Tumbuh Kembang Anak Dengan Daya Tanggap Lengkap



Tumbuh kembang anak menjadi perhatian khusus bagi  orang tua jaman sekarang. Siapa sih yang tak ingin memiliki anak pintar, hebat dan memiliki daya tanggap yang lengkap. Sebagai  ibu tentu kita menginginkan yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak kita kelak. Apa yang perlu kita persiapakan untuk memiliki anak sehat, pintar dan memiliki daya tanggap lengkap? Yuk Moms kita obrolin .



Mom's tahu tidak. yang pertama kali tumbuh dan berkembang sejak konsepsi itu adalah tabung otak yang kemudian terus berkembang menjadi otak dan saraf tulang belakang dan lainnya. Tak hanya sampai pada masa kehamilan, setelah  bayi lahir, nutrisi makanan seimbang tak boleh dikesampingkan , karena sangat penting untuk dasar perkembangan kognitif, motorik dan keterampilan social dan emosionalnya  hingga kelak dewasa. Untuk dapat hamil dan melahirkan anak sehat dan kelak memiliki daya tanggap lengkap, kita harus mempersiapkannya jauh sebelum kehamilan, minimal  beberapa bulan sebelum kehamilan.Beberapa tahun lalu saat aku merindukan kehamilan dan berkonsultasi kedokter, dokter menyarankan agar aku dan suami banyak mengkonsumsi makanan sehat bervitamin dan mengandung asam folat, baik dari buah atau bisa membeli vitaminnya  di apotek terdekat. Untuk buah yang terkenal mengandung asam folat tinggi adalah alpukat, kacang hijau, bayam, pisang dll . Begitu juga saat di awal kehamilan, dokter menyarankan hal yang sama. Mengonsumsi nutrisi yang tepat sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah kelainan pada otak dan syaraf .

Si kecil akan tumbuh dengan tanggap yang lengkap itu di mulai dari otak.  Nutrisi yang tepat akan mendukung kecerdasannya tak hanya kecerdasan intelektual tapi juga  kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial, sebaiknya kita juga berusaha untuk melatih anak bagaimana cara mengendalikan emosi  baik saat meluapkan rasa gembira atau sedang marah. Tiga hal yang mendukung perkembangan optimal pada anak adalah asupan gizi, stimulasi dari lingkungan, dan genetik sekitar 20% saja. Dan untuk optimalisasi fungsi otak  harus ada keseimbangan energi dari makanan dan kesehatan usus ( mikro biota usus) , pencernaan yang baik akan membuat gizi terserap sempurna. Adapun zat gizi makro yang harus dilengkapi adalah protein (hewani), lemak, dan karbohidrat. Sedang kan zat gizi mikro berupa vitamin A, D,E,K,B,C.

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua untuk melengkapi kebutuhan gizi pada anak. Karena gangguan gizi pada anak akan memberikan dampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangannya . Dampak jangka pendek akan membuat perkembangan otak tidak optimal , pertumbuhan fisik yang tidak optimal dan gangguan organ metabolik yang tidak optimal. Sedangkan untuk gangguan jangka panjang akan menurunkan kemampuan kognitif dan pendidikan, akan membuang anak tumbuh pendek /sunting, dan akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi  ,diabetes dll.

Untuk anak dengan daya tanggap lengkap nutrisi itu adalah hal utama yang harus diperhatikan sejak 1000 hari pertama kehidupan. Selain itu orang tua juga harus memberikan stimulasi yang positif  terhadap anak. Diharapkan tidak melebeli anak dengan hal-hal negatif , seperti sebutan cengeng, bodoh, penakut, jelek, lemah, dll. Karena alam bawah sadar anak akan mengikuti tentang hal-hal yang sering disebutkan oleh lingkungan terhadap dirinya yang pada akhirnya akan membuat anak minder, tidak percaya diri, sulit mengambil keputusan, tempramental dll

