-->

Puasa Saat Pandemi Yuk, Atur Pola Hidupmu

 on Sabtu, 02 April 2022 

tips puasa saat pandemi

Ramadhan  2022 adalah tahun ketiga dimana kita harus melakukan puasa saat pandemi Covid 19.  Walau tahun ini sebagian besar masyarakat sudah vaksin dan booster bukan artinya kita jadi gak peduli lagi, tetap jaga kesehatan dan pakai masker saat berada di keramaian dan harus memperhatikan asupan saat sahur dan berbuka. Kondisi tubuh yang tidak fit atau kurang asupan  akan mudah dihinggapi penyakit.

Sering melihat dan bahkan pernah mengalami, ketika baru beberapa hari berpuasa sudah terserang flu dan batuk karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman dan makanan manis yang dicampur es. Minuman dingin dan manis memang melepas dahaga disaat berbuka, tapi jika dilakukan tiap hari tubuh gak akan kuat menerima. Sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, gula darah atau kolesterol tinggi  adalah bentuk respon tubuh ketika mereka tidak sanggup menerima gula berlebihan. Penting banget memikirkan kondisi tubuh saat berpuasa.

Baca juga : WASPADA BAHAYA PENYAKIT DIABETES

Berikut beberapa hal yang kita perhatikan saat berpuasa saat pandemi:

Atur Pola & Asupan Makanan

Pada saat berpuasa  kita tidak minum dan makan selama lebih dari 12 jam, dan tetap harus beraktivitas seperti biasanya.Sebab itulah sangat  mengatur apa yang harus dimakan dan mengatur waktu. Saat berbuka jangan terburu-buru dan langsung memakan banyak makanan. Point penting saat puasa adalah mengatur jadwal makan. Jika biasanya 3 kali sehari dan dilakukan  siang hari, maka  saat puasa hanya 2 kali  yaitu  sahur dan berbuka.

Saat sahur tidak dianjurkan untuk memakan dan meminum yang manis, karena gula cepat diserap tubuh dan cepat dikeluarkan, sehingga membuat tubuh cepat lapar dan lemas.  Sebaiknya perbanyak air putih dan makanan seimbang, ada karbohidrat, protein dan sedikit lemak, sehingga gula darah tetap stabil.

Saat berbuka  dianjurkan makanan dan minuman manis agar cepat diserap tubuh. Pilihlah  manis dari gula alami, seperti kurma, buah, air kelapa dll. Beri jeda untuk memakan makanan lainnya, agar perut tidak kaget, atau akan memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga : Tipe Ibu Rumah Tangga Menyambut Puasa Hari Pertama

Mengatur Pola Tidur

Saat Ramadhan otomatis waktu tidur malam kita berkurang. Kita cenderung lambat tidur dan bangun cepat untuk sahur. Ada baiknya mengatur waktu tidur dengan baik minimal 6-7 jam sehari, agar tubuh tidak kelelahan. Usahakan tidur lebih awal saat malam hari, luangkan waktu untuk tidur siang sejenak. Setelah sholat subuh  juga bisa memanfaatkan waktu   untuk tidur, agar tidak mengantuk saat bekerja atau beraktivitas lainnya di siang hari

Tetap beraktivitas dan luangkan waktu berolahraga

Melakukan puasa, tidak makan dan tidak minum saat siang hari bukan artinya kita boleh bermalas-malasan, tidak melakukan aktivitas apapun. Hal itu justru terjadi penumpukan kalori, tak heran disaat berpuasa justru membuat berat badan bertambah  Luangkan waktu untuk berolahraga 20-30 menit sebelum berbuka ikut membuat tubuh tetap fit.

Jangan banyak Ngabuburit dan buka bersama di luar

Puasa saat pandemi lebih baik tidak banyak berada di keramaian, karena kita tidak mengetahui kondisi kesehatan seseorang, terlihat baik-baik saja diluar nyatanya membawa virus berbahaya. Ngabuburit menjelang buka puasa memang mengasyikkan tetapi  kita mesti ingat bahwa puasa kita untuk 1 bulan full bukan untuk 1 atau 2 hari, tetap jaga kesehatan.

Berbuka bersama di luar  sih boleh-boleh saja untuk menjalin kedekatan dan keakraban, tetapi jika dilakukan terlalu sering, sangat tidak baik. Saat berbuka bersama kita terkadang suka terlalu semangat untuk makan, apalagi bersama teman-teman. Menu yang disajikan juga kebanyakan  menu cepat saji dan banyak mengandung gula, kolesterol danlainnya. Buka bersama terlalu sering tidak hanya membuat kesehatan tubuh terganggu tapi juga kesehatan dompet (keuangan), lebih baik hemat dan sehat buka bersama keluarga dirumah saja.

Baca juga : Mengejar Pahala Ketika Ramadhan Harus #Dirumahsaja

Puasa saat pandemi memang membuat kita butuh ekstra kerja keras untuk menjaga kesehatan. Pandemi  mengajarkan kita untuk semakin aware menjaga kesehatan, mulai dari menggunakan masker, cuci tangan, membatasi untuk tidak  berkerumun, dan memilih untuk tetap tinggal dirumah. 

Selamat menunai kan ibadah puasa buat teman-teman muslim, tetap jaga kesehatan ya..

