10 Buah-buahan Segar yang Harus Dikonsumsi Selama Menjalani Diet

Saat diet, bukan hanya pilihan lauk dan sayur saja yang perlu di perhatikan. Tapi, kita juga perlu memerhatikan pilihan buah-buahan segar yang harus dikonsumsi selama menjalani diet.


Yup! Memang sudah bukan rahasia lagi kalau buah-buahan segar bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi, untuk memilih buah-buahan segar yang tepat, kita harus memilih buah tinggi serat yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama.

Jadi, buah-buahan segar apa saja yang perlu dikonsumsi? Baca terus untuk mengetahuinya, yuk!

  1. Buah Alpukat kaya akan asam lemak

Meski sedang diet, kamu tetap membutuhkan asupan lemak. Nah, asupan lemak tersebut bisa kita dapatkan dari buah alpukat yang kaya akan asam lemak.


Dengan tekstur lembut dan rasa lezat, salah satu buah-buahan segar yang harus dikonsumsi saat diet ini juga memiliki kandungan omega 9, senyawa folat, kalium, vitamin K, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk tubuh. Hasilnya, penyerapan nutrisi makanan akan semakin baik karena buah alpukat meningkatkan metabolisme tubuh.

Kita bisa mengonsumsi buah alpukat dengan mencampurnya ke salad, dikonsumsi mentah tanpa tambahan gula atau dibuat jus. Lezat!

2. Dapatkan kebutuhan serat harian dengan makan Apel.

Sebagai buah kaya serat, buah apel bisa jadi penyelamat perut saat sedang diet karena bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama, lho.

Selain itu, buah apel yang termasuk salah satu buah-buahan segar yang mesti dikonsumsi saat diet juga dapat mengontrol suhu tubuh karena memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga kamu bisa terhindar dari dehidrasi. Dengan kandungan vitamin A dan antioksidannya, buah lezat satu ini juga baik untuk daya tahan tubuhmu.

Konsumsi buah apel dengan memakannya langsung, dicampur ke salad atau dibuat jus.

3. Kenyang lebih lama dengan konsumsi buah Pisang

Ingin merasa kenyang lebih lama agar tidak sering makan? Konsumsi buah pisang yang merupakan sumber potasium, karbohidrat, mineral, vitamin C dan B6, kalium, dan magnesium saja!
Buah pisang bisa buat kenyang lebih lama
   
Selain dapat menahan nafsu makan berlebih, buah pisang sebagai buah-buahan segar yang harus dikonsumsi selama diet juga dapat memberi pasokan energi sekaligus membantu pembakaran lemak lebih cepat. Wow!

Kita bisa mengonsumsi buah pisang dengan memakannya langsung atau dibuat menjadi
smoothies agar terasa lebih segar. Yummy...

4. Mau buang racun dalam tubuh? Konsumsi buah Lemon saja!

Sudah bukan rahasia lagi kalau Lemon bisa membantu membuang racun dalam tubuh. Karena kemampuan tersebutlah maka Lemon termasuk salah satu buah-buahan segar yang perlu kamu konsumsi selama diet.
Konsumsi buah lemon untuk detoks

Dengan mengonsumsi buah lemon, kamu akan mendapatkan vitamin B, riboflavin, mineral seperti fosfor dan magnesium, dan tentu saja vitamin C yang sangat berguna untuk kesehatan dan metabolisme tubuh.

Konsumsi buah Lemon dengan membuat infused water atau peras untuk mendapatkan airnya kemudian campur sedikit madu. Lakukan setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

5 Ganti camilan dengan buah Berry

Saat diet, salah satu hal yang sangat sulit untuk dihentikan adalah….ngemil! Malah, kebiasaan ngemil makanan tidak sehatlah yang menjadi faktor utama kelebihan berat badan. Siasati hal ini dengan mengganti camilan yang lebih sehat.

Buah berry sebagai camilan sehat 
Kita bisa mengonsumsi buah berry seperti strawberry, blueberry, blackcurrant, atau raspberry yang bisa memperlancar pencernaan dan menghilangkan racun serta bahan yang tidak bisa dicerna oleh tubuhmu. Selain itu, sebagai salah satu buah-buahan segar yang perlu kamu konsumsi selama diet ini juga dapat membersihkan darah dan memperkuat sistem kardiovaskular, lho. Keren!