Jujur saja, aku orang tua yang ingin anak sehat, cerdas dan memiliki daya tanggap yang lengkap. Setelah usia 2 tahun aku mencoba memberi nya susu untuk tambahan asupan gizinya agar terlengkapi dan seimbang. Aku pilih Bebelac karena dari komposisi nilai gizinya sangat baik dibanding  yang lainnya. Apalagi sekarang formula bebelac telah disempurnakan dengan kandungan minyak ikan, omega 3 dan 6 , perbandingan FOS:GOS ; 1:9 untuk kesehatan pencernaan agar asupan dicerna dan diserap dengan baik , juga ada 13 vitamin dan 9 mineral.
Bagaimana Moms? Pasti jadi lebih semangat ya untuk melengkapi asupan gizinya secara seimbang . Pasti Mom's semua ingin anak sehat memiliki daya tanggap lengkap dan tak mau  anak menjadi lemah secara kognitif, dan penyakitan. Nah, sebagai orang tua kita juga harus banyak belajar dari buku, atau ikut seminar tentang ilmu parenting anak.
Untuk mengetahui tentang Pentingnya Omega 3 & 6 Sebagai Nutrisi Otak Anak bisa baca di sini. Semoga uraian ringkas ini bermanfaat ya, dan kita jadi lebih aware dengan tumbuh kembang anak.

17 comments

  1. Keponakan juga minum bebelac dan harganya juga masih masuk akal. Oh ya yg paling penting itu susu ini bagus utk perkembangan anak.

    ReplyDelete
  2. Betul banget Mom, agar tumbuh kembang anak bisa optimal, butuh asupan gizi yang baik. Anakku skrg udah usia 3+, jadi skrg udah pake bebelac ...

    ReplyDelete
  3. Asupan nutrisi dan pendampingan orang tua untuk tumbuh kembang juga penting ya.

    ReplyDelete
  4. iyap bener banget asupan gizi yang cukup dan baik supaya tumbuh kembang anak optimal

    ReplyDelete
  5. Baca artikel ini daku jadi ngerti sedikitnya tentang gizi buat anak-anak. Jadi dapat bekal saat berumah tangga nanti

    ReplyDelete
  6. Fahmi saat ini juga minum susu bebelac baru. Semoga anak2 kita jadi anak pintar serta memiliki Tanggap yang Lengkap ya. Amin...

    ReplyDelete
  7. Bebelac susu ponakan aku, baik untuk perkembangan otak si kecil ya, terus mendukung tumbuh kembang anak juga

    ReplyDelete
  8. suka aku dengan kata anak tabggap. Karena kemampuannya jadi lengkap ya

    ReplyDelete
  9. Emang nutrisis yang baik akan membentuk kecerdasan otak anak yang mbak, sehingga anak akan mudah distimulasi dan akhirnya puntya daya tanggap yang lengkap :D

    ReplyDelete
  10. Belakangan aku baru sadar bahwa nutrisi anak itu gak cuma didapat dari makanan harian aja, tapi juga dari susu. Udah bener banget tiap hari anakku ku kasih bebelac

    ReplyDelete
  11. Ternyata nutrisi dari bebelac banyak sekali

    ReplyDelete
  12. Nutrisi otak itu memang penting banget, sama pentingnya dengan nutrisi buat tubuhnya

    ReplyDelete
  13. Wah bebelac bagus ya nutrisinya lengkap, penting banget buat buah hati kita nih :)

    ReplyDelete
  14. sebagai ibu , saya sendiri merasa sangat terbantu dengan adanya susu Bebelac. Krena khawatiran kekurangan zat gizi dalam makanan sehari-hari dapat dipenuhi oleh Bebelac

    ReplyDelete
  15. Sebagai orang tua, memang harus terus belajar ya mba, biar update terus mengikuti perkembangan parenting

    ReplyDelete
  16. Waduh kadang tanpa sadar melebeli anak dengan kata cengeng

    Harus banyak ngerem kata kata ini.

    ReplyDelete
  17. Huwaaa iya jadi semangat ni buat memenuhi gizi dan nutrisi untuk anak di rumah

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.