Minuman untuk Melancarkan Menstruasi


Haid merupakan hal rutin dialami setiap wanita dewasa. Namun begitu tak selamanya haid itu dijalani dengan mudah. Banyak teman-teman wanita mengalami gangguan haid. Normalnya perempuan mengalami setiap 28 hari dan umumnya selama seminggu. Tapi akan menjadi suatu kecemasan tersendiri jika haid tak datang setiap bulan , karena banyak penyakit yang  memunculkan gejala haid tak teratur,atau haid terlalu sedikit atau terlalu banyak, serta nyeri yang tak tertahankan ketika haid.
Haid yang tidak lancar bisa saja terjadi karena suatu penyakit atau gangguan – gangguan tertentu. Ada banyak sekali penyebab yang menjadi masalah gangguan menstruasi pada setiap perempuan dimana setiap perempuan sangat penting sekali untuk mengetahuinya agar dapat senantiasa menjaga periode haidnya. Beberapa penyebab yang umum terjadi pada perempuan yang mengalami gangguan pada masa haid diantaranya seperti penurunan berat badan, stress, gangguan pada kelenjar tiroid, hormon yang tidak lancar serta berbagai macam penyebab lainnya.

Sebaiknya periksakan ke dokter  jika gangguan haid sangat mengkhawatirkan seperti haid tak datang berbulan-bulan padahal tidak  hamil.Atau haid datang dengan waktu yang lama. Dan hal seperti itu tak bisa dianggap remeh
Nah jika sekedar datang tak teratur , atau tidak lanca kita bisa mengonsumsi beberapa minuman dan juga makanan berikut ini, setidaknya anda bisa tetap menjaga siklus haid anda agar tetap terjaga.

1.       Daun Pepaya

Sebagian orang mungkin tidak ada yang suka dengan daun pepaya untuk dijadikan sebagai makanan karena daun ini memiliki rasa yang pahit. Akan tetapi, daun tersebut memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh seperti salah satunya manfaat yang besar untuk perempuan yang haid-nya tidak lancar. Daun pepaya ini memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap seperti vitamin A, B, C, D dan juga E serta kalsium. Cara pengolahannya pun mudah yaitu dengan meminum air rebusannya yang disatukan dengan gula jawa dan asam.
2.       Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah – rempah yang memiliki khasiat yang sangat tinggi sekali untuk kesehatan. Salah satu diantaranya adalah untuk menstruasi atau haid tidak lancar. Untuk anda yang saat ini mengalami menstruasi yang tidak lancar, anda kini bisa langsung mengambil kunyit lalu meminumnya setelah anda merebusnya. Kini anda pun bisa juga meminum jamu ramuan kunyit yang telah banyak dijual di pasaran. Kunyit sendiri mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin.
3.       Mengkonsumsi Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan. Mengkonsumsi wortel setiap hari bisa meningkatkan kesehatan anda seperti salah satunya untuk kelancaran menstruasi anda. Selain itu, anda bisa juga mengolahnya sebagai jus baik menggunakan gula yang sedikit atau tanpa gula untuk dikonsumsi secara rutin agar menstruasi anda tetap lancar.

Nah itu beberapa ramuan herbal yang dapat kita olah sendiri ,dan bahannya juga mudah didapat.Kalau aku sendiri senangnya minum kunyit. Karena selain kunyit melancarkan haid juga bagus untuk organ pencernaan, juga tumbuhan yang berfungsi sebagai antibiotik alami. Apakah teman-teman suka minum sesuatu yang alami untuk memperlancar haid ?

17 comments

  1. Saya biasanya minum kunyit asem dari mbak jamu, enak. Tapi sekarang banyak yang instant sih untuk melancarkan menstruasi ya

    ReplyDelete
  2. aku ga prnah mens ya iyalah cowok, tapi kayaknya emang kalau bini lagi mens itu menderita ya suka marah2 haha.. perlu nih dikasih ginian

    ReplyDelete
  3. Mbak ini minumnya mesti rutin gitu atau pas menjelang haid aja? Aku tuh tiap menstruasi pasti sakit banget, sampe pucet. Apalagi waktu masih remaja dulu, pernah pingsan di bus karena kesakitan.

    ReplyDelete
  4. Aku nggak pernah minum2 apapun berkaitan dengan mens. Alhamdulillah lancar aja. Paling habis mens beli jamu sepeda yang masuk kompleks hahaha

    ReplyDelete
  5. Wah.. Ternyata daun pepaya bisa melancarkan haid ya :O saya baru tahu mba! Tapi saya pilih minuman bahan kunyit deh, ga kebayang rasanya daun pepaya hihi

    ReplyDelete
  6. Saya suka daun pepaya, dijadikan lalapan rasanya enak, ternayta bermanfaat memperlancar haid ya, makasih nih infonya

    ReplyDelete
  7. Nah ini, tips yang bermanfaat banget buat kaum hawa di seluruh dunia agar tamu bulanannya datang teratur dan tidak pake rasa nyeri... Thanks Mbak udah berbagi..

    ReplyDelete
  8. Kakak kalau lagi datang bulan suka konsumsi wortel dan kunyit. Dan rmang manjur sih.. cuma sayanya belum pernah nyoba juga...baca ini bisa banget buat rerrensi. Kalau2 tar datang bulannya bermasalah. Makasih mba

    ReplyDelete
  9. Semua sudah saya coba. Maklum sejak masih lajang kalau datang haid sakitnya suka gak tahan. Sampai guling2 gitu... Banyak yang menyarankan minum ini minum itu. Saya turuti. Termasuk ramuan tradisional maupun racikan instan/modern

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah selama ini haid lancar dan teratur.. Dan kalau minum kunyit jadi lebih segar di badan dan berasa sehat

    ReplyDelete
  11. Konsumsi wortel aku rutin mbak tiap hari. Alhamdulillah memang dampak positif nya berasa banget khususnya di bagian mata. Kunyit nih aku yang belum terlalu suka hehe

    ReplyDelete
  12. wih kebetulan temen ku haid nya nggak lancar. aku izin share ke temenku ya mbaa, makasih informasinya :)

    ReplyDelete
  13. daun pepaya bisa juga ya mbak? wah ini makanan kesukaan saya..bisa dicoba nih kalau tamu lagi dateng

    ReplyDelete
  14. tetep aja yang namanya bahan tradisional pasti punya khasiat lebih bagus dan pastinya bebas dari bahan kimia karena dikonsumsi dalam keadaan seger. pasti wanita pada seneng nih mengkonsumsinya

    ReplyDelete
  15. Aku kadng beli jamu kemasan, pernah juga sih marut sendiri mbak. Cuma ya seringnya minum jamu kemasan botolan itu. Nyeri haid jd berkurang.

    ReplyDelete
  16. Kalau lagi dapet biasanya minum kunyit asam kak sama pil penambah darah, klo ga kaya gt pasti pusing2.

    ReplyDelete
  17. Dari ketiganya, saya pilih wortel aja deh, soalnya trauma sama kunyit, hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.