Konsumsi buah berry dengan mencampurnya ke dalam yogurt, dibuat smoothies atau makan langsung.



    6. Bakar lemak tubuh dengan konsumsi buah Kiwi

    Kandungan vitamin C buah kiwi bisa bantu bakar lemak tubuh
    Sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C dan karbohidrat tinggi, buah kiwi dapat memberikan energi dan kadar gula yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Buah kiwi juga bisa membantu pembakaran lemak tubuh dan menekan nafsu makan. Makanya salah satu buah-buahan segar ini cocok sekali dikonsumsi saat diet.

    Kita bisa mengonsumsi buah kiwi dengan memakannya langsung, dibuat smoothies atau selai.

    7. Kurangi kolesterol dengan buah Kurma



    Selain rasanya yang lezat, buah kurma ternyata bisa membakar lemak, mengurangi kolesterol, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho. Termasuk salah satu buah-buahan segar yang perlu dikonsumsi selama diet, buah kurma bisa menjadi sumber vitamin C, mineral, dan energi untuk tubuh.

    Nikmati kelezatan buah kurma dengan mengonsumsinya secara langsung atau jadikan pemanis alami ketika membuat susu almond.

    8. Perlancar pencernaanmu dengan buah Pepaya

    Pasti semua asudah tahu, kan, kalau buah pepaya adalah salah satu buah-buahan segar yang perlu dikonsumsi selama diet karena dapat melancarkan pencernaan? Yup, kandungan serat pada buah pepaya cukup tinggi sehingga lemak yang tertimbun dalam tubuh dapat mudah terbuang.


    Selain dikonsumsi untuk menguruskan badan dan melancarkan pencernaan, buah pepaya juga dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar berkat kandungan folat, vitamin C, beta karoten, dan vitamin E, lho.

    Kamu bisa menikmati buah pepaya dengan memakannya secara langsung atau dibuat jus. Kalau kamu kurang suka dengan aroma pepaya, tambahkan sedikit perasan air lemon, yaa.

    9. Konsumsi Semangka sebagai buah rendah kalor.
    Semangka mengandung 50 kalori dan memiliki serat tinggi
    Siapa yang tidak suka dengan kerenyahan buah manis yang satu ini? Sebagai salah satu buah-buahan segar yang perlu kita konsumsi selama diet, buah semangka mampu memberi efek kenyang lebih lama berkat kandungan air dan seratnya yang tinggi.

    Mengandung 50 kalori, buah semangka juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga lycopene yang bisa melindungi tubuh dari penyakit dan kanker.

    Kesegaran buah semangka bisa dinikmati dengan memakannya secara langsung, dicampur ke dalam salad atau dibuat jus.

    10. Kontrol nafsu makan dengan konsumsi buah Delima

    Buah delima bisa bantu kontrol nafsu makan
    Kenalan dengan buah delima yang sering dianggap sebagai super fruit. Salah satu buah-buahan segar yang perlu dikonsumsi selama diet ini tinggi akan antioksidan, serat, dan vitamin, lho. Maka dari itu, buah delima dapat membuatmu cepat kenyang meskipun kalorinya sangat rendah. Selain itu, super fruit ini juga dapat membuang racun dalam tubuh dan mengontrol nafsu makan. Hebat, ya!

    Kamu bisa menjadikan buah delima sebagai camilan dengan memakannya langsung tanpa dicampur apapun.

    Nah, itulah 10 buah-buahan segar yang harus dikonsumsi selama menjalani diet. Tapi, pastikan mengonsumsi buah-buahan segar tersebut dalam takaran wajar, ya.

    Kalo sahabat Nashhah paling sering makan buah apa? Kalau saya suka buah Alpukat, Pepaya, Pisang, dan Semangka, selain gampang di jumpai di manapun harganya juga murah meriah. Untuk sehat tidak perlu mahal, yang penting niat yang kuat, bener ga sih?


