Pengalaman Memutihkan Gigi Dengan Buah Pinang


Pengalaman Memutihkan Gigi Dengan Buah Pinang ini murni pengalaman aku sendiri waktu kecil , sekitar kelas 3 atau 4 SD gitu deh. Aku memang orang yang agak malas sikat gigi, jadi dipastikan gigi jelek dan berwarna kuning. Awalnya pede aja sih dengan keadaan gigi yang begitu hehehehe namanya juga anak-anak.
Hingga suatu waktu guru dikelas melakukan pemeriksaan gigi, ya cuma suruh nyengir liatin gigi gitu deh. Dan ketahuanlah yang jarang sikat gigi. Dan diantara teman ada tipe tukang bully dan bilang gigi ku kuning, sebel.

Sampai dirumah aku cerita deh sama mamak. Bukan dibelain malah Omelan ditambah , Lol. Terus mamak bilang kalau pengen gigi putih bisa kok di gosok dengan arang pinang.

Arang Pinang? Iya, arang buah pinang. Tau donk buah pinang. Jika sabut buahnya dikupas maka akan ada biji dalamnya yang keras itu. Kalo sekarang banyak dicongkel dan dijual. ya. Buah pinang dibakar hingga gosong kemudian di tumbuk hingga halus seperti bubuk tepung. Bubuk tepung arang pinang ini digosokkan ke gigi. Ya kalau gigi udah sudah hitam dan penuh dengan bubuk arang kita bisa berkumur dan membuangnya. Kemudian mulai gosok lagi hingga bersih. Kita bisa mengulangnya 2 atau 3 kali seminggu. Hasilnya lumayan click dibanding sebelum digosok bubuk arang pinang.

Kata mamak pinang juga bermanfaat menguatkan gigi. Karena nenek jadul di zaman dia kecil suka menyirih dengan dicampur irisan pinang. Membuat gigi mereka kuat sampai tua.

Mohon maaf ya kalau tidak dilengkapi image yang memberikan contoh cara membuatnya. Karena ide menulis memutihkan gigi dengan buah pinang ini spontan saja teringat.  Dulu itu kami memasak dengan tungku kayu, jadi membuat arang pinang itu gampang. Tinggal ambil pianng yang sudah tua, tak perlu dikupas langsung saja taruh dekat api tungku, setelah jadi arang , ambil dengan sendok sayur aluminium yang panjang biar gak panas, terus celupin kedalam air agar Baranya mati. Kemudian tinggal terus jadi serbuk. Hehehehe

Apakah teman-teman punya pengalaman membersihkan gigi dengan bahan alami lainnya? Boleh kasih tips donk..

5 comments

  1. Pernah dengar pakai abu juga bisa katanya, tapi blm pernah nyoba sih hehe.....

    ReplyDelete
  2. wah pernag denger sih dan aku baru tahu penampakan buah pinang

    ReplyDelete
  3. wih, baru tau aku kalo buah pinang bisa untuk memutihkan gigi..
    nyoba juga ah.. :D

    ReplyDelete
  4. Oh, jadi benar ya kalau buah pinang mampu memutihkan warna gigi ?.

    Aku pernah lihat buah pinang sewaktu nenek buyutku masih hidup.
    Beliau sering menginang dan buah pinang ini salah satu camouran bahannya.

    Pantas saja, gigi nenek buyutku masih terawat baik dan putih bersih sampai di akhir hayatnya.

    ReplyDelete
  5. Kalau pinang saya pernah coba waktu ke sumba. Enak juga makan pinang, dan gigi lebih putih. Tapi tetap abis makan pinang ya gosok gigi.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.