Menjaga Kualitas Tidur Dimasa Pandemi

Hampir dua tahun ini kita berada pada kondisi yang sangat tidak sehat. Ntah sampai kapan kondisi ini akan berakhir. Virus yang ukurannya super kecil itu keberadaannya sangat dekat dengan kita yang memaksa kita untuk hidup berdampingan dengan tetap menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan, untuk meminimal terpapar virus Corona

.

 Kita selalu untuk diingatkan memakai masker, mencuci tangan, dan mengkonsumsi makanan bergizi, vaksinasi dan  berolahraga, untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat.  Dari semua anjuran itu ada satu hal yang terlupakan yaitu cukupnya waktu tidur dimalam hari. Kualitas tidur yang baik sangat mempengaruhi imunitas tubuh.

Keadaan pandemi membuat orang seperti lupa bahwa kebutuhan tidur itu juga mempengaruhi kesehatan, kerja dari rumah, atau belajar dari rumah, memang membuat kita terjaga dari virus yang ada di luar , tetapi jam kerja dan jam belajar menjadi tak punya waktu khusus. Bekerja hingga larut malam, dan merampas waktu istirahat. Selain itu  Penggunaan ponsel, rasa khawatir, dan stres berakibat mengganggu kebiasaan dan kualitas tidur masyarakat di Asia Pasifik (APAC) selama pandemi ,dikenal dengan istilah Coronasomnia atau Covidsomnia.

Penyebab  tidak bisa tidur dimalam hari



Selain  karena bekerja dimalam hari ada beberapa  hal yang menyebaban seseorang menjadi sulit tidur dimalam hari, berikut beberapa alasan yang disampaikan Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal) Ketua Umum PDPOTJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia) pada Webinar yang diselenggarakan komunitas blogger Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Deltomed (Antangin Good Night) dengan tema “ Tidur Berkualitas  dan Kualitas Tulisan” pada Jum,at 18 Juni 2021 lalu :

  1. Gangguan Fisik: sedang sakit kepala, nyeri sendi, nyeri perut dll.
  2. Isu Medis: sleep apnea, dll.
  3. Gangguan Psikologik/ Psikiatrik: stress, depresi, ansietas
  4. Gangguan Lingkungan: lampu kamar terlalu terang, suara berisik, dll.
  5. Genetik: Narkolepsi Penuaan Faktor Usia: ½ lansia berumur 65 tahun atau lebih mengalami masalah tidur.
  6. Obat-obatan: obat hipertensi, antidepresi, obat mengandung kafein.

Kuantitas Tidur Kebanyakan ora⁷ng dewasa membutuhkan 7 – 9 jam tidur di malam hari. Tetapi kebutuhan kuantitas tidur setiap individu bisa saja berbeda. Ada yang butuh 6 jam, ada pula yang butuh 10-11 jam tidur di malam. Kualitas Tidur Sleep quality refers to how well you sleep. Tidur yang berkualitas misalnya dapat tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang, tidur malam tanpa terbangun di tengah malam atau hanya terbangun 1 kali, & kembali dapat tidur dalam waktu 20 menit setelah terbangun.

Dampak Negatif kurangnya kuantitas dan kualitas tidur:

  1.  Menurunnya imunitas tubuh terhadap penyakit.
  2. Menurunkan fungsi kognitif& working memory span sebesar 38%. seperi sulit konsentrasi dan mudah lupa.
  3. Mengalami moodiness dan depresi. Mudah marah, mudah tersinggung dll.
  4. Kemungkinan mengalami kecelakaan akibat ngantuk dan kurang konsentrasi
  5.  Membuat rentan mengalami Penuaan dini
  6.  Meningkatkan selera makan junk food/ makanan yang tidak sehat.

Walaupun sebagian orang beralasan bahwa tidur cukup disiang hari sehingga kurang tidur dimalam hari dianggap biasa. Padahal tubuh kita memiliki jam biologis tersendiri, bahwa organ tubuh itu memiliki jam istirahat dan pada malam hari adalah masa detoksifikasi tubuh. Untuk menjaga kualitas tidur dimalam hari ada beberepa usaha yang bisa kita lakukan seperti memaksimalkan kerja di siang hari, makan makanan bergizi, berolah raga pada siang hari bisa membantu kita lelap tidur dimalam hari.

Minum obat tidur pada kondisi tertentu mungkin  bisa membantu kita untuk lelap tidur. Tetapi jika digunakan jangka panjang tentu akan memberikan efek samping yang tidak baik pada kesehatan. Sebagai pengganti kita bisa mengunakan  atau mengolah bahan herbal alami sebagi penganti obat tidur, berkhasiat tapi juga aman. Ada beberapa bahan herbal yang kita bisa kita minum untuk membantu meningkatkan kualitas tidur malam hari.





