Faktor Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut


Dalam hal bergaul kita paling senang berbicara sharing dengan teman yang lain. Apalagi jika sudah akrab kemana-mana selalu bareng, curhat ini itu. Tapi kadang suka tersinggung jika orang yang kita bicara refleks tutup hidung, kesannya kurang sopan ya, tapi berterimakasih lah, karena disana ada kejujuran , membuat kita sadar bahwa aroma mulut kita tidak sedap dan menggangu teman bicara.
Yes,  sebaiknya kita cari dulu apa penyebabnya dengan begitu kita tau bagai mana mengatasi bau mulut.

Berikut beberapa penyebab bau mulut:

Faktor Makanan. Banyak makanan yang beraroma tajam dan meninggalkan bau yang tak sedap pada mulut walaupun sudah dibersihkan. Diantaranya adalah Petai, Jengkol, Bawang Putih dll. Sebaiknya jika hendak bepergian atau dan acara yang akan bersinggungan dengan banyak orang sebaiknya kita tidak mengkonsumsi makanan yang beraroma yang tak sedap.

Malas Membersihkan Mulut Dan Gigi. Bersihkan gigi setelah makan dan sikatlah gigi minimal 2 kali sehari. Makanan yang menyempil atau nyangkut disela gigi akan membusuk jika tidak dibersihkan.

Infeksi Mulut dan Gusi. Jika mulut jarang dibersihkan , banyak bakteri, berujung timbulnya penyakit pada gigi dan gusi. Gigi akan cepat rusak dan bolong yang akan menjadi tempat pavorit makanan untuk nyangkut. Infeksi gusi lebih berbahaya biasanya gusi mudah berdarah, bengkak, dan bernanah. Tau dong, bahwa bau darah dan nanah itu amis. Jika ini terjadi sebaiknya segera ke dokter gigi, bersihkan karang gigi, mengeluarkan darah dan nanah dari gusi, dan biasanya dokter juga akan memberi obat. Untuk gigi berlubang disarankan untuk ditambal. O iya lidah juga bisa menimbulkan bau karena biasanya juga menjadi tempat jamur berkembang. Ada baiknya saat menyikat gigi ludah juga dibersihkan.

Kurang Minum, kurang sayur dan buah. Mulut juga butuh air liur untuk melindungi dari bakteri . Jika kekurangan air, vitamin dan mineral mulut akan menjadi kering, atau air liur mengental. Keadaan kering atau kurang air mulut menjadi tempat yang disenangi bakteri untuk berkembang biak.

Penyakit Saluran Cerna . Penyakit asam lambung, refluks bisa menyebabkan nafas dan mulut bau. Kembalinya makanan yang telah  telah dicerna ke dalam esofagus dan rongga mulut dapat menimbulkan masalah bau mulut dan membuat mulut kering. Ada juga beberapa penyakit lain yang dapat menyebabkan bau mulut seperti diabetes, gagal ginjal dan kanker.


Dengan mengetahui penyebab bau mulut kita bisa antisipasi dari awal atau mengobati sumber bau mulut tersebut.

Jika disebabkan oleh makanan kita bisa sikat gigi, kumur-kumur dengan cairan pembersih dan penyegar mulut, makan permen mint atau yang lainnya. Ada juga yang menyarankan berkumur dengan air rebusan sirih, ini cocok buat punya gigi berlubang.

Untuk menjaga kesehatan itu dimulai dari dorongan dalam diri, jika malas sikat gigi, malas makan sayur buah, ya harus tau konsekuensinya bahwa ada penyakit yang menanti termasuk bau pada mulut.

