Tips Penggunaan Lipstik untuk Bibir Kering



Wajah menjadi perhatian utama dalam melakukan perawatan.  Jerawat, komedo, kulit berminyak selalu menjadi pokok permasalahan yang sering diperbincangkan. Namun ada satu bagian yang terlupakan, yaitu bibir. Mungkin ada yang berpikir, ah cuma bibir tinggal poles lipstik, beres.
Tidak semudah itu, buktinya banyak perempuan yang mengeluh dengan bibirnya yang kering. Bibir kering biasanya akan terlihat pecah-pecah bahkan ada yang berdarah. Keadaan bibir seperti ini tentunya tidak akan bisa membuat lipstik terpoles dengan cantik, salah-salah pilih lipstik justru  akan membuat semakin kering. Jadi sebaiknya sebelum membeli lipstik ada baiknya kenali jenis kulit bibir, normal, kering, terkelupas atau yang lainnya. Sebelum memilih lipstik, pastikan dulu kenapa bibir bisa kering. Karena bibir kering juga disebabkan oleh kebiasaan kita sehari-hari.


Penyebab Bibir Kering

  1. Kurang Minum. Seluruh anggota tubuh membutuhkan asupan air yang cukup termasuk bibir. pastikan  minum air minimal 8 gelas sehari
  2. Jarang Makan Buah dan Sayur. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jika kurang vitamin tak hanya bibir yang terlihat kering tapi kita akan terlihat lesu dan loyo.
  3. Merokok. Merokok dapat membuat bibir kering bahkan akan menghitam, jika kamu adalah termasuk wanita yang suka merokok lebih baik hindari kebiasaan ini. Karena rokok bukan sekadar membuat bibir kering tapi juga akan merusak organ tubuh yang lain.
  4. Salah Menggunakan Lipstik. Menggunakan kosmetik terutama bibir, bukan asal-asalan karena suka warnanya, karena murah, atau karena produk luar yang lagi booming. Gunakan lah kosmetik sesuai jenis kulit termasuk lipstik, agar tak sekadar terlihat cantik tapi juga memberikan efek baik ke depannya, karena cantik itu bukan untuk sementara, tapi menjaganya untuk jangka panjang.
Perbanyak minum dan makan buah segar . Kandungan Air dalam tubuh, dan vitamin yang cukup , membantu melembabkan kulit juga bibir


Solusi Mengatasi Bibir kering
  • Perbanyak minum air putih dan makan buah-buahan segar
  • Hindari merokok atau kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesegaran kulit seperti begadang dll
  • Gunakan pelembap bibir saat beraktivitas di luar ruangan atau bersentuhan langsung dengan sinar matahari.
  • Jika suka dengan produk alami, kamu bisa mengoles bibir dengan madu saat malam hari sebelum tidur
  • Gunakan lipstik yang sesuai dengan kondisi bibir kamu.


Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan lipstik bagi pemilik bibir kering
  • Tidak gonta ganti merek lipstik. Hindari penggunaan lipstik matte. Karena lipstik matte terkesan meresap di bibir tapi sebenarnya hanya polesan saja dan terlihat kering. Kondisi ini justru akan membuat bibir semakin kering. Jika bibir atau lipstik mengelupas justru sangat tidak nyaman dan kurang enak dipandang. Dan jangan sampai kamu punya kebiasaan menarik-narik kulit bibir yang terkelupas justru akan menyebabkan luka dan bibir akan semakin pecah-pecah.
  • Hindari lipstik yang mengandung parfum atau bahan kimia lainnya. Lipstik dengan kandungan ini jika tidak cocok dapat memicu iritasi atau alergi pada kulit bibir, sehingga membuat kering dan mengelupas.
  • Ada baiknya sebelum menggunakan lipstik lebih dulu dioleskan  pelembab bibir. Ini bisa menjadi solusi jika sesekali menggunakan lipstik matte.

