Sering Pegal, Jangan Sembarang Minum Obat


Pegal-pegal yang kita rasakan merupakan hal yang lumrah karena seharian bekerja dan kurang istirahat. Namun begitu kita tidak boleh menyepelekan jika pegal-pegal itu sering kita rasakan, apalagi disaat kita tidak beraktifitas berat, terutama dibagian persendian. Sebelum mengobati pegal linu sebaiknya kita harus tahu dulu penyebabnya. Jika hanya kelelahan kita hanya butuh beristirahat saja, tapi jika ada hal lain penyebabnya kita tentu harus butuh obat yang sesuai berdasarkan penyebabnya.

Berikut Penyebab pegal linu,
Kurang Gerak, Jangan salah pegal linu tak hanya disebabkan  oleh banyaknya aktivitas, tapi juga karena kurang gerak. Seharian hanya tidur, nonton televisi, banyak duduk , juga menyebabkan pegal. Otot dan sendi juga butuh digerak-gerakkan. Lagi pula banyak diam juga bisa menimbulkan penyakit. Latihlah otot dan sendi, jika dirumah kita bisa melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, atau bisa juga berolahraga.
Terlalu banyak kegiatan dan aktivitas. Jika terlalu banyak aktivitas dan kurang istirahat tubuh juga akan pegal-pegal. Obatnya cukup istirahat , minum vitamin, mungkin sedikit pijatan bisa membuat tubuh segar kembali.
Mengangkat beban berat. Waspada jika mengangkat beban berat, posisikan tubuh dengan seimbang. Jadi sebaiknya saat mengangkat barang yang posisinya dilantai lebih baik jongkok dulu dan angkat, ini lebih meringankan beban otot pinggang dibanding mengambilnya dengan cara membungkuk.
Penyakit. Beberapa Penyakit bisa menimbulkan rasa pegal linu apalagi bagi yang sudah lansia. Asam urat, kolesterol, dan diabetes dapat memberikan rasa pegal linu bagi penderitanya.
Jangan sembarang minum obat
Kurang Asupan. Tubuh butuh asupan makanan dengan kandungan vitamin, mineral yang seimbang. Semua supan mengontol semua aktivitas tubuh termasuk dalam relaksasi, jika tubuh kekurangan salah satu mineral maka akan terasa pegal, atau lelah.
Kurang Minum. Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh kita butuh air yang cukup, sendi butuh pelumas yang juga sangat memerlukan air. Kekurangan cairan akan membuat kelelahan pada otot , pegal pada sendi, bahkan bisa memicu sakit pinggang, dan komplikasi penyakit lainnya seperti ginjal, asam lambung dll. Untuk itu kita diharuskan banyak minum air putih minimal 8 gelas air. Terkadang kesibukan kita lupa untuk minum, banyak duduk, banyak beraktifitas membuat kelelahan makin bertambah.

Banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan pegal yang ia alami. Apapun itu yang penting sesuai gejala dan tepat penanganannya. Jika kurang minum perbanyak minum dan makan buah, pijatan bisa jadi alternatif tapi pastikan tidak memperparah karena pegal karena asam urat ataupun gula darah sangat tidak dianjurkan untuk dipijat. Cek gula darah, kolesterol dan asam urat sebelum memutuskan memijat, karena justru akan melncederai saraf. Meminum jamu juga banyak menjadi alternatif lain, karena di Indonesia banyak sekali tumbuhan herbal untuk meringankan pegal linu, seperti madu, jahe, kencur ,kunyit dll. Obat-obatan kimiawi sebaiknya menjadi pilihan terakhir, karena dengan minum obat sejenis parasetamol ataupun ibuprofen memang ampuh tapi apakah akan terus minum dan ketergantungan? Sebaiknya jangan.
Oh iya ada solusi cepat untuk menghilangkan pegal, ini bisa dilakukan dimanapun tanpa perlu racik jamu atau memijat.  Biasanya aku suka tempel dengan koyo biasanya saya gunakan Hansaplast koyo. Hansaplast. Terdiri dari 3 jenis yaitu Hansaplast Koyo Hangat, Hansaplast Koyo Hangat Pereda Pegal dan Nyeri Otot, Hansaplast Koyo Panas Pereda Pegal dan Nyeri Otot. Hansaplast Koyo yang mampu memberikan panas yang intensif dan berkelanjutan dan akan melekat dengan nyaman pada leher dan bahu.
Koyo memang memiliki efek menghangatkan adalah metode sederhana dan efektif yang dapat meredakan rasa sakit pada bagian tubuh  seperti nyeri otot bahu akibat ketegangan. Fungsi koyo mengeluarkan panas untuk meredakan rasa sakit dan melemaskan otot.  Gak masalah jika kita sering pegal-pegal ditempat kerja untuk bawa koyo sachet yang praktis.
Jika teman-teman pegel linu biasanya diapain sih, apa senang dipijat atau minum jamu. Jika punya solusi silakan sharing dikolom komentar ya.