Saat berpuasa Ramadhan mulut berbau tak sedap itu wajar sih karena kita nggak minum dan mulut kering. Tapi jika baunya berlebihan artinya ada sesuatu yang harus ditangani. Jangan jadi kan alasan "kan puasa, sesungguhnya bau mulut orang berpuasa lebih wangi dari kasturi"  lantas gak mau meminimalisir bau mulut , duh jangan sampai jadi penyakit beneran  karena malas membersihkan area mulut, gigi dan gusi 

Adakah sobat sekalian punya tips memberantas bau mulut , yang dibutakan dari bahan herbal alami? Silahkan sharing dikomentar ya, berbagi kebaikan di bulan puasa ..

31 comments

  1. yang paling enggak tahan itu adalah bau mulut karena makanan ya teh, terutama yang abis makan jengkol dan petai, aduh enggak mau lah ya untuk dekat-dekat, sebaiknya menghindar aja lah

    ReplyDelete
  2. gigi berlubang juga bisa menyebabkan bau mulut ya kak..
    jadi sebelum puasa harus ditambal2 dulu yang berlubang biar gak makin bau mulut.. hehe

    ReplyDelete
  3. cara cept menghilangkan bau mulut, kumur pakai listerine dan gosok gigi dua kali,..he-he, dijamin berkurang baunya atau mungkin tambah bau,..wkwkckk

    ReplyDelete
  4. Oooh ada pengaruh juga ya dari makanan buah dan sayur? Wah memang sebaiknya kita mengonsumsi rutin ya biar sehat juga ga bau mukut. Kalau rajin minum air daun sirih bisa mengurangi atau menghilangkan bau mulut ga ya? Aku punya tanaman daun sirih di tembok rumah nih.

    ReplyDelete
  5. kl sy ada bpjs, scalling gigi dan tambal gigi dibolehkan gratis satu tahun 6 kali ke drg, lumayan hasilnya walau belum hilang total, itu akibat radang gusi dan gigi yg rusak. Mantap infonya

    ReplyDelete
  6. Dari bau mulut menurut ilmu kedokteran katanya bisa dideteksi seseorang mengidap penyakit apa, ya ..

    Seram juga kalau sampai mengalami begitu, nafas kita ngga segar.

    ReplyDelete
  7. Hal sesepele kurang minum bisa juga menyebabkan bau mulut ya ternyata. Kadang kalo asik sama sesuatu lupa makan dan minum.

    ReplyDelete
  8. saat puasa, bau mulut memang kadang menggangu yaaaa.. Makasi info dan tipsnya ya mbaaaak.. Pas banget nih lagi puasa syawal. hehe

    ReplyDelete
  9. Owalaaahh, aku jadi paham. Ternyata banyak faktor penyebab ya mba
    Makasih sharing-nya ya
    https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete
  10. Klo aku justru kadang aku yang tutup mulut ketika ngobrol jarak dekat. Takut lawan bicara pingsan. Hahahaha...

    ReplyDelete
  11. Jadi inget kudu meriksain gigi nih, hiks. berlubang di beberapa titik. Makasih infonyaa ya, Mbak. Bau mulut itu memang ganggu soalnya. Kudu bener-bener diatasin deh

    ReplyDelete
  12. Sejak aku menerapkan food combining dan sahur hanya buah saja, relatif enggak ada gangguan bau mulut saat puasa.

    ReplyDelete
  13. Aku suka makan jengkol. Habis makan sama jengkol langsung sikat gigi.

    ReplyDelete
  14. Aku pernah loh berhadapan dengan orang yang sakit kanker usus, bau mulutnya bikin pening kepala. Tapi gimana, beliau masih dalam masa pengobatan sih jadi ya kudu tahan napas aja

    ReplyDelete
  15. Iya mba aku aneh. Aku rajin gosok gigi. Tapi masih bau mulut. Sampai sekarang belum tahu penyebabnya padahal nggak lagi makan yang baunya sedap dan nggak ada sakit pencernaan. Jadi bikin aku ga PD jadinya kalau ngobrol keluar

    ReplyDelete
  16. Yang paling bikin bergidik tu kalo napas baunya bawang. Ingin cepet-cepet ngindar rasanya.