  • Pilih brand lipstik yang memiliki banyak varian. Biasanya kita sangat setia pada satu brand, tapi nyatanya tak banyak memberikan pilihan dan tidak sesuai kebutuhan. Lipstik Revlon adalah salah satu brand  yang memiliki banyak varian. Revlon Super Lustrous Lipstick adalah lipstik seri khusus dari Revlon, yang memiliki banyak pilihan warna. Walau kamu ganti-ganti warna lipstik, bibir kamu akan tetap lembab karena kandungan lipstik ini sangat cocok untuk bibir kering. Jangan bingung beli dimana kamu tinggal cari aja di Shopee. Tinggal klik  dan lipstik Revlon bakalan langsung sampai  di rumah.

Apakah teman-teman punya saran tentang pemakaian lipstik untuk bibir kering? Sharing donk di komentar!

13 comments

  1. klo di aku, kurang minum itu bener2 ngaruuuh banget ke bibir lgs. biasanya kalo dikantor aku selaku rajin minum 2 liter sehari, krn OB selalu nyiapin di mejaku. tp giliran weekend di rumah, lupa deh minum banyak. malamnya lgs berasa ke bibir. makanya, sebisa mungkin aku selalu banykin minum. kalo sampe lupapun, setidaknya abis mandi g pernah lupa pake lipbalm supaya bibir g kering2 bgt

    ReplyDelete
  2. Memang sebaiknya tetep pake pelembab bibir dulu ya sebelum lipstik, walau bibir sehat sekalipun. Selain melindungi, hasilnya jg lbh bagus dan tahan lama 😄

    ReplyDelete
  3. wuaaaah revlon cakep cakep ya warnanyaaa, dan pastinya nggak bikin bibir kering yaaa. nanti mau cari cari di shopee aaah. makasi infonya maaaaak

    ReplyDelete
  4. Saya biasanya mengandalkan minum air yang banyak kalo bibir lagi kering. Tapi so far selama ini nggak pernah bermasalah sama bibir kering karena kebetulan saya tukang ngabisin air galon dirumah, hehe :)

    ReplyDelete
  5. jangan sampai dehidrasi dan banyak makan buah plus sayur. Or at least buah yang rasanya enak hehehe. Aku juga suka pakai lipbalm dan lip scrub untuk jaga bibir tetap nyaman

    ReplyDelete
  6. Wah aku juga kering ni bibirnya, coba ah pakai lipbalm ,madu dan banyak air putih..nuhun yaa..

    ReplyDelete
  7. Makasih tipsnya mba. Aku klo pas musim kemarau itu juga ngrasain, bibirnya kering2 gitu. Biasaya aku pake lipbalm

    ReplyDelete
  8. Memang mba nyebekin banget yaakalau pake lipstik terus pecah-pecah gt.. jd keliatan banget bibir merah pecah2.. huhuhu..

    ReplyDelete
  9. Waduh padahal saya suka yang matte. Memang sih ya harusnya pake pelembab bibir dulu biar gak mudah kering. BTW, makasih ya tipsnya, Mak.

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk jenis bibir kering. Sekalipun sudah rajin minum dan makan buah. Mungkin karena sering gonta ganti merk lipstik. Kiat ku selama ini untuk mengatasi hanya dengan mengoleskan lip balm. Mengandung minyak dan air yang komposisinya pas..

    ReplyDelete
  11. duhh revlon.. dah lama nih gak pake lipen revlon. Saya jg males pake lipstik kalo tyt bikin kering. Jadi kudu ganti deh klo tyt lipstik yg dibeli tyt bikin kering

    ReplyDelete
  12. Revlon nih dari dulu memang terpercaya dan bagus ya kualitasnya. Aku nih penggemar lipstik yang matte, makanya bibirku sekarang cepat kering. Akhirnya tiap saat selalu menggunakan pelembab bibir, ga bisa lepas dari lipgloss ;)

    ReplyDelete
  13. Masalah bibir aku tuh mba. Karena setiap hari pakenya lip matte, jadi bibir kering deh.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.