Tips Menghemat Paket Internet

Pada sebagian orang hidup tanpa paket internet oleh sebagian orang bagaikan sayur tanpa garam bahkan jauh lebih buruk dari itu, jauh dari pasangan gak apa asal jangan jauh dari internet, ketinggalan dompet masih tenang tapi kalau ketinggalan gadget resah gelisah, itu fakta.  Ya. Memang itulah yang terjadi pada saat ini, berselancar di dunia maya kadang tak hanya untuk bersenang-senang saja, banyak bisnis dan pekerjaan yang dilakukan secara online yang begitu memudahkan, dan memang sudah saatnya kita memanfaatkan teknologi yang ada, jangan gaptek apalagi butek alias buta teknologi.

Provider sekarang begitu berlomba-lomba memberikan promo paket data internet murah, dengan berbagai pilihan dan harga yang murah. Tapi semurah-murahnya paket data tapi tetap saja tergantung pemakaian kita, walau pun disana untuk satu bulan tapi jika dipakai terus menerus apalagi untuk streaming video bukan sekedar chating, toh akan cepat habis juga.

Nah, aku punya tips nih  untuk paket menghemat pemakaian internet. Aku tergolong orang yang rusuh kalau sehari atau sekian jam saja jauh dari internet, buat cek email, cek grup chatting, ngeblog, dll. Tapi juga gak mau kalau paket internet habis.

Bekerja Saat Malam Hari. Untuk pekerjaan online yang waktunya sangat fleksibel kita bisa lakukan malam hari. Banyak provider yang memberikan paket internet mid night murah. Kita bisa manfaatkan ini misalnya kirim email, download berkas yang banyak dll. Lagi pula lebih hening dan loading lebih cepat.

Putuskan paket data atau gunakan mode terbang. Jika di jam sibuk , atau lagi santai dan lebih fokus ke dunia nyata, kita bisa aktifkan mode pesawat, dengan begitu paket internet tak terbuang begitu saja.

Pilah Aplikasi Sosial Media. Untuk sosial media pastinya kita gak aktif disemua akunt media sosial. Cukup download yang sering kita gunakan yang mana. Jika semua aplikasi sosial media sinkron pastilah sangat menguras kuota internet.

Stop Auto Update Aplikasi. Biasanya aplikasi sering update sendiri dan gak cuma satu. Jadi lebih baik jika update menggunakan WiFi saja.

Gunakan Browser yang hemat data. Ada beberapa browser yang sudah dikompres dan memudahkan download dan lebih ringan.

Offlinekan fitur Google Map atau GPS. Mengaktifkan map atau GPS memang membantu perjalanan. Tapi jika kamu setiap hari bolak-balik dalam kota saja untuk apa aktifkan maps? Mengaktifkan Maps akan sinkron berkali-kali nah tentu saja akan memakan kuota internet.

Pilih beli paket internet via aplikasi. Sekarang provider sudah memiiki aplikasi , nah kita bisa beli lebih murah bahkan dapat bonus. Diluar aplikasi provider  ternyata kita juga bisa beli lewat aplikasi lain, aku sih menyarankan beli via Traveloka saja. Pasti banyak yang belum tahu jika Traveloka juga menjual paket data. Membeli paket data atau paket internet di Traveloka cukup mudah pembayarannya. Waktu itu aku browsing di malam hari tiba-tiba  ada pemberitahuan kalau kuota akan habis. Waktu itu rasanya galau banget , eh ingat di hp ada aplikasi Traveloka aku langsung deh buka dan beli paket internet Axis di Traveloka.

Harga yang dibayarkan sesuai dengan harga yang ditampilkan. Kita bisa membayar via online, internet banking, mobile atau SMS banking juga via ATM, kartu kredit atau dan potongan debit langsung. Transaksi dipastikan aman. Traveloka memang menjadi solusi beli paket data disaat kamu jauh dari counter penjualan paket data. Teman-teman jangan lupa download aplikasi Traveloka ya, aplikasi satu untuk semua, bahkan buat teman-teman yang sedang berada di Luar negri.

2 comments

  1. Wah, makasih tipsnya mbak. Yang auto update itu bener banget. Saya suka kaget kuota dikit eh malah dia update aplikasi. Hahaha...

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat mbak :) Oh iyaya, baru kepikiran kalo kerja tengah malam selain bisa fokus akunya juga bisa berlangganan paket internet murah

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.