-->
Tampilkan postingan dengan label Tips. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Tips. Tampilkan semua postingan

MUDIK DENGAN TRANSPORTASI UDARA? INILAH YANG WAJIB KAMU KETAHUI, AGAR PERJALANAN, AMAN, NYAMAN DAN SELAMAT



Jujur saja di zaman yang serba modern ini masih banyak yang takut untuk melakukan perjalanan dengan transportasi udara. Mereka yang merasa ngeri jika harus berada diketinggian bahkan sebagian merasa  bahwa pesawat lebih  rentan terjadi kecelakaan. Namun Faktanya bahwa transportasi  udara lebih  aman dan nyaman dibanding transportasi darat.  Kecelakaan transportasi darat  secara jumlah statistic dan korban jauh lebih banyak dibanding kecelakaan pesawat tiap tahunnya, hanya saja biasanya kecelakaan transportasi akan memakan banyak jiwa sekaligus sehingga terasa begitu mengerikan.


Banyak hal yang dapat menyebabkan kecelakaan pesawat, bisa dari kesalahan Pilot, Masalah mesin pesawat, faktor cuaca dll.  Sangat jarang sekali kita dengar ada tabrakan pesawat, walaupun katanya  lalu lintas udara kita di Indonesia ini sangat ramai.

Untuk diketahui pada tahun 2017 ini  prediksi  jumlah penumpang angkutan udara  akan melayani sekitar 5 juta lebih penerbangan  baik dalam maupun luar negri  dari berbagai maskapai penerbangan. Dengan adanya data ini diharapkan bagi masyarakat yang akan mudik dapat memesan tiket jauh-jauh hari.

Fakta ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai merasakan manfaat bepergian dengan transportasi udara. Kecepatan waktu, aman, nyaman, dan lebih hemat waktu menjadi alasan berbagai kalangan masayarakat. Memang sudah seharusnya kita tak perlu lagi khawatir untuk bepergian dengan transportasi udara. Kenapa? Karena sebenarnya  orang-orang yang terlibat dalam penerbangan telah terlatih, dan melalui pemeriksaan kesehatan sesuai setandar yang ada. Pilot, pramugari, Aviation scuriity,sampai pada Air Traffic Controller yaitu seorang pemandu layanan pengaturan lalu lintas udara,sehingga tak terjadi tabrakan pesawat.
Untuk keselamatan penumpang para  petugas tentu telah melakukan cek kesehatan dan berbagai latihan khusus, lalu bagai mana dengan kita sebagai pengguna?. Kita tak bisa begitu saja menyerahkan segala hal  kepada mereka, tapi sebagai  penumpang kita juga harus tunduk pada peraturan yang ada. Bagimanapun perjalanan haruslah memberikan kenyamanan , keamanan yang insha Allah akan selamat sampai tujuan.

Berikut hal-hal yang harus diketahui dan  dilakukan  #sahabatAviasi untuk perjalanan udara yang nyaman dan aman, karena keselamatan  penerbangan  juga merupakan kewajiban kita sebagai pengguna jasa.

Belilah tiket pada agen perjalanan atau maskapai penerbangan yang terpercaya. Pembelian tiket bisa secara langsung dan bisa juga via online. Pastikan nama yang didaftarkan sesuai dengan semua kartu identitas #sahabataviasi , agar memudahkan urusan ketika samapai di bandara.

Bawalah barang bawaan seperlunya agar tak merepotkan, jika bawaan terlalu banyak lebih baik dikirimkan melalui  jasa pengeiriman. Bawalah tas ransel dan ringan dan jika perlu warna yang mencolok, apalagi jika harus masuk bagasi, agar memudahkan ketika pengambilan.

Datanglah ke Bandara 30 menit sebelum chek in.  Batas wakyu penutupan loket chek-in adalah 30 menit sebelum waktu keberangkatan pesawat udara. Ini bukan aturan dari bandara yang bisa shabat aviasi tawar,karena ini diatur  dalam Peraturan Mentri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 pasal 18.

Saat melewati pemeriksaan di bandara  ikuti peraturan atau petunjuk dari petugas.  Saat melewati Gawang Detektor Logam , simpan alat-alat yang mengandung logam dalam bagasi dan tidak boleh dibawa kedalam pesawat. Lepas Aksesoris yang mengandung logam dan jangan bercanda yang nggak jelas. Hindari untuk meletakkan uang dalam kotak keamanan saat pemeriksaan , dan hindari pergi mendahului tas. Ini agar sahabat aviasi dapat mengawasi  tas dan barang bawaan lainnya.



Jangan Pernah Bercanda tentang Bom.  Bercanda teng Bom tidak diperbolehkan, apalagi sambil teriak menunjuk bungkusan “ada bom! ada bom!. Kenapa ? karena prilaku ini dapat merusak kenyamanan dan keamanan para penumpang yang lain. Bagi yang terbukti melakukan ini  dengan sengaja bisa dikenai hukuman pidana penjara. Tentang  ini sudah diatur dalam UU No1 Tahun1999 tentang penerbangan pasal 437.


Jangan pernah mau dititipi barang oleh orang yang tak dikenal.  Demi keselamatan ini penting sekali dijadikan catatan, banyak sekali kejadian yang ternyata barang yang dititipkan adalah barang berbahaya, ntah senjata , ataupun narkoba. Akibatnya kita yang tidak tahu apa-apa justru menjadi korban.

Selama penerbangan jangan mengaktifkan ponsel. Ponsel dan system komunikasi pesawat sama-sama mengandalkan  frekuensi. Walaupu ponsel tidak digunakan namun otomatis mencari sinyal dan itu sangat mengganggu pilot  untuk mendengar jelas instruksi dari ATC. Aktifkan kembali ponsel ketika turun atau telah berada dalam bandara.

Berdoa. Yak sebelum pesawat tinggal landas jangan lupa berdo’a untuk keselamatan bersama, walau bagaimanapun segala ikhtiar kita lakukan, belum afdol jika tak disertai do,a. ya gak sih..?!

A post shared by Perhubungan Udara (@djpu151) on



Bagaimanapun hiruk pikuk  mudik, mudik merupakan sesuatu yang menyenangkan bahkan ditunggu-tunggu keseruannya. Tujuan mudik adalah bejumpa menebus rindu dengan segala sanak saudara , untuk itu jagalah keselamatan , amankan perjalanan, karena hati yang nyaman akan  membawa pulang senyuman selamanya.

Oh iya, buat teman-teman yang jagi nge-vlog,  ada  vlog completion yang diadakan oleh Direktorat Jenderaln Perhubungan Udara (DJPU) Kementerian Perhubungan yang bertemakan “keselamatan,keamanan, dan kenyamanan dalam penerbangan”. Jangan takut hadiah kece sudah menunggu. Untuk Mekanisme dan tata cara vlog compettion  teman-teman bisa langsung  saja ke  http://selamanya.id deadline publish 15 juni 2017, jangan lupa ya.