--

23 komentar:

  1. Nah ini nih yang aman saat pandemi apalagi di musim yang seperti ini dan lagi puasa kita harus kuat-kuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Harus jaga-jaga aja sih, eh yang suka ngadain bukber :) jadi harus tahan dulu keinginan buka bareng di luar.

    BalasHapus
  2. Memang terasa beda ya ..... menjalani ibadah puasa di tengah pandemi, meski kalau gak salah hitung, sdh 2 kali.

    BalasHapus
  3. Masya Allah, keren dan bermanfaat ini tipsnya Kak. Memang kita perlu memerhatikan tentang kondisi tubuh kita saat Puasa agar mendapatkan hasil maksimal.

    BalasHapus
  4. Selamat menunaikan ibadah juga kak. Alhamdulillah pandemi segera menjadi endemi yaaa, kangen banget sama suasana bukber

    BalasHapus
  5. Pola hidup yang sehat akan membuat kita semnjadi kuat. Bahkan di saat puasa, kita tidak akan lemas karena misalnya keseringan makan gula lalu akhirnya libur setengah hari.

    BalasHapus
  6. kalo puasa gini sebeenrnya pengen banget bisa start lebih awal. tapi berujung gampang ngantuk. hadeh dasar aku
    semoga banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di bulan ramadan ini. aamiin

    BalasHapus
  7. Salah satu yang jarang aku lakukan pas puasa, ya olahraga. Kadang merasa mager, tapi setelah baca ini jadi kudu olahraga. Makasih infonya kakak.. 😉

    BalasHapus
  8. Puasa saat pandemi, tetap harus semangat, jangan jadikan pandemi alasan untuk lebih bermalas-malasan, atau tiduran mulu..wkwkw

    BalasHapus
  9. betul banget pada saat puasa memang pola hidup harus teratur, saya rasanya masih berantakan tidur masih jam 12 sementara jam 3 atau jam 4 harus udah bangun sahur, akhirnya kayak ngantuk gitu dan ga segar badannya

    BalasHapus
  10. Wah mksh bgt tips2nya kak. Benar kita harus tetap semangat berpuasa meski pandemi ya.

    BalasHapus
  11. Biasanya awal Ramadan saya keteteran sama pola tidur dan pola kerja karena berubah sekali. Makasih tipsnya ya :)

    BalasHapus
  12. Dari semuanya yg belum aku lakuin hanya olahraga, gatau nih rasanya brp hari ini kok lemes banget. Tapi nanti aku akan coba deh walau bentar

    BalasHapus
  13. Puasa adalah salah satu cara mengatur pola makan yang efektif plus membantu untuk mengatur asupan gizi tepat dan seimbang. Jangan sampe puasa justru asupannya berlebihan. Ini langkah bijak juga untuk detoks saluran cerna

    BalasHapus
  14. Wah keren nih tips nya emang kalau bulan ramadhan gini pasti suka yang manis dan yang seger buat berbuka ya padahal kalau dilakukan terus-terusan malah nggak baik buat kondisi tubuh. Dibulan puasa ini memang harus konsen untuk memanage diri ya supaya tetep sehat

    BalasHapus
  15. Betul itu, Kak. Khusus untuk olahraga tetap kuluangkan habis Subuh walaupun cuma jalan kaki. Biar ga ngantuk kalau ngadem di rumah aja. Untuk sahur kadang masih ngasup yg manis kayak kolak hehe. Kudu belajar disiplin biar puasa membuatku sehat. Makasih makasih diingatkan.

    BalasHapus
  16. Saat puasa, jam tidurku acak-acakan banget. Mau tidur normal, tapi ya gitu. Untuk makan, udah coba menu yang lebih sehat. Selamat Ramadan dan semoga puasa kita berkah

    BalasHapus
  17. Buat yang aktivitasnya masih banyak di luar rumah memang kudu makin ekstra hati2 supaya gak gampang turun imunnya ya mbak.
    InsyaAllah puasa juga bagus buat kesehatan yang penting jaga kondisi fisik dan makan dengan baik saat sahu dan buka.

    BalasHapus
  18. Herijo said:
    Memang rasanya jika berbuka ingin balas dendam dengan melahap semua hidangan. Tapi pada kenyataannya hanya sedikit yg mampu dimakan. Maka berilah porsi yang seimbang dengan pola hidup kita.

    BalasHapus
  19. Setuju banget kak tetep waspada karena masih pandemi. Batasi dulu bukber sambil nunggu kabar baik kalau pandemi nanti benar-benar sudah berubah jadi endemi

    BalasHapus
  20. Terima kasih kak tips nya, ternyata minum atau makan manis juga ga baik ya kalau waktu sahur, tapi tidur habis sholat shubuh sebenarnya juga tidak dianjurkan

    BalasHapus
  21. Selama Ramadhan, jam tidur berubah banget. Susah tidur. Padahal selama ini pola tidurnya udah baik. Baca informasi di atas cukup menyadarkan untuk mulai belajar mengatur pola hidup lagi, terutama selama Ramadhan ini.

    BalasHapus
  22. Bener banget puasa di masa pandemi harus pinter-pinter jaga kesehatan. Lebih baik ya di rumah aja sih berbukanya, daripada ngabuburit atau bukber di luar. Hehe.. lebih aman :)

    BalasHapus
  23. Betul mbak. terima kasih ya tipsnya. Semoga di Ramadhan ini diberikan kekuatan untuk mengisi kegiatan kegiatan yang penuh kebaikan

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.

6*J-Theme