17 comments

  1. Aku kalau pegal memang jarang minum obat, lebih suka pake balsam atau hansplast koyo hehe

    ReplyDelete
  2. aku juga sering pakai koyo, apalagi kalau lagi masuk angin dan ngga ada yang ngerokin. Lumayan bikin anget di badan...

    ReplyDelete
  3. saya termasuk sering ngerasa pegal lho..tapi semenjak rajin olahraga pagi seperti jalan dan jogging memang benr sih, jadi gak sering pegal lagi

    ReplyDelete
  4. Aku jarang banget minum2 obat. Hanya tolak angin yang jd andalan, tidur cukup. Kalau pegel2 pijit refleksi klo puyeng2 dikit tempel koyo. beres hahaha.

    ReplyDelete
  5. Jadi kayak serba salah ya... Kuramg gerak bikin pegal, banyak kegiatan juga bikin pegal linu. Saya juga sering pakai koyo kalau pegal pegal.

    ReplyDelete
  6. Kalau pegal-pegal daku lebih suka dioleskan balsam.. Terus pijit gentar, bawa tidur deh.. Seger pas bangun tidur

    ReplyDelete
  7. Aku biasanya kalau pegal-pegal pilih balurin dulu dengan minyak pijat, terus pijat-pijat. Koyo baru kupakai kalau lebih pegal lagi.

    ReplyDelete
  8. Aku jg lbh pilih pakai koyo atau minyak2an kalau badan pegal mbak. Or minta pijit hehe. Kalau minum obat sembarangan gak berani.

    ReplyDelete
  9. Iya mba bener banget. Dulu punya tetangga kalau pegal langsung minum obat kambuh lagi minum obat lagi. Gak bagus banget ternyata ya.

    ReplyDelete
  10. Saya pegal.pegal minta pijit suami mbak, kalau sudah parah banget saya mendingan tidur secukupnya di lantai. Enak banget, dingin dan adem .. Alhamdulillah terapi itu kerasa banget pas saya pegel dibadmgian punggung ja lebih berkurang sakitnya.

    ReplyDelete
  11. Iya, betul sekali ini mba.. pokoknya jangan sampai ketagihan obat-obatan. Tapi kalau saya lebih pilih balsemdaripada koyo :)

    ReplyDelete
  12. Ternyata saya termasuk yang masih membungkuk saat mengangkat beban berat, alih2 jongkok dulu posisinya. Makasih tips nya kak

    ReplyDelete
  13. kalau pegal banget saya pijit.. tapi kalo biasa aja saya pakai minya tawon di balur di seluruh badan..

    ReplyDelete
  14. Saya jarang pakai koyo. Kalau pegal kasih balsem aja. Tapi seringnya sih ga kasih apa2. Mending tidur. Kalau masih pegal enaknya di massage.. xixixi

    ReplyDelete
  15. Blogger Eksis sih lebih sering dipijat. Tapi, lebih praktis memang pakai koyo Hansaplast. Tinggal tempel, pegal linu pun hilang*

    ReplyDelete
  16. Aku kalo pegal2 biasanya langsung di istirahatin mbak, tidur yg banyak. Kalo masih pegal biasanya pergi pijit hehe, ya bener sebisa mungkin menghindari minum obat

    ReplyDelete
  17. Saat kurang gerak memang kadang badan juga pegal-pegal, apalagi kalau kebanyakan tidur selain pegal suka pusing juga.
    atau beraktivitas yang terllau berat, biasanya bahu sma kaki pegel sangat, aku suka pakai koyo biar ototnya gak enakan.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.