Manfaat Puasa Bagi Penderita Maag


Untuk teman-teman yang setia dan sering mampir ke blog Nashhah pasti pernah membaca postingan bahwa aku pernah sakit asam lambung yang sakit nya itu bikin aku trauma banget. Lambung yang sakit tapi keluhan dirasakan dari kepala hingga ujung kaki kepala puyeng , vertigo, badan lemas, mual, muntah, kaki lemas, gemetaran, keringat dingin, gak bisa tidur dll, hingga memutuskan untuk endoskopi untuk memastikan penyebabnya.

Kunyit jadi jamu harian aku, ngemil sedikit tapi sering, biskuit gak pernah lepas dari tas, satu jam ambil 2-3 keping biskuit untuk dimakan. Walau pernah nafsu makan sepatah-patahnya, melihat waktu jam makan tiba seperti melihat waktu makan racun, saking malasnya mau makan karena selera makan hilang.

Saat bulan puasa datang, dulu aku stok obat antasida untuk menetralisir asam lambung ku. Tapi biasanya cuma diawal bulan puasa karena setelah melewati beberapa hari perut terasa normal, lapar ada tapi tidak begitu perih dan tidak terasa mual. Dan makan tentu selalu dijaga menjauhi makanan asam, pedas dan setress, dan makan tak boleh banyak langsung apalagi kekenyangan. Tentu saja untuk puasa sehat kita harus mengatur pola makan dengan baik, baik dari segi waktu hingga asupan apa saja yang baik untuk kesehatan lambung dan seluruh tubuh tentunya.

Ups, tunggu. Jadi timbul pertanyaan ya? Setelah menjalani puasa beberapa hari  kok gejala maag mereda?Nah, ternyata puasa juga memberikan manfaat buat penderita maag, kok bisa ya, Apa penyebabnya?

Puasa di bulan Ramadan telah menjadi kewajiban umat muslim, diyakini sebagai perintah Tuhan dan bentuk ketaqwaan. Tapi dibalik itu Tuhan menunjukkan manfaat dari puasa yaitu menyehatkan, jika puasa dijalani dengan baik dan berbuka tak berlebih-lebihan ( karena Allah tak suka yg berlebihan) Insha Allah juga berefek baik untuk kesehatan, seperti menormalkan kadar kolesterol, kadar gula darah  , dan ternyata juga meringankan gejala gangguan lambung.

Kenapa sakit maag sembuh jika berpuasa di bulan Ramadan?

  1. Jadwal makan teratur. Ini sudah dipastikan ya, jadwal makan sahur dan buka itu selalu disiplin tepat waktu. Dan lambung mulai menyesuaikan pola makan , karena itu setelah beberapa hari penyesuaian lambung terbiasa. Karena pada dasarnya timbulnya penyakit maag karena pengaturan pola makan yang kacau serta berlebihan.
  2. Produksi asam lambung berkurang. Ketika makan kita terjadwal dengan baik maka asam lambung diproduksi sesuai yang dibutuhkan. Asam lambung akan terus diproduksi selama ada makanan di lambung, jika tidak ia akan menguranginya.
  3. Tak ada kerja keras dalam saluran cerna. Pada saat puasa Esofagus beristirahat tak ada kegiatan mendorong makanan keperut dan ke usus secara berlebihan.

Walaupun pengalaman puasa penderita maag memberi peluang sembuh bagi pasien. Namun bukan berarti kita bisa makan semaunya dan sepuasnya dijadwal makan sahur dan puasa, sebaiknya tetap perhatikan asupan. Orang dengan kondisi maag, makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung gas seperti soda, durian, sayur-sayuran seperti kol, kubis, dll., makanan beralkohol, asam seperti lemon, jeruk, serta makanan pedas dan berminyak. Pada saat sahur atau berbuka juga disarankan untuk menghindari makanan tersebut.  
Kondisi maag yang tidak ditangani dengan baik, maka beresiko terjadi serangan akut lebih sering dan yang lebih fatal adalah perdarahan lambung akibat lesi lambung/luka. Ada juga kondisi yang orang sering juga alami tapi tidak terdeteksi seperti heart burn atau GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) yang dirasakan nyeri di ulu hati/dada dan orang sering menyangka seperti serangan jantung. Padahal kondisi tersebut terjadi di lambung bagian atas dan berhubungan dengan kerongkongan (esofagus).

