Siklus Menstruasi Tak Teratur? Hindari Pemicu.



Menstruasi yang tak teratur bukanlah sebuah kondisi yang bisa dibiarkan begitu saja. Jika tak segera dilakukan pengobatan, bisa-bisa nantinya akan mempengaruhi kesuburan. Tak teraturnya siklus menstruasi salah satunya bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat. Oleh karena itu,sebaiknya Anda hindari  kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu menstruasi tidak lancar

Penggunaan Alat Kontrasepsi 
Bagi  yang telah menikah, pemakaian alat kontrasepsi tentu sangat bermanfaat dalam mengatur jarak kelahiran anak. Namun, beberapa alat kontrasepsi kadang tak sesuai dengan penggunanya sehingga mengakibatkan terganggunya siklus menstruasi. Siklus menstruasi pun jadi tak beraturan, serta terkadang disertai dengan nyeri haid yang begitu menyiksa. 
Jika sekiranya rasa nyeri ini terjadi dalam waktu yang relatif lama, sebaiknya dihentikan dulu pemakaian alat kontrasepsi tersebut. Carilah alternatif alat kontrasepsi lain, yang tak menimbulkan efek yang sama pada tubuh . Jangan dibiarkan ketidakteraturan menstruasi dan nyeri ini, karena takutnya dapat memicu gangguan hormonal di tubuh.
Stress
Pekerjaan yang bertumpuk, serta tekanan yang dapatkan saat menjalani aktivitas sehari-hari, tak jarang membuat kita  dirundung stres. Salah satu akibat dari stres yang dialami adalah menstruasi tidak lancar dan juga nyeri haid. Jangan biarkan diri dilanda stres berkepanjangan. Jika perlu ikuti kelas meditasi atau pun yoga, untuk mengembalikan ketenangan jiwa yang hilang. Selain itu pastikan memiliki waktu istirahat yang cukup , minimal 6-8 jam sehari.
Pola Makan yang Tak Teratur 
Tak teraturnya pola makan, membuat Anda berisiko mengalami penurunan berat badan secara drastis. Apalagi jika Anda tak mengurusi tubuh dengan baik, dengan membiarkan diri terus begadang dan tenggelam pada pekerjaan. Berat tubuh yang berkurang drastis akan mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh. Akibatnya, siklus menstruasi pun jadi tak lancar. 
Tak sekedar menjaga pola makan. Tapi perlu menambah asupan makanan. Perbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan agar tubuh tercukupi nutrisinya. Jika perlu konsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan. 
Kurang Gerak/ Olah raga.
Buat yang memiliki siklus haid tidak lancar , berkemungkinan disebabkan kurang gerak atau olah raga. Kurang olahraga bisa menyebabkan metabolisme tubuh tidak lancar berakibat hormon kesuburan juga terganggu. Nah, ada baiknya sisihkan waktu untuk berolahraga. Tak mesti yang berat, cukup lari pagi rutin 2 kali seminggu dapat membuat tubuh lebih bugar.
Jika kamu termasuk  ingin memiliki siklus menstruasi yang teratur dan tak merasakan nyeri saat menstruasi itu datang, maka  Atut pola hidup dan makan dengan baik, agar tubuh bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jika dibiarkan begitu saja ketidaklancaran menstruasi ini, maka akan berpengaruh pada kesehatan ketika usia mulai lanjut. Yang paling ditakuti adalah menauopose dini, dan hormon estrogen tak aktif lagi. Ujung-ujungnya berpengaruh juga pada kesehatan tulang , nyeri sendi dll.

No comments

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.