Antangin Good Night

apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc.Chief Business Development and R&DPT. Deltomed Laboratories, yang juga sebagai narasumber webinar menerangkan bahwa Deltomed  telah meluncurkan  produk baru Antangin Good Night yang membantu memperbaiki kuliatas tidur dan mengobati masuk angin.

 

Formula Antangin Good Night dipastikan mengandung bahan herbal yaitu Jahe, Passion Flower, dan Ekstrak Valerian. Antangin Good Night telah mendapat izin dan memiliki 3 penilaian yaitu dari segi manfaat, keamanan, dan kulitas yang terjamin.  Suplemen herbal membantu memperbaiki kualitas tidur ini tidak akan membuat ketergantungan dapat  dikonsumsi dewasa dan lansia 2-4 kaplet sebelum tidur.

 


Antangin Good Night terdiri 4 kaplet dalam tiap kemasan . Masyarakat sudah dapat membli di E-Commerce, apotik dan toko obat terdekat. Kehadiran Antangin Goodnight sebagai sebuah komiten dari Deltomed untuk menjaga kesehatan masyarakat dengan meningkatkan kualitas tidur. Untuk informasi lengkap kita bisa mengunjungi akun instagram resmi Antangin.

Tidur adalah kebutuhan tubuh, jangan sampai hak tubuh kita terampas karena kesibukan atau lainnya, untuk  menjaga imunitas, produktivitas  dan kreativitas yang berkualitas.

8 comments

  1. Mbaaa, aku tuh pernah datang ke acara pameran kasur premium, di mana bintang tamunya Choky Sitohang. Doi bilang gini:
    “Tidur itu BUKAN penutup hari. Tidur adalah awal dari hari kita. Bagaimana kualitas dan kuantitas tidur, itu akan berpengaruh pada produktivitas kita. Selama ini, orang kerap terjebak menganggap tidur sesuatu yang take it for granted. Padahal, kalau tidur tidak berkualitas, bakal berpengaruh negatif terhadap kondisi tubuh dan psikis, yang pada gilirannya ini berpengaruh negatif untuk masa tua kita,”

    Nah, aku setujuuu banget ama Choky, dan Alhamdulillah, seneng banget baca ini.

    InsyaALLAH ini bisa mengantarkan daku dan kita semua utk bisa tidur dgn kualitas prima, yeayy!

    ReplyDelete
  2. ya ampun baru tau ada antangin good night. kira2 kalo aku minum ini dan nyenyak tidur bisa bangun kesiangan enggak ya? atau tidak terlalu nyenyak banget tapi tetap berkualitas gitu ya

    ReplyDelete
  3. Aku salah satu orang dari sekian bnyak orang yang sering gak tidur gak malam. Palingan jam 3 tidurnya. Salah satu penyebab karena banyak perkerjaaan yang harus diselesaikan. Tapi hal itu menjadi kebiasaan, ketika tidak ada pekeerjaanpun ikut sama sja.

    Tapi saya gak mau mengosumsikan obat²an yang berkaitan dgn obat tidur.

    Terkadang, pernah ku ubah pola tidur di jam normal dgn cara, bergadang semalaman siangnya tetap beraktivitas, pas malamnya langsong cepat tidur.
    Hehehe

    ReplyDelete
  4. Enggak bisa dimungkiri memang sejak pandemi tuh banyak pikiran banget yang bisa mengganggu kualitas tidur juga. Padahal tidur itu kebutuhan kita ya, Mbak.
    Sekarang ada salah satu solusinya nih yang aman ya, Mbbak? Apalagi produknya menggunakan bahan herbal.

    ReplyDelete
  5. Adakalanya memang perlu mengkonsumsi obat untuk bisa tidur dengan nyenyak. Obat yang herbal seperti Antangin Good Night. Produk ini termasuk kategori jamu modern.
    Saya beberapa hari ini sering terbangun, semalam bisa 4 kali. Meski langsung balik tidur tapi rasanya juga capek kalau bangun. Butuh minum ini

    ReplyDelete
  6. tidur yang cukup memberikan kesempatan bagi tubuh untuk rehat dan rileks sehingga bisa fokus kembali untuk beraktifitas keesokan harinya

    ReplyDelete
  7. Jadi terasa sekali ya...
    Penyebab orang mudah terserang sakit bukan karena banyak pikiran (efek psikologis) tapi juga dari menurunnya kualitas tidur.

    Bisa dibantu dengan konsumsi Antangin Good Night praktis dan kini tersedia di toko obat terdekat atau e-commerce.

    ReplyDelete
  8. Beneran, selama pandemi ini saya juga jadi mengalami kesulitan tidur sehingga saat siang hari kerapkali mengantuk terutama saat bekerja. Minimal harus tidur siang 30 menit untuk menebus utang tidur di malam hari.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.