   


Sakit Maag, tapi ingin berpuasa. Mengapa tidak?!. Baca dulu tips berikut.

novanovili.com [Tips- Puasa]
Puasa dibulan Ramadan merupakan ibadah bagi seorang muslim ataupun muslimah. Namun begitu ada hal-hal yah membolehkan untuk tidak berpuasa, seperti wanita haid, nifas, musafir (dengan jarak dan waktu yang telah ditentukan), dan yang sakit , dengan kewajiban mengganti puasa dibulan yang lain atau bisa juga dengan membayar fidyah bagi yang sudah lansia. Boleh tidak berpuasa jika  sakit berkemungkinan akan semakin parah atau dirasa tidak kuat menahan lagi, tapi bukan berpura-pura gak kuat ya..:D

Dulu aku pernah banyak memiliki hutang puasa, dikarenakan maag yang aku derita. Tapi aku terus berusaha untuk bisa berpuasa, karena ternyata  dengan berpuasa justru bisa meringankan gejala maag atau sakit lambung. Dengan catatan maag yang kita derita  tidak terlalu parah kecuali jika sudah sangat kronis seperti muntah darah, BAB hitam,dll.

Berikut tips buat teman-teman yang memiliki maag, agar bisa berpuasa dibulan Ramadan. Ini sesuai dengan pengalaman pribadi aku, jadi gak mutlak ya...

1. Wajib makan sahur,ini wajib banget. Sebaiknya makan tidak dekat dengan waktu imsak. Makan yang terburu-terburu dipastikan mengunyah makanan secukupnya dan langsung minum. Lambung akan kaget tiba-tiba, bukannya membuat kenyang dan perut nyaman justru membuat lambung terasa begah, bersendawa terkadang malah cegukan berkepanjangan dan berujung muntah setelah sahur , tapi aku usahakan meneruskan untuk berpuasa, kecuali kalau sudah gemetaran, pusing, dan berkeringat dingin. Jadi sebaiknya makan sedikit tapi sering, ya diatur saja, saat sahur mungkin bisa dibikin 2 x makan. Misalnya jam satengah 3 makan setengah piring dan  satu jam kemudian setengah piring lagi, 15 menit menjelang imsak sebaiknya tidak makan berat lagi. Begitu juga saat berbuka, makanlah sedikit demi sedikit beri tenggang waktu jika ingin makan makanan yang lain.

2. Saat sahur dan berbuka hindari makanan yang membuat produksi gas lambung atau asam lambung meningkat. Misalnya seperti sayur nangka, lobak/kol, kopi,minuman bersoda, serta makanan yang pedas dan asam. Sebenarnya tak hanya saat sahur tapi juga saat berbuka.

Baca juga : Sakit maag memaksaku untuk melakukan endoskopi

3. Hindari makan bersantan dan berlemak seperti makan kolak , gulai, dan gorengan saat sahur. Menurut pengalaman (kalau sekarang sudah nggak pernah) saat siang hari produksi air liur terasa meningkat (maaf aku gak punya penjelasan medis, jika teman-teman punya alasannya mungkin bisa ditambahkan di kolom komentar. Jadi saat siang hari, aku jadi bolak balik meludah, air liur terasa pekat  dan pahit (mungkin bercampur dengan asam lambung) sampai aku sengaja berkumur-kumur untuk menarik air liur keluar , setelah itu berasa enakan tapi gak diminum loh ya...hehheehehe, tapi lama-lama takut juga hukumnya makruh. Eh, iya waktu itu keluhan ini aku sampaikan ke kakak ku, dia menganjurkan setelah sahur coba memakan seiris atau dua iris mentimun agar tidak bolak balik ngeludah . Eh ternyata mujarab.

4. Hindari konsumsi coklat. Coklat memang enak ya, katanya bisa bikin happy juga. Coklat ternyata membuat klep kerongkongan jadi lemah dan membuat Reflux, atau makanan berbalik arah, inilah yang menyebabkan muntah.

Baca juga : Pentingnya Memerhatikan Asupan Makanan,Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

5. Katakan tidak pada mi instan.  Mi instan emang makanan pas disaat kepepet apalagi jika bangun kesiangan dan mendekati imsak. Tapi bumbu mi instan sangat tajam dan itu tidak bagus bagi penderita maag. Aku lebih baik makan nasi sama kecap dibanding makan mi instan, pokoknya diperut itu gak enak banget, lagian makan mi instan saat  sahur akan cepat terasa haus, karena mi menyerap air dalam tubuh.

6. Jika ingin makan buah, pilih buah yang aman untuk lambung, seperti pepaya pisang, apel manis, untuk menghindari naiknya asam lambung.

7. Hindari tidur selepas sahur. Tidur setelah sahur akan membuat asam lambung meningkat. Makanya begitu bangun perut terasa perih dan lapar, mual dll, pokoknya semua jadi satu deh.

8. Makan obat jika diperlukan. Obat maag bisa meminimal gangguan asam lambung. Bisa jenis obat sebagai penetraliasir asam lambung seperti antasida hmmm jangan salah baca ya, antasida bukan sianida :D, atau bisa juga jenis omeprazole dan turunannya . Omeprazole sifatnya nya mengecilkan “kran” asam lambung, jadi tidak diproduksi berlebihan. Untuk hal  ini sebaiknya konsultasi ke dokter ya. Jika makan omeprazole biasanya dimakan sebelum sahur, karena akan berfungsi baik jika dikonsumsi saat perut kosong.

9. Makan lidah buaya, biasanya aku makan saat menjelang tidur malam. Rasanya adem aja lambung jika mengkonsumsi lidah buaya. Apalagi jika merasa berdosa ketika godaan makan pedas dan asam  dilanggar.

Baca juga : Meringankan Gejala Gangguan Lambung (Maag)

10. Yakin lah!. Ya, beri keyakinan bahwa kita sanggup untuk berpuasa hingga  maghrib. Biasanya lambung juga dipengaruhi oleh pikiran. Ketika kita yakin, maka Insha Allah puasa bisa dijalankan. Makanya penderita maag itu dilarang banget stress dan cemas berlebihan, karena perasaan dapat mempengaruhi produksi asam lambung, jadi berpuasalah dengan yakin dan happy menjalankannya. Kalau perlu pastikan saat sahur ada yang membangunkan dengan panggilan sayang #eh.


Itulah beberapa point tips berpuasa bagi penderita maag, sesuai dengan pengalaman pribadi saya. Jadi dulu itu kalau saat sahur gak ada sms plus kata sayang,puasa jadi galau, mual, apalagi gak ada kabar berita seharian , lah? ini kemana sih ceritanya...? hahahaha

Oke, kalau teman-teman punya tips tambahan buat pengidap maag saat puasa, bisa tambahin ya.., bagi -bagi amalan biar jadi ibadah, benerkan?