Ketika mengalami gangguan maag yang sering kambuh, maka pilihannya adalah berobat ke dokter dengan obat  jenis antasida dan kadang omeprazole sebagai pencegah asam lambung. Tapi kadang juga takut jika digunakan terus menerus jadi aku terkadang  lebih cendrung memilih untuk menggunakan bahan-bahan herbal yang sudah tersedia sa Misalnya saja kunyit, jinten hitam, pisang, cincau, lidah buaya dan lain-lain.

Tapi untuk bahan herbal seperti kunyit, lidah buaya dll, kendalanya adalah kita suka malas mengolah bahan-bahan tersebut . Ingin yang praktis siap konsumsi . Itulah awal kita ketergantungan pada obat-obatan kimia.

Pada Rabu lalu tepatnya 30 Mei 2018, Bertempat di KALCare Lotte Kuningan, Jakarta, H2 Health & Happiness beserta beberapa narasumber menyelenggarakan diskusi kesehatan bertema ”Manfaat (lain) Dibalik Puasa”. Narasumber yang ahadir ada 3 orang diantaranya dr Liza (dokter kecantikan dan anti aging dari Klinik Estetiderma), dr.Ari Fachrial Syam SpPD (dokter gastroenterology dari FKUI RSCM) serta doktet Claudia Anggi (Medical PT Kalbe Farma Tbk).

Penyelenggaraan diskusi ini merupakan puncak peluncuran  produk Kalbe Farma. PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui brand H2 Health and Happiness meluncurkan produk baru yaitu H2 Genetron Kapsul, H2 Genetron Tepung dan H2 Zativa. Ketiga produk tersebut melengkapi produk portofolio H2 Health & Happiness di kategori Suplemen dan Food.

Khususnya H2 Zativa adalah  produk yang dikhususkan untuk para pengidap asam lambung. Ini sangat praktis digunakan, dan mencegah kita tergantung pada bahan-bahan kimiawi. H2 Zativa mengandung ekstrak jinten hitam (niggela sativa/habbatussaudah), kunyit (curcuma domestica), dan temulawak (curcuma xanthoriza) yang bermanfaat untuk mencegah kekambuhan gejala dyspepsia/maag seperti mual, kembung, nyeri lambung. Ekstrak jinten hitam mengandung zat aktif thymoquinone sementara temulawak dan kunyit mengandung zat aktif curcumin. Kombinasi ini dalam H2 Zativa bekerja dengan mekanisme anti flatulen (menghilangkan kembung) dengan cara memecah gelembung gas di lambung menjadi lebih kecil dan mudah di keluarkan, mucosa protection (melindungi dindin lambung) dengan cara meningkatkan produksi musin/lendir yang melapisi dinding lambung.


Untuk memaksimalkan manfaat puasa dari segi kesehatan tentu tak serta Merta bergantung pada kegiatan puasa itu sendiri. Kita tetap berusaha menjaga pola makan yang kita konsumsi, menjaga pola tidur, menjaga pikiran agar tidak stress, dan tentu juga butuh suplement. Buat teman-teman yang sedang berpuasa tapi  merasakan gangguan lambung tak salahnya mencoba H2 Zativa karena mengandung bahan berkhasiat , lebih alami, berkualita diproduksi PT Kalbe Farma yang terpercaya dari sejak dulu dan memiliki puluhan cabang di Indonesia.

23 comments

  1. Wah, keren!
    Aku beberapa kali dibawa puasa, badan emang enak, Mbak. Tapi ada kondisi dimana aku harus batalin puasa juga. Intinya, selain bolong krna mens, puasa bulan Ramadan aku bolong jg krna maag kambuh. Tp frekuensinya gak sebanyak di luar bulan puasa.