    20 comments

    1. Paling sering ya pisang/semangka haha. Buah yg lain sukanya di jus 😁😁

      Bw back mbak

      ReplyDelete
    2. Aku paling senang tuh makan aplukat dan pisang kalau diet, mba. Mengenyangkan dan tentu saja mengenyangkan. Hehhehe

      ReplyDelete
    3. Mpo sering makan buah yang lagi musim. Harga murah dan tanpa bahan lilin ataupun pengawet

      ReplyDelete
    4. Aku suka semua sama buah-buahannya, jadi pengen dimakan semua, moga bikin dietnya nggak bablas. heheheh. Di rumah selalu stock pisang, pepaya semangka. karena mudah didapat.

      ReplyDelete
    5. Paling seneng sama pisang, semangka untuk lemon biasanya saya minum yang hangat ditambah madu di pagi hari.

      ReplyDelete
    6. Ini semua buah kesukaan saya, tapi yang sering saya konsumsi karena mudah saya dapatkan itu pisang, pepaya dan semangka. Apalagi makan buah saat siang panas gini bikin segar bangat :)

      ReplyDelete
    7. Untuk menahan lapar di pagi hari, saya biasanya konsumsi pisang juga mbak..setelah itu pepaya, supaya bab jadi lancar..

      ReplyDelete
    8. Dari buah-buahan yang ada di artikel ini, saya paling suka makan apel dan pisang. Soalnya di rumah seringnya nyetok buah itu aja. Hohoho. Yuk makan buah dan sayur...

      ReplyDelete
    9. Pisang dan pepaya favorit! selain mudah didapat, khasiat atau manfaatnya lebih aku butuhkan dan rasanya paling pas dilidah aku..

      ReplyDelete
    10. Berry, kiwi dan delima agak susah saya dapatkan jadi jarang banget memakan buah tersebt4... Kalau ada, di kota harganya mahal, jadi biasanya saya beralih ke buah lain yang murah meriah hehehe

      ReplyDelete
    11. Saya lebih suka mengkonsumsi buah Pisang, terutama pisang ambon, selain membuat kenyang, kandungan Mineraya juga banyak, dan mencukupi kebutuhan tubuh disaat melakukan diet, banyak jenis pisang, tapi saya merekomendasikan pisang Ambon, snagat bagus untuk Diet...

      ReplyDelete
    12. Banyak juga ya buah2an yg bisa digunakan utk diet. Kalau saya favorit semua buah-buahan. Saya gak berani diet, soalnya badan saya mungil 😁

      ReplyDelete
    13. Pisang dan alpukat itu biasanya andalan org2 yang melakukan dirt keto :D
      Btw kalau yg kurma baiknya yang beneran, kalau yang manisan yang biasa dijual itu katanya kandungan gulanya sih cukup tinggi. Kurma enaknya buat campuran smoothies :D

      ReplyDelete
    14. Saya orang yang paling susah dan sangat ribet jika disuruh diet. Makanya body ini makin melebar aja hahahaa... diakan ya semoga saya dikuatkan agar bisa menjalani diet dengan mengkonsumsi jenis jenis buah buahan ini.

      ReplyDelete
    15. kayaknya saya perlu nyari buah delima nih biar nggak pengen makan terus. hihi. paling sering sih makan semangka atau pepaya

      ReplyDelete
    16. Paling suka kurma. Paling aku hindari semangka, soalnya darah rendah

      ReplyDelete
    17. Alhamdulillah,
      di depan rumah ada pohon pepaya. Jadi mau gak mau, selain dimakan sendiri juga dibagi bersama tetangga.

      Kalau favorit, Kiwiii...
      Tapi jarang banget. Hiihii...harganya mashaAllah...

      ReplyDelete
    18. Agak malas makan buah yang susah mesti dikupas macam pepaya, kiwi, dan alpukat.

      ReplyDelete
    19. Aku kalo lagi diet juga selalu perbanyak konsumsi buah. Yg paling sering sih pisang dan pepaya karena sering panen dari kebun sendiri hehe

      ReplyDelete
    20. Suka banget sm pisang karena ga pake ngupas!! wkwk

      ReplyDelete

    Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.