Pentingnya Memerhatikan Asupan Makanan,Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa


www.novanovili.com[Tips-Berpuasa] Bersyukur sekali rasanya ketika kita kembali dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Bagaimana tidak, bulan Ramadhan  begitu banyak memiliki keistimewaan, tak hanya  ada kewajiban berpuasa tapi nilai ibadah pun  digandakan, karena itulah orang begitu berlomba-lomba berbuat kebaikan. Segala hal yang dilakukan memiliki nilai ibadah, bahkan tidur saja bisa bernilai ibadah jika niatnya untuk menghindari perbuatan yang kurang baik, misalnya ngerumpi,  bergossip , tapi gak boleh juga  tidur melulu, tidur memang baik tapi lebih baik kita melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat tentunya.

Seperti yang kita ketahui bahwa berpuasa itu menahan lapar dan haus di siang hari, dan segala hal yang membatalkan puasa. Dengan alasan berpuasa ada sebagian orang malah melalui hari dengan rasa malas dan lemas, bahkan enggan melakukan kegiatan apapun. Puasa sesungguhnya hanya memindahkan jadwal makan saja, dari siang ke malam hari. Jadi tidak ada alasan untuk bermalas-malasan pada saat berpuasa. 

Agar tidak lemas saat berpuasa tentu saja kita harus pintar mengatur asupan makanan yang kita makan, juga mengatur waktu istirahat pada siang hari. Mengatur asupan makanan  itu paling penting terutama saat sahur dan berbuka puasa. Pada saat buka puasa cendrung makan berlebihan , sehingga  seharusnya puasa bisa menjadi terapi agar tubuh sehat, dan kadar kolesterol ataupun  gula darah menjadi normal, malah yang terjadi sebaliknya.  Makanya tidak heran jika banyak yang mengeluh  berat badan bertambah pada bulan Ramadhan, pastinya gak mau bangetkan ini terjadi sama kita, bisa-bisa Gamis Syar’i kesayangan tidak bisa dipakai saat lebaran, amit-amit deh.
perbanyak air putih dan buah-buahan saat sahur dan berbuka
Agar tubuh tetap  fit saat berpuasa , ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan tentang makanan yang kita konsumsi saat sahur dan berbuka. Berikut beberapa tips yang dapat kita jalankan.

1) Bersahurlah diwaktu yang sesuai , maksudnya jangan terlalu malam atau terlalu mendekati waktu imsak. Jika terlalu cepat maka kita akan cepat lapar juga. Jika terlalu mendekati imsak tentunya kita kan makan terburu-buru. Mengatur waktu ini penting agar kita punya waktu menikmati makan sahur dengan tenang  selain itu  kita memberi  ruang pada lambung untuk mengkonsumsi  yang lainnya, misalnya sehabis atau sebelum makan nasi bisa mengkonsumsi buah, bisa juga minum susu dll. Bayangkan saja jika cuma punya waktu cuma 5 menit, pastinya cuma bisa makan nasi dan  segelas air putih.

2). Saat sahur penting mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti gandum, karena bisa mengenyangkan untuk waktu lama sekitar 6 jam tergantung aktifitas. Jangan lupa konsumsi air putih dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh disiang hari. Tidak dianjurkan memakan mi instan karena selain gak bagus diperut, mi instan cendrung menyerap air dalam tubuh sehingga membuat tubuh cepat lelah dan rasa haus yang berlebihan, kerongkongan terasa begitu kering, aku pernah mengalami ini.

3.) Saat sahur tidak dianjurkan meminum kopi atau teh manis. Kopi dapat meningkatkan asam lambung, sehingga lambung akan terasa perih dan sakit. Minuman atau makanan yang manis disaat sahur akan membuat makanan cepat diserap tubuh dan cepat juga dikeluarkan sehingga membuat tubuh menjadi cepat lelah. Lebih baik perbanyak minum air putih dan  makan buah, agar makanan diserap secara perlahan dan dibuang secara perlahan juga.  minumlah vitamin jika dibutuhkan, ini tergantung pekerjaan jika bekerja dilapangan atau terlalu aktif, pentig konsumsi vitamin.

4.) Saat siang hari beristirahatlah sejenak. Yang namanya kantor atau bekerja apapun pasti ada waktu istirahat, gunakanlah waktu ini sebaik-baiknya. Kita bisa memanfaatkan jam istirahat untuk tidur sebentar, ntah itu di mushollah ataupun di ruang kerja, sejenak memejamkan mata disandaran kursi. Boleh juga  sih.., memanfaatkan waktu istirahat  untuk kegiatan lain , asal tidak memporsir tenaga, seperti membeli  perlengkapan  kosmetik secara online agar tampil cantik lebaran nanti. Ehm! puasa baru mulai pikiran udah lebaran aja hehehehe. Ya, dari pada saat jam istirahat melipir ke mall terdekat, dan ternyata disana banyak godaan, mending via online dong. Buat kamu yang ingin memaksimalkan ibadah Romadhan bisa kok memanfaatkan jam istirahat  untuk  baca qur’an atau dengar tilawah via gadget kamu, sekarang itu untuk berbuat baik itu mudah kok.

5.) Saat berbuka puasa, penting untuk tidak makan secara berlebihan. mulailah dengan segelas air putih hangat, atau teh hangat yang manis. Minuman dingin memang menyegarkan tapi itu akan membuat tubuh menjadi lemas. Boleh saja jika saat bwrbuka langsung makan nasi dan lauk pauk, tapi jangan kebanyakan mengingat masih banyak rangkaian ibadah yang akan kita lakukan selepas maghrib.

6.) Bagi teman-teman yang ingin berolah raga sebaiknya dilakukan 20 menit sebelum berbuka puasa. Ini dimaksudkan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi berlebihan, selesai berolah raga kita  bisa langsung minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang saat berolah raga.


Berpuasa tak hanya membutuhkan kesiapan rohani tapi butuh juga kesiapan jasmani.  Apa yang kita asup mempengaruhi kinerja dan metabolisme tubuh, untuk itu kita perlu memerhatikan makanan yang kita konsumsi. Besok sudah puasa nih, teman-teman sudah beli baju lebaran belum sih? , nah loh, kok? hahahaha

Baiklah sebagai penutup tulisan sederhana ini saya  menghaturkan maaf kepada teman-teman semua jika saya ada salah dalam berkata-kata maupun ketika berkomentar di blog teman-teman. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga segala amal ibadah kita dibulan Romadhan ini terima oleh Allah SWT,aamiin


TIPS ASYIK LIBURAN HEMAT


www.novanovili.com [ Tips- Wisata ]Semua pasti setuju kalau aku bilang liburan itu mengasyikkan, apalagi kalau bisa liburan rombongan, baik sama keluarga atau teman-teman. Ya, siapa sih yang gak happy bisa liburan, jalan-jalan, melupakan kesibukan kerja untuk beberapa waktu, tanpa mikir bangun pagi atu telat ke kantor. 

