Slow Living sedang Trend, Ini 6 Cara Melakukannya

 

slow living adalahimage: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-mengenakan-jaket-hoodie-abu-abu-mengamati-danau-1172253/

 Beberapa waktu terakhir, slow living menjadi pembicaraan tersendiri di kalangan masyarakat. Pola hidup ini, dianggap mampu membuat pelakunya lebih menikmati hidup. Apa itu slow living, slow living adalah gaya hidup yang mengutamakan kebahagiaan dan kedamaian diri, menjalani sesuatu apa adanya tanpa terlalu berambisi untuk diperhatikan dan diakui.

Slow living sendiri merupakan pendekatan secara sadar untuk dilakukan bahwa kehidupan dijalani dengan lambat tanpa terburu-buru dalam mencapai sesauatu sehingga lebih menikmati proses dan mengahrgai setiap moment yang dilewatkan, dengan rasa tidak terburu-buru maka hidup dijalani dengan lebih damai.


Slow living ini meliputi berbagai segmen kehidupan termasuk hal keuangan dan saat bertransaksi. Bahkan untuk belanja pun  sebagian orang merasa tidak  perlu terburu-buru saat bertransaksi, karena bisa  mengandalkan paylater.


Untuk menjadi pribadi yang produktif, ternyata bisa melakukan berbagai hal tanpa buru-buru. Kamu memang tidak dituntut untuk mendapatkan sesuatu dengan cara yang cepat, justru dihimbau untuk benar-benar fokus dengan apa yang saat ini dimiliki atau dikerjakan, kamu juga lebih hati-hati dan waspada dengan segala resiko dalam kehidupan. Namun ternyata, tak sedikit juga dari masyarakat yang memandang slow living sebagai sesuatu yang negatif. Hal ini dikarenakan pola hidup ini membuat kamu tidak punya ambisi terhadap apa pun. 


 Itulah mengapa, jika ingin menjalankan gaya hidup dengan pola ini, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami terlebih dahulu tentang slow living.

Perhatikan Tips Ini, Sebelum Mengikuti Slow Living

Sebelum menjalankan gaya hidup dengan mindset slow living, kamu harus ingat bahwa ini bukan gaya hidup yang membuat orang menjadi lebih mudah bermalas-malasan. Bahkan, tak sedikit yang beranggapan jika slow living hanya cocok untuk masyarakat pedesaan. Benarkah begitu? 

1.     Memiliki Komitmen pada Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah hal yang sangat penting dalam menjalani hidup slow living. Salah satu yang membedakan pola hidup ini adalah bagaimana para pelakunya memanfaatkan setiap waktu luang yang dimiliki.

Agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, tidak ada salahnya untuk membuat catatan kegiatan atau to do list harian. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam menyusun skala prioritas.

2.                 Pahami Value  yang Diri Sendiri

Prinsip Slow living adalah gaya hidup yang menekankan pada kualitas daripada kuantitas. maka ketahui dulu apa nilai diri kamu. Banyak hal yang nantinya akan berubah, mulai dari kebiasaan kecil hingga lingkup yang lebih besar, seperti pekerjaan.


Saat kamu mengenal diri sendiri dan kualitas apa yang dimiliki, maka ini akan membuat lebih mudah menerapkan slow living. Memiliki alasan kuat dalam hidup, akan membuat kita lebih tenang dalam bersikap dan mengambil keputusan.

3.                 Berikan Waktu untuk Diri dengan Me Time

Memberi kesempatan pada diri sendiri untuk mengambil jeda dari berbagai rutinitas harian bukanlah sesuatu yang buruk. Bahkan, ini adalah yang sangat penting dan harus dilakukan. 

Melakukan sesuatu yang sama secara kontinyu dan dalam waktu yang lama, cenderung membuat orang lebih mudah bosan hingga menyebabkan depresi. Kamu lebih berhati-hati dan  menjaga pola hidup agar lebih sehat, dari makanan yang gak terburu-buru melihat makanan enak, dengan mempertimbangkan kesehatan kamu.

4.                 Kendalikan Keuangan

Menerapkan gaya hidup slow living tidak lantas membuat kamu menjadi pribadi yang pelit. Kamu tetap bisa berbelanja atau membeli barang-barang. Namun, kamu akan lebih sadar, apakah barang yang akan kamu beli itu memberikan manfaat atau tidak.

Ketika merasa sudah bisa mendapatkan manfaat dari barang lama yang ada di rumah, maka kamu pun akan mengurungkan niat untuk membelinya. Sebab, manfaat yang kamu perlukan ternyata sudah ada pada barang lama. 

 

Bisa dikatakan, jika gaya hidup slow living juga membuat kamu terhindar dari sikap konsumtif bahkan impulsif saat belanja.

5.                 Teratur dengan Jam Tidur

Tidur baik itu jam berapa? Jam tidur biasanya dibedakan berdasarkan kategori usia. Namun, umumnya jam tidur yang baik itu tidak lebih dari jam 11 malam. Hal ini dikarenakan pada tengah malam ketika kita sudah terlelap, tubuh akan bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.


Sebelum tidur, pastikan untuk banyak mendapatkan distraksi dari gawai. Terlalu banyak bermain gawai, juga akan membuat jam tidurmu tidak teratur bahkan akan lebih sering begadang.


Bermain gadget sebelum tidur nyatanya dapat menyebabkan insomnia, ini dikarenakan hormon melatonin menjadi lebih menurun.

  • Mulailah Pagi Hari dengan Kegiatan yang Menyenangkan

Tentu kamu tahu, bahwa tak sedikit orang yang mengawali harinya dengan terburu-buru. Dengan memiliki jam tidur yang teratur, maka kamu juga akan memiliki waktu lebih panjang di pagi hari sebelum berkegiatan, misal sekolah atau bekerja.

 

Beberapa kegiatan menyenangkan di pagi hari yang bisa meningkatkan suasana hati, antara lain : membaca buku, journaling, menggunakan skincare, melakukan olahraga ringan, membuat minuman kesukaan hingga saling menyapa dengan orang lain atau tetangga.

 

slow living lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitasimage: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-berjaket-hitam-memegang-sepeda-hardtail-hitam-dekat-dinding-seni-hitam-putih-173301/

Mudah Menjalani Slow Living dengan PayLater dari Bank Digital 

Paylater memang memberikan kamu kemudahan saat melakukan berbagai transaksi, salah satunya saat harus membeli barang-barang tertentu. Paylater terbaik tidak hanya memudahkan transaksi, tetapi juga mudah digunakan sehingga tidak banyak waktu yang terbuang untuk menyelesaikan satu transaksi saja.

Rekomendasi paylater terbaik yang bisa kamu gunakan adalah paylater digibank by DBS. Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan, antara lain : 

  • Kamu bisa akses dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS
  • Kartu Kredit cicilan ringan hingga 60 bulan dengan approval dalam 60 detik
  • GRATIS iuran tahun pertama

Keuntungan yang diberikan Aplikasi digibank by DBS memang sangat menarik. Meskipun gaya hidup dengan mindset slow living membuat kamu lebih santai dan tenang menjalani kehidupan, menggunakan aplikasi keuangan pribadi gratis ini juga akan membantu mengendalikan laju keuangan kamu. 

Posting Komentar