Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe

Rambut Wanita Berhijab rentan berketombe. Keadaan kepala atau rambut yang lembab memang dapat memicu banyaknya ketombe, yang membuat kepala terasa gatal dan panas. Menurut Wikipedia Ketombe adalah Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala.



Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Jenis ketombe ada dua macam ada jenis lembab lepek adapula yang kering sehingga terlihat serpihan-serpihan putih . Adapula yang disebabkan oleh jamur yang tumbuh di kulit kepala sejenis panu.


Untuk mencegah dan cara  menghilangkan aaa untuk wanita berhijab, ada baiknya lakukan hal-hal berikut.


✓Cuci rambut minimal 2 kali seminggu atau bisa juga tiap 2 hari sekali tergantung aktifitas, a banyak mengeluarkan keringat sebaiknya 2 hari sekali.


✓ Keringkan rambut sebelum mengenakan kerudung, jika terburu-buru sebaiknya setelah aktifitas dan pulang kerumahnya baiknya kerudung segera dibuka agar rambut tidak lepek lengket, kelembaban bisa memicu tumbuhnya jamur dan ketombe.


✓ Sebaiknya inner hijab/Daleman kerudung juga harus bersih dan kering. Inner yang lembab dan jarang diganti tentu akan menjadi rumah bakteri, dan akan mempengaruhi kebersihan dan sensititas kulit kepala.


✓ Gunakan shampo yang cocok, atau yang mengandung dendruff. Shampo Anti ketombe setidaknya dapat meminimalisir tumbuhnya ketombe. Jangan lupa keramas teratur tapi gak boleh juga keseringan cuci rambut ya.


Nah untuk yang terlanjur memiliki masalah ketombe berikut beberapa  bahan alami yang dapat mengobati kulit kepala yang berketombe


Lidah Buaya. Khusus teruntuk ketombe kering atau kulit kepala kering cocok menggunakan lidah buaya yang memiliki kelembaban bagus. Caranya sebelum keramas olesi rambut dan kulit kepala pijat merata. Setelah itu keramas cuc bilas hingga bersih. Bisa dilakukan seminggu sekali.


Minyak Zaitun.  Minyak zaitun juga cocok untuk melembabkan kulit kepala yang kering dan berketombe. Caranya sama saat menggunakan lidah buaya.


Jeruk Nipis/Lemon. Cara Menghilangkan ketombe dengan  jeruk nipis dan lemon cocok buat kamu yang memiliki rambut yang lepek cendrung berminyak. Biasanya ketombe menebal dikulit kepala terasa gatal, aketika digaruk maka akan banyak yang nyangkut dikukus. Nah caranya kamu keramas seperti biasa. Setelah dibilas gosokkan jeruk nipis atau lemon  yang telah diiris ke kukit kepala yang banyak ketombe, secara merata. Kemudian keramas sekali lagi bilas hingga bersih.


Buat kamu yang ketombenya sangat banyak dan parah susah dihilangkan, ada baiknya kedokter kulit. Bisa jadi itu disebabkan infeksi jamur atau masalah lainnya. Soalnya pernah kejadian ada yang sampai ngebotakin rambut gara-gara ketombe ini. Walau gak punya rambut tapi tetap saja ketombe banyak. Nah, kemudian ia kedokter ternyata bukan ketombe seperti biasa.


Apakah teman-teman punya Maslah rambut berketombe? Punya cara lain mengatasinya? Share yuk dikolong komentar
---

Images : Canva

2 comments

  1. Minyak zaitun serba guna banget memang, dengan ragam manfaatnya yang bisa kita manfaatkan dengan baik

    ReplyDelete
  2. wah bsia pakai minyak zaitun ya, padhl aku banyak minyak zaitun di rumah

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.