Memaksimalkan Belajar Online Dari Rumah



Belajar dari rumah merupakan keputusan  tepat di masa pandemi saat ini. Tetapi setiap keputusan setiap pilihan  itu  tak akan ada yang sempurna tetap ada kekurangannya. Keputusan belajar dari rumah disambut positif oleh guru dan orang tua mengingat kondisi saat ini, namun lama kelamaan kita jadi menyadari banyak sekali permasalahan yang timbul saat keputusan itu diambil. 

Permasalahan dari siswa/murid. Dengan belajar daring belajar menjadi kurang efektif dan anak-anak merasa kelelahan. Belajar dan sekolah seakan tidak mengenal waktu karena banyaknya tugas dari guru, merasa kesulitan belajar, tidak bebas bertanya dengan guru, menjadi kurang semangat belajar karena sendirian dari rumah, tidak seperti saat belajar dikelas bersama guru dan teman.

Permasalahan yang dihadapi guru. Guru kesulitan memantau kehadiran murid, kesulitan menerangkan pelajaran dan memberi soal-soal test dan latihan.

Permasalahan Orang Tua. Menurut saya permasalahan yang paling berat adalah masalah yang dihadapi orang tua. Dalam pembelajaran online orang tua jadi ikut ambil peran guru seperti mengajar, mengawasi anak.  Banyak orang tua yang merasa keberatan setelah anak beberapa bulan sekolah daring dilakukan. Lelucon bertebaran dikalangan ibu-ibu  adalah sekolah daring yang berujung darting alias darah tinggi karena merasa gak sabar mengawasi anak-anak belajar. Dengan kesibukan orang tua jadi kurang bisa memantau anak. Anak yang disangka belajar ternyata lebih banyak menggunakan gadget untuk bermain game atau menonton. Orang tidak bisa memantau perkembangan belajar anak, anak memiliki bertumpuk-tumpuk tugas yang tidak terselesaikan. 

Tanpa kita sadari dari permasalahan  diatas tak jarang menimbulkan konflik anatara anak dan orag tua, guru dan murid. Bahkan terkadang penilaian kemampuan anak jadi dimudah-mudahkan, nilai anak terkesan dinaikkan tidak sesuai kemampun sebenarnya. Dengan keadaan seperti sekarang ini menjadi alasan pengecualian  , sehingga anak-anak mendapat nilai tidak objektif. Bahkan tak jarang yang mengerjakan soal ujian atau ulangan justru orang tua mereka atau saudara mereka  agar mendapat nilai yang baik atau memenuhi standar kelulusan.



Sebagai orang tua dan guru sangat ingin meraka benar-benar pintar benar-benar memahami pelajaran bukan sekedar mencari nilai baik lalu mereka berusaha diluar kemapuan mereka seperti minta orang lain mengerjakan tugas atau sekedar searching di internet.

Ada baiknya kita memikirkan  bagaimana agar kita bisa memberikan bimbingan  belajar daring tapi tetap berkualitas, siswa belajar dengan sungguh-sungguh, guru bisa dengan leluasa mengajar, menerangkan, membarikan bimbingan dan test dan siswa juga lebih bersemangat bisa bertanya tanpa batas dan puas dalam memahami mata pelajaran. Sekarang banyak sekali kelas bimbingan belajar online yang bisa kita manfaatkan  salah satunya adalah Kelas Pintar. Kelas pintar adalah situs belajar online yang bisa digunakan oleh semua pihak baik guru, murid dan orang tua. 


Kenapa harus memiliih kelas Pintar?

