CARA PINDAH KELAS RAWAT BPJS ONLINE, MUDAH


Perubahan besaran premi iuran BPJS hingga 100% per 1 Januari 2020 , cukup  memberatkan bagi ku, ya mungkin juga dirasakan oleh sebagian teman-teman.  Masalahnya yang dibayarkan tiap bulan itu gak cuma premi BPJS, ada listrik dan keperluan lainnya, yang ntah nanti juga mengalami kenaikan secara bertahap.



Perbedaan kelas 1,2 dan 3 pada iuran BPJS itu adalah fasilitas ruang rawat inap, misalnya satu kamar berapa tempat tidur, ada AC atau kipas angin atau lainnya. Sedangkan untuk tindakan medis dan obat-obatan antara kelas 1 , 2 dan 3 adalah sama. Catat ya SAMA. 


Jadi tak pikir-pikir, baiknya pindah kelas saja. Toh niat iuran BPJS kudu diluruskan, bukan pengen sakit, tapi semoga dengan membantu teman-teman yang membutuhkan Insha Allah kita akan diberikan kesehatan, aamiin.


Beberapa hari yang lalu sempat ngobrol bareng suami buat pindah kelas rawat BPJS, dan kami berpikir untuk cari waktu ke  kantor BPJS. Masalahnya kantor lumayan jauh , kemudian cari info bagaima pindah kelas secara online. Setelah di coba ternyata mudah. Berikut step by stepnya.


CARA PINDAH KELAS RAWAT BPJS ONLINE



Download Aplikasi JKN di Google Play  atau play store. Setelah download Kemudian login jika sudah pernah, atau klik Daftar jika belum pernah . Jangan lupa persiapkan email terlebih dahulu buat kalian yang belum punya email, karena nanti ada konfirmasi via email.


✓ Setelah masuk kelaman home dibagian peserta ada beberapa menu, seperti daftar peserta, kartu peserta , ubah data peserta, pendaftaran peserta baru.
Nah teman-teman klik ubah data peserta, seperti yang terlihat di screenshoot dibawah ini.

✓Setelah diklik maka akan tampil seperti foto berikut . Menampilkan kartu peserta , dan informasi lainnya. Pada bagian bawah ada informasi kelas. Nah kita klik pada bagian tersebut ya.


✓  Pada laman tampil  informasi bahwa kita boleh melakukan pindah kelas itu dalam rentang 1 tahun. Jadi sebenarnya kita boleh pindah-pindah kelas loh , misalnya dari kelas 1 ke kelas 3 , lalu setahun kemudian pindah lagi ke kelas 2, ternyata diperbolehkan. Jadi sebelum pilih kelas mana, tetapkan lebih dahulu karena harus menunggu satu tahun lagi ke kelas yang lainnya.  Oh, iya perubahan tak hanya pada satu anggota, tapi anggota keluarga yang terdaftar juga akan berubah kelas rawatnya.


Klik  pada bagian kanan kelas rawat, nanti akan tampil pilihannya beserta premi yang harus dibayarkan. Mohon maaf aku lupa screenshoot, pas mau ulang ternyata gak bisa karena itu tadi, perubahan bisa diklik setelah satu tahun. Jika telah selesai klik simpan.

✓Setelah Klik simpan, Maka JKN mengirimkan kode verifikasi perubahan data ke email yang kita daftarkan diawal.

Email dan kode Verifikasi
 ✓ Kode angka yang dikirimkan di email kita masukkan, pastikan angka yang diinput benar. Kemudian klik verifikasi.

✓ Jika kode verifikasi benar maka tampil info bahwa  data berhasil di ubah. Perubahan pembayaran premi   akan berlaku bulan depannya, per 1 Desember 2019 nanti.  Nanti bulan depan aku update ya, jika udah bayar iuran BPJS bukti bahawa jumlah tagihan premi berubah


Ternyata mudah ya, semoga postingan ringkas ini dapat membantu teman-teman bagaimana cara pindah kelas BPJS ke kelas rawat 2 dan 3 atau sebaliknya.  Semoga kita dan keluarga sehat selalu ya, dan iuran ini dapat mbantu teman-teman yang membutuhkan. aamiin..


UPDATE

Sesuai janji  berikut Scrinshut pembayaran BPJS setelah diturunin kelasnya. ..biasanya 160.000 perbulan. Bulan Desember ini saya bayar cuma 53.000.


Nah, sebelum Januari 2020 , teman2 masih bisa melakukannya jika ingin turun atau naik kelas.

12 comments

  1. Caranya mudah banget ya. Sangat membantu dengan adanya aplikasi JKN Mobile ini. Saya juga pernah pake aplikasi ini tapi untuk ganti faskes 1.

    ReplyDelete
  2. Aku juga udah unduh aplikasi bpjs jkn ini kak, dan bisa lihat riwayat kontrol penggunaan bpjs di sini sekaligus keaktifkan kartu karena pernah juga nggak aktif arena blm bekerja. Begitupun dengan naik atau turun kelas ya kak, lewat aplikasi sajah

    ReplyDelete
  3. Wah... aplikasi ini sudah saya install di smartphone. Mudah banget, aplikasi ini juga bisa untuk skrining kesehatan dan aplikasi pindah faskes dengan mudah. Saya sudah mencobanya. Ngga sampai 5 menit deh

    ReplyDelete
  4. Tak perlu repot datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan ya, cukup dari aplikasi JKN Mobile. Semakin memudahkan masyarakat untuk turun atau naik kelas tanpa repot.

    ReplyDelete
  5. Semoga sehat selalu yaa, kak Nova.
    Aku baru tau kalau bisa diganti-ganti kelasnya sesuai keinginan.

    ReplyDelete
  6. Sebelum membaca tulisan ini, saya tidak tahu soal cara pindah kelas di bpjs. Berkat membaca tulisan ini saya jadi paham dan mengerti caranya perpindahan kamar bpjs.

    Setiap bulannya selama hampir 3 tahun, saya selalu membayar iuran bpjs, alhamdulillah selama itu pula saya tidak pernah sakit yang sampai dirawat di rumah sakit. Biasanya hanya rawat jalan saja, tidak sampai opname.

    Setelah membaca tulisan ini, ternyata untuk memindahkan kelas kamar bpjs ternyata sangat mudah untuk dilakukan dan harus download aplikasinya dulu.

    Terima kasih atas informasi yang mencerahkan saya seputar bpjs ..

    ReplyDelete
  7. Ternyata untuk pindah kelas BPJS gak perlu datang ke kantornya ya, Mbak. Cukup memalui aplikasinya saja, data kita sudah bisa berubah.

    ReplyDelete
  8. Sangat membantu kebetulan mau pindah kelas dari 1 ke 2, jadi ga perlu repot2 ke kantor pusat BPJS Thaks ya

    ReplyDelete
  9. Memang harus dibuat mudah prosesnya agar yg punya BPJS tidak kerepotan dan antri di kantor BPJS. Kala8 daftar online dan pindah kelas via online mudah kan lebih eank ya.

    ReplyDelete
  10. Ga sulit ya untuk ganti kelas perawatan BPJS, yang penting kita ikuti alur yang sudah ditetapkan.
    Membantu sekali peran aplikasi JKN Mobile ini.

    ReplyDelete
  11. 2020 nanti pasti banyak yang bakal pindah kelas sih. Bakal banyak yang ada di kelas 3. Dan tulisan ini sangat membantu untuk mereka yang ingin turun kelas.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat. Kebetulan BPJS orang tua mau pindah kelas, jadi bisa pakai ini buat tutorial.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.