Cara Membuat Pempek Dos Adaan

 
Jajanan asal Kota Palembang yang sangat populer salah satunya adalah Pempek, nah makanan ini yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji dan campuran ikan tenggiri ini mempunyai tekstur yang empuk dan sedikit kenyal serta rasanya yang gurih. Dan biasanya juga makanan ini di sajikan dengan kuah cuko ya itu iang terbuat dari campuran cuka, asam jawa gula merah dan cabai. Dengan kuah ini pempek semakin lengkap dan memiliki rasa yang sangat enak sekali. Berikut ini akan memberikan resep pempek Palembang jenis Dos Adaan yang kalian bisa coba dirumah. Yuk tidak usah lama lagi baca artikel ini;

Langkah awalnya kalian harus menyiapkan bahan- bahannya terlebih dahulu yaitu diantranya;

500 ml air
250 gram tepung terigu
500 gram sagu
10 buah bawang merah yang sudah di iris tipis
4 sendok teh garam
3 sendok teh kaldu jamur
Minyak sayur secukupnya
Bahan membuat cukonya adalah
300 gram gula merah
100 gram gula pasir
50 gram cabai rawit
50 gram bawang putih
½ sendok makan garam
1-2 sendok makan asam jawa atau cuka
1 liter air
Setelah kalian sudah menyiapkan bahan- bahan yang seperti di sebutkan di atas maka ini adalah tahap selanjutnya yaitu membuat pempek Dos Adaanya.

Cara Membuat
Pertama kalian masak air sampai mendidih, sekitar 5 sampai 10 menit saja. setelah itu kalian campurkan semua bahan tepung terigu, garam dan kaldu jamurnya, lalu tuangkan air panas tadi yang sudah mendidih dengan sedikit demi sedikit sambil di aduk- aduk agar semua bahan tercampur rata. Jika menurut kalian sudah rata maka tambahkan telur, bawang merah iris lalu aduk lagi adonan pempeknya hingga benar- benar tercampur dan merata. Setelah adona merata dan benar benar tercampur maka masukan sagu sedikit demi sedikit lalu aduk hingga merata lagi, setelah itu bentuk adonan bulat kira- kira setiap bulatannya 35 gram atau bisa juga tergantung selera kalian yang di inginkan. Setelah selesai membentuk bulatan, kalian panaskan terlebih dahulu minyak gorengnya dengan api yang sedang, agar pempeknya matang secara merata. Lalu angkat jika merunut kalian pempeknya matang sudah cukup terus dinginkan pempeknya. 

Nah untuk selanjutnya membuat kuahnya atau cuko, bahan yang tadi di sudah di siapkan untuk membuat cukonya pertaman haluskan bawang putih dan cabai rawitnya. Setelah itu masak air hingga mendidih, lalu jika air sudah mendidih masukan gula merah, garam, gula pasir, asam jawa kedalam air tersebut. Lalu aduk kurang lebih 10 samapai 15 menit agar semua bahan tercampur merata. Nah kalian bisa coba sedikit air cuko itu jika menurut kalian ada yang kurang bisa kalian tambahkan apa yang kurangnya. Lalu jika terasa sudah cukup angkat cuko dari kompor, setelah itu dinginkan. Nah jika kalian ingin awet kalian bisa memasukan kedalam botol yang tertutup rapat dan simpan di dalam kulkas. 

Nah jadi pempek Dos Adaan buatan kalian, kalian tidak perlu lagi membelinya karena kalian juga sekarang sudah dapat membuatnya sendiri. Hal ini juga membantu kalian sedikit menjadi lebih hemat, karena jika di ibaratkan kalian membeli dengan harga 50rb satu porsi, jika kalian biki dirumah dengan modal 50rb bisa menjadi 3 sampai 4 porsi loh.  

34 comments

  1. Horaaayy ada resep pempek!
    Aku demen bgt jajan pempek, Mba
    Tapi kalo terlalu sering boncos juga yhaaa
    Pan kapan mau bikin dewe ah

    ReplyDelete
  2. Aku suka adaan mbaa.. nagih rasanya. Sempet mau bikin, pas ada ikan tenggiri..iyaya klo beli lebih banyak pastii

    ReplyDelete
  3. Pempek dos, biar nggak pake ikan rasanya tetep enakk. Kalo saya bikinnya ditambahin ebi, jadi ada gurih2nya gitu enaaak

    ReplyDelete
  4. Orang rumahku gak terlalu suka Pempek. Jadi lebih enak beli sih. Next mungkin buat sendiri sekalian coba resep

    ReplyDelete
  5. wah pengen coba nih pempek tanpa ikan alias pempek dos.. Makasi resepnya ya mak, ternyata cukup simpel yaaa.. Nanti cobain aaaah..

    ReplyDelete
  6. FAvorite banget nih pempek dos adaan, enak. Thanks resepnya. Cobain ah

    ReplyDelete
  7. Noted ... saya suka banget dengan mpek-mpek tapi belum pernah bikin. mungkin suatu saat perlu bikin, terima kasih sharing-nya Mbak

    ReplyDelete
  8. Belum pernah cobain pempek jenis adaan, baru cobain yang kapal selam dan lenjer. Tapi kalau bikin sendiri gini pastinya lebih hemat ya, ndak lebih terjamin kebersihannya.