    ReplyDelete
  17. Saya sih biasanya cuma kumur-kumur pakai air biasa aja kalau pas puasa, hehehe

    ReplyDelete
  18. Ternyata kurang buah dan sayuran bisa bikin bau mulut juga, ya? Baik, kuperbanyak makan buah dan sayur ah. Oya kontrol gigi ke dokter gigi juga perlu, ya. Meski ngeri kalau denger suara alat-alat pas dokternya periksa pasien sebelum kita. Kupaksain rutin setor mulut hahaha

    ReplyDelete
  19. Gigi dan mulut jadi concern aku banget! Ga pede kalau sampai bau mulut, huhu. Faktor utamanya emang makanan ya Mbak. Wajib gosok gigi konsisten biar gigi dan mulut sehat.

    ReplyDelete
  20. Bener banget tuh, kurang air-buah dan sayur juga bisa jadi penyebab. Aku selama 9 tahun ini food combining, makan sahur cuma buah, selama itu pula gak terlalu bermasalah dg bau mulut walau saat puasa.

    ReplyDelete
  21. Abis makan jenky dan Pete yg makan ketimun dooonk, gosok gigi dan kumur2 pake kusterin. Bau apa aja ilang, ngobrol makin cetar karwna bau mulut normal.

    ReplyDelete
  22. Noted mba, aku sepertinya kurang minum banget ini. Emang bener ya jaga makanan penting, btw aku akhir-akhir ini lagi insecure juga urusan gigi dan mulut. Bisa 3x sikat gigi tiap hari nih haha

    ReplyDelete
  23. Baru tau kalau penyakit saluran cerna bs bikin bau mulut juga. Selama ini cuma tau yg lainnya itu. Tp diantara semua bau mulut sih paling gak enak itu ya bau pete. *padahal doyan juga makannya.. Haha

    ReplyDelete
  24. aku baru tau kalau penyakit saluran cerna bisa memengaruhi bau mulut, selain faktor di atas, aku setuju banget dengan makanan yang kita konsumsi, terutama petes dan jengkol, ukh kedua makanan itu enak banget tapi sayang bikin bau mulut

    ReplyDelete
  25. Paling gak enak nih ngobrol sama teman yang bau mulut, kadang ada rasa gak enak untuk kasih tau. Teman waktu kantorku dulu ada yang gitu juga, setiap ngobrol suka bau mulut.

    ReplyDelete
  26. Kurang minum bisa bikin bau mulut juga ya..kalau saya untuk mengantisipasi bau mulut seringnya pakai larutan cuci mulut. Nggak pernah pakai yang bahan alami

    ReplyDelete
  27. aku paling ga suka sama orang yang pagi2 aja udah bau jengkol atau pete mba, jadi inget ART-ku kalau pagi mulutnya suka bau wkwkw suka sebel sih tapi ya gmn lagi aku butuh bantuan dia :p

    ReplyDelete
  28. Bau mulut bisa juga disebabkan karena karang gigi mak, jadi usahakan 6 bulan atau maksimal 1 tahun sekali bersihin deh karang giginya.

    ReplyDelete
  29. Aku tuh kadang bandel kalau pas langsung tidur gitu, belum sikat gigi nggak enak banget.
    Tapi seringnya ya sikat Gigi mbak. Wkkwkkwk. Apalagi pas Puasaan. Kudu rajin jaga kesehatan mulut ehehhehehee

    ReplyDelete
  30. Pernah ngalamin bau mulut gara2 kurang minum air putih. Gak nyaman banget kayak abis nelen apaan hehee. Solusiku sih klo lagi bau mulut gitu ya minum air putih lebih banyak dan ngunyah permen mint.

    ReplyDelete
  31. Wadaw aku lagi sakit gusi nih mbaaa
    berarti aku jarang membersihkan mulut, tapi aku sika gigi 3 kali sehari malah
    kayaknya asupan sayur dan buahku kurang

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.