    Btw, harga Zativa itu berapaan, Mbak?

    ReplyDelete
  2. Aku termasuk orang yang sering sakit maag saat puasa mbak. Jadi kadang agak PR karena harus pilih 2 makanan, Zativa ini solusi banget deh. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  3. Puasa itu memang menyehatkan ya Mba... mengatur sistem percenaan di tubuh kita biar ada sessi istirahatnya hehe..

    ReplyDelete
  4. Puasa Selain sebagai ibadah dan perintah Allah mempunyai banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan

    ReplyDelete
  5. Cara memecah gelembung gas di lambung menjadi lebih kecil dan mudah di keluarkan ini dengan cara buang angin ya?

    Siap2 banyak biang angin ya kalau konsumsi obatnya

    ReplyDelete
  6. Jadi intinya kalau sakit maag harus makan teratur ya. Noted! Thanks for sharing mba :)

    ReplyDelete
  7. Waah, bener banget. Puasa justru sering bikin penderita penyakit maag sembuh. Tapi kalo ada obat alami gini mah, maag kambuh lagi gak usah bingung ya. Obat ini udah ada.

    ReplyDelete
  8. kalo udah endoskopi, artinya udah parah dong yaaa. moga kita sehat terus yaa

    ReplyDelete
  9. Justru puasa bisa membantu mengurangi sakit maag ya mba. Aku baru tahu nih H2 HH keluarin produk suplemen baru, tahunya yang untuk kulit aja..

    ReplyDelete
  10. Baru tahu kalau H2 mengeluarkan produk buat penyakit maag. Aku tahunya H2 ini punya produk tepung buat dicampur di beras utk memperkecil indeks glikemik nasi hehe.

    ReplyDelete
  11. Bener bngt mba puasa bikin maag sembuh, pernah dnger dokter bilng klo maag itu pnyakit yg d buat sndiri krn cuex sm perut

    ReplyDelete
  12. Biasanya suami suka aku rebusin jahe juga mba, tapinkalau herbal zativa lebih praktis yah jadi tinggal minum aja hehehe.

    ReplyDelete
  13. saya menggunakan beberapa produk H2, seperti suplemen kulit dan bberapa skin carenya. Ternayata H2 memang punya produk yang beragam ya

    ReplyDelete
  14. Aku pernah alami maag pas bulan puasa dan itu sangat tak nyaman buat lambungku, mba. Berasa mual juga. Kini ada Zativa ya jadi nggak kuatir kalay puasa bagi penderita maag

    ReplyDelete
  15. Jaman dulu ibu sering godogin kunyit ama temu buat terapi maag. Sama parutin singkong buat melapisi lambung sehari 2x krn adikku pernah maag parah. Soalnya mo beli obat kan zaman dl ga gampang cari yang bener. Ga kaya sekarang bisa ngecek bpom dll

    ReplyDelete
  16. dari dulu pengen banget beralih ke herbal. sekarang udah enak ya mbak, praktis gak perlu bikin sendiri

    ReplyDelete
  17. Saya termasuk penderita maag, tp selama puasa maag saya jarang kambuh

    ReplyDelete
  18. adikku butuh infomrasi ini, nanti ku kasih tahu ah

    ReplyDelete
  19. Ternyata, nggak ada alasan tidak berpuasa yaaaa hmm

    ReplyDelete
  20. Puasa emang obat paling manjur buat nyembuhin magh. Konsumsi kunyit? Emang hari gini, lebih asyik yang praktis atau paling banter minum jamu kunyit.Tks infonya, mbak.

    ReplyDelete
  21. alhamdulillah aku ga pernah sakit mag. kalo sakit, minimal ada obatnya buat ngatasinnya ya kak. ini salah satu alternatif buat yang punya mag

    ReplyDelete
  22. aku salah satu yang maag nya akut mba. menariknya saat puasa malah jarang kambuh. hehheh

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.