Tapi pasti jadi gak asyik kalau liburan sambil mikirin isi dompet, mikirin tiket pesawat, mikirin tempat menginap, aduh..uangku masih cukup gak ya….???, aduh jangan-jangan pas pulang nanti malah  dapat tiket yang lebih mahal. Nah, jadi gak menikmati liburan kan?

Buat teman-teman, yang mau liburan tanpa diganggu bayang-bayang buruk seperti diatas, aku mau berikan sedikit  tips, biar liburan teman-teman semua  bisa dinikmati senikmat-nikmatnya :).

1) Tentukan jenis liburan/wisata. Yup, sebelum menentukan tujuan liburan atau wisata, ada baiknya pastikan jenis wisata yang ingin dilakukan. Jenis wisata disini yaitu apakah wisata alam apakah wisata belanja. Wisata alam tentunya bisa menikmati laut, pantai, pegunungan, atau air terjun bisa juga arung jeram, biasanya ini biaya lebih murah, tapi relatif juga tergantung jauh dekat, dan sulitnya akses yang dituju. Untuk tujuan wisata belanja biasanya dengan tujuan kota besar atau Negara  yang dituju. Bisa juga  kedua-duanya dinikmati sekaligus .

2) Sesuaikan dengan budget yang ada. Setelah teman-teman menentukan jenis liburan yang ingin dilakukan , pastikan budget yang ada mencukupi  jangan sampai kekurangan atau malah kehabisan. Pasti gak mau dong, pulang liburan jadi malah banyak utang. Sebaiknya sisakan tabungan untuk memenuhi kebutuhan setelah liburan, minimal sebelum tanggal gajian tiba.
3) Tentukan daerah wisata yang akan dikunjungi. Setelah menetapkan jenis dan budget yang ada, baru kemudian  memutuskan daerah mana. Tentu disesuaikan budget misalnya ingin menikmati pantai dengan pasir putih, daerah atau tempat mana yang terdekat sesuai budget. Jika wisata belanja apakah dalam negri atau luar negri.

4) Tentukan transportasi yang digunakan.  Disini ada beberapa pilihan apakah naik bus, pesawat, atau kapal laut. Menggunakan kapal laut dan bus biasanya memang lebih murah tapi teman-teman dipastikan akan mengeluarkan dana konsumsi lebih banyak dan waktu yang akan digunakan pun lebih lama, bisa dikatakan waktu banyak terbuang. Naik pesawat itu memang kelihatan lebih mahal tapi sesungguhnya banyak diberi kemudahan dan waktu tak habis terbuang hanya untuk menuju tempat wisata, kecuali punya waktu cuti yang lebih panjang.

5) Pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat wisata dan nyaman. Pastinya tujuan berlibur itu adalah meluangkan banyak waktu untuk jalan-jalan, bukan mengahabiskan waktu untuk tidur dan berleha-leha dikamar. Jadi sebaiknya pilihlah penginapan atau hotel yang nyaman untuk teman-teman bisa  tidur dimalam hari dan bisa melanjutkan liburan esok harinya. Memilih hotel yang terlalu mewah itu akan percuma saja , toh sering ditinggalkan juga.  Kecuali kalau sengaja, dan tujuan berlibur adalah menenangkan diri dan stay saja dikamar atau menikmati fasilitas hotel, seperti kolam renang dan spa.

6) Booking tiket pesawat jauh sebelum hari keberangkatan, Ini dimaksudkan biar teman-teman punya waktu banyak untuk hunting tiket dan memilih promo dari setiap maskapai.  Pemesanan secara mendadak hanya membuat manteman terjebak dan terpaksa membayar tiket yang mahal. Pasti gak mau kan ya…? sayang donk, dana yang ada bisa buat beli oleh-oleh untuk teman kantor atau saudara.

7) Bookinglah tiket pesawat dan hotel dalam satu paket. Untuk  menghemat waktu dan dana, sebaiknya pesanlah tiket pesawat dan hotel secara bersamaan, karena booking secara terpisah itu cukup menghabiskan waktu. Biaya yang dikeluarkan pun akan semakin banyak.
Perlu teman-teman ketahui sekarang ini sudah ada  paket wisata traveloka, yaitu booking tiket pesawat dan hotel  dalam satu paket.  Kenapa harus booking dalam satu paket? karena teman-teman akan mendapatkan  kemudahan dalam saving time, harga lebih murah  dibanding pesan terpisah. Sisa dana pemesanan ini bisa teman gunakan untuk yang lainnya mungkin untuk wisata kuliner  atau lainnya. Cara pembayarannya juga gak ribet karena di traveloka menyediakan berbagai cara metode pembayaran sehingga tidak menyulitkan bagi teman-teman yang tidak memiki kartu kredit. 

Bagaimana nih.. manteman liburan sebentar lagi, sudahkah memilih tempat untuk liburan? Jangan lupa beli tiket dab hotelnya di taraveloka saja yah..

Tips Memilih dan Membeli Mesin Absensi


Masih ada gak ya dizaman sekarang yang absensi pegawainya manual, tandangan atau paraf saja?. Rasanya hampir semua kantor sudah memakai  mesin absensi, baik kantor pemerintahan maupu swasta bahkan guru dan para siswa  kini sudah menggunakan mesin absensi.Selain praktis dan  nggak ribet mesin absensi digunakan untuk mendisiplinkan para pegawai maupun siswa, dengan begitu mereka akan datang tepat waktu sesuai jam kerja begitu juga pulangnya. Bahkan bisa terhubung online langsung mengirimkan pesan sms ke orang tua murid ketika anaknya datang terlambat.

Dengan begitu banyaknya permintaan akan kebutuhan fasilitas kantor  terutama mesin absen, membuat banyak produsen atau pengusaha yang menjual mesin absensi secara offline dan online .Sebagai pengguna terkadang kita  merasa bingung dalam menentukan pilihan. Mengingat harga mesin absensi ini tidaklah murah, maka harus berhati-hati saat melakukan pembelian. Berikut ini ada beberapa tips yang  bisa lakukan saat membeli mesin absensi,  sebelum membeli mungkin hal ini bisa kita sampaikan kebagian inventaris kantor sebelum membeli mesin Absen, atau ada yang punya kantor dan berminat menggunakan mesin absen untuk para pegawai, bisa baca tips berikut :

Finger Print



  • PIlih Jenis Mesin Absensi yang Tepat

Langkah pertama yang harus  dilakukan saat membeli mesin absensi adalah memilih jenis yang tepat. Pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan , mulai dari jumlah karyawan hingga tambahan fungsi lain yang mungkin dibutuhkan. Jika memang karyawan di perusahaan  kurang dari 30 orang, maka mesin absensi manual bisa menjadi pilihan yang bijak. Sebaliknya jika karyawan  lebih dari 30 orang maka sebaiknya pilih mesin absensi yang lebih canggih seperti biometric atau digital


