Menjaga Kelestarian Lingkungan Dari Rumah


Kita sering lupa bahwa kelestarian lingkungan , menjaga alam merupakan tugas kita bersama. Selama ini merasa kerusakan alam itu merupakan akibat dari perusahaan-perusahaan besar  yang membuang limbah dan sampah sembarangan, juga merusak hutan.Tapi nyatanya kerusakan alam banyak terjadi karena kebiasaan-kebiasaan jelek yang dimulai dari kita sendiri. Sering terpikirkan saat buang sampah sembarangan “ ah cuma  satu kok, sedikit “ coba jika ada 1000 orang berpikiran yang sama dijamin jadi gunungan sampah.
Berikut kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan dari rumah, yang secara tidak langsung juga menjaga kelestarian lingkungan dan sumber energy:
Tidak membuang sampah sembarangan.  Jangan pikir ini cuma berlaku untuk masyarakat yang tinggal di daerah dekat sungai, karena kita pasti berpikir jika buang sampah di sungai akan menyebabkan banjir karena akan menumpuk dan menghambat aliran sungai. Ini juga berlaku untuk yang tinggal jauh dari sungai, sampah yang dibuang sembarangan akan mencemari tanah, terutama sampah pelastik karena sulit diurai  dan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Selain mencemari tanah tentu saja lingkungan tidak nyaman dipandang, bau busuk, kotor, dan menjadi sumber penyakit karena mengundang lalat dan berbagai macam bakteri.

Sampah yang menumpuk diketahui memproduksi gas metana , gas metana adalah gas hasil buangan gas dari mikroorganisme yang mengolah sampah, makanya sampah selalu berbau busuk, mencemari tanah lambat laut akan kehilangan kesuburan. Mengingat itu penting juga bagi kita untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebaiknya untuk ibu rumah tangga membawa kantong sendiri dari rumah jika hendak belanja, bisa berupa kantong  kain atau keranjang, agar tak banyak membeli kantong pelastik.
Hemat Listrik. Hemat listrik dalam rumah tangga tak hanya menghemat biaya tagihan listrik, tetapi  secara tidak langsung juga menghemat energy dunia. Seperti yang kita tahu listrik menggunakan bahan bakar ntah itu minyak ataupun batu bara, jika setiap kita mengehemat listrik artinya kita juga menghemat pemakaian  bahan bakar dengan jumlah besar. Mungkin dibeberapa daerah kita sering mengalami pematian listrik bergilir oleh PLN, ini juga merupakan bagian dari penghematan energi, karena pembangkit listrik terbatas. Menghemat listrik juga dapat mengurangi pemanasan Global, karena sebagian besar gas CO2 dihasilkan oleh pembangkit tenaga listrik.
Bagaimana menghemat listrik?
  • Mematikan AC dan kipas angin jika tidak sedang diruangan.diruangan lampu saat siang hari atau ruangan telah tercukupi dengan sinar matahari. 
  • Mematikan lampu saat tidur dimalam hari, atau pakai lampu secukupnya.
  • Jangan hidupkan dispenser seharian, panaskan air jika dibutuhkan saja.
  • Mencabut kabel atau peralatan dari saklar, seperti charger ponsel, computer, kipas angin yang tak digunakan dll.
  • Gunakan lampu hemat energy.

Sumber : Wikipedia
Sampah dapat mencemari  tanah, air dan udara

Hemat Air. Soal pemakaian air kita tergolong boros, menhidupkan mesin air  untuk mengisi talang tapi suka lupa akhirnya melimpah dan terbuang, begitu jug saat mengisi bak mandi. Buat para bapak-bapak, saat mencuci kendaraan sering sengaja membiarkan air mengalir saat membersihkan kendaraan, padahal kran bisa dimatikan dulu atau ditampung menggunakan ember, kemudian baru di semprotkan kembali jadi air tak terbuang percuma.

Bagaimana menghemat air dirumah? Pastikan tak ada saluran air yang bocor, pastikan kran benar-benar tertutup dan tak ada menetes, mandi dengan air secukupnya  jangan menghabiskan air satu bak :D ( dianjurkan mandi dengan menggunakan shower) , Saat mencuci pakaian peras pakaian dengan kuat agar air sisa sabun mengalir sehingga tak membutuhkan air sangat banyak saat membilad, bagi yang punya mesin cuci bisa dimasukkan ke mesin pemeras dulu agar air sisa sabun habis , baru kemudian dibilas bersih, cukup dua kali bilas tak perlu sampai tiga kali, memanfaatkan air cucian beras untuk menyiram tanaman, memanfatkan air bilasan terakhir untuk mengepel dll.
Kenapa hemat air sama dengan hemat energy. Hemat penggunaan air artinya hemat listrik karena tidak sering-sering menggunakan mesin air. Hemat air artinya kita juga melestarikan keberadaan air di bumi agar tidak terjadi bencana kekeringan. Bagi pengguna PAM menghemat air tentunya menghemat biaya, dan agar air PAM gak macet.
Itulah 3 hal sederhana yang bisa kita lakukan dirumah  untu menjaga kelestarian lingkungan.
Jika ada yang lainnya boleh teman-teman sharing di kolom komentar  ya.
__
#KEBloggingCollab
Trigger Post Tema Lingkungan hidup dari Mba Lisdha (www.daily-wife.com)