  1. Kelas Pintar adalah sebuah solusi belajar online dengan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik.

  2. Kelas Pintar menggunakan pendekatan PERSONAL melalui metode penyampaian materi yang disesuaikan dengan beragam karakter siswa, baik itu melalui Visual, Audio, maupun Kinesthetic (V.A.K)

  3. Kelas Pintar membuka kelas online mulai tingkat Sekolah Dasar.

  4. Fokus utamanya adalah untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah, dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa melalui sebuah platform yang TERINTEGRASI.  Kelas Pintar dapat  diakses oleh para siswa , guru dan orang tua selama proses belajar mengajar  menggunakan sistem yang terintegrasi guna sama-sama mendukung dan memantau perkembangan belajar siswa.



Menurut saya Kelas pintar sangan cocok untuk bimbingan belajar online karena menjadi solusi bagi guru, siswa dan orang tua untuk memaksimalkan belajar daring, agar anak benar-benar cerdas dan memahami setiap pelajaran yang diberikan. Bunda tertarik silahkan kunjungi situs resmi kelas pintar ya.




23 comments

  1. Di masa pandemik begini memang kebutuhan program-program belajar macam kelas pintar ini banyak ditunggu ya, Mba. Karena sangat membantu orangtua, guru juga murid itu sendiri ya.

    ReplyDelete
  2. Demi masa depan anak, orang tua terus berbuat utk kebaikan anak.jadi guru yg terbaik bagi anak tidaklah mudah, disamping keadaan anak lebih banyak belajar dirumah dari pada disekolah krn pandemi. Tpi orang tua kreatif pasti akan bisa melalui semua ini.

    ReplyDelete
  3. Pandemi bikin orang makin kreatif ya. Buktinya bisa muncul Kelas Pintar yang bisa mendampingi anak-anak kita belajar dan berprestasi.

    ReplyDelete
  4. Belajar online memang butuh tempat belajar yang berkualitas seperti ini, ya. Kebetulan aku lagi cari buat anak2ku, nih.

    ReplyDelete
  5. Belajar online memang sungguh berat bagi anak maupun orang tua yang mendampingi. Butuh kesabaran yang luar biasa saat menemani anak-anak belajar. Memang butuh bantuan untuk membantu anak-anak dalam belajarnya seperti kelas pintar ini ya

    ReplyDelete
  6. Pembelajaran online saya rasakan kurang maksimal. Di sisi pengajar kerap hanya memberi materi PTT tanpa ada video penjelasan. Pada anak-anak yang biasa memahami sesuatu secara audio tentu kurang bisa dipahami. Maklum sih semua serba terbatas. Solusinya ya, orangtua harus mecarikan bimbel yang berkualitas untung ada referensi kelas pintar di sini.

    ReplyDelete
  7. Kelas Pintar bisa menjadi salah satu solusi meningkatkan pemahaman siswa belajar daring di rumah. Karena ga semua orang tua mengerti mata pelajaran sekolah anak2nya kan, dan sulit rasanya mengajari. Program ini berkualitas banget ya, boleh nih diikuti.

    ReplyDelete
  8. Belajar online memang lebih besar tantangannya. Banyak belum terbiasa. Makanya anak-anak saya pun ikut bimbel. Menurut saya, bimbel lebih cepat beradaptasi dengan perubahan

    ReplyDelete
  9. Di masa pandemi orang menjadi kreatif ya melihat peluang, banyak kelas online yang membantu anak belajar materi di sekolah, Kelas Pintar termasuk yang programnya beda dan menarik...

    ReplyDelete
  10. Sekarang banyak pilihan belajar online ya, tinggal cari sesuai kebutuhan, dan yang pastinya cocok di kita nya (sesuai kebutuhan). Untuk Kelas Pintar ini, aku baru tahu. Belum eksplore web nya. Nanti coba kulihat-lihat. Ohya, Kelas Pintar hanya berbasis WEB atau sudah ada aplikasinya juga mbak?

    ReplyDelete
  11. di zaman belajar daring emang perlu banget ada kelas2 pintar gini membantu ortu agar anak memahami pelajarannya ya

    ReplyDelete
  12. Walaupun saat ini belajar online dari rumah itu adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anak-anak, tapi emang baelajar online itu banyak kendalanya juga. Makanya senang banget ya sekarang ini ada Kelas Pintar yang bisa memfasilitasi anak untuk belajar tambaha.