  • Tentukan Spesifikasi Produk yang Dibutuhkan
Setelah menentukan jenis mesin absensi yang diinginkan, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan spesifikasi mesin. Khusus untuk mesin absensi manual, kita tidak perlu bingung karena spesifikasinya standar seperti jumlah kapasitas dan banyaknya transaksi. Selain itu di pasaran,kita bisa menemukan mesin absensi manual yang memiliki perbedaan dalam format cetakan waktu.
Sedangkan untuk mesin absensi yang lebih canggih, kita harus mempertimbangkan banyak hal diantaranya adalah mesin absensi dengan sistem komputer atau standalone (tanpa komputer), kapasitas user, kualitas sensor dan juga integritas aplikasi komputer.
Aspek-aspek ini harus menjadi bahan pertimbangan sebelum menentukan pilihan dalam membeli mesin absensi canggih (selain manual). Untuk masalah spesifikasi ini, kita bisa bertanya lebih jauh kepada staff atau toko yang jual mesin absensi ini agar bisa mendapatkan penjelasan lebih rinci dan pasti.
Absensi dengan kartu barcode

  • Perhatikan Garansi dan Keaslian Produk
Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan dalam membeli produk mesin absensi ini adalah memastikan keaslian merek dan tipe produk serta jaminan garansi produk kepada toko yang jual mesin absensi  yang dipilih.
Hal ini penting karena bisa mempengaruhi kualitas produk yang kita beli. Selain itu juga harus mencari tahu tentang pusat service centre merek mesin absensi tersebut agar lebih mudah mengurus masalah garansi atau complain tentang produk. Jangan tergiur dengan harga miring ya, karena harga memang mencerminkan kualitas produk.

Itu saja sih sedikit tips dalam memilih mesin absensi buat dikantor, ternyata jangan beli asal canggih dan keren, tapi beli sesuai kebutuhan. Jadi percuma sajakan beli mahal tapi  fitur yang dibutuhkan sedikit dan tak perlu integrasi ke computer segala. semoga bermanfaat ya…


TIPS : MEMBELI TANAH DENGAN HARGA MIRING






Menabung untuk  keperluan masa depan itu tak hanya menabung uang. Nilai uang bisa berubah sewaktu-waktu seiring turunnya nilai mata uang rupiah dengan mata uang asing, dan meroketnya harga-harga produk, barang, dan jasa dipasaran.

Pada saat ini banyak  masyarakat  yang memilih berinvestasi  dengan membeli  tanah, alasannya karena harga tanah tak pernah turun bahkan meningkat tiap tahunnya. Dengan strategi membeli tanah dengan harga miring dan menjualnya dimasa datang ketika butuh dana tunai, atau dengan mendirikan rumah, ruko, atau perkantoran untuk disewakan dll. Tapi untuk mendapatkan tanah dengan harga murah pada saat ini bukan pekerjaan mudah. Alasannya tentu karena Investasi property sedang tumbuh subur dan terbilang tidak ada matinya.

Banyak orang mencari tanah untuk dibangun menjadi perumahan atau dibangun untuk rumah sendiri. Oleh karena itu, tanah dijual akan selalu menjadi rebutan, tentu jika lokasi dan harganya bagus.
Buat teman-teman yang berminat untu  berinvestasi tanah, berikut ini ada beberapa tips cara membeli tanah dengan harga miring atau murah, yaitu:

1.       Survei Tanah
Untuk mendapatkan tanah dengan harga murah mulailah dengan mencari-cari tanah yang mau dibeli. Cari tempat yang strategis atau lokasi yang kedepannya bakalan ramai, dan bukan lokasi langganan banjir/bencana.  Untuk memastikannya kita takperlu tergesa-gesa agar harga yang kita dapatkan memang yang kita inginkan. Bandingkan terlebih dulu harga tanah dijual yang satu dengan harga tanah yang lainnya, kita pun bisa mengetahui berada pada kisaran harga berapa tanah yang kita minati itu.

2.       Manfaatkan situs jual beli rumah di internet
Banyak perusahaan ataupun perseorangan yang sudah membuat iklan di situs jual beli  lengkap  dengan photo, harga serta informasi pendukung lainya. Situs ini berguna untuk mengetahui rentang harga tanah secara kasar, juga mengetahui lokasi-lokasi tanah yang banyak ditawarkan. Bahkan, Jika Anda beruntung, di tempat seperti ini lah Anda mendapatkan tanah dengan lokasi dan harga yang sesuai sesuai keinginan
.
3.       Lihat harga standard NJOP
Perhatikan nilai jual objek pajak tanah serta bangunan pada tempat tinggal di sekitar lokasi yang di minati. Dari harga itu dapat diprediksikan mahal atau murahnya satu lokasi.

4.       Hindari Tanah Kavling
Janganlah membeli tanah yang baru dikavling, lantaran harga tanah dijual yang telah kavling pastinya akan mahal. Semakin bagus bila ada orang yang jual tanah karena sedang butuh uang. Jika tanah yang dijual cukup luas dan mahal , kita bisa ajak teman atau kerabat untuk membeli tanah secara patungan, tapi dengan catatan ada kesepakatan sebelumnya untuk pembagian luas tanah dll, agar kedepannya tidak ada salah komunikasi.

5.       Kondisi Lingkungan
Membeli tanah dengan harga murah menjadi percuma kalau lingkungan tersebut tidak bagus. Maka, cermati lingkungan sekeliling. Misal, janganlah mencari tanah dijual dekat dengan pabrik, dataran rendah lantaran berisiko banjir, serta janganlah mencari tanah di lingkungan yang kurang baik, lantaran bisa memengaruhi kehidupan keluarga.

Selanjutnya, jika telah memerhatikan hal diatas, berikutnya tinggal tawar-menawar harga dengan si penjual. Berikut ini cara menawar harga tanah terbaik :
·     Ramahlah serta berlaku luwes ketika menawar tanah . Jangan kaku untuk mengambil hati si penjual serta memakai bahasa yang halus. Janganlah tergesa-gesa untuk menyampaikan deal. Tunggu beberapa waktu untuk berikan peluang si penjual untuk memikirkan supaya harga yang dikehendaki di setujui oleh penjual.


Kesimpulannya, untuk beli tanah di tempat yang strategis dengan harga yang terbilang murah, kita mesti cermat serta sabar dan banyak-banyak mengumpulkan informasi dari beragam sumber karena kita beli tanah untuk investasi jangka panjang. Demikian tips membeli tanah dengan harga miring. Semoga bermanfaat ya.

