online.

    ReplyDelete
  16. Sejauh ini suka ciput ninja & antem. Walaupun pakai ciput antem juga tetap terlihat tembem. Mungkin ekspektasinya yang berlebihan. Pengen terlihat tirus kayak artis korea. Haha

    ReplyDelete
  17. Kalau aku lebih suka ciput bandana mbak, ntah mengapa lebih nyaman aja rasanya. Mungkin karena sirkulasi udara lebih baik kali ya, jadi ga ngep gitu

    ReplyDelete
  18. Aku pernah pakain ninja jdnya pipi keliatan ndut hahaha. Tapi kyknya menarik kyk di gambar ya, maduin ciput ninja sama bandana :D
    TFS

    ReplyDelete
  19. Kalau aku suka pakai hijab segiempat dan ciput bandana lebih simpel menurutku hehe

    ReplyDelete
  20. saya baru tau tentang ciput itu waktu bikin paspor dinas .. teman kantor saya yg berhijab paspor dinasnya ditolak karena masih keliatan rambut atas walaupun tipis.. nah akhirnya ulang foto dan disarankan menggunakan ciput.

    gak ada contoh foto dari masing-masin jenis ciput tuh mba?

    ReplyDelete
  21. klu sy suka ciput spt bergo kecil gitu
    itu termasuk kke ciput apa ya ?
    soalnya bisa ngebentuk hijab dan cocok di wajah sy

    ReplyDelete
  22. Andalan aku ciput ninja.
    Nyaman diapaki sehari-hari...juga pas travelling.

    Jaman duluu...ciput konde niih lagi happening banget kan yaa, mba..
    Trus aku pake buat perjalanan jauh, pas tidur doonk...eaa...berasa ada yang menghalangi.
    Mana bawa bayi.
    Jadi makin gak bisa nyaman istirahatnya.

    Endingnya,
    aku copot si ciput ini...lalu pakai jilbab langsung.

    ReplyDelete
  23. Aku selalu pakai ciput bandana. Ga pernah beralih ke yang lain. Karena merasa nyaman dan pas aja. Meskipun jilbabnya ganti.

    ReplyDelete
  24. Aku pakai ciput bandana, turban sama ninja. Kalau yg konde gak akan dipilih karena aku gelung rambut sendiri udah jadi konde sih

    ReplyDelete
  25. Sekarang saya lebih memilih yang praktis. Lebih senang pakai phasmina instan. Kalau ciput lebih suka ciput model bandana.

    ReplyDelete
  26. Ciput ternyata banyak jenisnya, tergantung bentuk dan letak saat digunakan. Tinggal pilih pilih yang menyesuaikan bentuk kepala ama wajah biar tambah cakep :)

    ReplyDelete
  27. Tren fashion jilbab semakin ke sini semakin kece aja ya. Ciput... Lucu banget namanya hahaha. Kayak tokoh cerita anak-anak gitu, ciput. Hahahaha...

    ReplyDelete
  28. aku lagi suka pakai ciput rajut, lebih elastis dan enggak bikin kuping sakit

    ReplyDelete
  29. Aku pakai ciput biasa sih, mgkin masuknya ke bandana kali ya, tp kalo bandana kan aga kecil ya bntuknya, ini aku yg agak nutup rambut semua. Lebih praktis.

    ReplyDelete
  30. komentar saya masuk enggak ya? hiks, jaringan lemot jadinya harus direfresh berkali2. saya suka pakai ciput yang rajut itu mbak, yang ninja pernah pakai cuka tapi mukaku jadi lebih chubby kelihatannya

    ReplyDelete
  31. Aku lagi suka ciput bandana nih mba. Lebih praktis dan nggak bikin pusing kepala

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.