    ReplyDelete
  13. Memang daring kadang bikin darting, Mak, huhu... Makanya perlu banget nih kelas-kelas kreatif yang ngga cuma sekadar share materi doang, tapi at least bisa membuat anak tertarik dan semangat untuk mempelajari sesuatu. Kalau udah ada ketertarikan, anak akan dengan senang hati belajar, dan ilmu akan masuk dengan mudah kan..

    ReplyDelete
  14. Bimbingan belajar online lagi di masa pandemi gini makin terasa diperlukan ya, secara tdk langsung bisa mengisi kekurangan2 pembelajaran di sekolah

    ReplyDelete
  15. Situasi pandemi seperti ini membuat orang tua harus pintar memilihkan model kelas belajar online. Seperti Kelas Pintar yang bisa menjadi pilihan orang tua untuk anak-anak belajar dengan menyesuaikan karakter belajarnya

    ReplyDelete
  16. Sekolah online memang sangat menantang. Gak hanya buat anaknya, tapi juga guru dan orang tua. Untuk anak-anak yang sekolah di sekolah favorit, terutama di swasta mahal, sekolah online mungkin tak banyak banyak kendala. Guru-gurunya sangat kreatif dan inovatif. Karena memang fasilitas mereka yang bagus. Untuk sekolah negeri, apalagi yang di kampung kayak di tempatku nih. Anak-anakku rada susah kalo cuma ngandelin dari sekolah. Jadinya perlu tambahan pangajaran. Kelas Pintar ini bisa jadi solusi. Pastinya guru dan fasilitas yang ada sangat bisa mendongkrak pemahaman dan juga prestasi anak. Kepengen deh bisa masukin anak bujangku yang kelas 11 ke macam Kelas Pintar ini.

    ReplyDelete
  17. Kelas pintar pasti sangat bermanfaat buat murid2 yang masih PJJ. Apalagi materi dan penyampaiannya disesuaikan dengan gaya belajar anak. Wah, jarang ada yang kayak gini

    ReplyDelete
  18. Banyak bimbel online, dan aku baru tahu ada Kelas Pintar ini... Kayaknya ngebantu bgt deh buat anak2 di masa pandemi gini... Daring itu melelahkan, materi juga makin susah...anak2 jelas butuh bimbel

    ReplyDelete
  19. Memang salah satu problem kelas PJJ ini kompleks banget yaa. Meski sudah berjalan lebih dari setahun, tapi tetep saja masih banyak kekurangannya di sana sini. Jadi penting untuk mendapatkan opsi lain untuk meningkatkan hasil belajar anak selama PJJ, salah satunya bimbel online ya mbak

    ReplyDelete
  20. Solutif banget.
    Karena pandemi memang kudu banyak hal yang dicoba dan dicari metode belajar mana yang terbaik. Bersama kelas pintar, semoga anak-anak semakin meningkat pemahamannya daripada hanya penjelasan dari sekolah.

    ReplyDelete
  21. Nah, bimbingan belajar seperti ini yang mungkin cocok bagi anakku ya. Dia kebanyakan di depan gadget selepas sekolah daring. Mending ikutan belajar online gini biar manfaat tuh screen timenya.

    ReplyDelete
  22. Belajar online di rumah emang banyak tantangannya... di satu sisi kita merasa tenang anak-anak gak ada interaksi dengan orang luar di sisi lain ya gitu...harus bener-bener ngontrol belajar anak.. Bagus ada Kelas Pintar nih...

    ReplyDelete
  23. Sekolah daring sebenarnya tantangan luar biasa tapi kalau terbiasa malah memudahkan sebenarnya. Sayangnya anak-anak kita belum terbiasa dengan belajar mandiri jadi memang kudu ke bimbel online

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.