TIPS MENGHADAPI CEPLAS CEPLOS SINYINYIR


Asyik ya  jika punya teman yang asyik diajak ngobrol ngalur ngidul apa aja dibahas, yang bisa ngomong suka-suka . Dalam hal suka-suka itu tentu tak semua yang dibicarakan ada hal-hal pribadi yang tentu kita simpan rapat dan gak juga ngegosipin orang, kecuali gossip artis hahahaha..*sama aja*

Asyik-asyik ngobrol itu kita juga mesti waspada loh, ternyata ada pertanyaan-pertanyan lawan bicara yang mengarah ke –kepo dan bukan bentuk perhatian, lihat ekspresi dan gerak tubuhnya. Dan ada lawan bicara yang tipe penyerang, sepertinya senang kalau kita “jleb” atau merasa terendahkan. Yah..jujur aja sekuat-kuatnya hati kadang jadi baper juga, jadi gondok sedih dalam hati karena ni orang kok ya gak bisa jaga omongan dan perasaan orang lain.



aku pernah kesel sama seorang teman nih…gondok banget, disela-sela asyik ngomong langsung nyeruduk,“ Oh, jadi ngelahirin kemarin pake BPJS ya, itu kan buat orang miskin!”
degh!
udah,males aja ngeladenin, mending diem.
Seperti  dia orang kaya aja ngomong gitu.., dan aku juga bukan orang kaya, laa artis yang rumah gedongan aja pake BPJS kok.Dan lagian BPJS itukan prinsip gotong royong, tolong menolong berlaku untuk seluruh rak yat Indonesia , benerkan??

Pernah juga waktu belum punya anak, ah..seneng liat dari jauh temen lama begitu nyamperin, langsung nyeplos:
“Eh, aku hamil lagi nih, anak ke 4 nah kamu kapan hamilnya, lama betul?!” Orang kaya gini kayak gak punya perasaan apa ya??

Hmmm.. ada juga yang nyinyir tanya itu tanya ini bawa gossip ntah dari mana, nah kita tetanggan yang dekat aja gak tau berita, lah..dia jarak rumah 3 kelurahan  tau..ckck.., belum lagi kita dijadiin bahan gossipnya ntah dibawa kemana.

Oke, kalo dibawa baper emang hati gak akan pernah bahagia, apalagi berharap orang tipe gini bakal jaga perasaan orang lain, kuncinya ya kita sendiri mesti jaga perasaan kita sendiri .

Tidak terlalu dekat tak pula terlalu jauh.
 Berteman dengan orang seperti ini ambil jalan tengah aja, ntah itu tetangga, teman kantor atau yang lainnya. Jangan akrab banget dan jangan pula pasang tabir permusuhan, santai aja. Dengan begitu kalo kita terpaksa ngobrol kita jadi bikin pagar jangan pernah obral masalah pribadi.

Jangan terlalu hot menanggapi pembicaraannya yang gak penting.
Nah kalau dia mulai ngomong sana-sini  , semangat 45 berapi-api tanggapi secara dingin tanpa semangat. Prinsipnya ada aksi ada reaksi, jadi  tanggapi dengan biasa pasang muka tanpa dosa bahkan kalau perlu pasang muka linglung “he?”. Pokoke jangan terlihat begitu antusias mendengar kenyinyirannya, dia juga pasti gak enak untuk melanjutkan, paling kalau masih mau ngobrol pasti dia ganti tema, hmmm kalau perlu kita yang duluan pindah tema, ganti  judul dan sub-sub judulnya sekalian, kita putar otaknya 180 derajat hahahahah.

Tanggapi  anget-anget kuku saja saat ketemu.
Bukan nyaranin sombong sih, maksudnya tetap senyum menyapa, dan tanya kabar seperlunya. Pasalnya nih, saat kita keliatan senang ketemu eh dianya langsung ceplas ceplos ,ada aja komentar miring keluar dari mulutnya,  yang membuat mata orang-orang sekitar makin tertuju pada kita, ditambah pula dengan suara menggelegar (petir kali..? :D). Nah intinya ya itu jangan dingin ntar malah kita punya kesan sombong, kalau tanggapan hot ntar kita juga yang kepanasan, gondok , mangkel, jadi suam-suam kuku aja..cukup dipercik-percikan :D  (apaan sih..? :D)

Ikuti Alur dan pasang level lebih tinggi.
Tau sendirilah orang yang nyinyir dan ceplas-ceplos itu kadang perkataannya gak bisa ditebak ya, ditengah keramaian, misalnya ketemu disebuah acara dengan lantang bilang..
‘ Hei..orang kaya apa kabar, dah hebat  sombong ya…” Padahal kita bukan kaya, ntah maksud memuji, ntah menyindir, wallahualam
jawab dengan bahagia:
“Aaaminn, iyalah suami baik.., utang gak ada rejeki lancar, gimana gak hebat tuh”
hihi..dijamin dia gak banyak omong lagi, paling cuma “iya..deh tau..” selesai, bye.

Sisanya senyumin aja.
 Tips lain, ya skip semua tentangnya, senyumin,  biar hidup makin ringan, bahagia dan panjang umur.
-----
Berasa sok ngasih tips, ini juga rada bingung ngasih lebel antara curcol ama tips. Btw kita pasti sering  ketemu orang seperti ini , baik di alam nyata maupun dunia maya.  Kebanyakan mereka ingin dimengerti dan gak mau mengerti bagaimana perasaan orang lain. Dan cuma satu kuncinya biar gak makin menjadi-jadi plus semena-mena , jangan tanggapi, dah itu aja sih.
Buat teman-teman punya pengalaman, atau point yang aku jabarin kurang sreg, kurang anggun, kurang berkelas, boleh sharing disini ya…
---
berasa aku yang nyinyir hehehehehe..





CARA HEMAT BELANJA ONLINE, WAJIB BACA !


novanovili.com - Berbelanja online kini telah menjadi pilihan dari sebagian kalangan. Banyak alasan  yang dikemukakan  mulai dari harga murah, banyak pilihan,  promo, discount dan bebas ongkos kirim, tidak menyita waktu untuk urusan lain, misalnya untuk beli baju gak perlu ngider toko pilih-pilih atau keringetan nawar harga belum lagi kalau sampai bersitegang dengan penjual. Pikiran untuk takut ditipu itu kini mulai bergeser, orang semakin percaya untuk belanja online karena melihat kualitas  e-commerce jadi bukan beli online secara personal yang membuka peluang untuk ditipu.

Tapi walaupun begitu sebagai ibu rumah tangga kita juga harus pintar. Pintar disini tak hanya dalam mengelola keuangan tapi juga pintar mengelola nafsu ketika melihat tulisan off 30 %, atau discount 75%, buy 1 get 2, karena penjual sangat paham hal-hal yang dapat menggugah perasaan wanita dan mencampakkannya ke cuci gudang #eh :D.  Nah, untuk hal-hal seperti ini kita harus tau sesuatu yang kita itu bener-benar di butuhkan dalam keluarga atau hanya sekedar ingin karena bentuk nya cantik, unik, lucu dll. Bagaimanapun urusan keuangan dalam keluarga tak boleh dikesampingkan, karena jika tidak terkontrol dengan baik maka ada salah satunya yang bakalan nunggak #eh lagi. Ya… misalnya karena keasyikan belanja , liat dompet tinggal sekian dan ternyata ada list tagihan yang belum dibayar, sebut saja rekening listrik, nah..nunggak kan..??? atau..ternyata cicilan mobil belum dibayar (ngayal).