16 comments

  1. kalo saya sudah melakukannya semua, ditambah melakukan penanaman tumbuhan disekitar pekarangan rumah

    ReplyDelete
  2. Siapa yg mau menjaga lingkungan kalau bkn diri kita sendiri. Yg penting dimulai dr diri sendiri. Yuk lah hemat energi dan buang sampah di tempat sampah jgn sembarangn. Hehe..

    ReplyDelete
  3. Aku paling utama selalu berusaha untuk menghemat air. Soalnya pernah lihat orang yang kesusahan dapat air dan harus jalan berpuluh2 kilometer :(

    ReplyDelete
  4. Yang hemat listrik dan hemat air nih harus digencarkan lagi di rumahku karena masih suka lupa hehe

    ReplyDelete
  5. di rumah saya ibu sudah mengajarkan agar sampah dipilah-pilah, ada sampah sisa makanan yang bisa buat makanan ayam dan kucing liar di sekitar rumah, sampah yang bisa di daur ulang yang biasanya 2 bulan sekali masuk ke bank sampah, dan sampah rupa-rupa yang bisa di bakar di halaman samping rumah.

    ReplyDelete
  6. aku memilah2 samapah jd organik dan anorganik , yg anorganik yang bisa ditabung ke bank sampah, hemat air

    ReplyDelete
  7. memang benar, lingkungan bersih itu gimana orangnya yah.. kadang kesel juga kalo ada yg buang sampah sembarangan. sekarang di kelurga saya juga, kalo ada adik buang sampah bekas jajannya sembarangan, pasti langsung saya marahin. hihi..

    ReplyDelete
  8. duh kadang saya lalai
    ngisi bak air kadang udah melimpah lupa dimatikan
    klu listrik kami memang hemat
    secara klu di kamar penerangan malah cuma tv

    ReplyDelete
  9. Memang sebenarnya kita bisa memulai kelestarian lingkungan dari rumah nih, sayang terkadang kita sering khilap. Contohnya saja TV, sudah berapa rumah aku temukan TV nyala walau anggota kelaurganya kemana-mana.

    ReplyDelete
  10. Di rumah, lampu udah pindah ke LED. Terang dan hemat. Matiin lampu saat tidur blm bisa. Bkn krn takut, tp banyak nyamuk. Risiko rumah dekat kebon ya gini

    ReplyDelete
  11. Lingkungan hidup memang harus dijaga agar keberlangsungan hidup manusia di bumi juga tenteram. Setuju, hemat air dan listrik adalah hal yang utama. Mari jaga bumi dari hal2 kecil di sekitar kita.

    ReplyDelete
  12. Iya yang paling boros memang air, apa lagi kalo pake gayung besar yang setara kurang lebih dengan 1 liter air, kebayang gak berapa liter air yang terbuang setiap kita mandi? :( jadi mending diganti dengan gayung yang ukurannya lebih kecil atau dijatah aja, 1 enmber untuk sekali mandi

    ReplyDelete
  13. Kalau saya salah satu usaha menjaga lingkungan ya dengan menggunakan cloth diaper buat anak2 bayi. Hehe. Mengurangi sampah sih terutama.

    ReplyDelete
  14. Wah, ini nih. Salah satu hal yang aku ga bisa cegah itu adalah hemat air, terutama kalo lagi mandi ataupun melepas hasrat terpendam, itu kalo aku ga hidupin keran tuh, pasti ada rasa takut aja gitu. Kayak, gimana aja gitu kalo sendiri dan sunyi di kamar mandi, apalagi kalo mati lampu, beuh mungkin aku bakal panik itu.

    Kalo listrik, alhamdulillah. Sudah bisa sedikit demi sedikit menghematlah.

    ReplyDelete
  15. 3 hemat yang penting. terutama hemat air nih, berhubung ditempatku ketersediaan air lumayan banyak jadi suk diborosin terutama lupa matiin kran air. bahayaaaaaa bisa semalaman

    ReplyDelete
  16. Berawal dari rumah dulu ya mba untuk merawat alam dengan baik. Jangan buang sampah sembarangan kalo bisa jangan dirimah atau daerah sungai tapi di mana saja berada harus melakukan

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.