    ReplyDelete
  9. anak2ku suka pempek juga segala macam makanan dari dengan bahan aci (cireng, cilok, batagor). Tapi kalau bikin pempek suka nyoba2 resep, jd rasa belum konsisten hehehe

    ReplyDelete
  10. Aku pernah bikin mbak, Pempek Dos pakai isian telur, itu kakak aku yg hamil suka banget. Apalagi kuahnya segerrr, huhuhuh. Dan mupeng pen nyobain bikin lagi

    ReplyDelete
  11. Wah, aku suka nih pempek. Jadi pengin nyobain bikin sendiri..

    ReplyDelete
  12. asyikkk pempek, orang rumah doyan semua, kalau beli lumayan, soalnya pada gak cukup 1 buah hihi
    txs resepnya mba, ijin copas, ntar mau nyoba bikin sendiri :)

    ReplyDelete
  13. Aku baru tau kalo kuah pempek itu pakai gula merah. Aku bagian makannya aja deh, paling gk bisa bikin pempek karena ribet:)))

    ReplyDelete
  14. Semuanya favorit aku deh. jadi penasaran kepengen ngebuat juga dirumah ntar saat liburan. sepertinya sih mudah heheheh tapi kudu dipraktekin dulu biar tahu

    ReplyDelete
  15. aarrggghhh pempek.. aku suka banget makan pempek, tapi semenjak pandemi jarang makan pempek deh.. duh adaan pulak, eh bisa buat sendiri lebih enak sepertinya.. mau juga ah coba resepnya membuat pempek ini

    ReplyDelete
  16. Ternyata ga susah ya. Ibuku ini yg suka bikin. Aku mah biasanya beli aja. Hehe. Tapi thanks infonya

    ReplyDelete
  17. masak pempek nih asyiikkk... aku punya loh channel youtube masakan palembang. kunjungi ya nama channelnya molzania :)

    ReplyDelete
  18. Wuih mantap, praktis banget ya, tanpa ikan tenggiri juga enak...

    ReplyDelete
  19. Pempek dos tanpa ikan, lumayan, rasa yang aga beda dan unik. Kadang bosan jg ikan melulu hehe

    ReplyDelete
  20. Terima kasih resepnya mbak. Kyknya kok gampang hahaha :D
    Masalahnya males apa gak nih bikinnya atau lbh milih beli haha. Yawdalah aku save dulu resepnya kali suatu saat dapat hidaya bikin, yekan? TFS

    ReplyDelete
  21. Pas banget ini, kemarin rasan rasan ama suami mau bikin pempek. kangen udah lama gak makan pempek. eh ini dapet resepnya. makasih Mak.

    ReplyDelete
  22. Aku sama mas suami yang suka empek-empek. Di sini tapi jarang yang jual, bikin aja seru ya mba. Mertuaku ga suka makanan aneh aneh wkwkw

    ReplyDelete
  23. Dos Adaan itu nama jenis pempeknya kah?
    Ibuku terbilang jago sekali membuat pempek. Dan kami selalu sukaa kalau ibuk sudah bikin komplit dengan cuko nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran lebih hemat kalau bikin sendiri yaa...
      Tapi kak Nova...di resep ini asa gak ada campuran ikan tenggirinya.
      Memang ini ciri khas Dos Adaan?

      Delete
  24. Wah aku udah lama pengen bikin pempek belum kesampaian.. baca ini jadi pengen eksekusi 😁
    Makasih sharingnya, Mbak ;)

    ReplyDelete
  25. Aku bberapa kali bikin mpek mpek dos mba. Anakku soalnya suka mpek mpek. Hheheh

    ReplyDelete
  26. uuuuh favoritku banget nih pempek, dari kemarin pengin tapi jauh yang jual enak, apa bikin sendiir aja gitu ya? hahaha. makasih resepnya anyway kak

    ReplyDelete
  27. Aku bagian makannya aja deh mba. Pernah tu diajarin bikin sama mertua. Tapi trus gak inget blas. Jadi palinh cuma bantuin pas mertua buat aja.

    ReplyDelete
  28. Iya nih lebih hemat kalo bikin sendiri, lebih banyak juga. Hehehe...Saya coba resepnya segera, Kak. Makasih yaa

    ReplyDelete
  29. Lho, ternyata resep tepungnya 1:2 ya. Saya baru tahu. Kalau terigu dikit memang jadi kelewat mentul, pempeknya.
    Makasih tipsnya

    ReplyDelete
  30. Dos adaan itu nama jenis pempeknya ya ?
    Aku pernah denger yg Adaan, ini sm aja sm yg dos adaan atau beda sih mbak ?

    ReplyDelete
  31. Wahh bisa dicoba nie resepnya selama pandmei ini jadi suka banget makan dan main main didapur, salam kenal mbak

    ReplyDelete
  32. Andalan emak-emak nih. Apalagi buat emak-emak yang tangannya nggak bisa diem macam saya. Selalu ada hasrat pengebikin ini itu, ada yang udah nggak ada ide resep, ada yang udah keseringan dimasak jadi bosen tapi hati kecil masih ngajak tangan buat menari-nari di dapur. Cocok nih buat referensi..

    ReplyDelete
  33. Haloo, salam kenal mbak. Ini pertama kali saya mampir ke blog ini. Senang sekali bisa lihat ada yg share resep cara buat pempek, terutama pempek dos. Sebab saya orang Palembang heheee

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.