Oke, Aku sendiri sebenarnya sangat jarang belanja online, kecuali saat-saat mendekati lebaran coba-coba liat baju-baju gamis bagus, atau hunting kerudung, paling yah cuma itu saja. Selain waktu  itu, palingan aku belanja barang yang benar-benar dibutuhkan seperti baju emang butuh dipakai tiap hari kan ya..? * nah..mencari pembenaran :D –sama aja donk* .

 Eh, tapi belanja online itu gak mesti baju, tas, atau sepatu dan barang elektronik aja, tapi juga kebutuhan harian juga misalnya minyak goreng, terigu, sabun mandi , shampoo. Emang penting belanja harian online?, lah tinggal beli diwarung depan aja gitu?, iya sih, tapi kemarin aku sempat dapat voucher gak banyak sih,  terus dari pada baju ke baju lagi, mending beli keperluan harian,lumayan gak ngurangi isi dompet. Jadi deh voucher aku tukar dengan minyak goreng 4 liter, terigu, shampoo, sunlight dll, hahahaha aku merasa geli sendiri tapi lumayan dari total harga aku cuma bayar  sepertiga nya aja. Alhamdulilah barang tiba dengan selamat, tapi aku heran sendiri kok paketnya dipisah-pisah ya? mungkin biar beratnya kurang terus bebas ongkir atau juga mungkin penjualnya beda-beda wilayah  jadi pengiriman terpisah begitu, soalnya ada notifikasi dari jasa logistic bahwa barangnya transit di Jakarta, emang tu minyak goreng dikirim dari mana? hahahha.

Terus cara hemat belanja online itu seperti apa?? (kebanyakan cerita jadi lupa judul :D )

Gak usah belanja. Eits! jangan protes dulu, tadi niatnya kan biar hemat toh. Jadi  kalau merasa gak butuh-butuh banget  ya gak usah belanja, atau masih bisa ditunda keinginannya mending ditunda dulu, tetap kedepankan  pada hal-hal yang penting.

Manfaatkan Voucher.  Seperti yang aku ceritakan, walaupun terkadang nilai voucher itu nggak gede tapi lumayankan tidak mengurangi saldo. Tapi tetap pikirkan dengan nilai voucher, barang apa yang cocok dan emang dibutuhkan. Jangan sampai nilai voucher tak berimbang justru membuat kantong kebobolan.

Jangan terlalu royal menggunakan kartu kredit. Bagi yang punya kartu kredit ini butuh perhatian banget. Dengan segala promo yang ada belanja dengan kartu kredit emang terkesan lebih murah ya? tapi dengan begitu kadang ada yang suka kalap jar-jor belanja ini itu , justru yang dikit-dikit itu gak berasa jadi bukit, tau-tau tagihan udah bengkak aja.  Niat berhemat malah melarat :):).

Amati Social media atau cek-cek ecommerce dan bandingkan harganya. Yakin deh.. emak-emak sekarang gak mau banget dibilang kudet, mereka rajin banget mantengin socmed  n gak mau ketinggalan info. Jadi pasti udah paham kalau ada iklan atau promo  dari sebuah situs pasti langsung berkunjung. Yang paling penting jangan lupa bandingkan harga, terkadang ada harga discount ternyata masih bayar ongkir, ada yang standar malah bebas ongkir, jadi tetap perlu hitung-hitungan juga .

Belanja di hari-hari tertentu. Untuk mendapatkan discount khusus belanjalah di hari-hari  tertentu yang memang saat itu banyak sekali promo dan diskon.  Pada umumnya pada hari tersebut hampir seluruh  e-commerce berlomba-lomba memberikan diskon dan promo. Kapan itu? saat liburan sekolah, menjelang lebaran, weekend, akhir/awal tahun, harbolnas, Natalan dll.

Nah itu aja sih tips dari aku, tapi ini penting banget loh apalagi saat ini semua serba mahal n pemasukan segitu-segitu aja, mana gaji juga gak naik-nai k hihi(si bos baca gak ya? ;D). Penghematan itu penting dalam segala aspek pengeluaran (ini bahasa bagaimana rupanya) termasuk hemat berkata-kata, kalau nggak ya gitu suka nyinyirin orang, sinis, dan debat ini itu , mendramatisir ,ups! :D. Kalau nulis panjang gini apa lagi gak biasa, emang suka kehabisan kata, ujung-ujungnya suka ngawur melebar kemana-mana hahahahaha…, udah ah. Eh kalian punya tips juga ga?? bagi-bagi disini ya mana tau udah gak mendrama lagi :)

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Dalam Menjual Rumah Melalui Internet

pixabay.com

Adakah teman-teman disini ingin menjual rumah? ada beberapa kendala jika kita menjual rumah secara langsung, selain lambat mendapatkan pembeli terkadang kita terjebak oleh para makelar. Yang tadinya kita sangka bahwa yang membeli itu pihak kedua ternyata ada beberapa pihak yang ikut terlibat sehingga harga yang ditawarkan kepada peminat semakin melonjak, sehingga membuat pembeli membatalkan.

Sebenarnya dalam mempromosikan rumah yang akan kita jual, kita bisa memanfaatkan media internet atau system online. Kitabisa mengiklankan melalui website properti atau media sosial seperti facebook, twitter, BBM, dan lainnya. Karena sekarang para calon pembeli rumah lebih memilih mencari rumah melalui media internet karena lebih mudah dan cepat.

 Untuk itu berikut informasi tentang  hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat iklan misalnya untuk  rumah dijual di bandung melalui internet.

1.      Perkirakan harga yang sesuai
Sebelum menjual rumah, kita harus memperkirakan dan menentukan harga yang sesuai dengan harga pasaran, jangan terlalu mahal maupun terlalu murah dari harga pasaran. Sebaiknya kita survei terlebih dahulu harga pasaran rumah di sekitar daerah kita, kita bisa mencarinya melalui media internet atau menanyakan kepada agen properti.

2.      Siapkan gambar rumah dari luar
Untuk menjual rumah melalui media internet, kita harus menyiapkan gambar rumah kita dari luar. Karena hal tersebut akan membantu menginformasikan rumah kita secara visual kepada para calon pembeli. Siapkan gambar rumah kita yang tampak depan, samping, belakang dan sudut lainnya yang bisa menjelaskan kondisi rumah kita secara lengkap. Pada umumnya, para penjual rumah menyiapkan gambar rumah mereka dalam bentuk foto. Selain foto, kita juga bisa menyiapkan gambar dalam bentuk video.

3.      Foto ruangan
Sebaiknya juga memfoto kondisi ruangan yang ada di rumah kita, seperti ruang tamu, kamar, dapur, dan ruangan lainnya. Lebih baik foto tersebut juga dilengkapi dengan informasi ukuran ruangan supaya lebih jelas, hal tersebut pastinya akan membantu calon pembeli untuk mengetahui kondisi ruangan di rumah kita.

