5 Inovasi ‘Tua’ Yang Masih Awet Digunakan Hingga Sekarang


Kita berada di dunia modern, dimana hampir semua bisa kita nikmati secara instan. Namun beberapa teknologi yang kita gunakan sampai sekarang ternyata sudah sangat tua dan ditemukan oleh orang-orang jaman dulu.
Semua memang bisa dikatakan sangat bermanfaat bagi kita, kerja keras yang mereka bangun dan ciptakan telah mengantarkan kita untuk menikmati hidup yang lebih mudah. Jika Anda penasaran dengan beberapa penemuan jadul yang masih bertahan tersebut, berikut ulasannya untuk menambah wawasan Anda!
1. Baterai listrik



Kebutuhan akan listrik sangat tinggi di 2019 ini. Tapi ternyata tidak hanya sekarang, bahkan ratusan tahun yang lalu, orang-orang sudah sangat membutuhkan listrik. Kebutuhan akan listrik yang menjangkau ke pelosok telah mendorong para ilmuwan zaman kuno untuk menciptakan teknologi yang disebut baterai
Ya, baterai listrik ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Alessandro Volta pada 1800-an. Dia adalah seorang fisikawan Italia yang berhasil menciptakan baterai listrik menggunakan piringan yang terbuat dari seng dan perak, yang ditempatkan dalam bentuk tumpukan silindris.
Baterai sekarang digunakan di berbagai perangkat, mulai dari mobil listrik sampai laptop. Teknologi baterai pun semakin canggih dan semakin menangkal mencegah masalah-masalah umum seperti mengatasi baterai laptop cepat habis, ukuran baterai yang terlalu besar, bobot yang terlalu berat, sampai harga yang mahal (baterai diproduksi dengan harga yang semakin murah).
2. Vaksin

Pada saat dunia kesehatan belum berkembang seperti sekarang, orang-orang di zaman kuno begitu takut dan panik ketika mereka terkena penyakit. Apakah penyakitnya sangat parah? apakah ada obatnya? Dan kebingungan-kebingungan lainya. 
Untungnya, vaksin ditemukan dan kalimat ‘vaksin’ pertama dilontarkan pada oleh Edward Jenner pada 1796. Saat itu dunia sedang terserang cacar atau penyakit cacar endemik. Dan jika tidak diobati, orang bisa meninggal karena cacar. 
Sekali lagi, penyakit ini sangat menular dan Jenner berhasil menemukan vaksin yang bisa digunakan untuk mencegah penyebaran cacar. Vaksin itu mampu menyelamatkan banyak nyawa, dan ia dianugerahi gelar bapak imunologi dunia.
3. Jam

Pengingat atau alarm menjadi kebutuhan primer bagi anda yang perlu bangun pagi. Meskipun banyak orang telah mendapat manfaat dari keberadaan jam alarm, sedikit yang tahu bahwa dahulu sudah ada jam alarm. 
Ribuan tahun yang lalu di Yunani kuno, jam alarm sudah ada. Pada masa itu keberadaan jam alarm menjadi teknologi yang sangat mewah. Tentu saja, bentuk jam alarm di Yunani Kuno tidak sama dengan bentuk jam alarm saat ini. 
Plato mengatakan bahwa dia memiliki jam air besar dengan alarm yang mirip dengan organ air. Semuanya menggunakan fisika klasik, tanpa listrik, PCB, program, apalagi komputer. Baru sejak perkembangan komputerlah kalender diintegrasikan kedalam bentuk digital yang biasa kita gunakan saat in. 
4. Mesin uap

Kehadiran mesin uap langsung menciptakan revolusi di dunia industri. Meskipun sudah ditemukan sejak dulu, keberadaan mesin ini masih kita gunakan sekarang. 
Ada beberapa moda transportasi yang masih menggunakan mesin uap. Contohnya adalah ekskavator, bus, truk, dan sepeda bertenaga uap. Mesin uap bekerja dengan menggunakan energi panas dan mengubahnya menjadi energi mekanik. 
Mesin uap adalah penemuan seorang ilmuwan bernama Thomas Newcomen pada 1712, dan kemudian dikembangan secara drastis oleh James Watt. Sejak penemuan mesin uap oleh Newcomen, penemuannya telah digunakan untuk pompa stasioner atau mesin.
5. Kalender

Berkat adanya Kalender kita bisa tahu hari, bulan, dan tahun. Kalender modern hari ini memiliki 12 bulan, dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Desember. Setiap bulan berisi 30 sampai 31 hari (kecuali Februari: 28), dan dalam satu minggu ada 7 hari: Senin-Minggu. 
Kalender modern seperti yang ada di tembok rumah anda belum ditemukan sampai tahun 1600-an. Sebelum itu, ada banyak versi kalender. Setiap kalender dibuat dengan ejaan, waktu, dan tujuan yang berbeda. 
Kalender pertama yang digunakan oleh orang Mesir adalah Kalender Matahari. Kemudian Julius Caesar membuat kalender Julian, yang terdiri dari 12 bulan. 
Memiliki kelemahan, kalender Julian ditingkatkan menjadi kalender Gregorian yang diperkenalkan oleh Paus Gregorius XIII pada tahun 1582. Kalender Gregorian inilah yang sekarang digunakan oleh anda, saya, keluarga dan teman teman semua.
Nah itulah pembahasan 5 inovasi kuno yang masih awet digunakan hingga sekarang. Tentunya inovasi tidak pernah berakhir, dan mungkin yang anda kerjakan sekarang bisa digunakan masyarakat dunia sampai 500 tahun kedepan!


No comments

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.