4.      Tonjolkan kelebihan rumah kita
Dalam mempromosikan rumah, kita juga harus mencari tau kelebihan rumah kita, seperti desain rumah kita yang bagus, lingkungan yang nyaman, dan akses jalan yang mudah. Selain itu kelebihan sebuah rumah biasanya adalah lokasi yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum, seperti dekat dengan pasar atau pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.


Supaya cepat laku, gunakan kalimat yang menarik pada informasi yang kita cantumkan alamat dan kontak yang bisa dihubungi  dalam iklan. Itulah informasi tentang hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat iklan rumah dijual melalui internet, semoga bermanfaat.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENYEWA APARTEMEN

Apartemen  dizaman sekarang menjadi pilihan praktis untuk dijadikan tempat  tinggal bagi sebagian orang.  Terutama bagi  yang bekerja dan kemacetan menjadi kendala utama. Biasanya Apartemen berada  di lokasi-lokasi strategis yang dekat dengan pusat bisnis dan perkantoran.

Di indonesia banyak sekali daerah – daerah metroplitan yang terdapat sewa apartemen. Salah satunya di Jakarta. Jakarta merupka ibukota dari negara Indonesia. Banyak  gedung – gedung kokoh yang myendiakan layanan sewa apartemen. Dalam urusan sewa apartemen ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Menyewa apatemen kita harus memperhatikan failitas – fasilitas yang diberikan. Perlu banyak pertimbangan  dalam menyewa  apartemen. Jangan sampai menyesal karena salah pilih tempat menyewa. Beriku ini kami akan membagikan tips – tips dalam menyewa apartemen yang baik. Inilah beberapa tips  menarik yang bisa kita simak :
1.      Pertimbakan harga sewa

Harga merupakan hal penting dalam urusan  sewa menyewa. Kita harus memperhatikan harga yang ditawarkan maketing sales dengan fasilitas yang diberikan. Kita harus dengan cermat melihat apa saja yang termasuk dalam biaya yang perlu kita keluarkan seperti, pelayanan, makanan yang disediakan, perawatan unit dan lain sebagainya. Usahakan pertimbangkan dengan sungguh – sungguh sehingga menghasilkan kesepakatan yang pas dengan hati kita.

2.      Fasilitas penyedia makanan

Dalam sebuah urusan sewa apartemen. Kadang pihak pnyewa akan memberikan  kita fasilitas bahan makanan mentah untuk kita olah sendiri. Namun ada beberapa  tempat penyewa apartemen yang juag meneyediaka makanan langsung  kepada para penyewa. Hal ini perlu kita perhatikan. Harap sesuaikan dengan kebutuhan dan  budget yang kita miliki. Apabila kita termasuk orang yang tidak ingin ribet. Maka di sarankan  untuk mencari tempat sewa apartemen yang menyediakan fasilitan makanan siap saji.

3.      Melihat Interir atau kondisi apartemen

Tips yang satu ini juga termasuk dalam hal yag perlu kita perhatikan. Usaha kan untuk melihat keadaan interior dan eksterior dari tempat yang hendak kita sewa. Lihat secara teliti, kira – kira tempat itu nyaman atau tidak untuk kita. Jangan sampai merasa kecewa karena sudah membayar tapi mendapatkan kondisi apartemen yang tidak membuat kita nyaman.

Menyewa apartemen  memang butuh ketelitian juga pertimbangan harga yang cukup mahal dibanding  menyewa rumah biasa. Karena itu kita harus pintar memilih apartemen yang cocok dengan kebutuha, seperti luas dan fasilitasnya. semoga tips ini bisa bermanfaat buat temans sekalian.



TIPS TERBARU JIKA INGIN MEMBELI RUMAH MINIMALIS


Memiliki rumah adalah impian tiap pasangan, apa lagi jika masih pengantin baru  keinginan untuk hidup mandiri dan tak bergantung dengan orang tua adalah poin utama. Namun memilih rumah menjadi tempat tinggal menjadi kendala utama. Harga property di pasaran cukup bersaing dan harus pintar memilih yang sesuai dengan kondisi, baik dari jarak tempat kerja sampai pada kondisi keuangan sebagai pengantin baru. Untuk memenuhi kehidupan mandiri dan memiliki rumah sendiri menjadikan alasan untuk menjatuhkan pilihan pada desain rumah yang minimalis namun tetap elegan.

Saat ini peminat dari rumah minimalis sudah meningkat cukup pesat. Tentunya hal ini sangat berkaitan dengan kebutuhan properti yang juga semakin melonjak tajam. Namun, mengapa rumah dengan jenis minimalis yang menjadi incaran para pembeli? Ini karena rumah dengan jenis ini menawarkan harga, desain, dan dekorasi yang simple namun terkesan mewah. Oleh karena itu, banyak sekali pembeli yang ingin membeli rumah minimalis termasuk pasangan-pasangan baru yang ingin hidup mandiri

Apakah sobats disini juga ada yang berminat membeli  rumah minimalis untuk ditempat tinggali atu sekedar investasi?, sebaiknya sobats membaca tips yang akan diinformasikan di dalam artikel ini. Adapun tips tersebut yakni tips membeli rumah minimalis yang terbaru. Tidak perlu berlama-lama lagi. Berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

Tips Membeli Rumah Minimalis

1.         Lakukan survei harga berdasarkan lokasi dan kondisi
Seperti yang diketahui, harga rumah sangat dipengaruhi oleh lokasi dan kondisinya. Tetapi, yang paling berpengaruh adalah lokasinya. Apabila terletak di lokasi yang dapat dibilang sangat strategis, seperti dekat dengan pusat perkantoran, perkuliahan, belanja, dan lain sebagainya, sudah pasti harganya akan jauh lebih mahal ketimbang di daerah pinggiran. Oleh karena itu, dengan melakukan survei harga, anda dapat mempertimbangkan rumah di lokasi mana yang akan anda beli. Jika beruntung, mungkin anda dapat menemukan rumah yang berlokasi di tempat strategis, tetapi harganya sedikit jauh lebih murah.

2.         Cari tahu sejarahnya (jika bekas)
Jika rumah yang akan anda beli adalah rumah bekas, maka anda harus mengetahui sejarah dari rumah tersebut dengan cara menanyakan ke tetangga sekitar, ketua RT, dan satpam (apabila di komplek perumahan).

3.         Cari tahu apa kekurangannya
Setiap rumah pasti ada kekurangannya, entah itu airnya keruh, listrik sering padam, banjir, “berhantu”, dan lain sebagainya. Bagaimana cara mengetahuinya? Silahkan tanya ke tetangga sekitar. Jika masih kurang puas dengan jawaban dari tetangga, anda dapat melakukan pengecekan sendiri.


Itulah beberapa tips membeli rumah minimalis yang perlu kita ketahui. Apakah sobats juga suka dengan model rumah minimalis?? semoga tips nya membantu ya.

6*J-Theme